2 Contoh Teks Eksposisi Tema Pendidikan Karakter Singkat

Pengertian teks eksposisi adalah teks nonfiksi yang berisi informasi yang nyata dan ditulis secara singkat dan jelas. Di dalam teks eksposisi juga bisa memuat opini penulis tetapi bukan bertujuan untuk mempengaruhi atau menghasut pembaca. Lebih jelasnya, Anda bisa menyimak contoh teks eksposisi tema pendidikan karakter berikut ini.

Contoh Teks Eksposisi

  1. Contoh 1 Tema: pendidikan karakter

Thesis (Pernyataan Pendapat)
Pendidikan karakter menjadi upaya untuk mendidik dan memberdayakan peserta didik dalam membangun karakter pribadinya yang kuat agar dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan. Sistem pendidikan karakter (character education) ini sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral.

Contoh Teks Eksposisi Tema Pendidikan Karakter 1 - DeckaRenas.Com

Argumentasi (Pernyataan Pendapat)
Pendidikan karakter berfungsi untuk membangun karakter seorang peserta didik sehingga memiliki kepribadian yang bermoral, bertoleran, berakhlak mulia, berperilaku baik, dan tangguh. Sistem pendidikan seperti ini sangat penting untuk menciptakan dan memperkuat masyarakat yang majemuk atau multikultur.

Ada beberapa nilai yang perlu ditanamkan dalam memberikan pendidikan karakter. Nilai-nilai yang membentuk karakter antara lain disiplin, sikap toleransi, kejujuran, kemandirian, kreatif, cinta tanah air, peduli lingkungan, cinta damai, peduli sosial, rasa tanggung jawab, religius, sikap bersahabat, dan lain-lain.

Pada dasarnya, tujuan utama dari pendidikan karakter yaitu untuk membangun bangsa yang berkarakter baik dan tangguh. Karakter bangsa yang berakhlak mulia, bertoleransi, bermoral, dan mau bergotong-royong di dalam lingkungan masyarakat dengan multi etnis.

Selain itu, melalui pendidikan karakter juga dapat membangun sebuah peradaban bangsa yang lebih kompetitif di dunia internasional. Bangsa dengan karakter yang kuat dan tangguh untuk menghadapi dunia luar yang lebih menantang.

Reinterasi (Pengeasan Ulang)
Karakter bangsa menjadi pondasi bagi kekuatan bangsa dan negara. Oleh sebab itu, pendidikan karakter menjadi langkah yang bagus yang harus didukung oleh semua pihak. Bersama-sama membangun bangsa yang lebih berkarakter dan dikenal oleh mata dunia.

contoh

Contoh Teks Eksposisi Tema Pendidikan Karakter

Thesis
Sistem pendidikan di Indonesia mulai menerapkan pendidikan karakter. Pendidikan karakter adalah sistem pendidikan yang menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada setiap peserta didik. Pada penerapannya, pendidikan karakter banyak mengimplementasikan pendidikan moral untuk melatih peserta didik dalam membangun karakter yang lebih baik dna lebih tangguh.

Fungsi dari pendidikan karakter yang diterapkan di Indonesia adalah untuk membentuk karakter setiap peserta didik, menjadi pribadi yang bermoral, toleran, berakhlak mulia, tangguh, dan berperilaku baik dengan sesama.


Argumen
Pendidikan karakter ini harus diberikan sejak dini, mulai dari kanak-kanak di lingkungan sekolah, di lingkungan sosial, dan di lingkungan keluarga. Mendidik anak untuk memiliki karakter yang baik dilakukan di sekolah dengan cara melatih disiplin anak, melatih kejujuran, membangun toleransi dengan sesama teman, memberikan kesempatan untuk beribadah, menumbuhkan kreativitas anak, dan lain-lain.

contoh teks

Namun pendidikan karakter di Indonesia tampaknya masih kurang. Masih banyak kasus korupsi atau pejabat yang menyalahgunakan wewenang menunjukkan lemahnya pendidikan karakter di Indonesia. Sistem pendidikan yang diterapkan pun menggunakan kurikulum yang bisa dikatakan siap saji.

Pendidikan formal masih diunggulkan dibanding pendidikan karakter. Padahal dengan pendidikan formal dan pendidikan karakter yang berjalan berbarengan dapat menciptakan generasi bangsa yang lebih baik yang dibutuhkan untuk perkembangan bangsa di masa mendatang.

Guru atau tenaga pendidik juga masih banyak yang menggunakan prinsip moral satu arah. Pendidikan karakter yang masih minim karena peserta didik yang tidak ikut dilibatkan untuk bertanya atau mengajukan pengalamannya.

Menerapkan pendidikan karakter di lingkungan sekolah menjadi salah satu upaya yang tepat untuk meningkatkan kualitas individu setiap peserta didik. Pendidikan karakter dibutuhkan negeri ini untuk menyiapkan masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik ke depannya.


Reinterasi
Mengingat pentingnya fungsi dari pendidikan karakter ini, penerapan pendidikan karakter perlu dilakukan sedini mungkin. Caranya dengan menciptakan suasana sekolah yang nyaman, menanamkan nilai-nilai moral yang baik pada anak, dan mengajak anak untuk lebih berani mengekspresikan diri serta kreativitasnya.

— — —
Itulah beberapa contoh teks eksposisi tema pendidikan karakter yang mungkin bisa membantu Anda untuk lebih memahami tentang jenis tes eksposisi. Bisa disimpulkan bahwa teks eksposisi ini bersifat informatif dan faktual, tetapi bisa juga ditambahkan dengan opini dari penulis terhadap topik atau tema yang dibahas dalam suatu teks eksposisi.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas