Jurusan Analis Kimia, 13 Fakta Keren yang Perlu Diketahui

Jurusan Analis Kimia – setiap siswa yang sudah lulus dari sekolah menengah atas dan pendidikan yang setara dengannya tentu memiliki keinginan untuk bisa melanjutkan ke jenjang universitas. Berbagai jurusan sudah tersedia di setiap universitas.

Salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat ialah analis kimia. Jurusan ini sangat dibutuhkan di lapangan kerja terutama yang berhubungan dengan kegiatan analisis. ketika anda mengambil jurusan ini maka Anda akan cukup dibutuhkan di masyarakat.

Jurusan yang satu ini memang lebih fokus terhadap ilmu kimia. Jurusan ini merupakan cabang kimia yang berhubungan dengan pengembangan serta penggunaan teknik dalam pengukuran kimia. Penerapannya di kehidupan nyata akan lebih luas dan memiliki kesempatan yang besar.


Jurusan Analis Kimia

Jurusan analis kimia akan melahirkan seorang kimiawan yang pandai menggunakan teknik-teknik menentukan komposisi kimia pada suatu zat. Jurusan ini bisa bersifat kualitatif maupun kuantitatif sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk analisis kualitatif akan dilakukan proses identifikasi unsur atau senyawa yang membentuk zat. Pada analisis kuantitatif terdapat proses pengukuran jumlah dari beberapa maupun semua elemen dan senyawa.

Sponsored Link

Banyak sekali contoh ilmuwan dari kimia analitis yang berhasil menemukan berbagai pengembangan teknik secara akurat seperti penentuan massa atom relatif. Ada pula penemuan unsur kimia dan sejenisnya dimana hal tersebut berhubungan erat dengan kimia analis.

Beberapa diantaranya menggunakan metode reaksi kimia yang termasuk ke dalam ciri khas dari substansi yang dikenal. Jika substansi yang akan dianalisis mengalami sebuah reaksi maka substansi tersebut termasuk substansi yang dikenal.

Jurusan analis kimia akan memberikan informasi penting bagi ilmu pengetahuan serta industri. Lulusan dari jurusan tersebut memiliki peluang yang sangat besar untuk terjun di laboratorium untuk penelitian dan analisis.

Apa yang dipelajari di Jurusan Analis Kimia?

Dalam proses pembelajaran para mahasiswanya akan dikenalkan dengan berbagai kebutuhan. Contohnya alat maupun bahan yang sering ada di laboratorium dan industri.

Lulusan dari jurusan tersebut juga dapat dikatakan sebagai seorang teknisi yang menggunakan metode analisis. Anda tentunya sudah bisa membayangkan bagaimana seorang mahasiswa akan diasah kecerdasannya.

Bagi calon mahasiswa yang berasal dari sekolah menengah jurusan IPA hal ini akan sangat cocok. Di beberapa SMK juga jurusan ini sudah hadir sehingga tulisannya Bisa meneruskan ke perguruan tinggi dengan jurusan kimia analis. 

Di dalamnya Anda akan mempelajari cukup banyak proses analisis. Contohnya ialah menguji sampel udara tanah dan air serta melakukan identifikasi terhadap polutan. Nantinya Anda akan mempelajari hal-hal tersebut dengan detail.

Bidang-bidang yang akan dipelajari mulai dari zat-zat yang ada dalam peristiwa tersebut hingga peristiwa atau proses yang terjadi di dalamnya. Pada pelajaran sekolah menengah hal tersebut hanya akan dipelajari sekilas saja.

Lain halnya pada jurusan analis kimia yang akan mempelajari hal-hal tersebut secara detail. Hal inilah yang membuat para lulusannya lebih memahami dan mengetahui asal muasal hingga perkembangan dari setiap ilmunya.

jurusan analis kimia

11 Prospek Lulusan Analis Kimia

Tujuan utama dari adanya jurusan tersebut tentunya untuk menambah sumber daya manusia yang lebih handal. Sebagian besar lulusannya akan menjadi tenaga ahli yang handal dan siap digunakan di lapangan pekerjaan.

Pendidikan khusus dengan jurusan ini dapat menekankan skill atau keahlian di bidangnya. Jurusan ini berorientasi pada peningkatan dan pengembangan skill dengan memberikan pelajaran dan ilmu di bidangnya.

Dari berbagai skill yang dipelajarinya maka setiap lulusan dari jurusan tersebut memiliki prospek pekerjaan yang lebih luas. Di lapangan pekerjaan jurusan ini cukup banyak dibutuhkan.

Sebelum mengambil jurusan analis kimia maka sebaiknya ada mengetahui prospek pekerjaannya terlebih dahulu. Skill dan keahlian yang dimilikinya akan dibutuhkan dan disalurkan pada beberapa pekerjaan berikut ini.

Instansi Negeri BATAN

BATAN ialah singkatan dari badan tenaga atom nasional. Dari kepanjangannya saja sudah diketahui bahwa instansi ini akan berhubungan dengan zat atom dan sejenisnya. Hal ini tentunya dipelajari pada jurusan analis kimia.

Jika Anda sebagai lulusan dari jurusan ini maka Anda sangat berkesempatan untuk memiliki karir yang cukup cemerlang. Untuk itu Anda bisa terus mengasah kemampuan dan belajar dengan tekun pada jurusan ini.

lab

Departemen Kesehatan

Sebagai lulusan dari analis kimia Anda juga memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di departemen kesehatan khususnya rumah sakit dan laboratorium. Pada bagian itu Anda bisa menjadi ahli yang bertugas melakukan analisis.

Di departemen kesehatan memang membutuhkan ketelitian dan keahlian utama yang berhubungan dengan analisis. Analisis inilah yang cukup sering diajarkan dalam jurusan tersebut.

Departemen Lingkungan Hidup

Anda memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di departemen lingkungan hidup karena tidak ini juga cukup berhubungan dengan ilmu kimia. Anda berkesempatan untuk menjadi bagian dari departemen ini dan terjun langsung di tengah masyarakat.

Dalam bidang lingkungan hidup juga masih mempelajari sifat kimia. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda dalam memberikan peran penting di tengah masyarakat. Setiap Al pada bidang tersebut bisa lebih terorganisir.

Perusahaan Farmasi

Prospek berikutnya ialah di perusahaan Farmasi sebagai quality control. Bidang Farmasi juga tidak begitu jauh berbeda dan masih berkaitan dengan kimia analis. hal ini juga bisa memberi kesempatan dan peluang bagi lulusan dari jurusan ini.

Perusahaan Farmasi akan membutuhkan teknik kimia karena bidang Farmasi ini memang tidak terlepas dari hal ini. Sehingga dengan mempelajari ilmu yang satu ini Anda bisa lebih diterima di bidang Farmasi meskipun bukan ahli Farmasi.

alasan memilih jurusan farmasi

Perusahaan Makanan

Kandungan zat dan atom juga berhubungan dengan makanan. Anda bisa bekerja sebagai bagian quality control atau pengecekan dari kandungan atau pembuatan makanan tersebut. Salah satu contohnya adalah PT Indofood.

Industri Plastik

Bahan plastik pada dasarnya terdiri dari beberapa proses yang dibutuhkan analisis khusus dan teknik khusus. Hal ini tentunya bisa dibantu dengan menggunakan skill atau kemampuan dari jurusan kimia analis.

Instansi Jasa Analisis

Indonesia terdapat instansi jasa analisis seperti Sucofindo. Anda memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan yang cukup besar ini sehingga bisa bekerja di tempat yang sangat menjanjikan ini.

Industri Mesin

Industri mesin pada dasarnya juga membutuhkan teknik kimia dalam penerapannya. Industri seperti ini sudah cukup banyak ada di Indonesia. Anda bisa menjadi bagian dari perusahaan besar tersebut.

prospek kerja teknik mesin

Industri Makanan Ternak

Siapa sangka bahwa makanan ternak pada dasarnya membutuhkan teknik khusus dengan ilmu kimia. Dengan mengambil jurusan analis kimia maka Anda bisa bekerja di tempat tersebut sehingga memiliki prospek yang sangat baik.

BPOM (Badan Pemeriksa Obat dan Makanan)

Badan pengawas obat dan makanan menjadi instansi berikutnya yang bisa menjadi peluang pekerjaan dari lulusan jurusan ini. Cara kerjanya tentu saja dengan menggunakan proses analisis sehingga teknik inilah yang cukup cocok untuk bidang ini.

Untuk analisis dan pemeriksaan obat dan makanan maka diperlukan proses penelitian yang cukup baik. Hal ini dapat didukung dengan keahlian yang sudah diajarkan pada jurusan tersebut. Obat dan makanan memang tidak terlepas dari teknik khusus.

Staff atau Manajer di Pabrik Obat-obatan

Seorang lulusan dari kimia analis memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di pabrik obat-obatan. Ia bisa menggunakan skill atau kemampuan mereka dalam melakukan proses pembuatan dan pengecekan dari obat-obatan ini.

Jurusan Analis Kimia Bisa Kuliah di Mana Saja?

Jurusan analis kimia bisa Anda peroleh di beberapa Universitas ternama yang ada di Indonesia. beberapa diantaranya bahkan terakreditasi A dan memperoleh nilai yang cukup baik dari BANPT. Jurusan ini cukup dibutuhkan sehingga keberadaannya sudah tersebar di Indonesia.

Di sana setiap ilmu dan teknik akan dipelajari dengan sangat detail sehingga mahasiswa akan dituntut untuk memahaminya. Setiap lulusannya sangat memiliki potensi yang cukup besar mencapai kesuksesannya.

kuliah IPA

Jika Anda ingin mengambil jurusan ini Anda bisa kuliah di beberapa Universitas berikut ini.

  • IPB
  • Akademi Kimia Analis
  • Uniksha
  • AKA Bogor
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Pendidikan Ganesha
  • Universitas Pembangunan Veteran Nasional Yogyakarta, dll.

Beberapa informasi diatas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda untuk bisa memilih jurusan analis Kimia. Jurusan ini memiliki prospek yang cukup besar dan luas di lapangan pekerjaan.

Mereka yang mengambil pekerjaan yang sesuai dengan jurusan ini sebagian besar memiliki jenjang karir yang cukup baik. Hal ini tentu bisa menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang menyukai ilmu kimia.

Anda tak perlu khawatir karena pada dasarnya jurusan ini ini sangat baik dan tetap ramah untuk dipelajari oleh siapapun. Beberapa kesulitan juga pada dasarnya dapat diselesaikan oleh teknik dan cara khusus pada ilmu tersebut.

Saat Anda sudah menyukai pengetahuan ini mulai dari bangku SMA maka Anda bisa menjadikan beberapa informasi tersebut sebagai rujukan. Selain itu Anda juga bisa bertanya langsung kepada ada berapa alumni dari jurusan ini.

Pengetahuan yang diperoleh pada dasarnya sangat berkaitan erat dengan kebutuhan sehari-hari. Contohnya saja makanan, minuman, obat-obatan, departemen kesehatan dan yang lainnya. Hal ini tentu saja akan sangat dibutuhkan di tengah masyarakat.

Setiap mahasiswa akan dituntut untuk lebih cerdas dan aktif dalam mempelajari jurusan ini. Hal tersebut menjadi modal utama agar ilmu ini bisa lebih mudah untuk dipahami. Kecil kemungkinan untuk bisa lebih berhasil jika Anda tidak memiliki minat yang aktif.

Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Seberapa ketat persaingan menjadi analis kimia?

Cukup Ketat karena analis kimia juga banyak diisi oleh smk kimia analis, farmasi atau teknik kimia dan yang lulusan D3 kimia analis biasanya lebih banyak peluangnya.

Posisi kimia analis terkadang banyak dari jurusan teknik kimia juga atau bahkan teknologi pangan bisa diambil sebagai analis kimia terkhusus untuk industri makanan dan minuman.

Namun bila melamar analis kimia untuk industri minyak kelapa sawit, biasanya untuk laki-laki peluangnya lebih terbuka lebar atau dengan kata lain persaingan menjadi analis kimia tidak terlalu ketat

Sebelum memilih jurusan analis kimia pastikan Anda menyukainya terlebih dahulu karena  nantinya Anda akan menghadapi cukup banyak tantangan. Akan tetapi jika Anda benar-benar menyukainya maka tantangan tersebut akan lebih mudah diselesaikan.

Beberapa penjelasan di atas dapat dijadikan rujukan bagi Anda jika ingin memilih jurusan tersebut. Setiap hal yang berhubungan dengan hal ini perlu Anda pelajari dengan baik dan benar. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mempelajarinya.

Selain itu, Anda juga bisa bertanya mengenai pengalaman dari para lulusan jurusan ini. Tanyakan pula apa dan bagaimana cara dalam menghadapi setiap situasi yang ada. Dengan begitu Anda bisa lebih terbiasa.

Apa sisi gelap bekerja sebagai analis kimia?

Suka bosenan, karena analis kimia yang rutin bergelut di dalam laboratorium akan kembali mengerjakan hal yang sama setiap hari.
Bosanan, lalu menjadi kutu loncat, umum terjadi bagi para fresh graduate lulusan analis kimia. Kebanyakan mereka menganggap mudah mencari pekerjaan.


Terpapar resiko dan bahaya berbagai bahan kimia (yang terlihat maupun tidak terlihat)
Merasa akrab dengan bahan kimia, lalu abai menggunakan APD (alat pelindung diri) Ketika seseorang merasa aman dan nyaman, maka tingkat kewaspadaan akan menurun. Resiko kecelakaan kerja akan meningkat.

Beberapa oknum memanfaatkan situasi kondisi. Dalam suatu profesi, pasti ada beberapa orang yang “nakal”, membuat hasil yang manipulatif dan hanya berupa data bayangan.

Galau dan gemetar saat harus menghadapi audit (audit internal maupun eksternal) Bayangkan jika proses analis kurang teliti dan ada produk yang lolos kepasaran, kemudian terjadi masalah

Jadi, jika Anda berminat dengan jurusan analis kimia maka Anda bisa segera memilihnya. Anda bisa mendapat pengalaman baru dan berpeluang lebih sukses di bidang karir. Selain itu Anda juga bisa lebih memiliki peran di tengah masyarakat. Demikianlah pembahasan informasi dan fakta keren seputar kimia analis, semoga bermanfaat.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar


Trending Topics
pentingnya organisasi bagi mahasiswa
Contoh Teks Eksplanasi Tsunami
Hard Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja
Materi Presentasi yang Menarik untuk Mahasiswa