11 Cara Presentasi yang Baik dan Benar agar Audien Tertarik

Hampir semua orang pernah melakukan presentasi, entah itu untuk nyampein materi di kelas, pertemuan komunitas, rapat bisnis. Tentunya ada momen saat kita harus membuat presentasi di depan khalayak ramai, karna itu penting banget utk tahu bagaimana cara utk bikin presentasi yg efektif.

Cara buat presentasi dgn benar & baik dilakukin dgn gabungin teks & gambar yg menarik, perhatikan tingkat nyaman & kemudahan khalayak jadikan prioritas utama, sehingga presentasi akan punya daya tarik trsendiri.

Cara Presentasi yang Baik dan Benar

cara presentasi yang baik dan benar

Tunjukkan pasion dan sikap semangat

Saat kita presentasi, tunjukkan passion kita kpd para pendengar. Tunjukkan bahwa kita bersemangat serta antusias bawakan tema presentasi itu. Memang, kita harus membuat materi presentasi dengan menarik, tetapi, kalau kita ragu-ragu ketika menyampaikan, maka itu dapat membuat kita kelihatan gak kompeten.

Kita bikin materi yg bagus, tetapi kita terlihat kaya mau gak mau saat menyampaikan suatu presentasi. Maka pendengar jg akan menjadi gak mau untuk mendengarkan kita.

Passion dapat ditunjukkan dgn rasa percaya diri, saat kita merasa percaya diri nyampein presentasi, maka itu akan berpengaruh kepada pendengar. Rasa percaya diri akan muncul dan membuat kita lebih bersemangat lagi. Pendengar jg akan bersemangat mendengarkan kita.

Mulailah pembukaan presentasi yg menarik & memukau

Kesan pertama akan sangat menentukan. Itulah yg slama ini sering kita dengar. Saat presentasi, kesan pertama akan ditunjukkan ktika kita membuka presentasi itu. 2 sampe 3 menit pertama presentasi akan sangat nentuin, apakah pendengar akan antusias mendengar sampe selesai / gak.

Jika pendengar mau mendengarkan dgn antusias serta semangat, ditambah melakukan tindakan yg diharapkan, maka presentasi itu termasuk efektif. Banyak presentasi yg gagal, jadi suatu presentasi yg efektif karna pembawaannya gak bisa menyampaikan pembukaan presentasi jadi kurang menarik.

Meminimalkan jumlah slide & Pilih font yang mudah dibaca dr kejauhan

Cara bikin presentasi yg baik serta menarik tentu harus efektif dlm penyampaiannya. Supaya pesan dapat tersampaikan dgn baik & perhatian pendengar gak teralih, lalu pertahankan jumlah slide dlm presentasi seminimal aja.

Sampaikan serta beri penjelasan yg kamu berikan akan jadi faktor yg sangat penting dlm hal ini. Kemampuan menarik minat pendengar dibutuhkan utk membuat presentasi kamu akan berhasil memikat bnyak orang.

Cara bikin presentasi yg baik selanjutnya yaitu memilih font yg gampang utk dibaca oleh pendengar. Pilihlah gaya font yg tepat, seperti Helvetica / Arial akan ngebantu menyampaikan pesan yg kamu bawakan dlm presentasi.

Hindari font yg agak rapat, kaya Arial kan menyempit, serta hindari font yg menyertakan tepian mewah, kaya Kali. Kamu jg hrus perhatikan apakah font yg kamu pilih dapat dibaca dri jarak yg jauh.

Sama kaya milih suatu font, ukuran font jg punya peran yg sangat penting utk membuat presentasi yg baik, pilihlah ukuran font yg tepat utk membantu menyampaikan pesan dr presentasi kamu. Kamu dapat berpatokan pada pengukuran ini dlm nentuin ukuran font di layar komputer.

Sebelum itu kamu harus aktifkan dulu mode layar penuh pada tab tampilan, kemudian dlm grup tampilan presentasi, klik peragaan slide. Pengukuran itu nunjukin ukuran font pada layar komputer kamu, bukan saat diproyeksikan di layar utk pendengar dlm mode layar penuh.

Menjadikan teks tetap sederhana (kalimat singkat), grafik serta label

Cara bikin presentasi yg baik selanjutnya yaitu bikin poin & kalimat yg singkat saja. Gunakan poin / kalimat singkat, serta cobalah utk pertahankan masing-masing 1 baris artinya, gak perlu memakai kalimat yg panjang.

Salah 1 cara buat presentasi yg baik ini tujuannya supaya pendengar mendengarkan kamu dlm mengutarakan informasi, & gak terlalu fokus ke layar monitor. Kalimat yg panjang tentu mengganggu konsentrasi pendengar dr pendengar kamu karna membaca kalimat di slide presentasi.

Selanjutnya, kamu jg dapat memasukkan brbagai grafik art guna membantu menyampaikan presentasi. Cara buat presentasi yg baik bisa menggunakan grafik utk membantu bercerita.

Hal ini sgt baik utk menarik minat pendengar di presentasi kamu. Tapi jgn membebani pendengar dgn nambahin banyak grafik ke slide, hal ini tentu bikin presentasi kamu jadi bosenin.

Agar presentasi kamu lebih gampang dipahami, kamu bisa memakai teks yg ckup utk membuat elemen label dlm bagan / grafik yg dipahami. Dgn begitu, gak cuma keren & menarik, presentasi kamu jg akan lebih efektif sampai kepada para pendengar.

Latar belakang slide tetap halus, konsisten, kontras warna

advertisement

Cara bikin presentasi yg baik yaitu dgn membuat latar belakang slide tetap halus & konsisten, hal ini dilakukan supaya pendengar lebih nyaman melihat presentasimu. Tetapi jangan pilih yg terlalu mencolok supaya gak mengaburkan pesan presentasimu.

Lalu pilih template yg menarik, konsisten, / tema yg gak terlalu menarik perhatian. Tentu kamu gak pengen latar belakang / desain malah mengalihkan pesan presentasi.

Kamu dapat memakai kontras tinggi antara warna latar belakang & warna teks. Tema secara otomatis utk mengatur kontras antara latar belakang yg terang dgn teks berwarna gelap / latar belakang gelap dgn teks berwarna terang. Hal ini sgt penting dlm membuat presentasi yg baik supaya pendengar gak merasa terganggu saat melihat slide presentasi.

Periksa ejaan dan tata bahasa

Cara bikin presentasi yg baik selanjutnya dgn memakai ejaan & tata bahasa yg benar. Demi mendapat & pertahankan rasa hormat dari pendengar, selalu periksa ejaan serta tata bahasa dlm presentasi kamu. Hal ini sering dianggap sepele, tapi ada kesalahan kecil kaya ini sering diperhatikan oleh pendengar.

cara presentasi yang baik dan benar

Sampaikan materi dengan singkat dan jelas

Tentunya kita akan malas kalau harus mendengarkan orang yg berbicara dgn bertele-tele. Sama halnya para audiens. Jika pembawaannya trlalu bertele-tele saat menyampaikan presentasi, maka mereka akan bosan. Presentasipun tidak akan efektif.

Sampaikan saja hal yg paling penting dr tema presentasi yg akan kita bawakan. Fokus pada pembuka & penutup presentasi, karna bagian itu yg paling akan diingat oleh audiens.

Singkat / tidaknya presentasi gak cma dilihat dr lama / tidaknya kita berbicara, tapi juga dari materi pendukung presentasi yang kita sajikan dan usahakan supaya kita gak bikin slide yg isinya ngebosenin & malah membuat audiens bingung & salah fokus. Sama halnya penyampaian presentasi, slide jg harus dibuat simpel supaya menarik & bisa dipahami para audiens.

Bersikap santai dan rileks & memakai bantuan Teknologi

Saat kamu presentasi, sebaiknya kita gak cuma berdiri diam di atas panggung. Kita dapat sambil berjalan-jalan di atas panggung, bahkan sesekali mendekat ke khalayak pendengar.

Dibutuhin sikap percaya diri serta rileks dlm menguasai panggung & audiens. Maka kita gak buat batasan antara kita sbg presenter dgn para audiens. Para audiens akan merasa lebih dekat dengan kita. Jika audiens merasa dekat dgn pembawa acara, maka mereka akan lebih percaya.

Supaya presentasi jadi semakin menarik serta memukau, maka kita dapat memakai bantuan teknologi, kita bisa memakai handled remote. Dgn itu, kita dapat bebas bergerak ke sana kemari, sambil tetap bisa menunjukkan poin penting yg ada dalam slide presentasi kita.

Kita dapat memberi potongan animasi / video yg berhubungan dgn tema presentasi kamu ke dlm slide presentasi. Dgn cara itu, audiens akan semakin tertarik & gak bosan dgn presentasi kita.

Kuasai peralatan yang ada disekitar kita & Lakukan kontak mata

Saat presentasi, kita memakai alat bantu kaya proyektor, laptop, / handled remote. Meski kita dibantu oleh seorang asisten utk mengoperasikan peralatan itu, tapi kita jg perlu menguasainya, hal itu diperlukan supaya kita gak panik / gugup ktika tiba-tiba trjadi masalah terhadap peralatan yg kita gunakan.

Saat ada kesalahan teknis, kita msh tetap tenang karna tahu apa yg hrus dilakukan, perasaan tenang ini akan membuat kita smakin percaya diri saat membawa presentasi.

Kontak mata mnjdi penting utk menjalin hbungan yg lebih intens dgn audiens. Saat presentasi dilakukan di dpan jumlah audiens yg tdk banyak, proses kntak mata ini akan lebih gampang dilakukan.

Tapi, jgn khawatir jika kita hrus sampaikan presentasi di dpan puluhan, / ratusan yg hadir. Kontak mata tetap dapat dilakukan, kita tinggal mengarahkan tatapan kamu kepada audiens yg dianggap bisa mewakili sudut-sudut tempat mereka duduk.

Arahkan pandangan mata ke semua arah di mana para audiens duduk mendengarkan kita secara bergantian. Dgn itu, para audiens akan merasa bahwa kita memperhatikan mereka, dan mereka jg akan memperhatikan kita. Jgn lupa jg utk tersenyum ketika kita melakukan kontak mata dgn para audiens.

Kenali audiens & perhatikan penampilan

Ini sangat penting jika kita akan bisa membuat materi presentasi yg tepat kalau kita mengenal siapa saja yg akan hadir mnj audiens kita nanti. Kita jg akan tahu bagaimana cara yg pas utk menyampaikannya.

Mengenal audiens ini bisa dilakukan dgn melihat latar belakang mereka, kaya umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, / pekerjaan mereka. Materi & gaya penyampaian presentasi kita kepada para siswa tentu akan berbeda dibandingkan presentasi di hadapan para bapak ibu guru & staf sekolah.

Penampilan kita sbg presenter adl suatu wujud dr sikap penghargaan kita kpd para audiens. Kalau kita berpenampilan rapi, maka pendengar akan merasa dihargai oleh kita. Penampilan kita yg sesuai dgn presentasi yg kita bawakan jg akan meningkatkan rasa percaya diri sbg seorang presenter.

Bersikap professional

Sikap profesional ini bisa kita tunjukkan dgn datang sbelum waktu yg telah ditentukan. Jadi kita bisa mempersiapkan diri dulu sebelum tampil. Presentasipun bisa dimulai sesuai dgn waktu yang telah ditentukan. Selain itu, sikap profesional jg bisa ditunjukkan ketika ada audiens yg mengajukan pertanyaan, lalu jawablah pertanyaan itu dgn baik & benar.

Jika kita butuh waktu lebih lama untuk dapat memberi jawaban yg memuaskan, maka katakan pada audiens yg bertanya itu bahwa kita gak bisa jawab pertanyaannya sekarang

Apa cara terbaik untuk membuka suatu presentasi?

Jangan langsung to the point, coba bertanya ringan seputar tema presentasi yang akan dibicarakan sebelum memulai, bisa ditambahkan dengan bercandaan ringan, tujuannya untuk mendapatkan interaksi dari audiensi.
Misalnya: “Squid kalau diterjemahkan artinya cumi-cumi. Siapa disini yang tahu apa itu squid proxy, hayoo? Kalau ada yang tahu nanti saya kasih nomor telepon mbak MC yang disana itu lho.. :)”

Bagaimana cara agar terbiasa berbicara saat presentasi?

Pertama : Menjadi orang yang santai ketika berbicara. Lho kok santai sih ? Iya bener jawabannya harus santai, saat kita santai membawakan sesuatu audience akan tertarik.
Kedua : Sebelum memulai sebuah presentasi, ada baiknya kamu memulai interaksi dulu dengan audience mu agar suasananya cair.
Ketiga: Buat audience mu penasaran akan materi yang akan kamu bawakan. Ketika mereka penasaran mereka akan memperhatikan mu sampai akhir materi.
Keempat: Ceritakan pengalaman pribadi mu, mungkin kamu bertanya apakah mereka mau mendengarkan cerita pribadi mu? jawabannya tentu saja mau! asal kamu menyampaikannya dengan baik.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest