11 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat (KesMas)

Apakah anda bingung untuk memilih mata kuliah di perguruan tinggi? Jika demikian, kamu bisa mencoba untuk fakultas kesehatan masyarakat atau FKM. Dibandingkan dengan fakultas ekonomi, fakultas pendidikan hingga fakultas teknik, fakultas ini sendiri memang kurang popular. Walaupun demikian, soal prospek kerja kesehatan masyarakattidak boleh anda pandang sebelah mata.

Saat ini, mata kuliah jurusan kesehatan masyarakatsendiri ternyata sudah banyak dibuka di universitas di Indonesia baik negeri maupun di kampus swasta. Walaupun tidak begitu popular, tetapi ternyata banyak mahasiswa jurusan ini loh. Nantinya di dalamnya, kamu bakalan mempelajari berbagai macam pembelajaran.

Mulai dari pengantar ilmu kesehatan masyarakat, dimana ini dijadikan sebagai sebuah dasar, etika dan hukum kesehatan, administrasi dan kebijakan kesehatan. Serta komunikasi kesehatan, dasar ilmu gizi, pengantar gizi masyarakat hingga mempelajari sanitasi lingkungan. Tentunya, semua mata kuliah yang terdapat di dalam jurusan kesehatan masyarakat memang sangat penting.

Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat

11 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat

Menjadi jurusan yang tidak begitu diminati, ternyata ada banyak prospek kerja kesehatan masyarakat loh. Buat kamu yang bingung mencari pekerjaan setelah lulus dari jurusan ini atau bingung di dalam memilih jurusan di perguruan tinggi, berikut ini beberapa pilihan pekerjaan yang bisa kamu pilih.

  • Administrator layanan kesehatan masyarakat

Pilihan pekerjaan pertama yang bisa anda pilih adalah administrator layanan kesehatan masyarakat. Prospek kerja yang satu ini pun paling banyak dipilih oleh para lulusan kesehatan masyarakat. Adapun tugas utama dari seorang administrator layanan kesehatan ini adalah untuk memastikan apabila layanan kesehatan yang disediakan oleh tenaga medis maupun petugas sudah efektif.

Untuk kamu yang ingin menjadi administrator layanan kesehatan masyarakat ini, setidaknya kamu harus lulusan S1. Apabila kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang s2, maka kesempatan untuk menduduki posisi ini juga akan semakin tinggi. Adapun pekerjaan kamu bisa meliputi analisa kondisi ekonomi lingkungan hingga merencanakan program kesehatan juga.

  • Keselamatan dan kesehatan kerja

Prospek kerja kesehatan masyarakatyang berikutnya adalah di bidang keselamatan dan kesehatan kerja atau K3. Seperti yang sudah kita ketahui, sebuah perusahaan sendiri pasti mempunyai bagian K3 ini. Untuk kamu yang lulusan kesehatan masyarakat, kamu bisa langsung mencoba untuk menjajal posisi yang satu ini loh.

Jika kamu ingin memasuki prospek kerja yang satu ini, maka kamu harus bersiap-siap untuk mempunyai pekerjaan yang lebih kompleks dan sifatnya juga teknis. Di luar negeri sendiri, pekerjaan ini dikenal dengan health and safety engineer. Tugas utamanya adalah untuk mendesain sistem prosedur agar para pekerja bisa terhindar dari penyakit maupun kejadian yang tidak terduga

  • Di bidang gizi kesehatan masyarakat

Karena nantinya di dalam jurusan ini, kamu bakal mempelajari tentang masalah gizi maka kamu juga bisa bekerja di bidang gizi untuk masyarakat loh. Rumah sakit maupun perusahaan di bidang makanan dan minuman membutuhkan para ahli di bidang kesehatan gizi masyarakat. Biasanya tugas mereka adalah memastikan apabila gizi yang terdapat di sebuah produk sudah memenuhi standar.

Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk bergabung dengan tim manajemen kualitas atau quality control pada perusahaan. Adapun posisi ini biasanya juga sangat dibutuhkan oleh industri hotel. Tidak heran, ada banyak pilihan tempat yang bisa anda pilih.

  • Biostatistician

Biostatistician juga bisa menjadi pilihan pekerjaan berikutnya yang bisa anda pilih. Adapun tugasnya adalah berkaitan dengan desain cara mengumpulkan data lapangan, kemudian menganalisa untuk kegiatan pengembangan pada bidang kesehatan. Buat kamu yang suka bekerja di dalam lab, maka pekerjaan yang satu ini bisa menjadi pilihan yang terbaik untukmu.

 Biasanya posisi pekerjaan ini dibutuhkan oleh sebuah lembaga pemerintahan, perusahaan yang bergerak di bidang farmasi, hingga rumah sakit. Dari tahu ke tahun, profesi pekerjaan ini memang semakin meningkat.

  • Promosi kesehatan

Bukan hanya itu saja, ilmu kesehatan masyarakat yang kamu peroleh ternyata juga bisa anda gunakan untuk promosi kesehatan. Keahlian di dalam bidang marketing memang sangat dibutuhkan jika kamu ingin bekerja di bidang ini. Nantinya, kamu akan berhubungan dengan banyak orang dari berbagai instansi maupun perusahaan.

  • Epidemiologist

Profesi lainnya yang bisa anda coba setelah lulus dari jurusan kesehatan masyarakat adalah epidemiologist. Adapun tugas dari seorang epidemiologist ini adalah berhubungan dengan insiden, penyebaran hingga pengendalian penyakit yang terdapat di dalam masyarakat. Agar kamu bisa menjadi epidemiologist, sangat disarankan untuk melanjutkan ke S2 terlebih dahulu.

  • Peneliti

Kamu pun ternyata juga bisa menjadi seorang peneliti setelah menyelesaikan kuliahmu. Kamu bisa menjadi seorang biostatistician maupun epidemiologist. Sebagai seorang peneliti di bidang kesehatan ini, tentu kamu akan berkesempatan untuk memperoleh penghasilan puluhan juta lebih. Anda juga bisa bergabung dengan perusahaan maupun rumah sakit

  • Menjadi seorang dosen atau pengajar

Sama seperti dengan jurusan kuliah yang lainnya, proses kerja kesehatan masyarakatberikutnya adalah menjadi dosen atau pengajar. Profesi ini sendiri ternyata paling banyak diminati oleh para lulusan fakultas ini loh. Dengan pendidikan maupun penelitian yang sudah kamu lakukan, maka keinginan untuk menjadi pengajar sudah bisa kamu wujudkan.

Untuk kamu yang ingin menjadi seorang pengajar maupun dosen, kamu wajib untuk lulus S2 terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja, kamu juga disarankan untuk menambah pengetahuan kamu di dalam berkomunikasi.

  • PNS

Berbicara tentang pekerjaan yang paling banyak diminati, PNS memang menjadi profesi yang paling popular di Indonesia. Jika kamu ingin memperoleh masa depan yang mapan dengan gaji yang terjamin maka menjadi seorang PNS memang menjadi rekomendasi terbaik.

Kamu bisa langsung melamar menjadi seorang PNS. Biasanya ada tes PNS secara nasional yang diadakan, kamu bisa mencoba mengadu nasibmu. Biasanya gaji yang kamu peroleh akan tergantung dengan posisi yang kamu miliki.

  • Bekerja di rumah sakit maupun puskesmas

Lulusan kesehatan masyarakat juga mempunyai kesempatan untuk bisa bekerja di rumah sakit maupun puskesmas. Hal ini tidak lain karena rumah sakit maupun puskesmas memang membutuhkan orang-orang yang memahami seputar kesehatan masyarakat ini. Tenang saja, gaji yang kamu peroleh bisa mencapai hingga 5 juta lebih loh. Itu tergantung dengan pengalaman dan tingkat professional yang kamu miliki.

  • Bekerja di perusahaan asuransi kesehatan

Tidak hanya bekerja di rumah sakit saja, kamu pun juga mempunyai kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan asuransi kesehatan. Sama seperti dengan rumah sakit ataupun puskesmas, perusahaan asuransi ini pun juga sangat membutuhkan keberadaan para ahli di bidang kesehatan masyarakat. Menariknya, gaji yang akan kamu peroleh juga akan semakin meningkat loh.

Apakah kuliah di Kesehatan Masyarakat harus pintar berbicara di depan umum?

Ya, karna pon utama lulusan kesmas adalah bisa berkomunikasi dengan baik, karena nanti yg dihadapi pada saat kuliah maupun saat setelah mendapatkan kerja kita harus bisa menyampaikan informasi kesehatan atau informasi apapun dengan baik, tidak perduli jika kamu pendiam/pasif/introvert sekalipun.

Apakah yang dipelajari di jurusan Kesehatan Masyarakat ?

Dalam ilmu kesehatan masyarakat kamu akan mempelajari dua aspek sekaligus, yaitu aspek teoritis dan juga aspek praktis (aplikatif).
Kedua aspek tersebut secara tidak langsung memiliki upaya yang bertujuan untuk meningkatkan upaya pencegahan penyakit (preventif) dan meningkatkan pemahaman kesehatan (promotif).

Program studi ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki ketertarikan dibidang sains (biologi, fisika, kimia, dan statistika).

Ilmu Kesehatan Masyarakat juga sangat menyenangkan, karena nantinya kalian tidak hanya berhadapan dengan satu individu saja tapi dalam sekelompok populasi.

Mata kuliah yang diajarkan pun tidak seberat jurusan kesehatan lainnya, dan pastinya kamu bisa menjadi apa saja!

Apa saja buku-buku yang harus dibaca oleh calon mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat?

1. Dasar-dasar Epidemiologi
2. Metodologi Penelitian Kesehatan
3. Biostatistik
Dan buku2 lain sesuai peminatan/ jurusan

Baca juga:
Prospek Kerja Analis Kesehatan

Menjadi jurusan yang kurang begitu popular jika dibandingkan dengan jurusan kedokteran maupun pendidikan, lulusan kesehatan masyarakat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Demikian 11 prospek kerja kesehatan masyarakatyang bisa anda pilih dan bisa menjadi refrensi nantinya.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest