11 Aplikasi Presentasi selain Power Point, Mudah & Efektif!

PowerPoint memang menjadi salah satu software presentasi yang diandalkan oleh banyak kalangan, terutama untuk urusan pendidikan hingga pekerjaan sekalipun. Namun di samping aplikasi tersebut, ada pula beberapa alternatif software PowerPoint lain yang menawarkan fitur serupa bahkan lebih keren.

Mayoritas orang menggunakan Microsoft PowerPoint untuk membuat berbagai macam presentasi. Baik untuk keperluan sekolah, kuliah, atau bahkan bisnis.

Sifatnya yang mudah digunakan, standar, dan mudah dimodifikasi menjadi alasan kenapa PowerPoint sangat disukai.

Namun jika kamu bosan dengannya, ada lho alternatif aplikasi presentasi selain Power Point yang tak kalah menarik untuk dicoba. Mereka memiliki berbagai template presentasi yang akan membuatmu tampil beda.

aplikasi presentasi selain power point

Alternatif Aplikasi Presentasi selain Power Point

Libre Office – Impress Presentation

Selain dari Microsoft Office, ada pula aplikasi office lainnya yang bisa kamu andalkan, yakni Libre Office. Software ini juga menyediakan aplikasi presentasi di laptop bernama Impress Presentation.

Selain diperuntukkan untuk laptop Windows, Libre Office bakal lebih optimal digunakan pada sistem operasi Linux. Ditambah lagi software ini gratis dan open source, namun tetap dapat menghadirkan user interface yang bersih dan fitur yang mendukung produktivitas kamu.

Prezi

Untuk kamu yang membutuhkan presentasi keren dengan animasi zoom in – zoom out, kamu juga bisa memanfaatkan software Prezi yang bisa kamu gunakan langsung dari aplikasi browser.

Aplikasi presentasi online ini menyediakan berbagai template menarik, pasti bakal membuat audience kamu kagum dengan animasi yang diberikan.

Selain bisa digunakan secara online, untuk melakukan presentasi kamu juga bisa mengunduhnya dan menggunakannya secara offline loh. alat pembuat presentasi yang unggul dalam animasi dan efek-efek slideshow yang dimilikinya.

Saat menggunakan aplikasi ini, dijamin presentasimu tidak akan biasa-biasa saja. Cara memakainya pun mudah, tinggal pilih template, masukkan teks, gambar, dan komponen lainnya.

Google Slides

Kamu sedang menggarap presentasi berkelompok? Google Slides adalah salah satu pilihan terbaik karena ia memungkinkan pengguna mengedit bersama-sama dengan bantuan internet.

Kamu bahkan bisa mengaksesnya melalui handphone lho. Ada beberapa format penyimpanan yang didukung, yaitu pdf, ppt, odp, atau jpg.

Sozi

Di Sozi, kamu akan diberikan sebuah kanvas besar untuk mendesain apa pun yang kamu mau. Misalnya menggambar ilustrasi, menempatkan gambar, shape, dan lain-lain. Transisi dan satu item ke item lainnya pun dapat kamu atur sendiri. Jadi, alat ini dapat dimanfaatkan pula untuk membuat animasi.

Zoho Show

Zoho Show dapat kamu akses melalui internet dengan mudah sehingga ia kompatibel di berbagai perangkat. Ia memiliki user interface yang cukup sederhana tetapi fitur kompleks.

Kamu bisa menambahkan ikon, gambar, shape, dan efek untuk setiap itemnya. Karena berbasis internet, Zoho Show juga mendukung fitur kolaborasi secara real time.

Alternatif gratis lain untuk membuat presentasi online. Anda dapat menggunakan Zoho Show online dan membuat slide untuk presentasi berikutnya.

Ini adalah bagian dari suite aplikasi yang disediakan oleh Zoho, termasuk juga alternatif untuk program Office seperti spreadsheet, dokumen pengolah kata dan banyak lagi.

aplikasi presentasi selain power point zoho show

Canva

advertisement

Canva selama ini telah dikenal sebagai alat yang bisa membuat berbagai desain. Mulai dari pamflet, poster, dan juga presentasi. Ia menyediakan berbagai sampel, sehingga orang yang awam terhadap dunia desain pun dapat menggunakannya.

Canva memang mengandung in-app purchase, tetapi kita masih bisa memakainya dengan baik tanpa harus membayar.

Jika kamu bertanya-tanya aplikasi presentasi mana yang paling baik, sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti. Semua tergantung pada preferensimu. Akan tetapi tak ada salahnya untuk mencoba beberapa alternatif tersebut. Siapa tahu, kamu bisa membuat slideshow yang lebih baik dengannya.

Visme

Kemudian ada Visme, yang nggak hanya sekadar untuk membuat dan menampilkan presentasi saja, melainkan juga bisa kamu gunakan untuk membuat infografis, visual data dan sebagainya.

Bisa diakses secara online, aplikasi ini dikemas dengan berbagai template background HD, elemen dan jenis font yang bisa kamu gunakan secara gratis. Untuk kebutuhan presentasi, Visme juga memberi keleluasaan untuk membagikan secara online atau unduh untuk presentasi secara offline.

OfficeSuite + PDF Editor

Dari banyaknya aplikasi office yang tersedia di Google Play Store, OfficeSuite + PDF Editor bisa menjadi salah satu pilihan dengan total download hingga lebih dari 100 juta unduhan.

Sesuai dengan namanya, aplikasi office ini bisa digunakan untuk berbagai macam format file, mulai dari DOC, DOCX, XLS, XLSX dan PPTX. Untuk keperluan presentasi, OfficeSuite + PDF Editor juga bisa dipakai untuk mengedit dan menampilkan presentasi secara langsung.

WPS Office

Telah diunduh oleh lebih dari 700 juta pengguna di seluruh dunia, WPS Office jadi aplikasi berikutnya yang memungkinkan kamu untuk membuat atau mengedit slide presentasi dari smartphone. Aplikasi ini juga menyediakan beragam jenis font dan template presentasi resmi ekslusif yang keren-keren.

Menariknya lagi, WPS Office memiliki sebuah fitur di mana kamu dapat memindai dokumen kertas menjadi file PDF menggunakan kamera. Jadi, kamu nggak perlu download aplikasi scanner dokumen lagi.

Slides

Berikutnya, ada perangkat lunak berbasis Cloud yang menawarkan alternatif solid dan user-friendly untuk Powerpoint. Slides akan melengkapi presentasi yang Anda buat dengan Powerpoint sehingga tampak lebih menarik.

Slides adalah sebuah editor yang memungkinkan Anda untuk menambahkan background, menggunakan berbagai desain dan tema, serta memudahkan Anda untuk berkolaborasi dengan orang lain.

Akses hasil presentasi Anda di Slides dengan segala jenis perangkat yang tersedia. Aplikasi yang cocok untuk pemula ini juga sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk diakses secara offline.

Academic Presenter

Kemudahan dalam membuat presentasi yang menarik juga ditawarkan oleh aplikasi Academic Presenter. Aplikasi yang satu ini juga bisa dioperasikan secara offline.

Keunggulan fitur yang ada pada aplikasi ini adalah, Anda bisa membuat grafik yang menarik dalam sebuah presentasi. Bahkan, Anda bisa membagikan hasilnya secara online baik berupa blog, email, dan lainnya.

Projeqt

Mau membuat presentasi yang dilengkapi dengan cerita real-time? Projeqt adalah salah satu software yang bisa diandalkan untuk hal tersebut.

Anda dapat mengambil materi yang berasal dari RSS Feed, tweets, dan gambar yang ada di Flickr. Gunakan pula video yang terdapat di Youtube dan Vimeo sebagai materi untuk presentasi Anda.

Projeqt bisa diakses dari berbagai jenis perangkat, sehingga Anda bisa mengedit dan melihat hasil presentasi buatan sendiri dengan perangkat lainnya.

Projeqt juga dapat mengimpor file Powerpoint dan PDF. Berapa biaya yang harus dibayar untuk bisa menggunakan Projeqt? Projeqt bisa dipakai secara gratis, lho. Namun sayangnya, saat ini Projeqt sudah tidak bisa diakses lagi.

Apa tips-trik membuat “slide” presentasi yang menarik?

Semakin sepi semakin baik.
Hukum alam slide presentasi nomor satu: “Semakin sepi semakin baik.” Jangan penuhi slide dengan tulisan. Slide digunakan untuk menampilkan poin pembicaraan, bukan transkrip pembicaraan.
Ilustrasi akan membantu.
Dibandingkan tulisan, slide berilustrasi lebih menarik. Ilustrasi dapat berupa gambar, grafik, peta, dsb.
Mudah Dibaca.
Ada alasan kenapa spidol hitam digunakan di papan tulis berwarna putih dan kapur tulis putih di papan tulis berwarna hitam, Slide presentasi juga harus demikian.
Ruang kosong.
Nah, ini yang saya sering lihat orang tidak gunakan. Ruang kosong itu perlu untuk menambah estetika.

Apa tips/saran untuk membuka presentasi?

1. pembuka yang paling bagus adalah yang membuat presentasi Anda relatable, presentasi Anda penting, kenapa audience harus mendengarkan Anda.
2. Beri tahu agenda presentasi, misal poin-poin apa saja yang akan disampaikan
3. Jika baru pertama presentasi di depan , ada bagusnya siapkan 1 slide yang menjelaskan siapa Anda, dan kompeteni untuk memberikan presentasi tersebut

Merasa stuck atau bosan ketika membuat materi presentasi dengan Powerpoint? Itu tandanya Anda harus mencoba salah satu aplikasi untuk presentasi di atas. Dengan berbagai aplikasi tersebut, Anda bisa membuat presentasi yang lebih menarik dan tidak membosankan lagi.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest