12 Jurusan yang Lebih banyak Praktek daripada Teori Hafalan

Dapat melanjutkan jenjang pendidikan tinggi di bangku perkuliahan tentunya menjadi impian bagi hampir semua lulusan siswa SMA / SMK. Bagi kamu yang mungkin saja ada rencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, maka sebaiknya harus hati – hati dan mempertimbangkan baik – baik dalam memilih jurusan kuliah yang bakal diambil.

Apabila kamu menyukai jurusan yang lebih banyak praktek daripada teori, maka perlu memilih jurusan yang tepat. Lantas, tahukah kamu apa saja kira – kira jurusan yang lebih banyak melakukan praktek di lapangan dibandingkan dengan pemberian teori hafalan? Jika kamu mungkin belum mengetahuinya, maka bisa simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Mengapa memilih jurusan kuliah harus hati – hati?

Pada saat kita akan memilih jurusan tertentu pada jenjang pendidikan tinggi, tentunya harus dilakukan dengan hati – hati dan penuh dengan pertimbangan. Ini dikarenakan, jurusan kuliah juga sangat menentukan masa depan diri sendiri ke depannya.

jurusan yang lebih banyak praktek daripada teori

Terlepas dari hal tersebut, tahukah kamu apa alasan yang membuat kamu harus berhati – hati dalam memilih jurusan kuliah? Untuk menjawab hal ini, kamu bisa simak beberapa alasan yang melatarbelakanginya berikut ini.

  • Bidang keilmuan yang didalami menjadi komitmen seumur hidup

Alasan utama kenapa kamu perlu mempertimbangkan dan berhati – hati dalam memilih jurusan kuliah yakni karena bidang keilmuan yang bakal didalami nantinya akan menjadi komitmen seumur hidup.

Sebagai contoh ketika kamu memilih kuliah pendidikan dokter, maka besar kemungkinan setelah lulus kuliah kamu akan menjadi seorang dokter. Bayangkan jika ternyata kamu tidak menyukai bidang kesehatan, maka sudah pasti apa yang bakal dilakukan akan terasa berat dan membebankan diri sendiri.

  • Memilih jurusan kuliah sesuai keinginan diri sendiri akan memberikan hasil terbaik

Dengan mempertimbangkan jurusan kuliah sesuai dengan minat diri sendiri, maka sudah pasti akan dapat memberikan hasil yang terbaik di masa depan.

Bahkan ketika kamu melakukan sesuatu yang benar – benar menjadi minat diri sendiri, maka sudah pasti kamu akan mengerjakannya dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin. Tentu saja, ini nantinya tidak akan membebankan diri sendiri ketika sudah menjalaninya.

  • Setiap orang memiliki kekuatan dan keunikan berbeda

Adapun alasan lain yang membuat kamu perlu mempertimbangkan baik – baik ketika akan memilih jurusan kuliah yakni karena setiap orang memiliki kekuatan dan keunikan yang berbeda – beda.

Dalam hal ini, pertimbangan pemilihan jurusan kuliah bisa merujuk pada satu bidang yang lebih mudah kamu kuasai nantinya. Dengan begitu, maka apa yang kamu pilih akan dapat kamu jalani dengan senang hati dan tanpa adanya beban.


contoh

Jurusan kuliah yang lebih banyak praktek dibandingkan dengan teori

Bagi kamu yang mungkin sedang mencari jurusan kuliah yang terbilang santai karena menawarkan banyak praktek di lapangan dibandingkan teori, maka bisa memilih salah satu dari banyaknya jurusan yang tersedia. Adapun beberapa jurusan yang bisa jadi bahan pertimbangan bagi kamu yakni sebagai berikut :

Teknik Elektro

Jurusan pertama ada Teknik Elektro yang mana sangat cocok bagi para lulusan SMK jurusan Elektro. Di jurusan ini, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan dibandingkan dalam kelas dan mengingat hafalan segala macam teori metode hafalan bla bla bla..

Sebab seperti yang tadi dibahas sebelumnya, bahwa jurusan ini akan banyak melakukan praktek dibandingkan dengan teori. Meski demikian, bagi kamu yang bukan merupakan lulusan SMK jurusan Elektro, maka jurusan ini sangat cocok untuk para lulusan SMA jurusan IPA. Hal ini dikarenakan kuliah di jurusan Teknik Elektro umumnya memerlukan skill Fisika yang bagus.

Teknik Mesin

Selanjutnya, ada jurusan Teknik Mesin yang bisa kamu pilih jika ingin lebih banyak menghabiskan waktu dengan praktek dibandingkan teori. Meski terbilang sebagai jurusan kuliah yang santai dan mudah, akan tetapi bukan berarti kamu bisa menganggap teori yang dipelajari mudah dilakukan.

Sebab jika kamu adalah lulusan jurusan Mesin di SMK, maka bisa dikatakan bahwa kemampuan dasarnya sudah kamu miliki di jurusan ini. Namun jika kamu merupakan lulusan SMA, maka pastikan agar kemampuan Fisika dan Matematika kamu bagus. 


Teknik Informatika

Bagi kamu yang suka dengan pelajaran Matematika, Logika dan Komputer, maka bisa mengambil jurusan Teknik Informatika. Nantinya, kamu bakal banyak belajar banyak tentang software, jaringan komputer dan implementasinya.

Disini, kamu juga akan lebih banyak praktek di depan komputer ataupun laptop. Adapun setelah lulus kuliah, akan banyak prospek kerja yang bisa kamu ambil. Di antaranya yakni seperti web developer, software developer dan lain – lain. Bisa dikatakan, bahwa jurusan Teknik Informatika ini merupakan jurusan yang memiliki prospek kerja yang sangat luas.

Jurusan Kehutanan

Jurusan yang lebih banyak praktek daripada teori selanjutnya yakni jurusan Kehutanan. Dimana, jurusan ini merupakan salah satu jurusan IPA yang tidak banyak menghitung. Apabila kamu memiliki basic skill yang bagus di bidang Biologi dan Fisika, maka kuliah jurusan Kehutanan menjadi pilihan paling tepat.

Selama menjalani masa perkuliahan jurusan Kehutanan, maka kamu akan banyak belajar soal ekologi hutan, satwa, ilmu tanah, fisiologi tumbuhan sampai dengan manajemen hasil hutannya. Dan setelah lulus nanti, kamu bisa bekerja sebagai konsultan lingkungan, ahli konversi hutan dan lain – lain.

Teknologi Pangan (Tekpang)

Teknologi Pangan menjadi salah satu jurusan saintek yang tidak terlalu menguras otak dan cocok bagi kamu yang jago dalam pelajaran Biologi dan Kimia. Dalam hal ini, jurusan ini nantinya akan berfokus pada produksi makanan dan memastikan makanan tersebut aman dikonsumsi.

Tidak hanya itu saja, makanan tersebut juga harus memenuhi gizi pada konsumennya. Adapun selama menjalani masa perkuliahan, kamu bakal banyak belajar tentang komponen kimia dan biologi yang ada pada makanan beserta efek sampingnya bagi tubuh. Selain itu, kamu juga bakal belajar mengenai efek sosial dari makanan yang dikonsumsi.

Jurusan Agroteknologi

Jurusan Agroteknologi juga menjadi jurusan yang banyak praktek dibandingkan dengan teori. Bisa dikatakan, bahwa jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang lebih suka dengan ilmu Biologi.

Untuk materi perkuliahan yang bakal kamu pelajari nantinya yakni mengenai inovasi – inovasi untuk dapat meningkatkan pertanian di Indonesia. Sehingga, nantinya kamu juga akan belajar mengenai ilmu tanah, agronomi, ilmu hama dan penyakit serta berbagai materi perkuliahan lainnya. 

  • Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Terakhir, ada jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang mana lebih banyak melakukan praktik dibandingkan dengan kesehatan. Ini tentu saja waar mengingat fokus prakteknya akan berkaitan dengan olahraga.

Bisa dikatakan, bahwa jurusan ini dianggap mudah lantaran ketika menjalani masa perkuliahan, maka tidak perlu memerlukan banyak teori yang membuat pusing. Dalam hal ini, semua teori yang dipelajari akan langsung dipraktikkan. Sehingga, kamu nantinya tidak perlu harus banyak menghafal teori – teori di dalamnya.


Selain ketujuh program studi yang telah dijelaskan diatas, ada jurusan lain yang mungkin sesuai miant dan bakat kamu, misalnya seperti: Jurusan Fisioterapisyang fokus pada pengobatan sendi otot dan tulang, Jurusan Tata Boga agar kamu bisa jadi chef di resto atau hotel berbintang, Jurusan Analis Kimia agar bisa kerja di industri farmasi makanan plastik BPOM dsb, Jurusan Teknik Metalurgi agar bisa kerja di industri tektil dan baja dan yang terakhir adalah Jurusan Teknik Perminyakan.

Editor Choices :

— — —
Demikianlah 12 jurusan yang lebih banyak praktek daripada teori yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam melanjutkan pendidikan tinggi di bangku perkuliahan nanti. Dari ketujuh jurusan tadi, kamu bisa memilih salah satu yang memang cocok dengan bakat dan minat diri sendiri.

Komentar / Pertanyaan