Ciri Ciri Teks Laporan Percobaan beserta Struktur dan Fungsi

Teks laporan percobaan biasanya digunakan oleh para akademisi untuk memaparkan dan melaporkan hasil percobaan mereka. Teks laporan percobaan merupakan karya tulis empiris, yang artinya disusun sesuai dengan data-data, dan bukti-bukti percobaan yang ada, bukan sebuah karya tulis karangan tanpa bukti yang berlaku.

Dalam penggunaannya, teks laporan percobaan memiliki beberapa ciri-ciri, tujuan, struktur, dan kaidah bahasa yang harus ditekankan. Berikut ini adalah apa saja yang harus Anda ketahui sebelum menyusun teks laporan bahasa yang benar, mulai dari struktur teks, hingga ciri ciri teks laporan percobaan dan juga kaidah bahasa yang harus Anda cermati.

Apa Itu Teks Laporan Percobaan?

Pertama-tama, apa itu teks laporan percobaan? Teks laporan percobaan adalah sebuah teks yang berisikan tidak hanya tentang hasil percobaan yang ada, tetapi juga mengenai tujuan dari percobaan tersebut, proses yang dijalankan pada percobaan tersebut, serta hasil percobaan itu sendiri.

Ciri ciri Teks Laporan Percobaan
Ciri ciri Teks Laporan Percobaan

Umumnya, teks laporan percobaan itu sendiri digunakan untuk melaporkan hasil percobaan ilmiah, praktikum, ataupun karya ilmiah yang dilakukan oleh peneliti, tetapi juga tidak terbatas untuk percobaan ilmiah yang ada di lab sains, tetapi juga beberapa percobaan sosial juga bisa saja dipaparkan menggunakan teks laporan percobaan.

Tujuan dari Teks Laporan Percobaan

Tujuan utama dari teks laporan percobaan adalah untuk memberikan informasi mengenai hasil percobaan ilmiah, karya ilmiah, ataupun praktikum yang sudah dilakukan peneliti.

Teks laporan percobaan ini, bertujuan untuk memaparkan hasil yang sudah ditunjukkan oleh percobaan ilmiah, melalui proses percobaan, dan juga analisis data percobaan. Pembaca dapat membaca tentang hasil percobaan yang sudah di jalankan oleh sang peneliti, dan membaca data yang mendukung mengenai hasil percobaan tersebut.

Data yang diberikan oleh teks laporan percobaan haruslah dikemukakan secara benar adannya, sehingga teks laporan pekerjaan tersebut dapat dinilai asli dan sebenar-benarnya.

Ciri Ciri Teks Laporan Percobaan Ilmiah Maupun Sosial

Nah, apa saja yang menjadi Ciri ciri teks laporan percobaan baik itu laporan percobaan ilmiah maupun sosial? Ada beberapa ciri-ciri dari teks laporan percobaan, seperti yang terlihat jelas yaitu teks yang melaporkan hasil percobaan, adannya hipotesis, dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari teks laporan hasil percobaan:

  • Melaporkan hasil percobaan yang dilakukan

Teks laporan hasil percobaan adalah teks yang tujuan utamanya untuk memberikan informasi mengenai hasil percobaan yang sudah dilakukan. Tentu saja, ciri utama yang bisa terlihat dari teks tersebut adalah teks yang bertujuan untuk memperlihatkan hasil percobaan yang ada.

  • Adannya hipothesis

Hipothesis adalah pendapat atau teori awal sang peneliti. Jika terdapat hipothesis, maka peneliti sebelum memulai percobaannya akan berpendapat mengenai hasil percobaan yang akan dilakukannya.


Hipothesis ini berfungsi untuk membangun tujuan penelitian, dan memberikan arah dari penelitian tersebut. Sebagai contoh, seorang peneliti akan berhipothesis bahwa tanaman kacang hijau yang ditanam di media kapas, lalu dibiarkan di 2 tempat berbeda intensitas cahayanya akan memiliki kecepatan tumbuh yang berbeda, dan tumbuh menghadap arah cahaya.

Nah, dari hipothesis ini, maka peneliti bisa memulai percobaan tanaman kacang hijau mereka.

  • Biasanya teks diawali dengan memperlihatkan tujuan percobaan

Tujuan percobaan dari teks tersebut akan dipaparkan di beberapa paragraf paling awal. Tujuan tertentu dari penelitian bisa untuk menguji hipothesis tertentu. Tujuan penelitian akan mengarahkan kepada mengapa penelitian itu dijalankan, dan bagaimana penelitian itu akan menjawab suatu pertanyaan tertentu.

  • Memaparkan bahan dan alat yang diperlukan (Terutama percobaan ilmiah)

Untuk beberapa teks laporan percobaan, terutama percobaan ilmiah yang memerlukan berbagai persiapan alat dan bahan yang diperlukan, maka teks laporan percobaan wajib untuk memaparkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan tersebut.

  • Memperlihatkan proses atau prosedur pelaksanaan percobaan tersebut

Setelah memaparkan bahan yang diperlukan, hipothesis penelitian, beserta tujuan dari penelitian tersebut, maka peneliti akan menggambarkan mengenai proses yang dijalankan selama percobaan tersebut. Peneliti harus menggambarkan prosedur pelaksanaan sedetail mungkin, dan selengkap mungkin dalam teks laporan percobaan.


  • Memaparkan hasil dari percobaan

Setelah itu, hasil percobaan juga akan dipaparkan sedetail mungkin oleh penulis teks laporan percobaan tersebut. Hasil percobaan seharusnya akan dipaparkan sejujurnya oleh penulis, mengenai apa yang terjadi dalam penelitian tersebut. Selain itu, hasil tersebut akan dianalisis apakah sudah sesuai dengan tujuan dan hipothesis peneliti.

  • Diakhiri dengan simpulan yang didapat dari percobaan

Setelah hasil percobaan telah dipaparkan, maka langkah berikutnya bagi sang peneliti adalah menganalisis data yang ada guna untuk menarik kesimpulan dari percobaan tersebut. Apakah percobaan tersebut sudah mencapai tujuannya, atau apakah percobaan tersebut ternyata melenceng dari hipothesis.

Contoh Teks Anekdot Politik

Struktur Teks Laporan Percobaan

Dalam teks laporan percobaan, terdapat struktur yang harus diterapkan pada setiap teks laporan. Struktur ini berawal dari judul teks laporan percobaan, tujuan percobaan, bahan dan juga alat, lalu langkah-langkah percobaan, hasil dari percobaan dan simpulan yang dapat diambil dari percobaan tersebut.

  • Judul

Judul dari percobaan mengawali dari teks laporan percobaan tersebut, Pastikan tiap kata dalam judul tersebut adalah huruf kapital.

  • Tujuan Percobaan

Tuliskan maksud dan tujuan dari percobaan yang akan dilakukan. Jika ada hipothesis, maka hipothesis akan dituliskan pada paragraf tujuan percobaan tersebut.

  • Bahan dan alat percobaan

Lalu paparkan bahan dan alat percobaan yang digunakan dalam kegiatan. Untuk bahan-bahannya, biasanya harus ada takaran yang pasti (Berapa gram, berapa mililiter, berapa kilogram)

  • Langkah-langkah percobaan/Prosedur kegiatan

Pada langkah percobaan biasanya akan menggunakan kalimat kerja aktif, seperti “Menyiram tanaman kacang hijau setidaknya 3 kali sehari saat pagi siang dan sore hari”.

  • Hasil percobaan

Hasil percobaan ilmiah tersebut, dituliskan apakah hasilnya sudah sesuai dengan tujuan dari penelitian, sudah sesuai dengan hipothesis awal atau tidak sama sekali.

  • Simpulan yang dapat diambil dari percobaan.

Data yang sudah dijabarkan, maka akan dianalisis untuk ditarik kesimpulan dari data tersebut.

Kaidah Bahasa yang Perlu Dicermati dari Teks Laporan Percobaan

Ada beberapa kaidah bahasa yang perlu dicermati dalam membuat teks laporan percobaan. Seperti penggunaan sinonim dan antonim dari teks laporan percobaan. Lalu kata perintah, atau bisa juga menggunakan kata kerja aktif, kata hubung saat menjelaskan prosedur pelaksanaan percobaan, dan kata bilangan untuk memaparkan jumlah atau takaran bahan tertentu.

Nah, itu adalah teks laporan percobaan, apa saja yang harus diketahui tentangnya, mulai dari apa itu teks laporan percobaan, lalu Ciri ciri teks laporan percobaan dan juga struktur yang ada pada teks laporan percobaan.

Editor Choices :

Teks laporan percobaan digunakan untuk memaparkan hasil percobaan ilmiah maupun sosial, jadi kami memiliki beberapa contoh teks laporan percobaan disini yang bisa Anda simak. Untuk melihat beberapa contoh teks laporan percobaan, maka Anda bisa melihat berbagai contoh dari kami melalui link yang ada di bawah ini.

Komentar / Pertanyaan