11 Jurusan yang Berhubungan dengan Kimia

Jurusan yang Berhubungan dengan Kimia – Masa pendaftaran kuliah sudah tiba, banyak universitas atau perguruan tinggi yang sudah mulai membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru. Jika Anda merupakan lulusan SMA dengan jurusan kimia, Anda bisa mencari jurusan yang berhubungan dengan kimia.

Pemilihan jurusan memang sangat urgent dan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap seseorang dikemudian hari. Bahkan bisa dikatakan bahwa keputusan pemilihan jurusan tersebut akan menentukan jalan hidup dari seseorang. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan banyak hal mengenai dunia perkuliahan dan jurusan yang berkaitan dengan kimia.

Apa Itu Jurusan?

Jurusan dalam dunia perkuliahan merupakan bagian dari fakultas yang berfokus pada bidang studi yang ditekuni oleh mahasiswa.Pengambilan jurusan tentu akan akan sangat berpengaruh terhadap kondisi Anda setelah lulus. Sebab pada setiap jurusan pasti memiliki mata kuliah yang berbeda-beda dengan prospek kerja yang juga berbeda.

advertisement
Jurusan yang Berhubungan dengan Kimia

Jurusan yang Berhubungan dengan Kimia

Banyaknya jurusan yang berhubungan dengan kimia yang ada di berbagai universitas tentu membuat siswa lulusan SMA dengan jurusan kimia merasa kebingungan. Maka dari itu, di bawah ini akan dijelaskan tentang jurusan-jurusan yang berkaitan erat dengan kimia agar Anda tidak salah pilih jurusan.

Adapun jurusan yang dimaksud, seperti:

Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi adalah jurusan yang di dalamnya merupakan kombinasi antara ilmu kesehatan dengan ilmu kimia. Jika Anda memilih jurusan farmasi, maka Anda akan diajarkan untuk membuat atau meracik obat, membuat obat herbal dalam berbagai bentuk.

adv

Hal itu juga mempelajari tentang pengembangan ilmu dan teknologi pembuatan obat dalam bentuk sediaan yang nantinya bisa digunakan untuk menyembuhkan.

Meskipun terlihat sepele, namun jurusan yang berhubungan dengan kimia ini ternyata memiliki peluang kerja yang cukup besar. Sebab selain bisa menjadi seorang apoteker, lulusan Farmasi juga bisa bekerja di berbagai banyak tempat dan di berbagai pekerjaan.

alasan memilih jurusan farmasi

Jurusan Teknologi Pangan (TekPang)

 Jurusan teknologi pangan merupakan jurusan dalam perguruan tinggi yang akan mempelajari berbagai proses pengolahan bahan pangan mentah menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Jika dilihat sekilas, memang jurusan ini masih diragukan bila dikatakan sebagai salah satu jurusan yang berhubungan dengan kimia.

Namun tahukah Anda, bahwa dalam proses pengolahan bahan pangan tersebut harus melewati banyak proses seperti pengawetan, sortasi, pengemasan, distribusi dengan menjaga dan memastikan bahwa hasil akhir masih aman untuk dikonsumsi dan tetap bergizi. Dari proses inilah kita bisa melihat bahwa di jurusan teknologi pangan juga membutuhkan dan berhubungan dengan kimia.

ads

Jika Anda memilih jurusan ini, maka Anda bisa berkesempatan untuk bekerja di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Selain itu, masih banyak tawaran pekerjaan lain yang bisa Anda ambil nantinya.

Prospek Kerja Teknologi Pangan

Jurusan Holtikultura

Mungkin Anda jarang atau bahkan belum pernah mendengar nama jurusan ini. Meski begityu, jurusan ini bisa Anda pilih sebab merupakan salah satu jurusan yang berhubungan dengan kimia.

Jadi, jurusan holtikultural ini merupakan jurusan yang di dalamnya mempelajari tentang sistem dan cara-cara dalam pembudidayaan tanaman dan berfokus pada perawatan yang lebih intensife.

Jurusan Kimia Murni Fakultas MIPA

Ilmu kimia (chemistry) adalah ilmu yang akan menyelidiki sifat dan struktur zat, serta interaksi antara materi-materi penyusun zat. Ilmu kimia pada perkuliahan tentu berbeda dengan kimia pada saat di SMA.

Di perkuliahan, Anda akan mempelajari tentang ilmu kimia murni. Dengan ilmu ini, Anda bisa membuat berbagai inovasi untuk kehidupan di masa depan.

a d s
prospek kerja kimia murni

Jurusan Teknologi Hasil Hutan

Jurusan yang satu ini memang belum familiar di masyarakat namun ketika Anda memilih jurusan ini maka nantinya Anda akan diajarkan banyak hal mengenai pengembangan ilmu penhetahuan dan teknologi untuk mengelola semua hasil hutan, baik kayu maupun non kayu secara baik dan benar.

Salah satu jurusan yang berhubungan dengan kimia ini memang kurang dimintai oleh para siswa berlatar belakang kimia. Namun, Anda tetap bisa memilih jurusan ini karena memiliki kesempatan kerja yang menjanjikan.

Jurusan Agrobisnis

Jurusan agrobisnis merupakan ilmu-ilmu yang dibutuhkan untuk pengembangan industrialisasi dalam dunia pertanian. Dalam jurusan ini Anda akan banyak mempelajari tentang teknologi dan industri yang digunakan dalam mengelola hasil pertanian.

Jurusan agrobisnis ini juga mempelajari tentang cara-cara dan teknik-teknik serta proses kimia yang diterapkan dalam dunia industri dan perusahaan. Maka dari itu, jurusan ini bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan yang berhubungan dengan kimia.

Jurusan Pendidikan Kimia

Jurusan pendidikan Kimia merupakan salah satu jurusan yang lebih terfokus mempelajari tentang teknik-teknik dalam mengajarkan kimia kepada orang lain. Jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menjadi seorang guru atau tenaga pengajar ilmu kimia.

Jurusan Bio Kimia

Jurusan biokimia merupakan sebuah jurusan yang didalamnya mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi dan bagaimana proses kimia berlangsung dalam tubuh ekosistem. Biomolekul yang akan berperan dalam proses metabolisme seperti protein, karbohidrat dan asam nukleat.

sponsor

Awalnya jurusan biokimia bukan merupakan jurusan, melainkan hanyalah sebuah mata kuliah yang biasa diajarkan dalam Jurusan Kedokteran dan ilmu kimia. Namun seiring berjalannya waktu, biokimia kini sudah bertransformasi menjadi semua jurusan yang diminati oleh masyarakat.

Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik

Jurusan yang berhubungan dengan kimia selanjutnya adalah jurusan teknik kimia. Ketika Anda memilih jurusan ini, maka Anda akan mempelajari banyak hal terutama mempelajari rekayasa untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomi tinggi.

Di dalam jurusan Teknik Kimia ini mempelajari dan mengembangkan penelitian yang berkaitan dengan desain molekular baru sintesis dan juga reaksi kimia dalam mewujudkan masyarakat yang ramah lingkungan.

prospek kerja teknik kimia

Jurusan Ilmu Gizi

Meskipun ilmu gizi lebih cocok dikatakan sebagai ilmu dalam dunia kedokteran. Namun nyatanya, ilmu gizi merupakan salah satu jurusan yang berhubungan dengan kimia.

Dalam jurusan ilmu gizi, Anda akan belajar tentang zat-zat yang terdapat di dalam sebuah makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh tubuh dan serta mempelajari tentang bagaimana reaksi yang ditimbulkan setelah dikonsumsi.


Jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup bagus bukan hanya bisa bekerja sebagai ahli gizi atau konsultan gizi, Anda juga berkesempatan bekerja dalam perusahaan industri pangan. Contohnya seperti perusahaan atau pabrik makanan dan lain sebagainya.

jurusan ahli ilmu gizi

Jurusan Rekayasa Pertanian

Pada jurusan yang berhubungan dengan kimia ini, nantinya Anda akan mempelajari tentang kompetisi unggul untuk mengembangkan sistem pertanian yang berkelanjutan.

iklan

Jurusan rekayasa pertanian ini merupakan jurusan yang didalamnya mengombinasikan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan berbagai prinsip Rekayasa Sistem dalam pengelolaan pertanian.

Meskipun terdengar biasa-biasa saja, namun jurusan rekayasa pertanian ini menawarkan prospek pekerjaan yang menjanjikan. Adapun beberapa contoh pekerjaan yang bisa Anda kerjakan ketika sudah lulus dari jurusan ini yaitu ahli teknik pertanian, peneliti tanah dan tumbuhan atau manager pertanian dan peternakan.

kuliah
Gimana, sudah ada gambaran mau ambil apa? atau malah makin bingung ? :p
Apa alasan terkuat memilih jurusan Kimia?

Kimia itu ilmunya luas, bisa di implementasikan di berbagai bidang. Produk-produk yang ada saat ini merupakan perkembangan dari ilmu kimia.

Alasan kedua adalah Kimia itu dikenal susah, jadi merasa tertantang untuk mendalaminya dan loker tentang kimia sangat banyak. Alasan terakhir yaitu saat melihat guru menjelaskan kimia keren sekali jadi saya tertarik mempelajarinya.

Apa saran buat mahasiswa baru jurusan Kimia?

Hapal tabel periodik unsur minimal golongan A. Ini memudahkan kamu untuk belajar sifat-sifat unsur.
Kamu jangan anti sama bidang ilmu eksak lain. Jangan masuk Kimia karena takut Fisika (misalnya). Nanti Kimia akan bersinggungan dengan bidang ilmu lain.
Perhatikan saat pelajaran Kalkulus (beberapa masuk ke dalam mata kuliah Matematika)! Nantinya ini berguna di mata kuliah Kimia Fisik.

  • Persiapkan untuk praktikum. ebelum mulai praktikum biasanya ada kuis.
  • Latih kemampuan Stoikiometri! Pelajari cara mengubah satuan misalnya dari molaritas ke normalitas atau dari persen ke ppm.
  • Lebih berhati-hati di laboratorium. Jika merusak alat lab harus mengganti dan harganya tidak murah.
  • Jangan lupa bersenang-senang, agar pikiran selalu fresh dan mampu mencerna semua materi yang diberikan.

Demikianlah beberapa jurusan yang bisa dipilih oleh para siswa lulusan SMA dengan jurusan kimia. Dari banyaknya jurusan di atas tentu memiliki prospek kerja, ilmu yang dipelajari berbeda-beda dan memiliki keunggulannya masing-masing.

Jadi setelah Anda membaca beberapa jurusan di atas, maka kira-kira  jurusan yang berhubungan dengan kimia manakah yang akan Anda pilih?

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp