11 Prospek Kerja Kimia Murni yang Tidak Bisa Diremehkan

Jurusan kimia murni sering diremehkan para pencari kuliah, terbukti dari rendahnya passing grade yang dibutuhkan untuk memasuki jurusan ini. Bahkan jika dibandingkan dengan peminat jurusan pendidikan kimia, jurusan kimia murni masih kalah dari jumlah peminatnya.

Padahal sebenarnya, prospek kerja kimia murni sangatlah beragam. Banyak perusahaan swasta yang membutuhkan lulusan jurusan ini untuk menempati beberapa posisi di perusahaan mereka.

Bagi yang mau jadi PNS pun juga bisa karena setiap tahunnya ada lowongan kerja yang ditujukan untuk alumni jurusan ini.

prospek kerja kimia murni

Apa Itu Jurusan Kimia Murni ?

Kimia digunakan untuk menyebutkan sebuah ilmu yang mempelajari materi pada skala molekuler dan berbagai reaksi yang terjadi di dalamnya. Akan tetapi fokus jurusan kimia murni sebenarnya tidak hanya membahas mengenai perubahan materi dan reaksinya ini.

Di dalam jurusan ini juga dipelajari bagaimana menganalisis produk, meneliti struktur produk dan mekanisme yang terjadi di dalamnya. Di jurusan ini, mahasiswa akan diarahkan untuk melakukan penelitian di laboratorium. Mahasiswa diharapkan mampu membuat sebuah formula kimia baru atau merevisi formula yang sudah ada menjadi lebih baik.

Oleh sebab ini jurusan ini sangat cocok bagi anda yang ingin bekerja di laboratorium dan melakukan riset. Di jurusan ini anda akan melakukan banyak praktikum yang nantinya kegiatan para mahasiswa setiap harinya tidak bisa jauh dari membuat laporan praktikum yang telah dilakukannya.

Saat menjadi mahasiswa tingkat menengah, biasanya banyak lembaga bimbingan yang menawari anda untuk menjadi guru private. Ini bisa menjadi sebuah alternatif untuk menambah uang jajan mahasiswa selama menempuh kuliah.

Para lulusan kimia murni dituntut memiliki kemampuan untuk meneliti suatu zat dan menganalisisnya, harus memiliki pemahaman tentang kimia yang baik, memahami tentang fisika dan matematika serta kemampuan untuk menghafal.

Jadi bagi anda yang ingin memasuki jurusan ini, anda harus bisa melakukan hafalan dan logika secara bersamaan. Maka dari itu, jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang cukup sulit karena topik bahasannya begitu luas. Kimia murni masih berhubungan erat dengan ilmu biologi, fisika dan matematika.

prospek kerja kimia murni

Prospek Kerja Kimia Murni

Bagi seorang lulusan jurusan kimia murni, apalagi lulusan universitas ternama maka anda tidak akan pusing dalam mencari kerja. Ada banyak sekali prospek kerja untuk lulusan jurusan kimia murni. Berikut akan saya bahas beberapa pekerjaan yang membutuhkan lulusan jurusan ini untuk mengisi posisi tersebut.

1. Quality Control

Lulusan jurusan kimia murni dapat bekerja sebagai quality control dalam berbagai perusahaan seperti makanan, farmasi, tekstil, kosmetik dan lainnya.

Disini anda akan disuruh untuk mengecek kualitas produk dan resiko yang bisa diterima konsumen ketika menggunakan produk tersebut. Pekerjaan ini sangat cocok bagi seorang wanita, karena tidak memerlukan bekerja di lapangan dan gaji yang didapatkan juga cukup besar.

2. Tenaga Laboratorium

Banyak lembaga yang membutuhkan tenaga laboratorium atau yang biasa disebut sebagai laboran. Laboran dibutuhkan untuk melakukan eksperimen, menyiapkan bahan dan keperluan lain di laboratorium.

Lulusan kimia murni dapat bekerja di banyak laboratorium seperti laboratorium mikrobiologi, genetika, kimia, forensik dan lain sebagainya.

prospek kerja kimia munri

3. Bekerja di Perusahaan Obat

Lulusan kimia murni merupakan salah satu yang paling dibutuhkan oleh perusahaan obat untuk menguji kualitas obat yang akan dipasarkan ke masyarakat dari segi kimia.

Saat ini kebutuhan lulusan kimia murni di perusahaan pembuat obat begitu tinggi. Apalagi dengan adanya covid-19, para perusahaan obat berusaha menemukan obat baru yang bisa digunakan untuk melawan penyakit ini.

4. BNN

BNN merupakan lembaga negara yang berkaitan dengan pemberantasan narkoba yang ada di negara ini. Anda bisa melamar untuk bekerja di BNN karena lembaga negara ini membutuhkan banyak sekali orang kimia untuk bekerja didalamnya.

Salah satu pekerjaannya adalah untuk menganalisis urin dan darah dari terduga pengguna narkoba. Selain itu, lembaga ini juga membutuhkan orang yang menganalisis produk narkoba yang didapatkan khususnya untuk narkoba jenis baru.

5. Perbankan

Jangan salah bahwa ternyata banyak alumni dari jurusan kimia murni yang bekerja di dunia perbankan. salah satu pekerjaan yang diperuntukkan untuk lulusan kimia yang bekerja di dunia perbankkan adalah untuk menganalisis perusahaan yang berkaitan dengan kimia ketika mereka ingin mengajukan kredit.

6. Peneliti

Lembaga riset seperti LIPI membutuhkan peneliti yang bekerja untuk membuat sebuah penemuan baru di bidang yang ditelitinya. Begitupun pada bidang kimia, dimana cakupannya sangat luas dan setiap tahunnya terdapat banyak sekali penelitian di bidang ini.

Bagi anda yang suka melakukan analisis dan eksperimen di laboratorium, pekerjaan sebagai peneliti ini merupakan suatu hal yang menyenangkan. Anda bisa mencoba menemukan atau menciptakan sesuatu yang baru, siapa tahu nama anda akan dikenang di masa depan anda berkat penemuan yang ada ciptakan.

7. Dosen

Sebagai seorang lulusan kimia murni, tentunya pengetahuan tentang kimia yang dimiliki begitu mendalam. Selain bisa menjadi dosen di jurusan yang anda tempuh, ada banyak jurusan di luar kimia yang membutuhkan tenaga pengajar yang berasal dari kimia murni.

Sebut saja jurusan biologi yang pada beberapa mata kuliahnya membutuhkan dosen yang berasal dari kimia, seperti mata kuliah kimia organik, biokimia dan lain sebagainya.

Biasanya jika IPK anda tinggi maka anda akan ditawari oleh universitas tempat anda menimba ilmu untuk menjadi tenaga pengajar disana.

8. Guru

Selain bisa menjadi dosen, lulusan kimia murni bisa mendaftar sebagai tenaga pengajar di SMP atau SMA. Hanya saja anda harus melanjutkan sekolah lagi untuk menempuh S2 pendidikan agar mengetahui bagaimana cara mengajar anak dengan benar.

9. Analasis Keselamatan lingkungan

Lulusan kimia murni memang pekerjaannya berhubungan dengan analisis, begitupun bagi anda yang ingin menjadi seorang analisis keselamatan lingkungan.

Profesi ini memiliki prospek yang sangat bagus, akan tetapi anda diharuskan untuk pergi kelapangan untuk mengambil sampel serta memantau kondisi lingkungan yang anda analisis.

10. Penulis

Banyak sekali buku yang tentang kimia yang diterbitkan setiap tahunnya. Bagi anda yang lulus dari jurusan kimia murni, anda mempunyai prospek kerja yang bagus sebagai penulis buku.

Anda bisa melakukan kerjasama dengan penerbit untuk menerbitkan buku anda atau menerbitkannya secara pribadi dengan biaya sendiri. Pastikan buku yang anda tulis memiliki judul dan isi yang menarik sehingga tulisan anda tersebut banyak terjual di pasaran.

11. Editor

Selain menjadi seorang penulis, seorang lulusan jurusan kimia murni mempunyai kesempatan menjadi editor sebuah buku yang akan diterbitkan. Tentunya buku-buku yang akan diedit ini yang berkaitan dengan bidang kompetisi anda di dunia kimia.

Anda bisa mencari tahu penerbit apa yang sedang membutuhkan editor di bidang ini. Sayangnya lowongan kerja sebagai editor ini tidak terlalu banyak.

advertisement

Lebih bagus mana, Teknik Kimia atau Kimia Murni?

Teknik kimia itu teknik proses, dimana kamu akan belajar merancang suatu proses produksi dari awal sampai akhir (biasanya berkaitan dengan zat kimia). Sedangkan kimia murni itu lebih kepada konseptualnya, mengapa dan bagaimana sesuatu dapat terbentuk jika ditelaah melalui proses kimiawi (reaksi dll). Analogi teknik kimia dan kimia murni itu seperti gambar di bawah ini:

lebih bagus mana kimia munri atau teknik kimia

Lebih bagus kuliah jurusan apa, itu tergantung diri kamu sendiri. Kamu tanyakan kepada diri sendiri, kamu lebih condong ke mana. Jurusan yg terbaik adalah jurusan yg kamu ambil atas dasar minatmu sendiri, bukan karena kata orang lain.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum mulai kuliah Kimia Murni?

Kamu harus tahu bahwa anda masih akan bertemu dengan fisika dan matematika dalam jurusan ini, bahkan biologi juga.
Kemudian anda juga harus suka dengan kimia. Karena nantinya akan banyak mata kuliah baru yang lebih spesifik dari cabang ilmu kimia jadi jangan sampai anda tidak suka dan masuk kimia hanya faktor “kebetulan”

Apa bisa orang kimia murni berprofesi sebagai sales marketing?

Tentu saja bisa. Kebanyakan industri menjual produk bahan-bahan kimia. Ada juga perusahaan yang menjual alat-alat instrumen kimia.
Orang yang memiliki background kimia biasanya lebih mudah menjelaskan karena sudah paham. Makanya rata-rata perusahaan yang memproduksi bahan-bahan kimia merekrut orang yang memiliki pendidikan di bidang kimia.

Itulah beberapa prospek kerja kimia murni jenjang S1. Sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan yang bisa ada lamar selain beberapa yang saya ulas diatas.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest