Inilah 6 Prospek Kerja Biologi Murni di Indonesia

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting untuk suatu kehidupan. Selain bisa membuat kita menjadi lebih memiliki wawasan yang lebih baik lagi. Pendidikan juga bisa sebagai salah satu modal untuk mendapatkan suatu pekerjaan.

Untuk saat ini jenjang kuliah bisa dibilang masih menjadi salah satu jenjang pendidikan yang menjadikan seseorang memiliki suatu kedudukan pekerjaan yang lebih baik lagi. Dan tentunya jenjang kuliah juga memiliki suatu progdi di dalamnya.

Peluang dan Prospek Kerja Biologi Murni

Kuliah dengan progdi biologi murni bisa dibilang memiliki prospek kerja biologi murni yang banyak sekali. Beberapa peluang kerjanya akan dibahas dalam artikel ini.

Prospek Kerja Biologi Murni

Menjadi peneliti biologi

Salah satu peluang kerja yang mungkin anda bisa capai setelah menjadi mahasiswa biologi murni adalah menjadi seorang peneliti. Pada saat menjadi mahasiswa anda akan dituntut untuk memiliki kemampuan seperti pengetahuan ilmiah yang sangat kuat.

Selain itu daya analisa dan berbagai ketrampilan dari organisasi yang pernah anda ikuti bisa juga sebagai modal awal anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Ketika anda menjadi seorang peneliti anda memiliki kemungkinan akan bekerja yang ditempatkan pada sektor public atau bahkan bisa juga ditempatkan pada perusahaan swasta. Anda akan meneliti sebuah penemuan obat-obatan baru, lalu untuk suatu vaksin.

Selain itu anda memiliki kemungkinan untuk menjadi seorang peneliti yang bergerak pada lingkup hewan dan juga tumbuhan. Anda akan memiliki sebuah ruang lingkup yang luas bila menjadi seorang peneliti.

Bekerja pada bidang komunikasi

Bukan hanya kemampuan pengetahuan terkait dengan keilmiahan saja yang bisa dibutuhkan. Akan tetapi anda bisa juga memiliki suatu kemampuan terkait dengan penyampaian informasi yang baik ketika menjadi mahasiswa biologi murni. Ketika kemampuan penyampaian informasi bisa anda kuasai maka anda akan bisa bekerja dalam bidang media dan juga komunikasi.

Contohnya adalah menjadi seorang jurnalis, presenter, juru bicara, bahkan bisa juga anda menjadi seorang yang bekerja sebagai juru kampanye terkait dengan kebijakan dan juga seorang penulis dalam bidang sains tentunya.

Ketika anda bekerja dibidang komunikasi maka anda akan bisa membantu manusia untuk meningkatkan kesadaran terkait dengan penemuan ilmiah yang selalu berkembang.

Beberapa langkah yang mungkin saja bisa anda lakukan ketika meningkatkan kesadaran adalah melalui sebuah kampanye, pembicaraan pada suatu acara, atau melalui sebuah skema pendidikan.

Bekerja dalam bidang kesehatan

Ketika anda menjadi seorang lulusan biologi murni anda memiliki kemungkinan bekerja dalam bidang kesehatan. Perlu diketahui bahwa anda harus melalui jenjang pascasarjana dahulu bila ingin bekerja dalam bidang kesehatan ini. Jenjang karir yang ada dalam bidang kesehatan ini adalah seperti menjadi seorang fisioterapi, seorang terapi wicara, bisa juga menjadi seorang konsultan khusus. 

Bekerja pada bidang hukum

Kemungkinan untuk bekerja dalam bidang hukum bisa saja anda capai. Karena memang dalam bidang hukum selalu membutuhkan suatu pengetahuan ilmiah.

Jenjang karir yang bisa anda pilih adalah seperti pematenan suatu produk, dapat juga menjadi ilmuwan dalam bidang forensik untuk kalangan polisi, organisasi ataupun suatu industri.

Tenaga pengajar

Menjadi seorang guru atau seorang dosen bisa menjadi salah satu pekerjaan yang akan anda dapatkan ketika anda memasuki progdi biologi murni pada saat dibangku perkuliahan. 

Bidang umum

Maksud dari bidang umum ini adalah anda mungkin bisa saja menjadi seorang wirausahawan yang notabenya bisa menerapkan bioteknologi pada produk yang akan anda pasarkan. Selain itu anda juga bisa bekerja pada industri pertanian, bioteknologi dan berbagai macam industri yang membutuhkan suatu ketrampilan biologi didalamnya.

prospek kerja biologi murni di indonesia

Keunggulan jurusan biologi

Bagi anda yang ingin melanjutkan perkuliahan pada progdi atau jurusan biologi maka anda mengetahui fakta terkait dengan keunggulan jurusan biologi tersebut. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh jurusan biologi. 

1. Kepekaan terhadap lingkungan hidup akan terlatih

Pada saat masuk kedalam jurusan biologi maka anda akan terbiasa memiliki suatu pemikiran terkait dengan bahwa alam tidak boleh dirusak oleh manusia.

Alhasil anda akan lebih peka terhadap lingkungan. Contoh nyata terkait dengan kepekaan lingkungan adalah anda akan membuang sampah pada tempatnya.

Lalu anda akan bisa mengerti bahwa hewan akan memiliki suatu ancaman punah bila diburu secara terus menerus dan tentunya pelestarian baik hewan maupun tumbuhan harus tetap dijaga.

2. Memperlajari terkait dengan siklus kehidupan

Pada saat anda memasuki jurusan biologi anda akan mendapatkan suatu pengetahuan terbaru terkait dengan siklus kehidupan yang terjadi didunia ini.

Mulai dari siklus kehidupan manusia, siklus kehidupan tumbuhan, dan juga siklus kehidupan hewan. Anda akan mempelajari terkait dengan cara reproduksi yang dilakukan oleh manusia, oleh hewan, dan juga oleh tumbuhan.

3. Pola hidup sehat akan lebih dipelajari

Anda akan lebih mengerti bagaimana untuk bisa menjaga pola hidup sehat jika sudah memasuki jurusan biologi ini. Anda akan memiliki sebuah pengetahuan kandungan apa saja yang terdapat didalam tumbuhan ataupun di dalam hewan.

advertisement

4. Keanekaragaman hewan dan tumbuhan 

Hal selanjutnya yang bisa anda dapatkan ketika memilih jurusan biologi adalah anda akan tetap bisa mengetahui tentang keanekaragaman dari hewan dan juga dari tumbuhan. Mulai dari anatomi hewan dan tumbuhan hingga bagaimana hewan dan tumbuhan ini bisa bertahan hidup.

5. Berpetualang di alam bebas

Anda akan bisa berpetualang di alam bebas karena anda akan melakukan sebuah pengamatan terkait dengan hewan dan tumbuhan. Bukan hanya di darat akan tetapi di lingkungan air juga anda bisa melakukan pengamatan.

prospek kerja biologi murni di indonesia

Perbedaan pendidikan biologi dengan biologi murni

Progdi pendidikan biologi dan juga progdi biologi murni tidaklah sama. Berikut ini merupakan beberapa perbedaan pendidikan biologi dengan biologi murni.

  • Prospek kerja

Untuk prospek kerja yang dimiliki oleh pendidikan biologi biasanya mengarah pada menjadikan seseorang tenaga pengajar atau seorang guru. Sedangkan untuk progdi biologi murni bisa memiliki sebuah prospek kerja yang notabene lebih luas lagi dibandingkan progdi pendidikan biologi. Contohnya adalah seperti peneliti, menjadi pekerja LSM, menjadi wirausahawan, dan banyak lagi.

  • Ilmu yang dipelajari

Ilmu yang dipelajari didalam kedua progdi tersebut sangatlah berbeda. Jika dalam pendidikan biologi akan lebih mengarah bagaimana mengajar dengan baik, manajemen sekolah, membuat soal-soal yang akan diberikan kepada siswa kelak dan lainnya terkait dengan bidang bidang pendidikan. Lalu untuk progdi biologi murni memiliki sebuah ilmu yang akan dipelajari seperti molecular biology, biomedik, ekologi dan masih banyak lagi.

  • Gelar yang akan didapatkan

Untuk gelar yang akan didapatkanpun berbeda. Jika pendidikan biologi akan mendapatkan gelar S.Pd sedangkan untuk progdi biologi murni akan mendapatkan gelar S.Si.

  • Segi biaya

Untuk segi biaya mungkin akan berbeda dari satu kampus ke kampus lainnya. Untuk lebih jelasnya anda bisa mencari Informasi terkait biaya pada kampus yang akan anda tuju.

Penjelasan terkait dengan prospek kerja biologi murni sudah dijelaskan pada artikel ini. Selin itu informasi terkait dengan perbedaan biologi murni dengan pendidikan biologi juga bisa anda dapatkan pada artikel ini.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *