2 Contoh Teks Inspiratif tentang Diri Sendiri yang Hebat

Saat menjalani kehidupan, tentunya banyak sekali pengalaman berharga yang bisa dijadikan motivasi. Bahkan saat membutuhkan semangat dalam menjalani sebuah masalah, beberapa contoh teks inspiratif tentang diri sendiri bisa meringankan beban kehidupan seseorang.

Sebagai penulis, pengalaman diri sendiri memang memberikan masukan kepada para pembaca. Apalagi semua kisah ini dijabarkan dalam sebuah teks yang terstruktur. Bagi kamu yang ingin memberikan kesan menyentuh dan memberikan banyak motivasi kepada orang lain, menuliskan pengalaman pribadi pastiya akan sangat berguna.

Jika dalam waktu dekat ini kamu ingin membuat teks inspiratif, ada beberapa ide yang harus diperhatikan dalam menuangkannya kedalam paragraf. Berikut ini beberapa ide dan contoh yang harus kamu jadikan acuan dalam membuat teks inspiratif.

Contoh Teks Inspiratif tentang Diri Sendiri

Ide Membuat Teks Inspiratif

Untuk menyusun teks inspiratif ada sejumlah ide dan pengalaman yang bisa dijadikan dalam menuangkan gagasan kedalam cerita. Inilah beberapa ide tersebut.

  • Pengalaman Melamar Pekerjaan

Bagi seseorang, pengalaman dalam melamar pekerjaan merupakan hal yang sangat menarik. Dengan banyaknya orang yang ingin mendapatkan pekerjaan, sejumlah motivasi berharga ini bisa dijadikan masukan terbaik ketika pembaca ingin cepat mendapatkan pekerjaan. Tentunya akan berguna bagi generasi pencari kerja nantinya.

  • Pengalaman Menjalin Relasi

Berikutnya adalah pengalaman dalam menjalin relasi. Apalagi saat ini banyak sekali orang ingin berhubungan dengan pihak lain dalam kehidupannya. Dengan mencurahkan banyak pengalaman tersebut, pembaca akan semakin mudah menemukan jati diri mereka saat berhadapan dengan orang lain.

  • Pengalaman Melawan Penyakit

Terkadang sakit parah yang dialami seseorang juga bisa dijadikan gagasan dalam membuat teks inspiratif. Dari semua hal yang dituangkan dalam teks, maka pembaca akan memiliki motivasi diri dalam berbenah dan semangat untuk melanjutkan kehidupannya yang lebih baik.

Jika dilihat dari banyaknya pengalaman diri sendiri, tentu saja masih banyak ide yang bisa disampaikan dalam teks inspiratif. Beberapa struktur yang harus disampaikan dalam teks inpiratif juga harus bisa dipahami oleh pembaca. Apalagi kisah yang dituangkan dalam teks juga harus runtut. Berikut ini ciri-ciri yang harus kamu pahami sebelum membuatnya.

  • Harus memiliki alur cerita yang mengalir sehingga mudah dipahami pembaca.
  • Karakter cerita bisa diambil dari cerita pribadi dan fiksi.
  • Ada pesan yang disampaikan dalam kisahnya.
  • BIsa dibuktikan kebenaran dari semua ceritanya.
  • Memiliki sifat naratif.
  • Harus sesuai dengan kaidah dan struktur teks inspiratif.

Membahas mengenai struktur teks inspiratif, berikut ini beberapa contoh dan struktur yang ada di sebuah teks inspiratif.

Struktur Teks Inspiratif

Dalam pembuatan teks inspiratif, susunan cerita yang disampaikan memang harus sesuai dengan struktur yang benar. Inilah beberapa stuktur yang harus disampaikan kepada para pembaca.


  • Orientasi

Merupakan bagian yang menjelaskan semua hal soal tokoh yang diceritakan. Biasanya berisikan siapa tokoh itu, dimana dia tinggal, dan semua hal mengenai latar belakang kehidupannya.

  • Kerumitan Peristiwa

Merupakan bagian munculnya masalah yang dibahas dari awal sampai akhir masalah ini terjadi.

  • Komplikasi

Bagian dari masalah yang semakin berkembang dan kemudian menghadirkan suasana semakin menarik perhatian pembaca.

  • Resolusi

Pembahasan masalah dari mulai dari awal, kemudian ada solusi dan pemecahan masalah dalam cerita. Segala bentuk kerumitan masalah sudah semakin ada jalan keluarnya.

  • Koda

Kesan dan pesan moral setelah ada pemecahan masalah. Sangat penting untuk memberikan banyak masukan baik kepada para pembaca.


Jika dituangkan dalam sebuah cerita, berikut ini beberapa contoh teks inspiratif diri sendiri yang bisa memberikan penjelasan bagi kamu yang ingin membuatnya.

contoh

Teks Inspiratif Diri Sendiri :
Bangkrut dan Sukses di Usia Muda

  • Orientasi

Aku adalah seorang lulusan SMA yang tidak melanjutkan kuliah karena keterbatasan biaya masuk perguruan tinggi. Ayahku sudah meninggal dan ibuku hanyalah seorang penjual sayur keliling.

  • Kerumitan Peristiwa

Masih dipusingkan dalam mencari pekerjaan dan tidak ada modal karena memang untuk makan saja pas-pasan. Suatu saat, aku berani meminjam uang kepada paman untuk modal membuka usaha jualan bakso. Suatu saat karena terjadi konsleting toko kebakaran dan harus kehilangan mata pencaharian.

  • Komplikasi

Harus mengembalikan uang pinjaman dari paman karena semua modal memang dari dia. Namun dengan berjuang keras merintis usaha lagi, banyak pelanggan yang percaya jika masakanku enak dan bernilai jual.

  • Resolusi

Dengan pinjaman dari bank, merintis usaha lagi dengan sabar dan percaya jika dagangan akan laris kembali. Alhasil selama enam bulan modal kembali dan bisa menabung. Uang pinjaman paman bisa dikembalikan, dan cicilan bank bisa dibayar rutin.

Setahun berjalan dagangan bakso semakin ramai dan membuka cabang dibeberapa tempat. Memiliki 20 karyawan dan 5 cabang. Cicilan bank lunas dan sudah memiliki tabungan sendiri. Aku bisa merenovasi rumah orang tua dan membuatkan ibu lapak sayur didepan rumah.

  • Koda

Kerja kerasku selama ini membuahkan hasil. Gagal adalah sukses yang tertunda. Selagi ada kemauan pasti aka nada jalan terbaik dalam kehidupan. Aku sukses karena yakin dan percaya rejeki itu selalu ada.

contoh

Contoh Teks Inspiratif tentang Diri Sendiri :
Si Difabel yang Hebat dan Sukses

  • Orientasi

Namaku Ari, aku seorang disabilitas kehilangan kaki karena kecelakaan. Sejak kecil aku suka sekali menggambar, bahkan sering kali juara lomba menggambar dan melukis. Sayang sekali setelah cacat, cita-citaku menjadi polisi harus kandas mengenaskan.

  • Kerumitan Peristiwa

Setelah lulus, aku dibuat kebingungan. Sangat tidak percaya diri harus pergi ke kampus dengan diantar orang tua setiap hari. Apalagi harus bersosial dengan banyak orang normal disana. Akhirnya aku putuskan untuk tetap dirumah sambil menuangkan inspirasiku dalam lukisan.


  • Komplikasi

Tahun berikutnya ayahku meninggal. Sedangkan ibuku yang sudah pensiun pun harus kerepotan membiayai sekolah adikku yang semakin mahal kebutuhannya. Uang tabungan pun kini juga semakin menipis. Kini ide apalagi yang harus aku perbuat dengan kondisiku yang cacat ini.

  • Resolusi

Akhirnya aku putuskan untuk banyak belajar bisnis dengan masuk ke sejumlah website. Akhirnya menemukan ide jika gambar-gambar bagus bisa dijual secara online. Dengan sisa tabungan kemudian akun membeli Tab untuk menggambar. Setiap hari kini aku mulai rajin menggambar dan mengunggah di situs jual beli gambar.

Dalam beberapa waktu hasil karyaku banyak dibeli. Bahkan orderan juga banyak datang. Kini tabunganku semakin banyak, bahkan untuk kebutuhan keluarga pun kini aku bisa membantu ibu. Sekarang kamar sudah saya anggap sebagai kantor untuk bekerja.

  • Koda

Cacat bukan sebuah masalah ataupun beban yang membuat diri kita berjalan mudur. Semua sudah ada yang mengatur, tidak akan ada rejeki yang datang sendiri karena kitalah yang harus menjemputnya sendiri.

— — —
Itulah beberapa contoh teks inspiratif tentang diri sendiri yang bisa kamu jadikan ide untuk menuangkannya kedalam tulisan. Silahkan pelajari struktur penulisannya agar para pembaca lebih tertarik dan percaya jika tulisan kamu memang benar-benar memberikan motivasi berharga bagi mereka.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas