5 Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan beserta Strukturnya

Saat duduk di bangku sekolah, terdapat materi mengenai teks diskusi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Penting untuk memahami apa itu teks diskusi, strukturnya, dan contohnya sehingga lebih mudah dipahami.

Umumnya, teks diskusi digunakan untuk memecahkan masalah dengan cara berdiskusi. Dalamnya terdapat berbagai gagasan yang dituangkan sebagai solusi dan jalan keluar. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa itu teks diskusi, strukturnya, dan beberapa contoh teks diskusi tentang pendidikan.

Apa Itu Teks Diskusi?

Sebelum mengenal contohnya, perlu dipahami terlebih dahulu mengenai definisi dari diskusi. Diskusi adalah sebuah pertemuan yang sifatnya ilmiah dengan tujuan untuk bertukar pikiran atau gagasan sebagai salah satu bentuk respon dari sebuah fenomena atau masalah.

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan
Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Dapat disimpulkan bahwa teks diskusi adalah teks media yang isinya berupa pencatatan berbagai hal penting mengenai suatu masalah pada pertemuan ilmiah yang diadakan. Hal-hal yang tercatat di dalamnya merupakan kumpulan pendapat dari beberapa pihak yang ikut serta dalam diskusi tersebut baik pendapat pro maupun kontra.

Struktur Teks Diskusi

Setelah mengetahui definisi dari teks diskusi, selanjutnya perlu mengetahui apa saja strukturnya.

1. Pendahuluan (Isu)

Pendahuluan atau isu merupakan unsur teks diskusi berubah fenomena atau gambaran mengenai masalah yang akan dibahas. Misalnya, pada pertemuan ini, masalah yang akan dibahas pada kegiatan diskusi yaitu tentang pentingnya internet untuk pendidikan.

Pada bagian isu atau pendahuluan diskusi ada beberapa poin penting. Pertama terdapat pernyataan batasan topik, kedua terdapat latar belakang topik, ketiga terdapat sudut pandang yang berbeda.

2. Isi (Rangkaian Argumen)

Setiap kegiatan diskusi, setiap orang memiliki alasan atau latar belakang mengapa harus melakukan diskusi tersebut. Biasanya ada fenomena yang perlu dicari jalan keluarnya melalui kegiatan diskusi. Proses itulah yang disebut sebagai rangkaian argumen.

Pada teks diskusi, rangkaian argumen atau isi merupakan struktur yang berisi alasan logis dan pernyataan berbagai pihak sebagai bentuk dukungan atau penolakan pendapat tentang masalah tertentu. Pada teks diskusi, terdapat dua pandangan, yaitu pro dan kontra.

3. Simpulan Atau Saran

Kesimpulan pada teks diskusi merupakan rekapitulasi dari hasil saran dan rekomendasi, maupun solusi permasalahan yang sebelumnya dibahas. Idealnya, hasil diskusi berisi tentang rekomendasi atau alternatif solusi dari permasalahan.


Kesimpulan atau saran menjadi bagian akhir dari diskusi yang didapatkan dengan mengelaborasi setiap argumen yang terlibat.

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Jika sudah memahami mengenai definisi dan struktur apa saja yang terdapat pada teks diskusi berikut akan diberikan contoh teks diskusi tentang pendidikan. Dengan begitu diharapkan akan lebih memahami tentang materi teks diskusi.

Contoh Teks Diskusi tentang Pendidikan 1

Sistem Pendidikan Penuh Waktu

(Pendahuluan) Topik seputar masalah pendidikan seolah tidak ada habisnya untuk dibahas, salah satunya sistem sekolah penuh waktu yang diterapkan. Penerapan sistem yang demikian mempunyai dampak positif.

Namun apabila siswa-siswi belajar terlalu lama di sekolahan, akan membuat mereka menjadi lelah dan bosan. Durasi belajar yang terlalu lama kemudian memunculkan fakta bahwa sistem sekolah penuh waktu memiliki sisi plus dan minus.


(Isi) Beberapa orang cukup mendukung penerapan sistem ini sebagai bentuk persiapan generasi muda untuk menghadapi tantangan di masa depan. Dengan menerapkan sistem sekolah penuh waktu maka anak-anak bisa mendapatkan pelajaran, pelatihan, dan pendidikan yang berkualitas dan memadai bagi mereka.

Meskipun demikian, banyak juga orang yang tidak setuju dengan pendapat tersebut. Mereka cenderung mengutamakan tentang kapabilitas fokus dan konsentrasi anak-anak dalam waktu yang lama.

Dengan belajar sepanjang hari justru membuat konsentrasi mereka menurun saat pelajaran. Terlalu lama waktu sekolah justru menyebabkan aktivitas lainnya menjadi terganggu sehingga tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan bakat dan minat.

(Simpulan) Penerapan sistem sekolah penuh waktu mungkin saja memang benar dan memberikan dampak positif. Namun, pihak sekolah juga perlu menyediakan infrastruktur dan fasilitas tambahan. Dengan begitu, maka kegiatan belajar di sekolah menjadi lebih menyenangkan sehingga siswa akan betah belajar.

Contoh Teks Negosiasi di Sekolah

Contoh Teks Diskusi tentang Pendidikan 2

Smartphone untuk Siswa Siswi

(Pendahuluan) Di era digital saat ini, setiap kalangan sudah tersentuh oleh teknologi seperti handphone, begitu pun di kalangan siswa sekolah. Berbagai hal dapat dilakukan dengan mudah menggunakan handphone. Hal ini memberikan dampak positif maupun negatif bagi siswa itu sendiri.

Secara umum, kehadiran handphone di tengah-tengah pelajar memang memberikan kemudahan tersendiri. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini juga memberikan dampak yang cukup berbahaya bagi siswa dalam proses belajar mengajar.

(Isi) Sebagian orang menyatakan setuju dengan penggunaan handphone di kalangan pelajar karena pelajar akan lebih mudah untuk mengeksplorasi materi. Selain itu, proses belajar mengajar pun lebih mudah dengan bantuan teknologi dibandingkan secara konvensional. Dengan begitu, kehadiran handphone di tengah-tengah belajar dapat meningkatkan kreativitas serta membantu dalam proses pembelajaran.

Namun, di lain sisi, penggunaan handphone di kalangan pelajar juga mempunyai dampak negatif yang membahayakan bagi pelajar itu sendiri. Pasalnya, saat ini handphone sering menjadi sarana pelecehan atau bullying terhadap siswa lainnya. Selain itu, melalui jejaring sosial, banyak dari belajar yang akhirnya menyalahgunakan handphone tersebut untuk hal-hal negatif.

(Simpulan) Melihat permasalahan tersebut, alangkah baiknya orang tua dan guru memberikan pemahaman terhadap anak-anak untuk memahami batasan dalam penggunaan handphone. Selain itu juga perlu memahamkan mengenai sisi positif dan negatif dari penggunaan teknologi tersebut.

Penggunaan handphone untuk mengembangkan kreativitas dalam belajar tentu diperbolehkan, tetapi harus mengetahui sejauh mana siswa boleh memanfaatkan sarana tersebut.


Contoh Teks Diskusi tentang Pembelajaran Online

Sistem Pembelajaran Jarak Jauh

(Pendahuluan) Ketika pandemi covid-19 melanda, salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal pendidikan yaitu memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh. Proses pembelajaran ini memanfaatkan teknologi internet. Hal ini dilakukan supaya para pelajar tetap memperoleh pendidikan dan pembelajaran meskipun situasi sedang tidak bisa tatap muka.

(Isi) Menurut kebanyakan wali murid, kebijakan mengenai pembelajaran jarak jauh tidaklah tepat. Banyak kendala dan hambatan yang dihadapi oleh para siswa begitu pun orang tua. Pelajar yang mendapatkan materi secara online banyak yang tidak memahaminya.

Akan tetapi terdapat beberapa kelompok orang yang setuju dengan penerapan pembelajaran jarak jauh. Bagaimanapun juga, sistem yang merupakan kebijakan dari pemerintah tersebut merupakan upaya terbaik di tengah-tengah pandemi virus covid-19. Hal ini bertujuan untuk menekan penyebaran virus covid-19 sementara para siswa tetap bisa mendapatkan pelajaran dari guru.

(Simpulan) Pelaksanaan sistem pembelajaran jarak jauh memang memiliki sisi positif dan negatif. Sebagai solusinya, jika tetap ingin menerapkan sistem tersebut, baik pemerintah maupun instansi pendidikan perlu berupaya untuk memberikan fasilitas dan media pembelajaran terbaik bagi para siswanya sebagai acuan. Dengan begitu, baik siswa maupun orang tua siswa tidak akan merasa kerepotan.

jurusan pendidikan guru yang paling dibutuhkan saat ini

Contoh Teks Diskusi tentang Perguruan Tinggi

Apakah Penting Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi?

(Pendahuluan) Pemerintah hanya memberlakukan wajib belajar 12 tahun. Artinya, masyarakat Indonesia hanya diwajibkan menempuh pendidikan hingga tamat SMA/SMK sederajat. Dengan begitu, maka melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dapat diartikan sebagai hal yang tidak diharuskan. Sebenarnya menempuh pendidikan di perguruan tinggi memiliki pro dan kontra tersendiri di masyarakat.

(Isi) Banyak orang menganggap bahwa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan hal yang sangat penting. Menempuh pendidikan di perguruan tinggi merupakan salah satu upaya untuk membentuk pola pikir yang lebih baik. Mahasiswa juga merupakan salah satu garda terdepan dalam mengkritisi kebijakan pemerintah sehingga penting untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Di sisi lain, banyak juga orang yang menganggap bahwa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bukanlah hal yang terlalu penting. Mereka berpendapat bahwa cukup dengan menyelesaikan studi 12 tahun wajib belajar. Setelah itu, mereka bisa langsung mencari kerja dan mempersiapkan masa depan sedini mungkin. Apalagi menempuh pendidikan di perguruan tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

(Simpulan) Dapat disimpulkan bahwa baik keputusan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi maupun tidak, keduanya merupakan pilihan yang tepat jika didasari dengan pola pikir yang benar. Apabila kendala dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah masalah ekonomi, saat ini tersedia berbagai beasiswa yang mudah untuk didapatkan. Lulusan dari perguruan tinggi cenderung memiliki kualitas sumber daya manusia yang lebih bermutu.

Baca juga: Contoh Deskripsi tentang Sekolah

advertisement

Contoh Teks Diskusi tentang Ekskul

Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolahan

(Pendahuluan) Saat ini instansi pendidikan tidak hanya memberikan fasilitas untuk mengembangkan kemampuan kognitif saja. Pasalnya, di sekolahan terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh seluruh siswa. Kegiatan ekstrakurikuler diadakan di luar jam pelajaran dan para siswa dapat memilih kegiatan yang mereka inginkan.

(Isi) Sebagian pihak tidak mendukung dengan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler di sekolahan. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran di sekolahan sudah penuh waktu dari pagi hingga sore sehingga belajar merasa lelah. Kegiatan ekstrakurikuler hanya memberikan beban tambahan bagi belajar sehingga tidak ada waktu untuk istirahat.

Meskipun demikian, sebagian orang lainnya setuju dengan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler. Bagaimanapun juga, siswa tidak hanya membutuhkan pengetahuan saja, melainkan harus mengembangkan bakat dan minat mereka. Baik kemampuan akademik maupun non akademik perlu diseimbangkan. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler juga menjadi salah satu wadah untuk refreshing bagi pelajar setelah mengikuti kegiatan pembelajaran selama seharian.

(Simpulan) Dari beberapa pendapat tersebut, dapat diambil garis tengah bahwa kegiatan ekstrakurikuler pasti diadakan oleh setiap instansi pendidikan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan dan tujuan. Para siswa boleh memilih untuk ikut atau tidak dalam kegiatan tersebut. Namun alangkah baiknya, siswa memanfaatkan wadah ini untuk mengeksplorasi diri mereka sehingga memiliki kualitas yang bagus, baik sisi akademik maupun non akademik.

Itulah beberapa contoh teks diskusi tentang pendidikan yang permasalahannya sering dijumpai. Dengan begitu diharapkan akan lebih mudah dalam memahami apa itu teks diskusi dan bagaimana kemudahan mendapatkan solusi setelah melakukan diskusi tersebut.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas