11 Mata Kuliah Jurusan Ilmu Gizi yang Wajib Dikuasai

Menjadi mahasiswa ilmu gizi tidak sesuai yang dibayangkan loh! Banyak mitos yang dibangun dikalangan pelajar yang membuat mereka takut mengambil jurusan ini. Padahal kuliah di ilmu gizi sangat saat seru abis, apalagi matakuliah yang diajarkan, amat menyenangkan. Sebagai bocoran ini nih 11 mata kuliah jurusan ilmu gizi yang bikin kamu betah kuliah di jurusan ini.

Mata Kuliah yang Diajarkan di Jurusan Ilmu Gizi

Banyaknya pilihan jurusan saat ini membuat kamu harus selektif dalam memilih jurusan. Kamu tidak mau kan salah ambil jurusan? Jangan sampai ketika sudah masuk kuliah kamu merasa tidak nyaman dengan jurusan yang kamu ambil.

Jika kamu mempunyai cita-cita masuk di jurusan ahli gizi berikut ini 11 mata kuliah yang akan kamu dapatkan saat berada di bangku kuliah.

advertisement
Mata Kuliah Jurusan Ilmu Gizi
  • Pengembangan produk pangan

Sebagai mahasiswa ahli gizi kamu akan diajari mengenai pengembangan produk pangan. pada mata kuliah ini kamu akan diajari bagaimana cara untuk mengembangkan produk pangan tanpa mengurangi gizi yang ada pada produk pangan tersebut.

Wah menarik kan? Saat belajar matakuliah ini kamu jadi tahu kandungan baik pada makanan yang harus tetap dipertahankan pada produk pangan dengan pengolahan yang tepat.

  • Manajemen pelayanan makanan

Manajemen pelayanan makanan akan memberikan pengetahuan bagi kamu terkait pemberian makanan an yang sesuai standar gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Umumnya materi tentang manajemen pelayanan makanan agar bermanfaat saat kamu bekerja di rumah sakit.

adv
  • Gizi kuliner

Hmm Gizi kuliner? Maksudnya jalan-jalan cari makan- makanan yang bergizi? Etss bukan itu yang dimaksud hehehe. mata kuliah gizi kuliner adalah benda kuliah yang mempelajari kandungan gizi pada beberapa menu kuliner yang ada di Indonesia.

mata kuliah ini menjadi salah satu mata kuliah favorit loh bagi para mahasiswa ilmu gizi. Pasalnya, Mahasiswa memiliki  kesempatan untuk memilih beberapa makanan khas Indonesia untuk dijadikan bahan eksperimen penelitian mereka. Seru kan, bisa kuliner sambil belajar!

  • Gizi masyarakat

Mata kuliah gizi masyarakat adalah salah satu mata kuliah yang pasti diterima oleh mahasiswa jurusan ilmu gizi. Pada mata kuliah ini diajarkan mengenai konsep gizi dan standar gizi yang ada pada masyarakat.

Indikator kecukupan yang diterima oleh masyarakat bisa didasarkan atas makanan yang dikonsumsi, vitamin yang dikonsumsi dan lain sebagainya. Mataku ini menjadi salah satu matakuliah yang akan bermanfaat bagi kamu setelah lulus dan terjun di masyarakat.

ads
ilmu gizi
  • Evaluasi gizi

Mata kuliah jurusan ilmu gizi lainnya adalah mata kuliah evaluasi gizi. Seperti nama mata kuliahnya di mata kuliah ini kamu akan belajar mengenai evaluasi terhadap gizi yang ada pada makanan.

yah intinya pada mata kuliah ini kamu akan disuguhkan dengan berbagai jenis makanan dengan menu yang berbeda-beda. Jangan heran ya kalau mahasiswa ilmu gizi banyak yang gagal diet, karena selalu disuguhi dengan makanan hehe

  • Teknologi pengolahan pangan

Teknologi pengolahan pangan kini jadi salah satu mata kuliah dipelajari oleh mahasiswa ilmu gizi. Pada mata kuliah ini kamu akan tahu u mengenai alat pengolahan sekaligus cara pengolahan yang dapat mempengaruhi gizi pada makanan.

Pastikan saat belajar mata kuliah ini kamu harus fokus dan serius ya! Karena mata kuliah ini menjadi modal bagi kamu untuk  memberikan penyuluhan tentang pentingnya menggunakan alat dan cara pengolahan yang dapat mempertahankan kandungan pada gizi makanan.

  • Metabolisme zat gizi

Mata kuliah jurusan ilmu gizi yang selanjutnya yaitu metabolisme zat gizi. Pada mata kuliah metabolisme zat gizi kamu akan belajar mengenai bagaimana proses metabolisme tubuh saat menerima asupan gizi dari makanan. lali mata kuliah ini kamu juga dapat mengetahui bagaimana makanan dicerna oleh tubuh.

a d s
jurusan ahli ilmu gizi
  • Prinsip-prinsip ilmu gizi

Karena jurusan ilmu gizi adalah jurusan yang berfokus pada gizi, maka jangan heran jika kamu wajib tahu tentang prinsip-prinsip ilmu gizi. bagi kamu yang awam terhadap hal ini tidak perlu khawatir karena kamu bisa belajar hal ini secara gamblang dan jelas saat duduk di bangku kuliah.

Mata kuliah prinsip-prinsip ilmu gizi menjadi mata kuliah dasar yang wajib dipahami dan dimengerti oleh semua mahasiswa ilmu gizi. Mata kuliah ini juga menjadi jembatan pengetahuan untuk memahami mata kuliah yang lain.

  • Biokimia gizi

Saat SMA kamu pasti pernah menerima pelajaran kimia ya kan? Tapi kimia dan biokimia yang dimaksud disini sangat berbeda. Jika kimia saat SMA berkaitan dengan rumus-rumus, saat kuliah biokimia lebih mengarah pada proses reaksi kimia pada tubuh manusia.

Tidaknya mempelajari tentang proses reaksi kimia pada tubuh, pada mata kuliah biokimia gizi kamu akan belajar tentang asupan gizi pada tubuh manusia. Jika dikaitkan dengan proses biokimia maka kamu akan belajar tentang proses reaksi kimia pada tubuh saat menerima asupan gizi.

  • Ilmu bahan pangan

Karena gizi bersumber dari makanan maka bagi kamu yang tertarik mengambil jurusan ilmu gizi wajib paham tentang bahan pangan yang menjadi sumber gizi. Jika sebelumnya kamu tidak paham mengenai bahan pangan, kamu tidak perlu khawatir karena materi bahan pangan akan diajarkan saat kamu sudah menjadi mahasiswa di jurusan ilmu gizi.

  • Interaksi obat dan makanan

Salah satu prospek kerja kamu saat lulus sebagai sarjana ilmu gizi adalah di rumah sakit maka di bangku kuliah kamu akan mendapatkan mata kuliah interaksi obat dan makanan. Pada mata kuliah ini kamu bisa memahami tentang jenis makanan yang dapat memicu interaksi negatif jika di konsumsi dengan obat tertentu.

sponsor
kampus ilmu gizi terbaik

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Gizi

Tak hanya memiliki mata kuliah yang seru dan asik saat lulus pun kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang  menyenangkan. Tak hanya menyenangkan, hal terpenting lain ketika kamu lulus sebagai sarjana ilmu gizi adalah prospek kerja yang bisa kamu dapatkan masih terbuka lebar.

Beberapa prospek kerja lulusan ilmu gizi yaitu bekerja sebagai konsultan / ahli gizi di rumah sakit atau klinik. Syarat menjadi ahli gizi tentunya hanya diperbolehkan bagi kamu sarjana lulusan ahli gizi. Selain menjadi ahli gizi, kamu juga dapat bekerja di perusahaan yang operasional kerjanya di bidang industri  pangan, dan lain sebagainya.

Bagaimana kaitan biologi dengan ilmu gizi?

Biologi itu ilmu yang mempelajari makhluk hidup, contohnya hewan, tumbuhan dan manusia. Baik itu secara morfologi, fisiologi maupun biokimia. Tetapi tidak dijelaskan dengan detail berapa kandungan nutrisi dalam 1 gr daging atau apa-apa saja yang terkandung dalam sayuran atau yang lainnya. Oleh karena itu untuk pembahasan gizi dan nutrisinya terdapat dalam ilmu gizi. Ini adalah ruang lingkup ilmu yang saling memiliki keterkitan.

Apa bedanya jurusan ilmu gizi dengan TekPang ?

Teknologi Pangan : yang dipelajari lebih fokus pada gizi di dalam makanan. Selain itu juga ada modifikasi gizi dalam pangan (misal: meningkatkan kadar vitamin dengan cara fortifikasi, atau meningkatkan kadar serat pangan melalui proses pengolahan).

Apa yang dipelajari di jurusan ilmu gizi?

Perlu digarisbawahi bahwa program studi Gizi di tiap-tiap kampus tu berbeda-beda. Misalnya di kampus A ada matjul xx, yy,zz namun di kampus B tidak mta kuliah tersebut, sehingga kamu perlu menggali lebih dalam mana yang lebih tepat. Sebagai perbandingan, teman saya yang mengambil Gizi di IPB lebih berfokus ke pangan, Unibraw Gizi Kesehatan, UI lebih fokus ke Gizi Masyarakat.


Kurang lebih gambarannya seperti ini:
Tahun pertama : anatomi, fisologi, fisika dasar, kimia organik, kimia anorganik, epidemiologi (kamu juga berkesempatan mempelajari cadaver)

Semeseter 3-4 : masuk ke mata kuliah yang berhubungan dengan gizi, pangan dan tata boga. Ilmu bahan makanan, Kuliner, Teknologi pangan (Tahun ke2 merupakan tahun yang paling seru dan akan menjadi momerable buat kamu yang passionnya kuliner)

iklan

Tahun ketiga : Karna Gizi Kesehatan UGM fokus pada Gizi Klinis, di tahun ketiga selain mendapat maka kuliah gizi klinis, patofisiologi, imunologi, dietetik, kamu juga akan di tempatkan di fasilitas kesehatan (puskesmas, RS tingkat C dan B)

Saat magang di tempat tersebut, kamu dituntut untuk mendapatkan semua kasus pasien untuk kamu pelajari dan praktekkan. Semester 7-8 : KKN dan skripsi, kalau kamu beruntung bisa melakukan 2 hal ini bersamaan, kamu bisa lulus 3,5.

Bagaimana pengalaman kuliah di jurusan Gizi?

Buat kamu yang suka biologi dan kimia, sangat tepat jika memilih jurusan lmu Gizi. Populasi pria dis jurusan ini sangatlah sedikit, mungkin hanya sekitar 10-20% persen saja.
Di UI, ilmu Gizi dibawah fakultas kesehatan masyarakat sehingga banyak belajar tentang public health dan kebijakan kesehatan secara publik.

Belajar gizi seru karena bisa menerapkan ilmunya di rumah sih ilmunya. Misalya saat mengatur program diet saudara/ortu, bisa mengkuru berapa kandungan di tiap makanan.

Serunya kuliah di Ilmu Gizi juga memperoleh persepektif baru tentang kesehatan. Bahwa gizi itu bisa untuk mencegah sakit dan keluar uang banyak tuk rawat jalan atau inap dirumah sakit.

Apa bedanya ilmu gizi, ilmu makanan dan ilmu nutrisi ?

Ilmu gizi fokus ke tubuh manusia membahas pengaruh zat gizi serta kandungan makanan terhadap kesehatan.
Ilmu makanan fokus ke produk makanan, mempelajari cara penyediaan pangan yang aman dan bermutu.
Ilmu nutrisi merujuk kepada zat gizi dan makanan untuk makhluk hidup, untuk manusia dan hewan ternak

Apa bedanya kekurangan gizidengan stunting ?

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan yang dialami seseorang sejak didalam kandungan, fase balita usia < 2thn karena kurang asupan protein, zinc, gizi & nutrisi.
Kekurangan gizi merupakan gangguan kesehatan akibat kekurangan/ketidakseimbangan zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan, aktivitas berfikir dan semua hal yang berhubungan dengan kehidupan

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp