4 Contoh Teks Laporan Percobaan tentang Tumbuhan Tanaman

Teks laporan percobaan adalah sebuah teks yang memaparkan mengenai proses sebuah percobaan, dan juga hasil dari percobaan tersebut. Teks ini bertujuan untuk memaparkan hasil dari percobaan, lalu memberikan pembacanya informasi yang ada pada percobaan tersebut. Apa saja 4 contoh teks laporan percobaan tentang tumbuhan.

Teks laporan percobaan bisa berupa sebuah percobaan ilmiah, karya ilmiah siswa seperti “percobaan menanam biji kacang hijau menggunakan media kapas” atau bisa juga terkait dengan percobaan sosial, “seperti percobaan mengenai dampak gadget pada siswa” dan lain sebagainya.

Teks laporan penelitian ini memberikan kita mengenai informasi lengkap terkait dengan percobaan yang dilakukan, mulai dari tujuan dari percobaan, hipothesis peneliti, alat dan bahan yang diperlukan, prosedur atau langkah-langkah yang dilakukan, hasil dari penelitian itu sendiri, hingga kesimpulan yang dapat diambil dari percobaan tersebut.

Contoh Teks Laporan Percobaan tentang Tumbuhan Tanaman
Contoh Teks Laporan Percobaan tentang Tumbuhan

4 Contoh Teks Laporan Percobaan tentang Tumbuhan

Berikut ini adalah 4 contoh teks laporan percobaan tentang tumbuhan yang sudah kami rangkum dan ringkas sebagai contoh yang bisa Anda cermati. Anda bisa perhatikan mulai dari struktur teksnya, tujuan, dan ciri ciri yang ada pada teks laporan percobaan tersebut.

1. Contoh Teks Laporan Percobaan tentang Tumbuhan Lidah Buaya

Tujuan Penelitian:
Tujuan dari penelitian pembuatan sabun mandi dari lidah buaya adalah untuk menambah wawasan mengenai cara membuat sabun alami, serta menambahkan wawasan terkait manfaat yang tersembunyi pada lidah buaya.

Sabun mandi adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, karena tentu saja sabun selalu digunakan saat mandi untuk kebersihan tubuh. Mayoritas masyarakat membeli sabun sendiri di pasaran, tetapi banyak yang tidak tahu bahwa tanaman lidah buaya atau yang dikenal juga sebagai Aloe Vera sebenarnya bisa dijadikan sabun untuk membersihkan tubuh kita. Nah, bagaimana sih cara kita untuk membuat sabun mandi dari tanaman lidah buaya ini?

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:

  • Satu batang besar Lidah Buaya
  • Pisau
  • Sendok Makan
  • Pewangi, Bisa berupa pewangi cair
  • Sabun cair
  • Air
  • Panci
  • Saringan

Langkah-langkah pembuatan sabun:

  • Pertama, cucilah terlebih dahulu lidah buaya sampai bersih. Cuci menggunakan air yang mengalir, pastikan tidak ada debu dan kotoran yang menempel pada lidah buaya.
  • Kupas kulit lidah buaya, lalu potong menjadi potongan kecil-kecil berbentuk dadu.
  • Kumpulkan potongan lidah buaya yang sudah terpotong, lalu peras potongan tersebut hingga serat yang ada di dalam keluar, saring menggunakan saringan saat memeras lidah buaya itu.
  • Tambahkan air, dan juga pewangi secukupnya sebagai bahan pewangi sabun.
  • Lalu aduk campuran tersebut menggunakan sendok, hingga campuran merata.
  • Setelah campuran tercampur, dan didiamkan sejenak, tambahkan sabun cair. Cairan lidah buaya sebenarnya sudah bisa digunakan sebagai sabun cair, dan sabun cuci tangan.
  • Jika ingin menjadikannya sabun batangan, maka Anda harus menyimpan cairan tersebut ke dalam kulkas.
  • Diamkan sekitar 1 malam pada lemari pendingin, dan setelah sabun tersebut menjadi padat, Anda bisa memotongnya menjadi sabun mandi sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  • Sabun mandi wangi dari lidah buaya siap digunakan.

Hasil Percobaan :

Sabun mandi yang terbuat dari lidah buaya sangatlah berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kita. Selain bisa menghemat biaya untuk tidak membeli sabun, sabun mandi dari lidah buaya juga memiliki khasiat menyegarkan kulit.


