Contoh Teks Berita tentang Kebakaran Mengandung Unsur 5W 1H

Berita menjadi media informasi yang masih diandalkan oleh masyarakat. Penyampaiannya tentu menggunakan teks berita yang berisi informasi fakta seperti contoh teks berita tentang kebakaran yang memuat informasi kebakaran yang terjadi di dunia nyata. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh seputar teks berita, berikut penjelasan selengkapnya beserta contoh teks berita.

Definisi Teks Berita

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan teks berita? Definisi teks berita adalah jenis teks yang menyampaikan kabar atau informasi tentang suatu peristiwa faktual dan aktual kepada masyarakat yang diinformasikan secara tertulis.

Peristiwa atau kejadian faktual adalah peristiwa yang terjadi di dunia ini yang nyata. Sedangkan aktual berarti peristiwa atau kejadian tersebut belum lama atau baru saja terjadi. Bisa disimpulkan bahwa teks berita memuat informasi peristiwa atau kejadian yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat.

Contoh Teks Berita tentang Kebakaran yang terdapat unsur 5W 1H

Ciri-ciri Teks Berita

Teks berita banyak dijumpai di berbagai media berita, namun masih ada sebagian masyarakat yang belum memahami jenis teks ini. Supaya lebih memahami teks berita, berikut beberapa ciri-ciri teks berita yang perlu Anda ketahui.

  • Bersifat objektif dan faktual, artinya teks berita menyampaikan informasi terkait peristiwa yang benar-benar terjadi dan bukan opini atau sebatas gagasan penulis.
  • Memiliki kandungan 5W + 1H, teks berita memuat informasi yang dapat menjawab pertanyaan apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
  • Menyajikan peristiwa yang baru atau sedang terjadi, teks berita menyampaikan informasi peristiwa yang sedan terjadi bukan peristiwa umum yang terjadi setiap hari.
  • Peristiwa yang disampaikan adalah peristiwa aktual yakni peristiwa atau kejadian yang baru terjadi.
  • Data yang disampaikan harus sesuai dengan kejadian asli dan tidak direkayasa.
  • Data yang disampaikan dalam teks berita harus lengkap, terutama untuk data-data penting.
  • Informasi waktu dan tempat peristiwa ditulis dengan jelas.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca secara umum.
  • Ditulis dengan bahasa yang menarik sehingga pembaca berminat untuk membaca teks berita.
  • Informasi disampaikan dengan alur peristiwa yang berurutan.
  • Menggunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas.
  • Sumber berita bisa dipertanggungjawabkan.
  • Judul berita dapat mewakili isi berita.

Contoh Teks Berita

Teks berita digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat berupa peristiwa faktual dan aktual. Setelah memahami definisi dan ciri-cirinya, berikut contohnya bagi Anda yang ingin lebih memahami jenis teks berita.

contoh teks eksplanasi kebakaran rumah

Contoh teks berita kebakaran pasar

Judul: Kebakaran Pasar Gembrong, Jakarta Timur

Teks berita:

Kebakaran terjadi di Pasar Gembrong, Jakarta Timur pada Minggu (24/4) malam. Gatot Sulaeman selaku Gulkarmat Jakarta Timur menjelaskan bahwa api pertama kali muncul dari sebuah rumah berlantai dua. Kebakaran diduga disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik yang kemudian membesar sekitar pukul 21.06 WIB.

Pemilik rumah teriak kebakaran dan warga sekitar berusaha menolong memadamkan api. Namun warga tidak sanggup memadamkan kobaran api karena kebakaran yang semakin besar dan merembet ke bangunan sekitarnya.

Banyaknya bangunan yang terbuat dari kayu menyebabkan api mudah merembet ke bangunan lain dengan cepat. Mobil pemadam kebakaran pun diterjunkan untuk menangani si jago merah. Sebanyak 26 unit mobil pemadam kebakaran dan 130 personel ikut menanggulangi kebakaran yang terjadi di Pasar Gembrong ini.


Akhirnya api mulai dapat dijinakkan sekitar pukul 01.08 WIB. Setelah itu, proses pendinginan dan penyisiran di lokasi dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran.

Akibat peristiwa kebakaran ini, tercatat sebanyak 400 bangunan hangus terbakar dan 450 kepala keluarga terdampak. Total luas wilayah yang terkena dampak kebakaran mencapai 1.200 meter persegi dengan ribuan korban yang kehilangan tempat tinggal maupun tokonya.

Berdasarkan pernyataan Gulkarmat Jakarta Timur, kebakaran yang terjadi di Pasar Gembrong menghanguskan 400 bangunan rumah dan pertokoan di lima RT Kelurahan Cipinang Besar Utara, yaitu di RT 2, 3, 4, 5, dan 6.
Sumber: CNN Indonesia

contoh teks eksplanasi kebakaran hutan

Contoh Teks Berita Kebakaran Hutan

Judul: 5 He­ktare Lahan Semak Belukar di Ogan Ilir Terbakar

Teks berita:


Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di daerah Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Peristiwa ini menyebabkan sedikitnya 5 hektare lahan di Desa Muara Baru, Kecamatan Pemulutan kering oleh si jago merah.

Edi Rahmat selaku kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir menyatakan bahwa peristiwa kebakaran di Ogan Ilir pada Jumat (30/9) merupakan kebakaran lahan semak belukar ilalang, bukan kebakaran lahan gambut.

Setelah mendapatkan informasi kebakaran dari Satgas darat dan memastikan informasi tersebut benar, beberapa tim diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Tim pemadam yang terjun langsung ke lokasi kebakaran dari BPBD Kabupaten Ogan Ilir, kepolisian, dan Manggala Agni Daops Sum-XIV/ Banyuasin.

Edi menambahkan bahwa lokasi kebakaran lahan berada di lokasi yang dapat ditempuh dengan kendaraan sehingga untuk memadamkan kebakaran lahan semak belukar itu menggunakan cara pemadaman darat.

Belasan petugas yang diterjunkan saling bahu membahu untuk menembus semak belukar dan memadamkan kobaran api. Dalam proses pemadaman lahan semak belukar di Ogan Ilir ini menggunakan satu unit mobil tangki air dan mesin pompa.

Sekitar pukul 19.00 WIB, tim berhasil memadamkan api yang membakar lahan seluas 1,7 hektare. Proses pemadaman berjalan dengan lancar dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran lahan semak belukar di Ogan Ilir ini.
Sumber: Sindonews

— — —
Itulah ulasan mengenai teks berita, definisi, ciri-ciri, dan contohnya. Selain contoh teks berita tentang kebakaran di atas, tentunya masih banyak contoh teks berita yang sering dijumpai pada media-media pemberitaan. Intinya, teks berita memuat informasi faktual dan aktual, tanpa rekayasa penulis.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas