3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Polusi Udara Air Tanah

Pada saat melakukan sebuah pengamatan atau observasi mengenai polusi, tentunya kita ingin menghasilkan laporan yang sesuai dengan pengamatan tersebut. Oleh karena itu, penulisan contoh teks laporan hasil observasi tentang polusi secara tepat menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Kaidah Penulisan Teks Laporan Hasil Pengamatan

Untuk menghasilkan laporan yang tepat dan sesuai, tentu saja kita harus menyusunnya dengan menggunakan kaidah yang tepat. Laporan hasil observasi juga memiliki kaidah penulisan yang perlu diperhatikan oleh setiap penulis. Berikut sejumlah kaidah yang dimaksud.

1. Penggunaan kalimat definisi

Pada saat menulis teks laporan hasil observasi, ada baiknya kita sering menggunakan kalimat definisi. Umumnya, hal ini ditandai dengan kata “adalah” pada pernyataan yang bersifat umum dan memerlukan definisi atau pengertian dari aspek yang akan dibahas.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Polusi
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Polusi

2. Adanya konjungsi atau kata hubung

Selain itu, kita juga perlu menggunakan konjungsi atau kata hubung untuk menghubungkan antar kata seperti “dan”, “atau”, “untuk”, “dengan”, dan sebagainya. Kata hubung ini juga dapat digunakan untuk mempertegas suatu definisi.

3. Kalimat yang simpleks dan kompleks

Kalimat simpleks atau kalimat tunggal adalah kalimat yang menggunakan satu kata kerja dan menyatakan aksi seperti peristiwa atau keadaan. Sementara itu, kalimat kompleks merupakan kalimat yang terdiri dari dua struktur atau lebih yang terdapat dua verba di dalamnya.

4. Adanya data

Suatu laporan hasil pengamatan tentu tidak dapat terlepas dari data, terlebih laporan ini disusun dengan data-data faktual yang sesuai hasil pengamatan. Data yang digunakan umumnya berupa angka pasti untuk menunjukkan ukuran suatu hal.

5. Menggunakan sinonim maupun antonim

Teks laporan hasil observasi juga penting menggunakan sinonim atau persamaan kata. Selain itu, ada juga antonim atau lawan kata yang mendukung hasil pengamatan yang dilaporkan.

Cara dan Langkah Penyusunan

Setelah mengetahui bagaimana cara menyusun contoh teks laporan hasil observasi tentang polusi yang sesuai, maka kini saatnya Anda memperhatikan langkah-langkah penyusunan teks laporan tersebut. Adapun langkah-langkah yang dimaksud di antaranya:

1. Menentukan tema dan tujuan observasi

Sebelum melakukan pengamatan, sebaiknya Anda perlu menentukan tema objek yang akan diteliti. Jangan lupa memastikan tujuan tersebut dilakukan. Adapun tema yang dimaksud seperti kuliner, tumbuhan, lingkungan, dan sebagainya sehingga perlu disesuaikan dengan tujuan pengamatan.

2. Menyusun kriteria dan membatasi aspek yang akan dilaporkan

Jangan lupa juga untuk menyusun kriteria aspek yang akan dibahas beserta batasan aspek yang akan dilaporkan. Kedua hal ini cukup penting supaya pembahasan tidak keluar dari tujuan yang sudah Anda susun sebelumnya.


3. Deskripsikan unsur-unsur laporan

Selanjutnya, Anda bisa mulai mendefinisikan atau mengartikan setiap aspek yang dipilih berupa pernyataan-pernyataan umum dan khusus sesuai struktur penulisan laporan. Pastikan juga menggunakan kaidah kebahasaan yang sesuai berupa kalimat definisi.

Tambahkan juga data-data berupa gambar atau angka yang menunjukkan suatu pengukuran. Jangan lupa juga menggunakan kaidah kalimat simpleks-kompleks, konjungsi, hingga sinonim-anonim sebelum membuat kesimpulan dari laporan tersebut.

contoh

Contoh Penulisan Teks Pengamatan Polusi

Setelah mengetahui kaidah penulisan beserta dengan langkah-langkah menulis contoh laporan teks pengamatan, ada baiknya jika Anda juga melihat beberapa contoh dari teks tersebut. Dalam hal ini, contoh yang dimaksud yakni contoh teks laporan hasil observasi tentang polusi sebagai berikut.

Kondisi Polusi Udara di Indonesia

Selama tahun 2021-2022, kualitas udara di Indonesia banyak mendapat catatan merah dari lembaga Kualitas Udara Dunia IQAir. Tercatat, Indonesia mendapat peringkat ke-17 secara global dan nomor 1 se-Asia Tenggara sebagai negara dengan polusi udara tertinggi di dunia.

