Baca ▹ 4 menit

7 Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Kesehatan

Teks eksposisi adalah sebuah teks yang berisi materi untuk menjelaskan mengenai suatu objek dengan singkat dan jelas. Contoh teks eksposisi singkat tentang kesehatan secara khusus bisa Anda temukan di berbagai surat kabar, majalah, media sosial hingga media online lainnya. Lalu seperti apakah contoh dari eksposisi singkat itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Isi Materi Teks Eksposisi dengan Benar

Beberapa orang memiliki anggapan bahwa teks eksposisi memiliki salah satu ciri khas yaitu hanya terdiri dari jumlah paragraf yang sedikit. Namun tak menutup kemungkinan teks eksposisi memiliki jumlah paragraf yang panjang.

Struktur Teks Eksposisi

Adapun struktur dari teks eksposisi sendiri terdiri dari 3 unsur. Diantaranya adalah unsur pernyataan pendapat, adanya argumentasi dan penegasan ulang. Berikut beberapa contoh teks eksposisi singkat tentang kesehatan yang bisa Kami sampaikan pada Anda.

Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Singkat dari berbagai Tema

Bahwa teks eksposisi singkat bisa dikenali dari bentuk kalimat yang dimilikinya. Yang tentunya memiliki struktur susunan kalimat yang terdiri dari tesis atau pendapat, argumentasi dan penegasan. Berikut beberapa contoh teks eksposisi singkat tentang kesehatan.

Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Manfaat air putih

Bahwa setiap hari Kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya. Minimal adalah sebanyak kurang lebih 8 gelas dalam sehari. Rupanya hal tersebut memiliki banyak sekali manfaat. Khususnya untuk kesehatan.

Untuk memenuhi kebutuhan air minum dalam tubuh Kita diperlukan air minum yang memenuhi standar dan syarat layak minum. Tak harus air mineral. Anda bisa meminum air putih dari air keran yang sudah direbus terlebih dahulu hingga matang.

advertisement

Hanya saja, tak semua orang bisa memiliki kebiasaan bagus untuk minum air putih secara rutin setiap hari dengan jumlah minimal. Alasannya adalah karena mereka tak menyukai rasa dari air putih tersebut. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan beberapa hal.

Diantaranya adalah dengan menambahkan beberapa buah segar ke dalam air putih yang akan Anda minum. Sehingga air putih tersebut bermanfaat sekaligus untuk detoks racun dalam tubuh Anda.

Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Manfaat lidah buaya

Saat ini ada banyak sekali kosmetik dan produk perawatan kecantikan yang menggunakan bahan utama lidah buaya. Tanaman yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya adalah untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut. Selain itu lidah buaya juga bisa mengobati luka bakar dan bekas luka.

Lidah buaya juga memiliki sifat anti inflamasi atau bisa menghambat peradangan dalam tubuh. Serta bisa membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Namun penggunaan lidah buaya sebagai produk kecantikan atau perawatan kulit harus memperhatikan beberapa hal. Beberapa orang beranggapan bahwa lidah buaya yang diambil langsung dari tanaman lidah buaya memiliki manfaat yang lebih bagus ketimbang yang sudah diproses dan sudah dikemas dalam kemasan tertutup.

Padahal hal itu belum tentu benar. Getah lidah buaya bisa mendatangkan gatal atau alergi di kulit jika Anda menggunakannya begitu saja tanpa proses awal. Sehingga disarankan untuk menggunakan getah lidah buaya yang sudah diproses agar supaya jauh lebih aman dan nyaman untuk Anda gunakan.

ads

Contoh Teks Eksposisi topik Manfaat pisang

Siapa yang tak suka pisang? Buah berwarna kuning yang satu ini banyak sekali yang menyukainya. Baik untuk dikonsumsi secara langsung maupun untuk dibuat jus atau smoothie.

Hanya saja buah pisang sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan aturan yang berlaku. Apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu seperti tekanan darah rendah dan lainnya. Karena menurut beberapa penelitian buah pisang bisa membantu menaikkan tekanan darah yang rendah hingga kembali normal.

Adapun manfaat dari buah pisang diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan dan sebagai pendukung program diet yang ampuh.

contoh teks eksposisi singkat tentang kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Sarapan

Tahukah Anda bahwa sarapan pagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda? Bahkan untuk Anda yang memiliki program untuk diet menurunkan berat badan. Karena dengan sarapan pagi Anda akan memiliki energi untuk beraktivitas dengan sebaik-baiknya.

Sayangnya banyak orang yang melewatkan dan menyepelekan sarapan hanya karena tak sempat sarapan di pagi hari.

Solusinya mudah, Anda bisa menyiapkan jenis sarapan pagi yang praktis namun tetap sehat untuk bisa memenuhi kebutuhan sarapan pagi Anda.

advertisement

 Contoh Teks Eksposisi Singkat tema Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk kehidupan Kita. Mata menjadi organ penting yang bermanfaat untuk melihat segala sesuatu dalam hidup Kita. Mata berfungsi untuk membantu pekerjaan dan aktivitas hidup sehari-hari agar supaya bisa berhasil dengan baik.

Banyak orang yang mengabaikan kesehatan mata. Diantaranya adalah dengan memaksakan mata untuk bekerja hingga kemudian mendapatkan keluhan mata minus dan lainnya.

Agar supaya mata Anda tetap sehat terjaga maka sebaiknya makan makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, tomat, dan berbagai jenis makanan lainnya yang bagus untuk kesehatan mata Anda.

Teks Eksposisi tentang Menjaga Kesehatan Janin di Kandungan

Kehamilan adalah suatu hal yang sangat diidamkan oleh siapa pun juga. Khususnya oleh pasangan yang baru saja menikah. Nah banyak dari mereka yang kurang mengetahui info tentang cara menjaga janin dalam kandungan.

Banyak kasus kesehatan yang terjadi di mana janin dalam kandungan meninggal karena kurang terjaga kesehatannya.

Dalam hal ini peran ibu yang sedang mengandung sangat besar. Karena kemungkinan saja janin mengalami gangguan kesehatan karena ketidak tahuan calon ibu tentang bagaimana cara menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.

ads

 Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Kesehatan Reproduksi

Bahwa setiap orang harus memiliki kesehatan reproduksi yang bagus. Kesehatan reproduksi kelak akan sangat mendukung tumbuh kembang janin dan keturunan Anda dengan baik.

Kesehatan reproduksi terkadang tak terjaga dengan baik bahkan beberapa orang menyepelekan kesehatan reproduksi. Padahal jika tak dijaga dengan baik bisa berakibat fatal yang mana bukan saja membuat tubuh Anda sakit, juga akan membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan keturunan.

Untuk bisa menjaga kesehatan reproduksi dengan baik Anda bisa melakukan berbagai olahraga yang mendukung kesehatan reproduksi sekaligus mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan reproduksi.

Ada banyak sekali cara hidup yang bisa Anda praktikkan untuk mendapatkan kesehatan reproduksi dengan mudah. Intinya menjaga kesehatan reproduksi menjadi satu langkah yang wajib Anda lakukan dalam aktivitas harian Anda.

contoh teks eksposisi singkat tentang kesehatan

Bagaimana penggunaan bahasa dalam teks eksposisi?

Bersifat ilmiah, informatif, dan fakta, Tidak memengaruhi, Sering menggunakan kata pronomina (kita atau saya), Menggunakan istilah, Menggunakan bahasa baku, Akhir teks berupa penegasan:

Bagaimana caranya mengembangkan teks eksposisi baru?

Terdapat beberapa pola pengembangan teks eksposisi, antara lain pola pengembangan induktif, deduktif, perbadingan, ilustrasi dan khusus.

advertisement

Kenapa debat digolongkan ke dalam teks eksposisi?

Dalam forum debat, seseorang menyampaikan hasil pemikirannya disertai dengan argumentasi data fakta. Hal tersebut sejalan dengan pengertian teks eksposisi.

Sekian informasi tentang contoh teks eksposisi singkat tentang kesehatan. Semoga bermanfaat untuk Anda. Telusuri contoh teks eksposisi singkat tentang kesehatan lainnya dalam artikel lain dari Kami. Dapatkan informasi yang tepat dan bisa dipertanggung jawabkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp


CEO / Author

CEO DeckaRenasAzkayra Jihan S.Kom
An engineer who loves to write about anything especially about education, lifestyle, movies, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram