10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya

Teks laporan hasil observasi adalah teks bacaan yang dibuat untuk menjelaskan fakta dan informasi mengenai sebuah objek. Fakta dan informasi ini didapatkan dari pengamatan langsung pada objek tersebut. Objek yang diamati pun beragam, mulai dari tumbuhan, hewan, lingkungan, pekerjaan, peristiwa, budaya dan lain-lain.

Pada contoh teks laporan hasil observasi, informasi yang disajikan harus dibentuk secara sistematik dan objektif. Sistematik artinya bahwa pembentukan teks laporan dilakukan dengan kaidah dan struktur tertentu. Sementara itu, objektif artinya bahwa teks ini harus ditulis dengan fakta yang sebenarnya.

Selain itu, teks laporan hasil observasi juga harus informatif. Artinya bahwa teks tersebut harus memberikan pengetahuan baru bagi para pembacanya.

contoh teks laporan hasil observasi

Bagaimana Struktur Teks Laporan Hasil Observasi?

Dalam praktik penulisannya, teks laporan hasil observasi harus disusun berdasarkan kaidah strukturnya. Hal ini ditujukan agar laporan yang dihasilkan dapat dimengerti oleh pembaca umum.

Struktur teks laporan hasil observasi sendiri biasanya terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah pernyataan umum. Bagian kedua adalah deskripsi bagian. Dan kemudian diikuti bagian terakhir yaitu deskripsi manfaat.

Sponsored Link

Pernyataan umum menjelaskan mengenai dasar-dasar dari sebuah objek. Sementara itu, deskripsi bagian menjelaskan sifat dan identitas dari objek tersebut. Dan deskripsi manfaat menjelaskan tentang manfaat yang didapatkan dari objek laporan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Biologi

Pernyataan umum.

Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai makhluk hidup. Pada umumnya ilmu biologi mempelajari mengenai struktur dan fungsi pertumbuhan, asal muasal makhluk hidup, evolusi serta distribusi dari organisme hidup

Biologi penting untuk dipelajari karena ilmu ini menjelaskan mengenai bagaimana makhluk hidup berfungsi dan berinteraksi dengan lingkungan dan makhluk hidup lainnya. Perkembangan ilmu biologi juga membantu para ilmuwan untuk mengembangkan obat-obatan yang lebih baik.

Selain itu, ilmu ini juga mempelajari efek dari kehidupan manusia pada perubahan dalam lingkungan. Dan biologi juga dapat menjelaskan bagaimana cara memproduksi makanan yang lebih baik untuk mencukupi kebutuhan manusia


Deskripsi bagian

Pada dasarnya, ilmu biologi modern dapat dibagi ke dalam 4 cabang:

  1. Teori sel menjelaskan dasar dasar mengenai cara seluruh makhluk hidup untuk membangun unit sel yang merupakan fondasi dari kehidupan.
  2. Teori genetik menjelaskan prinsip yang menyatakan bahwa setiap makhluk hidup memiliki DNA, yaitu molekul yang menjadi kode dasar dalam sel.
  3. Homeostasis adalah sebuah prinsip yang menjelaskan bahwa organisme hidup akan selalu menjaga keadaan setimbang untuk bertahan hidup di lingkungannya. Keseimbangan inilah yang menjadi kunci bagi makhluk hidup untuk tetap bertahan hidup di tengah-tengah lingkungannya yang mungkin penuh dengan  ancaman bagi kehidupannya.
  4. Evolusi adalah prinsip yang menjelaskan bagaimana setiap makhluk hidup dapat mengubah sifat secara turun temurun untuk memberikan kesempatan pada spesies nya agar bisa bertahan hidup lebih baik

Deskripsi manfaat

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mempelajari ilmu biologi adalah:

  1. Riset, dimana para ahli biologis dapat mengerti bagaimana makhluk hidup bertahan hidup dan berkembang biak untuk meneruskan spesies. Dengan ini, para ilmuwan juga akan mencoba mengerti dari mana asal muasal kehidupan yang sebenarnya.
  2. Kesehatan, dimana ilmu biologi dapat dijadikan sebagai dasar untuk menemukan obat-obatan baru yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini menjadi penting mengingat masih banyaknya penyakit yang belum ditemukan obatnya. Tentu harapannya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan kemungkinan untuk memperpanjang umur normal manusia.
  3. Konservasi, di mana ilmu biologi dapat digunakan untuk melestarikan lingkungan sekitar dan mengurangi efek buruk dari kegiatan manusia pada lingkungan. Konservasi juga akan membahas mengenai dampak buruk dari polusi yang dihasilkan dari aktivitas manusia dalam kehidupannya sehari-hari.
contoh teks laporan hasil observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Sepak Bola

Pernyataan umum


Sepakbola merupakan permainan yang dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 11 orang pemain dan dimainkan dengan sebuah bola yang tidak boleh disentuh oleh tangan kecuali oleh penjaga gawang. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencetak gol dengan cara menendang atau menyundul bola ke dalam gawang lawan.

Deskripsi bagian

Pada setiap tim sepak bola terdapat 11 pemain di mana salah satunya adalah penjaga gawang. Setiap tim memiliki gawang pada masing-masing ujung lapangan.

Permainan yang berlangsung selama 90 menit akan berfokus pada bola yang harus dimasukkan gawang lawan untuk mencetak gol dan mendapatkan poin. Tim yang paling banyak mencetak gol pada saat permainan telah berakhir akan dinyatakan sebagai pemenang.

Deskripsi manfaat


Bagi mereka yang bermain sepakbola, olahraga ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, olahraga ini juga bisa menjadi hiburan bagi mereka yang senang untuk menonton pertandingannya.

Selain itu, kompetisi olahraga berskala besar juga bisa menjadi sarana bagi  berbagai negara untuk membentuk hubungan diplomasi yang lebih baik. Kompetisi seperti ini juga biasanya berdampak baik bagi negara dan kota yang menjadi penyelenggaranya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Buah Jeruk

Pernyataan Umum

Jeruk merupakan buah yang termasuk ke dalam spesies citrus. Buah jeruk sendiri berasal dari daerah Cina Selatan, India dan Myanmar. Saat ini, tumbuhan jeruk merupakan tumbuhan yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia.

Brazil merupakan produsen terbesar dari buah jeruk diikuti oleh Cina dan India. Konsumsi jeruk yang tinggi di berbagai belahan dunia juga mendorong terhadap produksinya yang semakin naik dari tahun ke tahun.

Deskripsi Bagian

Jeruk sendiri memiliki banyak jenis dan setiap jenis memiliki karakteristik tersendiri. Selain berbeda pada rasa, buah jeruk juga banyak berbeda jika dilihat dari bentuk buah dan warnanya.

Ada buah jeruk yang memiliki segmen yang bisa dipisahkan, namun ada juga yang tidak bisa dipisahkan. Walaupun awalnya berasal dari negara-negara Asia, para perkembangannya sekarang jeruk sudah dibudidayakan di segala penjuru dunia karena permintaannya yang sangat tinggi.

Deskripsi Manfaat

Sebagian besar jenis dari spesies jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin ini sangat baik untuk mendukung kesehatan gusi serta mempertahankan daya tahan tubuh yang lebih kuat. Selain itu, jeruk juga masih memiliki berbagai vitamin dan kandungan antioksidan yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Selain manfaat kesehatan, jeruk juga sering digunakan untuk membuat berbagai macam makanan yang enak dan minuman yang menyegarkan. Jadi tidak heran jika  buah ini sering dijadikan kan sebagai bahan  dalam pembuatan berbagai makanan dan minuman.

*) klik halaman selanjutnya untuk melihat 7 contoh lain


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Satu pemikiran pada “10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya”

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
Contoh Analisis SWOT Usaha Kue
jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja
Manfaat Investasi Mata Uang Asing thumbnail
Jualan Makanan yang Laku di Kampus
Cara Menentukan Target Pasar dan Manfaatnya dalam Bisnis
aplikasi investasi untuk mahasiswa, cara berinvestasi untuk mahasiswa, investasi properti untuk mahasiswa, investasi syariah untuk mahasiswa, Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa, reksadana untuk mahasiswa, saham untuk mahasiswa, tempat investasi terpercaya