Kesimpulan :

Tanaman lidah buaya selain bermanfaat untuk berbagai produk kecantikan dan kesehatan, juga bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan sabun mandi. Sabun mandi dari lidah buaya sangat ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia tambahan, selain itu bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kita.

2. Contoh Teks Laporan Percobaan tentang Tumbuhan Putri Malu

Tujuan Penelitian :
Ada beragam jenis tumbuhan yang ada di dunia ini. Dengan keunikannya tersendiri, mulai dari daun yang unik, cara berkembang biak yang berbeda, bunga yang beragam, dan berbagai aspek unik dari tumbuhan.

Aspek dari masing-masing tumbuhan perlu di pelajari, dan diamati lebih lanjut untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai ciptaan tuhan yang menakjubkan.

Tiap tumbuhan memiliki keunikannya tersendiri. Salah satu tumbuhan yang unik adalah tanaman Putri Malu atau Mimosa Pudica. Tanaman putri malu ini biasa kita temui sebagai tanaman liar, yang mungkin dianggap tidak berguna.


Nah, mengapa tanaman sejenis dengan rumput-rumputan liar ini menarik untuk dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah observasi tanaman putri malu, dengan beberapa target seperti:

  • Ingin mengetahui kapan waktu dimana tanaman putri malu akan mekar, maupun menguncup
  • Untuk mencari tahu penyebab mengapa tanaman putri malu akan menguncup bila terkena sentuhan
  • Untuk menambahkan wawasan mengenai tumbuhan yang ada di sekitar kita

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
Tanaman putri malu yang tumbuh liar di sekitar rumah, dan alat tulis untuk mencatat hasil pengamatan dari putri malu tersebut.

Hasil Laporan Percobaan:
Putri malu sudah dikenal banyak orang, karena tumbuhan ini akan menguncup daunnya ketika terkena rangsangan sentuhan, baik itu ketika disentuh oleh jari manusia, diinjak, atau saat dimakan oleh hewan. Dari pengamatan yang dilakukan, putri malu akan menguncup dikarenakan terjadinya perubahan tekanan pada tulang daun putri malu itu sendiri.

Selain rangsangan sentuhan, putri malu juga akan menguncupkan daunnya ketika malam hari, dan akan memekarkan daunnya lagi ketika sudah siang hari. Putri malu yang memekarkan daun ketika siang hari kemungkinan berfungsi untuk menyerap panas matahari guna proses fotosintesis dari putri malu.

Lalu alasan mengapa putri malu menutup karena terkena sentuhan, adalah untuk melindungi diri mereka dari ancaman hewan herbivora yang mungkin saja bisa memakan putri malu. Ketika putri malu terkena sentuhan dari hewan herbivora, daunnya akan menguncup, lalu warna daun akan menjadi pucat, membuat hewan herbivora menjadi tidak berminat untuk memakan daun pucat.

Kesimpulan dari laporan pengamatan:

Dari hasil yang diperoleh selama pengamatan, dapat disimpulkan bahwa pertama, tujuan putri malu untuk menutup daunnya adalah guna melindungi diri dari hewan herbivora yang mungkin memakan tanaman putri malu. Selain itu, putri malu juga bisa menutup ketika matahari terbenam dan mekar ketika matahari terbit, dikarenakan rangsangan panas.

3. Contoh Teks Laporan Percobaan tentang Tumbuhan Hidroponik

Tujuan Penelitian :
Menanam tanaman, baik itu tanaman hias, tanaman obat, maupun tanaman pangan menjadi trend akhir-akhir ini. Hobi menanam tanaman, atau gardening sudah bukan hal yang asing bagi telinga masyarakat Indonesia. Selain sangat mudah, dan murah untuk dilakukan, juga sangat bermanfaat untuk dilakukan di pekarangan rumah.

Tetapi, jika Anda ingin menanam tanaman, tetapi tidak punya pekarangan rumah yang luas, ataupun sudah sempit tanah dan pot bunga, maka ada media baru untuk menanam, yaitu media hidroponik. Bagi para pecinta tanaman mungkin hidroponik sudah bukan hal yang asing. Nah, sekarang kita akan melakukan percobaan menanam tanaman lewat media hidroponik.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Untuk mengetahui bagaimana pembuatan media hidroponik. (2). Menambahkan wawasan mengenai tanaman, serta media tanamnya.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan :


  • Botol air Mineral, ukuran besar
  • Cutter, atau Alat pemotong lainnya
  • Kain flanel, sumbu kompor, atau bahan kain yang menyerap air
  • Solder untuk melubangi botol air mineral
  • Air nutrisi hidroponik

Langkah Pembuatan Media Hidroponik

  • Pertama, potonglah botol air mineral menjadi 2 bagian, potong dengan garis horizontal saat botol berdiri.
  • Lubangi tutup botol itu.
  • Arahkan moncong botol ke arah bawah, gabungkan dengan bagian botol menjadi satu.
  • Pasang kain flanel, atau sumbu ke tutup botol yang sudah dilubangi. Pastikan arah dari sumbu bisa menyerap air nutrisi yang disediakan di bagian bawah botol.
  • Bibit tanaman bisa ditanamkan di bagian atas botol, Anda bisa menggunakan tanah secukupnya, atau jika tanaman kecil, bisa gunakan media tanam lainnya seperti kapas dan air.

Hasil dan Kesimpulan Penelitian

Media tanam hidroponik sangat cocok untuk digunakan menanam di tempat yang sempit, karena selain tidak membutuhkan tempat luas, juga modal yang dibutuhkan hanya sebatas air nutrisi, botol, dan kain flanel. Dengan menerapkan media tanam hidroponik, bisa membuat kebun hidroponik yang lebih rumit lagi dengan saluran air untuk menanam lebih banyak tanaman.

Contoh Teks Anekdot tentang Lingkungan

4. Contoh Teks Laporan Percobaan tentang Tumbuhan Biji Kacang Hijau

Tujuan Penelitian :
Proses pertumbuhan adalah sebuah ciri makhluk hidup dan terjadi pada tiap makhluk hidup, baik itu hewan, manusia dan juga tumbuhan. Untuk bisa mengamati proses pertumbuhan pada tanaman, perlu adannya sebuah percobaan untuk bisa melihat proses tumbuhnya tumbuhan dari biji, menjadi kecambah, tunas, tunas berdaun, dan tumbuh menjadi tanaman.

Percobaan untuk mengamati pertumbuhan pada biji kacang hijau ini memiliki beberapa tujuan yaitu: (1) Mengamati proses pertumbuhan atau perkecambahan biji kacang hijau. (2) Menambah wawasan mengenai proses pertumbuhan pada tanaman.

Alat dan bahan yang diperlukan :

  • Beberapa biji kacang hijau
  • 3 buah Aqua gelas
  • Sejumlah tanah
  • Penggaris dan Alat tulis
  • Air

Langkah-langkah Percobaan :

  • Pertama, ambil setidaknya 15 butir kacang hijau. Rendam ke dalam air, lalu ambillah biji kacang hijau yang tenggelam. Biji kacang hijau yang tenggelam adalah biji yang cocok untuk ditanam.
  • Lubangi 3 buah aqua gelas untuk tempat mengeluarkan air dari tanah nantinya.
  • Masukan tanah secukupnya, pastikan tidak terlalu banyak tanah, namun tidak terlalu sedikit pula.
  • Letakkan 5 butir biji kacang hijau pada tiap masing-masing gelas. Atur jarak tiap butir kacang hijau, supaya tidak terlalu berdekatan, untuk memberikan masing-masing biji kacang hijau ruang tumbuh.
  • Siram biji kacang hijau tersebut dengan air secukupnya.
  • Letakkan 3 aqua gelas tersebut di tempat yang terkena cukup sinar matahari.
  • Pastikan untuk menyiramnya tiap hari.

Hasil Penelitian :

Pertumbuhan kacang hijau mulai terlihat setelah setidaknya 3-4 hari pertama. Pertumbuhan pertama adalah terbukanya biji kacang hijau. Setelah satu minggu, tunas baru mulai muncul. Setelah setidaknya 10-14 hari, daun sudah mulai bertumbuh. Setelah lewat dari 14 Hari, maka pertumbuhan kacang hijau sudah semakin tinggi, dengan daun yang semakin banyak.

Kesimpulan Penelitian :

Proses pertumbuhan kacang hijau diawali dengan pecahnya biji kacang hijau. Setelah itu, tunas pertama muncul. Tunas akan tumbuh ke atas, lalu akan muncul daun pertama. Setelah itu, tunas akan menjadi semakin tinggi, dan muncul daun-daun lagi.

Editor Choices :

Nah itu dia adalah 4 contoh teks laporan percobaan tentang tumbuhan yang sudah kami kumpulkan disini. Jika kalian cermati, masing-masing dari teksnya memiliki struktur yang sama, dan ciri ciri yang sama pula.

Komentar / Pertanyaan