3 Contoh Teks Debat tentang Lingkungan beserta Strukturnya

Debat sendiri merupakan suatu perbincangan lewat pertukaran pendapat yang membahas mengenai suatu masalah dengan saling memberikan alasan untuk memperkuat pendapat dari masing-masing pihak.

Saat berdebat, setiap pihak diperbolehkan menambah berbagai informasi, data serta bukti agar mempertahankan pendapatnya. Tujuan dari debat ini adalah untuk mendapatkan cara pandang ataupun wawasan baru yang dapat diterima kedua pihak yang berdebat. Lalu, apa yang dimaksud dengan teks debat?

Definisi Teks Debat

Teks debat merupakan sebuah teks yang sengaja disusun berdasarkan berlangsungnya suatu kegiatan debat. Isi dari teks ini adalah argumen ataupun pendapat yang akan disampaikan kedua belah pihak, lengkap dengan hasil kesimpulannya yang dapat kita ambil di akhir sesi debat. Contohnya seperti teks debat tentang lingkungan, mengenai masalah remaja, dan sebagainya.

Contoh Teks Debat tentang Lingkungan
Contoh Teks Debat tentang Lingkungan

Struktur Teks Debat

Teks debat ini tidak sembarangan dibuat, namun disusun dengan sistematis yang berdasarkan struktur dari teks debat itu sendiri. Struktur ini terdiri dari.

1. Pengenalan

Salam pembuka yang disampaikan oleh moderator. Moderator ini merupakan pimpinan dari suatu diskusi yang berguna sebagai pengarah dan juga penengah, ia mengenalkan masing-masing tim yang mengikuti debat dan menyampaikan mosi.

2. Penyampaian pendapat

Penyampaian pendapat ini akan disampaikan oleh tiga tim. Pihak afirmasi, tim yang pro pada masalah. Pihak oposisi, tim yang kontra. Pihak penengah, tim netral.

3. Debat

Bagian ini adalah inti dari kegiatan debat tersebut, untuk saling mempertahankan pendapatnya.

4. Simpulan

Ke empat, merupakan hasil kesimpulan yang disampaikan moderator tanpa memihak disalah satu pihak.

5. Penutup

Salam penutup sebagai tanda bahwa acara telah selesai yang dilakukan oleh moderator.

Ciri-ciri Teks Debat

Berikut adalah ciri-ciri dari kegiatan debat.


1. ada dua pihak, (pihak afirmasi dan oposisi).
2. ada dua pemikiran atau sudut pandang berbeda, yaitu antara pro dan kontra.
3. ada topik yang diperdebatkan.
4. adanya pihak netral (jika ada).

3 Contoh Teks Debat tentang Lingkungan

Berikut ini merupakancontoh teks debat tentang lingkungan tanpa adanya pihak netral dalam kegiatan debat.

1. Contoh Teks Debat tentang Mengurangi Penggunaan Plastik

Moderator:
Selamat pagi, para hadirin yang saya hormati. Terima kasih telah menghadiri pertemuan pada pagi hari ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang mengurangi penggunaan plastik dan berganti menggunakan media yang ramah lingkungan.

Afirmasi:
Mengurangi penggunaan plastik merupakan sebuah langkah untuk menangani masalah sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan di darat maupun di air. Berbagai masalah di lingkungan yang bersumber dari sampah plastik belum dapat ditangani. Selain dapat membahayakan manusia, sampah plastik yang tidak mudah terurai ini juga bisa berbahaya bagi makhluk hidup lainnya.

Oleh karena itu, beralih menggunakan media berupa kantong ramah lingkungan seperti kantong yang terbuat dari kain dan kertas merupakan tindakan yang bijak.


Oposisi:
Sampah dari plastik ini memicu berbagai masalah lingkungan. Akan tetapi, tanpa penggunaan plastik dan beralih menuju wadah ramah lingkungan ini juga kurang tepat. Plastik dibuat untuk meminimalisir dan mencegah masalah akibat dari penggunaan wadah kertas secara berlebihan.

Selain itu, wadah ini juga mudah rusak karena tidak tahan lama terhadap air, begitu juga dengan wadah kain yang cepat terkoyak. Jika menggunakan goddie bag, harganya jelas lebih mahal. Wadah plastik ini ada agar manusia dapat menggunakannya berkali-kali. Wadah plastik ini dapat dibawa dengan gampangnya, bisa dilipat menjadi lebih kecil dan diselipkan di tas atau di saku celana.

Selain itu, wadah kantong ini dibuat untuk mengurangi penebangan dari pohon yang menjadi bahan baku utama dari wadah kertas. Tapi, mengapa sekarang malah menjadi terbalik? Bukan wadah plastiknya yang bermasalah, melainkan kebiasaan masyarakat yang salah. Kita seharusnya membiasakan diri supaya mengurangi dan meminimalisir sampah. Dengan cara 3R yaitu Reuse, Reduce dan Recycle, untuk berbagai wadah plastik yang kita gunakan maka, sampah akibat plastik ini tentu akan berkurang.

Kesimpulan:

Berdasarkan pendapat yang telah dikeluarkan oleh kedua pihak, maka kesimpulan yang dapat kita ambil adalah semua wadah sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, kita hanya perlu menyesuaikan pemakaiannya dengan tepat, agar dari masing-masing wadah dapat kita gunakan kembali, tanpa harus merusaknya dan membuang bukan pada tempatnya.

Penutup:

Sekian kegiatan debat pada hari ini, saya selaku moderator mohon untuk undur diri. Salam sehat selalu.

Contoh Teks Negosiasi di Sekolah

2. Contoh Teks Debat tentang Penebangan Hutan

Moderator:
Selamat siang, para hadirin yang terhormat. Terima kasih telah hadir pertemuan pada siang hari ini. Pada kesempatan siang ini, kita akan mengulas mengenai penebangan pohon secara terus menerus yang terjadi akhir-akhir ini dan pemberian sanksi bagi para pelakunya.

Afirmasi:
Menebang pohon terus menerus apalagi jika ilegal, merupakan sebuah tindakan kejahatan, karena dapat mengakibatkan terjadinya berbagai macam masalah lingkungan. Permukaan hutan yang gundul ini dapat menyebabkan tanah yang berada di atas bukit itu dengan mudah terbawa hujan, akibatnya terjadi tanah longsor.

Penebangan pohon ini juga dapat merusak alam serta lingkungan. Hewan-hewan kehilangan tempat tinggal, lama kelamaan akan turun ke wilayah warga untuk mencari tempat tinggal. Oleh sebab itu, stop lakukan penebangan hutan untuk menyelamatkan alam kita.


Oposisi:
Manfaat lain dari deforestasi ini juga dibutuhkan oleh para industri. Maka, penebangan ini bertransformasi menjadi jalanan beraspal supaya mudah mendistribusikan barang komoditas tersebut menuju tepat lain untuk memenuhi permintaan konsumen. Hasilnya diolah menjadi kayu yang digunakan untuk konstruksi berbagai bangunan, termasuk rumah, sekolah, rumah sakit dan sebagainya.

Kegunaan lainnya, seperti menjadi kertas, tisu, tusuk gigi dan sebagainya. Selain itu, dapat digunakan untuk lokasi taman hiburan alam, agar Anda dapat berwisata menikmati keindahan alam dan meningkatkan pendapatan warga lokal.

Tidak ada salahnya melakukan deforestasi ini, manfaatnya kita gunakan dalam sehari-hari. Masalah-masalah yang ditimbulkan tersebut kita dapat cegah dengan reboisasi, penanaman kembali untuk kawasan tanah-tanah yang gundul. Memang membutuhkan waktu yang lama, namun dalam waktu 10 tahun mendatang, pohon tersebut sudah dapat mengganti pepohonan yang hilang dari penebangan ini.

Kesimpulan:
Berdasarkan pendapat dari pihak afirmasi maupun pihak oposisi, keduanya merupakan hal yang benar dan sama-sama dapat memberikan manfaat satu sama lain. Yang perlu diperhatikan adalah saling jaga satu sama lain, agar antara kebutuhan dan alam lingkungan dapat saling menguntungkan.

Penutup: Dengan ini, maka berakhirlah acara pertemuan pada hari ini. Saya ucapkan sampai jumpa dan terima kasih. Salam sejahtera untuk kita semua.

Contoh Teks Cerita Sejarah Fiksi

3. Contoh Teks Debat Upaya Pencegahan Kebakaran Lahan

Moderator:
Selamat pagi, hadirin. Salam sejahtera untuk kita semua. Terima kasih sudah dapat menghadiri pertemuan pada hari ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas mengenai masalah lingkungan yakni, pembakaran lahan gambut dan berganti dengan menjaga lahan tetap lembab.

Afirmasi:
Banyak dampak dari kabut asap akibat dari kebakaran lahan gambut. Selain mematikan pohon yang ada di sekitarnya, pencemaran udara juga sangat mengkhawatirkan bahayanya. Belum lagi kerusakan tanah akibat hilangnya kemampuan tanah untuk menampung air dan terjadi banjir.

Oleh karena itu, mari kita dukung keberlanjutan dari lahan gambut. Yaitu penerapan bahwa lahan gambut itu harus tetap basah. Ganti cara pengelolaannya dengan cara mengelola lahan tanah gambut tanpa harus membakarnya, pakai cara manual seperti mencabuti dulu pohonnya, lalu ratakan tanahnya, setelah itu dibajak dan diberi berbagai macam pupuk untuk menambah kesuburan.

Oposisi:
Kebakaran lahan gambut itu sulit untuk dicegah, karena sifatnya yang mudah terbakar. Lahan yang kering pada musim kemarau menjadi salah satu penyebabnya. Jika sudah terbakar api akan sulit dipadamkan, karena gambut yang kering mencapai ke dalam tertentu.

Sehingga api merambat hingga mencapai permukaan tanah. Sangat sulit untuk dideteksi. Walaupun pemerintah sudah mengeluarkan larangan membakar lahan, dan pemerintah juga mengantisipasinya dengan cara membangun sekat kanal dan memperbaiki tata kelola pada air gambut agar tetap lembab dan basah. Namun, lagi-lagi musim kemarau yang panjang ini juga mempersulit keadaan air di wilayah tersebut.

Kesimpulan:
Kesimpulan dari diskusi di atas yakni, sudah dilakukan berbagai upaya agar tidak terjadi lagi pembakaran pada lahan gambut. Namun, musim lah yang memicu hal tersebut. Kini saatnya kita saling menjaga alam lingkungan kita, supaya tidak ada lagi musibah asap akibat dari lahan gambut.

Penutup: Sekian diskusi pada hari ini. Sampai berjumpa pada diskusi selanjutnya. Dan salam sehat untuk kita semua.

Editor Choices :

Demikian informasi mengenai teks debat beserta contoh teks debat tentang lingkungan. Semoga dapat membantu Anda yang sedang memahami teks debat ini. Semoga bermanfaat.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom S.pd, An engineer who loves to write about anything especially about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. Learn something new and pretty good in digital literacy.
Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram