3 Contoh Teks Eksplanasi tentang Sampah & Strukturnya

Sedang nyari contoh teks eksplanasi tentang sampah? U re in the right place!. Teks eksplanasi termasuk salah satu materi yang diajarkan di sekolah di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Secara umum, teks ini ditulis dengan tujuan untuk menerangkan suatu fenomena atau peristiwa.

Tentang Teks Eksplanasi

Pengertian: Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan proses fenomena alam atau kejadian sosial. Contohnya teks eksplanasi tentang sampah, teks ini menerangkan proses “mengapa” dan “bagaimana” munculnya sampah di alam atau di lingkungan masyarakat.

Tujuan: Eksplanasi berarti menjelaskan, tujuan dari teks eksplanasi adalah memberikan informasi faktual untuk menerangkan mengapa dan bagaimana suatu fenomena terjadi. Diharapkan pembaca dapat memahami proses dari suatu fenomena sejelas mungkin.

Editor Choices :
3 Contoh Teks Eksplanasi tentang Sampah

Ciri-ciri: Terdapat beberapa ciri-ciri dari teks eksplanasi. Ciri-ciri ini dapat memudahkan pembaca untuk membedakan teks eksplanasi dengan teks biasa. Berikut adalah beberapa ciri-ciri teks eksplanasi.

  • Ciri-ciri pertama adalah teks eksplanasi memuat informasi faktual atau informasi yang berdasarkan pada fakta. Jadi di dalam teks ini tidak ada informasi opini atau pendapat dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca.
  • Kedua, teks eksplanasi bersifat keilmuan. Artinya bisa dijelaskan dan masuk dalam bidang-bidang ilmu pengetahuan, seperti sains, sosial, budaya, dan lainnya. Teks ini disampaikan tanpa ada informasi yang tidak masuk akal atau di luar nalar.
  • Terakhir adalah teks ini memiliki struktur-struktur dalam penyusunannya yaitu, pernyataan umum, sebab akibat, dan interpretasi. Teks yang ditulis juga lebih banyak menggunakan konjungsi kausal seperti apabila, jika, sebelum, kemudian, dan akhirnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Penulisan tes eksplanasi tersusun dengan tiga struktur yaitu pernyataan umum, penjelasan, dan interpretasi.

Sponsored Link
  • Pernyataan umum
    Pada bagian pernyataan umum teks eksplanasi, informasi yang disampaikan adalah berupa pengenalan mengenai topik atau fenomena yang akan dibahas.
  • Deretan penjelas
    Struktur ini mencangkup beberapa paragraf yang menjelaskan secara lebih detail mengenai suatu fenomena. Penjabaran mengapa dan bagaimana fenomena atau suatu peristiwa dapat terjadi.

    Pada bagian ini tidak hanya menjelaskan secara singkat, tetapi lebih rinci mengenai proses dari fenomena yang dibahas. Misalnya deretan penjelasan dalam teks eksplanasi tentang sampah yang memuat informasi bagaimana proses atau kronologis munculnya sampah.

    Rincian informasi yang disampaikan juga memuat jawaban dari pertanyaan mengapa. Penjelasannya lebih banyak tentang hubungan sebab dan akibat terkait fenomena yang sedang dibahas.
  • Interpretasi
    Struktur penulisan teks eksplanasi diakhiri dengan penutup atau interpretasi. Memberikan kesimpulan atau pokok-pokok dari fenomena atau peristiwa yang dibahas.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sampah

teks eksplanasi tentang sampah 2

Bahaya Sampah Plastik di Laut

Salah satu permasalahan lingkungan yang cukup serius adalah sampah plastik di laut. Sampah-sampah yang ada di permukaan laut, di dasar laut, maupun yang terseret ke daerah pesisir. Keberadaan sampah di laut dapat membahayakan hewan, lingkungan, bahkan manusia.

Sampah plastik di laut merupakan permasalahan lingkungan yang dihadapi banyak negara, tidak terkecuali Indonesia. Sampah-sampah ini berasal dari pemukiman atau di alam bebas yang terbawa hingga ke daerah laut. Sampah plastik dapat mengapung di permukaan air laut, masuk hingga ke dasar laut, dan ada juga terkumpul di daratan pesisir.

Laut yang tercemar sampah plastik bukan hanya karena sampah-sampah dari masyarakat pesisir. Sampah ini bisa berasal dari daerah pemukiman yang jauh dari pantai. Sampah plastik yang terbawa aliran sungai dapat berakhir di lautan.

Bahaya sampah plastik di laut tidak hanya mencemari lingkungan. Sampah yang terombang-ambing di permukaan laut, bisa saja dimakan hewan- seperti burung yang biasa mencari ikan di laut. Saat sampah plastik masuk ke laut, dapat membahayakan hewan laut seperti hewan yang mati karena terjebak plastik dan lainnya.

Paling berbahaya dari sampah plastik di laut adalah partikel mikroplastik. Hewan laut dapat secara tidak sengaja memakan partikel mikroplastik yang ukurannya sangat kecil ini. Selain membahayakan hewan, juga berbahaya bagi manusia yang mengonsumsi ikan atau hasil laut yang tercemar mikroplastik.


Sampah plastik yang berada di lautan memiliki bahaya yang serius untuk lingkungan dan kehidupan. Dampaknya tidak hanya di daerah pesisir, tetapi juga masyarakat lain yang bahkan jauh dari laut. Perlu penanganan yang cepat dan tepat untuk setidaknya mengurangi dampak buruk sampah ke lingkungan.

teks eksplanasi tentang sampah 3

Produksi Sampah Rumah Tangga Meningkat

Produksi sampah nasional di Indonesia tergolong tinggi. Jumlah produksi sampah di tanah air bahkan menjadi yang terbesar setelah Cina. Ada beragam jenis sampah, namun yang cukup banyak adalah dari jenis sampah rumah tangga.

Sampah dari sektor rumah tangga umumnya tidak terlalu berbahaya. Namun produksi sampah yang tidak sebanding dengan pengelolaannya dapat menimbulkan masalah. Sampah-sampah yang belum bisa ditangani, biasanya akan ditumpuk di suatu tempat pembuangan.

Produksi sampah rumah tangga termasuk tinggi, apalagi di Indonesia dengan jumlah penduduknya yang sangat banyak. Jenis-jenis sampah rumah tangga beragam, mulai dari plastik kemasan, sampah sisa makanan, sampah botol, dan lainnya.

Setiap rumah mengeluarkan sampah setidaknya satu kantong plastik setiap harinya. Sampah dari rumah-rumah kemudian di angkut dan dibawa ke tempat pembuangan.


Sampah yang menumpuk dalam jumlah besar dapat sangat mengganggu. Keberadaan sampah dapat mencemari lingkungan, merusak pemandangan, dan membahayakan kesehatan. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan masalah yang serius.

Di negara-negara berkembang, pengelolaan sampah memang masih terbatas. Produksi sampah rumah tangga yang terus bertambah dan pengelolaan yang tidak sebanding, menimbulkan masalah sampah yang serius.

Mengurangi produksi sampah rumah tangga akan membantu mengurangi dampaknya. Lebih bijak sampah dimulai dari lingkungan keluarga untuk mengurangi produksi sampah dan dampak buruknya.

Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah

Sampah di Pemukiman Kumuh

Sampah dan pemukiman kumuh tampaknya menjadi masalah lingkungan yang serius. Sampah juga menyebabkan bencana seperti banjir. Bencana banjir yang terjadi karena sampah yang dibuang sembarangan di sungai atau aliran angin.


Pemukiman kumuh dengan sampah berserakan di berbagai sudut sudah menjadi pemandangan biasa di beberapa pinggiran kota. Kebanyakan adalah sampah rumah tangga seperti sisa makanan, plastik kemasan, dan lain sebagainya.

Sampah yang berserakan di jalanan, sampah yang tergenang di air sungai, dan sampah yang beterbangan di sekitar pemukiman. Sampah-sampah seperti ini tentunya mengganggu kenyamanan dan juga pemandangan.

Menyediakan tempat sampah umum merupakan salah satu solusi agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan juga tidak kalah penting.

Sering kali permasalahan sampah muncul karena kurang kesadaran dari masyarakatnya itu sendiri. Sekecil apapun ukurannya, sampah harus dibuang di tempat sampah.

Jenis sampah yang paling sering ditemukan di jalanan di pemukiman adalah plastik kemasan. Sampah kemasan makanan atau minuman yang tidak dibuat pada tempatnya. Lama kelamaan sampah bertambah banyak dan membuat lingkungan semakin kumuh.

Sebutkan Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi ?

Fokus pada hal umum (generic), Dimungkinkan untuk menggunakan istilah ilmiah/istilah teknis,
Lebih banyak menggunakan verba material dan verb relasional, Menggunakan konjungsi waktu dan kausalitas, Menggunakan kalimat pasif,

Penanganan untuk sampah di sekitar daerah kumuh sangat dibutuhkan. Penataan kawasan, penyediaan tempat sampah, dan berbagai cara lain bisa dilakukan untuk menyelamatkan kawasan pemukiman agar bebas sampah. Semua pihak harus ikut serta karena masalah sampah ini adalah tanggung jawab bersama.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja
Contoh Analisis SWOT Usaha Kue
Manfaat Investasi Mata Uang Asing thumbnail
Jualan Makanan yang Laku di Kampus
tabungan yang cocok untuk mahasiswa
Cara Menghasilkan Uang untuk Mahasiswa