Berdasarkan data dari lembaga tersebut, Indonesia memiliki konsentrasi polusi partikel halus atau PM2,5 rata-rata 34,3 mikrogram per m3. Lebih rinci, pada bulan Juni dan Juli 2021 lalu kadar PM2,5 tertinggi terjadi dengan konsentrasi 54,5 dan 57,2 mikrogram per m3. Sementara, bulan Februari dan November memiliki kada PM2,5 terendah yakni 24,3 dan 23,8 mikrogram per m3.


Polusi udara dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari asap pabrik dan kendaraan motor, debu, kebakaran hutan, hingga asap rokok. Terdapat berbagai polutan yang dapat tersebar seperti logam berat, karbon monoksida, sulfur dioksida, hingga nitrogen oksida yang sama-sama memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Adapun dampak kesehatan yang dapat terjadi seperti gangguan pada pernapasan, tersumbatnya jalan oksigen dalam darah, serta dapat memicu peningkatan pemanasan global akibat suhu udara yang meningkat dan membuat permukaan air laut meninggi.

Polusi Air di Sekitar Kita

Polusi atau pencemaran air adalah masuknya berbagai komponen ke dalam air yang menyebabkan kualitas air menjadi turun pada batas tertentu sehingga kondisi air menjadi tidak berguna sesuai peruntukannya. Pencemaran ini dapat terjadi pada berbagai sumber air seperti sungai, danau, laut, hingga air tanah.

Secara umum, pencemaran air dapat terjadi karena berbagai aktivitas manusia. Mulai dari limbah industri dan kimia, deforestasi, penggunaan bom pencari ikan, hingga limbah rumah tangga yang membuat air sekitar menjadi tercemar.

Di seluruh dunia, lebih dari 14.000 orang meninggal setiap hari karena penyakit yang ditimbulkan oleh polusi air. Tidak hanya itu, kualitas air yang buruk juga akan berdampak negatif bagi tumbuhan dan hewan-hewan air. Kualitas air tanah yang kita konsumsi juga akan menurun.

Oleh karenanya, diperlukan langkah-langkah konkrit yang harus dilakukan untuk menanggulangi dampak pencemaran air, seperti menempatkan daerah industri dan pabrik yang jauh dari pemukiman, tidak membuang sampah dan limbah ke sungai, hingga penggunaan bahan-bahan alami untuk mengurangi pencemaran.

contoh

Masalah Pencemaran Tanah

Polusi atau pencemaran tanah merupakan kondisi di mana tanah mengandung banyak polutan dengan konsentrasi yang tinggi dan berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan. Polusi tanah sejatinya erat berkaitan dengan pencemaran udara dan air, sebab keduanya dapat membawa berbagai zat polutan ke dalam tanah.

Polutan dalam tanah dibagi menjadi dua bagian, yakni polutan alami yang disebabkan oleh kondisi alam seperti di gurun Atacama, Chile di mana akumulasi garam perklorat menjadikan tanah kawasan tersebut tercemar. Ada juga polusi non-alami karena aktivitas manusia, termasuk pembuangan limbah padat maupun cair di berbagai area tanah, pertanian, dan perkebunan.

Dampak pencemaran tanah banyak terjadi pada manusia, hewan, bahkan tumbuhan, seperti tanaman yang layu dan gagal panen sehingga menyebabkan bencana kelaparan dan rusaknya ekosistem. Polusi tanah juga acapkali menyebabkan bencana alam seperti erosi dan tanah longsor karena struktur tanah yang tidak lagi kuat.

Untuk itu, diperlukan langkah-langkah bijak dalam melakukan pembersihan tanah yang tercemar dan meningkatkan kesadaran mengenai bahaya penggunaan polutan dalam tanah.


Apa yang Disebut dengan Polusi Suara ?

Definisi polusi Suara merupakan suara yang mengganggu atau setidaknya suara yang sangat tidak diinginkan oleh kita. Disebut mengganggu jika melebihi 70 desibel (satuan pengukur suara)
Dampak yang ditimbulkan polusi suara adalah sbb:
Tinitus, Tuli, Depresi/Stress,
Gangguan Tidur (Insomnia),
Salah Paham / Konflik,
Perubahan Suasana, Tumbuh kembang anak menurun

— — —
Itulah beberapa kaidah penulisan beserta dengan contoh teks laporan hasil observasi tentang polusi yang perlu Anda ketahui. Semoga semakin menambah pemahaman Anda terhadap teks laporan hasil observasi tersebut!

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas