2 Contoh Teks Inspiratif tentang Ibu Ayah dan Strukturnya

Menjadi orang tua tidaklah mudah karena ada banyak permasalahan yang harus dihadapi. Permasalahan tersebut tidak hanya berkaitan tentang ekonomi, tetapi juga dari segi lainnya. Tidak heran bila kita sebagai generasi muda harus paham tentang perjuangan mereka. Anda bisa memahaminya melalui contoh teks inspiratif tentang ibu dan ayah.

Bagaimanapun kelak generasi muda juga akan menjadi orang tua sehingga harus memiliki dasaran mental yang kuat. Terlebih lagi orang tua merupakan pendidikan pertama bagi anak-anaknya. Langsung saja kita bahas mengenai kisah-kisah inspiratif tentang ibu dan ayah.

Struktur Kisah Inspiratif tentang Orang Tua

Nantinya kita akan menjelaskan sebuah cerita yang berhubungan dengan ayah maupun ibu lengkap dengan berbagai strukturnya. Namun sebelum beralih ke bagian contoh, penting bagi kita semua untuk memahami struktur penyampaian dari kisah inspiratif dahulu.

Contoh Teks Inspiratif tentang Ibu

Pada dasarnya pembagian struktur dibagi menjadi 5 yakni orientasi, penjelasan peristiwa, komplikasi, resolusi, dan juga koda. masing-masing dari poin tersebut akan dijelaskan secara rinci berikut ini.

  • Orientasi

Bagian orientasi memiliki arti pendahuluan pada kisah inspiratif. Penyampaian dari bagian pengantar ini biasanya menjelaskan asal usul dan juga tokoh utama. Umumnya juga menyertakan keterangan mengenai suatu tempat maupun hal-hal lain yang menyangkut penjelasan peristiwa nantinya. Pada bagian ini penting untuk dibuat menarik sehingga pembaca akan terus lanjut hingga selesai dan bisa paham dengan pesan moralnya.

  • Penjelasan Peristiwa

Masuk ke bagian penjelasan peristiwa biasanya akan mulai diperjelaskan tentang awal mula permasalahan. Namun bagian ini tidak menjelaskan puncak dari permasalahan yang melanda tokoh utama. Penjelasan peristiwa biasanya juga merinci tentang adanya tokoh antagonis. Hanya saja tidak semua cerita inspiratif memiliki tokoh antagonis tergantung dari apa yang ingin disampaikan pesan positifnya.

  • Komplikasi

Komplikasi merupakan bagian yang menjelaskan tentang puncak permasalahan. Bagian ini biasanya dibuat kompleks sehingga membuat emosi pembaca ikut tergerak untuk mendukung tokoh utama. Pada part ini pembaca umumnya tidak ingin ketinggalan.

  • Resolusi

Tokoh utama yang di ada dalam cerita pada akhirnya akan mendapatkan penyelesaian permasalahan. Penyelesaian permasalahan ini memiliki alur yang semakin menarik untuk dibaca. Kemudian lama-lama alurnya terus mereda dari ketegangan sampai akhirnya benar-benar selesai.

  • Koda

Pada bagian ini disampaikan mengenai akhir dari suatu kisah inspiratif. Kisah tersebut memiliki penutup yang sekaligus menjelaskan tentang suatu pesan moral. Penyampaian dari pesan moral menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Diharapkan membaca untuk mengikuti kisah inspiratif tersebut.

Kita tadi sudah selesai membahas tentang berbagai struktur yang ada di kisah inspiratif. Kini saatnya untuk membahas tentang berbagai macam contoh dari kisah tersebut.


Contoh Kisah Inspiratif Mengenai Orang Tua

Kita akan membagi contoh tentang kisah seorang ibu dan ayah. Masing-masing dari contoh ini akan disampaikan dengan menggunakan struktur kisah inspiratif yang sudah dijelaskan sebelumnya. Mari kita mulai saja tentang kisah inspiratif yang berhubungan dengan orang tua ke anak-anak.

contoh

Contoh Teks Inspiratif tentang Ibu Pemberani di Wilayah Konflik

Orientasi:
Wilayah Palestina memang sering mengalami konflik akibat Israel yang semakin agresif. Banyak dari warga sipil yang mengalami penyerangan secara brutal. Salah satunya adalah keluarga dari ibu bernama Neveen. Berusia muda dan sempat terkena imbas dari perang di jalur Gaza Utara.

Penjelasan Peristiwa:
Putrinya bernama Rosol masih berusia 6 tahun. Namun sang putri tidak bisa tumbuh bersama kasih sayang ayahnya.

Suami Neveen sudah meninggal akibat ledakan bom yang sekolahannya ada di jalur Gaza. Tak hanya meninggal tetapi bom tersebut juga membuat anaknya alami luka-luka sampai cacar permanen. Rosol mengalami cacat permanen tersebut.

Komplikasi:
Anak-anak di negara Neveen sejak kecil sudah terbiasa melihat orang-orang terluka di bagian kaki dan tangannya, termasuk Rosol. Sang anak melihat orang-orang di sekitarnya harus kehilangan bagian tubuh akibat terkena bom. Tentu saja semua itu berpengaruh terhadap psikologis mereka karena anak-anak tersebut sempat melihat ayahnya terbunuh juga akibat ledakan bom.


Resolusi:
Sebagai seorang ibu yang baik dan penuh kasih sayang maka Neveen mencari bantuan psikologis untuk anaknya. Beruntungnya ada konselor UNICEF yang sedang bertugas dan bisa membimbing anak-anak. Rosol pun mengikuti bimbingan tersebut dengan rutin.

Koda:
Bersyukurlah bagi seluruh ibu yang tinggal di negara aman seperti Indonesia. Kita tidak perlu hidup ketakutan akibat mendengar banyak ledakan yang sewaktu-waktu bisa mengenai diri. Andaikata hidup di negara konflik dan mengalami kemalangan seperti Ibu Neveen tetap tidak boleh menyerah untuk mengasuh anak-anak. Kesabaran seorang ibu pasti akan ada hasilnya kelak di akhirat.

contoh

Contoh Teks Cerita Inspiratif tentang Ayah si Pejuang Nafkah

Orientasi:
Kisah ini benar-benar terjadi di Filipina dimana ada seorang ayah yang rela menjadi kuli agar anaknya bisa mendapatkan gelar sarjana. Tentu saja Kita semua tahu bahwa biaya pendidikan sampai ke jenjang sarjana tidaklah murah. Tidak semua orangtua beruntung menyekolahkan anaknya karena faktor ekonomi.

Tidak mau menyerah dengan keterbatasan ekonomi seorang perempuan anak ayah tadi bernama Mailyn Esquelito Akoy rela menjadi kuli dengan mendapatkan bayaran yang cukup untuk menyekolahkan anaknya di jenjang perguruan tinggi. Tentu saja sang anak juga sangat menghargai jasa ayahnya sehingga bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan kuliah.

Penjelasan Peristiwa:
Tentu saja selama bekerja menjadi kuli, beliau sempat mengalami kelelahan yang luar biasa. Tak jarang juga rela untuk mengurangi jatah tidur. Namun sang ayah ini menyadari bahwa anaknya sangat berharga dan ingin melihatnya menjadi orang sukses.

Komplikasi:
Namun pengalaman pahit sempat menimpa keluarganya. Suatu ketika rumah Akoy terbakar sehingga mereka sempat kebingungan ingin tinggal dimana. Belum selesai sampai di situ pengalaman pahitnya, sang anak lelaki Ayah atau kakaknya jatuh sakit dan akhirnya meninggal. Beliau sama sekali tidak memiliki biaya untuk merawat sang anak ke rumah sakit.

Resolusi:
tidak pernah menyerah dengan kenyataan pahit maka Akoy dan ayah terus berjuang agar Akoy bisa mendapatkan pendidikan terbaik selama berkuliah. Perjuangan tersebut tidak sia-sia meskipun banyak jatuh bangunnya. Akoy bercerita dirinya terus berusaha untuk berpikir positif sekaligus kerja keras.

Koda:
Impiannya untuk bisa lulus sarjana pun tercapai. Kini Akoy bisa melanjutkan masa depan dengan bekerja sebagai seorang lulusan sarjana. Tentu saja ada pelajaran penting yang bisa kita petik dari kisah Akoy.

Untuk mencapai sebuah kesuksesan ada proses yang terkadang sangat menyakitkan. Masalah tersebut bisa saja membuat seseorang merasa lelah tetapi orang tersebut bisa memilih untuk bangkit kembali. Selalu terapkan pikiran positif agar membuat Anda punya energi untuk kembali meraih cita-cita setelah terjatuh.

— — —
Kedua contoh teks Inspiratif tentang ibu dan ayah tadi menceritakan betapa gigihnya orang tua untuk melihat yang terbaik bagi anaknya. Tidak hanya mengerahkan tenaga, tetapi orang tua juga selalu tabah secara mental dalam hadapi berbagai masalah. Pada akhirnya mereka mampu atasi masalah masing-masing.


Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas