4 Contoh Teks Eksemplum tentang Liburan: Struktur & Cirinya

Apakah kamu pernah membaca cerita pengalaman seseorang yang sebenarnya tidak diinginkan? Pasti cukup menggelitik dan membuat siapa pun menjadi tersadar dengan berbagai pembelajaran penting yang ada di dalamnya.

Tahukah kamu jika teks yang menceritakan perilaku atau pengalaman tidak menyenangkan seseorang tersebut dinamakan teks eksemplum? Ya, dapat dikatakan jika pada teks eksemplum menyimpan banyak drama yang dituangkan dalam bentuk teks.

Banyak cerita dapat dikategorikan sebagai teks eksemplum. Misalnya jika kamu membaca contoh teks eksemplum tentang liburan yang berisi pengalaman buruk seseorang. Dari cerita ini, kamu bisa mengetahui lebih detail permasalahan apa yang terjadi selama tokoh tersebut berlibur serta bagaimana cara menyelesaikannya.


contoh teks eksemplum tentang liburan ke pantai

Struktur Teks Eksemplum

Jika kamu berpikir teks jenis ini dapat disamakan dengan cerita fiksi ataupun fabel, tentu masih kurang tepat. Memang secara umum teks tersebut memiliki kemiripan, namun bisa dibilang teks eksemplum lebih banyak menceritakan pengalaman buruk yang dimiliki seseorang.

Selain itu, teks eksemplum sejatinya memiliki struktur yang tidak jauh berbeda dengan teks kebanyakan. Namun secara mendetail, terdapat beberapa perbedaan struktur yang mendalam antara teks eksemplum dengan teks kebanyakan. Adapun struktur yang dimaksud adalah:

Sponsored Link
  • Orientasi

Salah satu ciri bacaan atau teks yang baik adalah teks yang memiliki alinea pembukaan. Bagian awal inilah yang akan menggiring pembaca mengenali keseluruhan isi teks yang ada di dalamnya. Pada teks eksemplum, bagian awal ini disebut dengan orientasi.

Orientasi lebih banyak berisi mengenai pengenalan tokoh. Melalui bagian orientasi ini, kamu sebagai pembaca juga dapat mengetahui karakter tokoh, aktivitasnya, atau hal-hal yang berkaitan dengan penokohan tersebut.

  • Insiden

Sesuai namanya, bagian cerita teks eksemplum ini akan lebih banyak mengandung insiden atau hal-hal yang membuat tokoh dalam cerita mengalami kejadian tidak terduga. Bahkan di insiden ini, pengalaman buruk seseorang dapat terlihat beserta dengan waktu ataupun proses kejadiannya.

Bisa dibilang, bagian ini merupakan inti dari cerita pada teks eksemplum karena mengandung konflik atau permasalahan yang dialami tokoh. Di sinilah tokoh dalam cerita teks tersebut mengalami berbagai kejadian yang menjadi isi dari cerita tersebut.

  • Interpretasi

Pada teks eksemplum, interpretasi dapat menjadi bagian yang penting untuk menyampaikan pesan moral ataupun akibat yang terjadi karena tindakan tokoh dalam teks. Pesan moral inilah yang menjadi konklusi dari pengalaman tidak diinginkan yang dialami oleh para tokoh.

Melalui bagian interpretasi ini, pembaca juga akan lebih paham dengan pembelajaran apa yang dapat dipetik dari pengalaman tersebut. Adapun pesan moral ini dapat dijabarkan secara tersirat maupun tersurat menurut interpretasi para pembaca.

Selain ketiga unsur atau struktur yang ada di dalam teks eksemplum tersebut, di beberapa sumber sering kali disebutkan jika terdapat unsur Abstrak dan Koda pada setiap teks eksemplum. Abstrak adalah inti pengantar yang akan menggambarkan peristiwa cerita, sementara Koda berisi penutup di akhir teks.

ciri ciri teks eksemplum - DeckaRenas.Com

Ciri-ciri Teks Eksemplum

Setelah mengetahui perbedaan struktur antara teks eksemplum dengan teks narasi lain seperti cerita fiksi, kini kamu juga perlu mengetahui perbedaan ciri-ciri antara keduanya. Dengan begitu, kamu bisa langsung membedakan mana teks eksemplum dan mana teks fiksi.

Secara umum, teks eksemplum memiliki peristiwa atau kejadian yang tidak diinginkan oleh tokoh. Hal ini cukup mutlak dan menjadi pembeda antara teks eksemplum dengan teks kebanyakan.

Selain itu, peristiwa yang dijelaskan juga sangat jelas dengan struktur yang lengkap dan berurutan. Bahasa yang digunakan juga bersifat naratif dengan berbagai unsur kebahasaan yang kompleks, seperti kata kerja, kata rujukan, hingga konjungsi atau kata-kata penghubung.

Contoh Teks Eksemplum Singkat

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa contoh teks eksemplum tentang liburan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Berikut contoh yang dimaksud.

Contoh teks eksemplum tentang liburan ke Pulau Bali

Orientasi
Liburan musim panas yang lalu, Richard bersama teman-temannya berencana akan berlibur bersama ke Pulau Bali sembari merayakan pernikahan salah satu temannya. Pesawat yang membawanya dari Australia akan berangkat pukul 7 pagi.

Malam sebelum keberangkatan, Richard masih menyempatkan diri untuk menonton pertandingan sepak bola yang mempertemukan tim kesayangannya dengan lawan beratnya. Bahkan, meskipun sudah diingatkan untuk mengemas barang-barang keperluannya, Richard tidak bergeming.

Insiden
Akhirnya, pertandingan selesai dan Richard baru teringat dengan rencananya berlibur keesokan harinya. Richard pun buru-buru mengemas semua barang yang dibutuhkannya untuk berlibur.

Bahkan saking terburu-burunya, Richard belum sempat tidur dan tergesa-gesa ke bandara. Sampai pada saat akan check-in, dirinya tertahan oleh pihak imigrasi dan tidak dapat melanjutkan perjalanan karena lupa membawa paspor.

Akhirnya, Richard terpaksa harus pulang ke rumah untuk mengambil paspor dan me-reschedule jadwal penerbangannya ke Pulau Bali. Dengan begitu, Richard terlambat datang ke acara penting milik temannya tersebut.

Interpretasi
Dari cerita di atas, dapat disimpulkan jika kita perlu menyiapkan segala sesuatu secara matang dan terstruktur. Selain itu, jangan terlalu sering menyepelekan hal-hal kecil sehingga tidak merugikan diri sendiri.

contoh teks eksemplum tntang liburan

Contoh teks eksemplum tentang liburan ke Malang

Orientasi
Dalam rangka menghabiskan momen libur panjang, aku memutuskan untuk melakukan solo-travelling ke Malang, Jawa Timur. Aku berencana berangkat dari Bandung menggunakan kereta api supaya lebih hemat dengan waktu tempuh yang relatif cepat.

Karena malam sebelumnya aku harus lembur dengan pekerjaan, akhirnya aku hanya tidur beberapa jam saja. Aku berencana akan melanjutkan tidur selama perjalanan, terlebih waktu tempuh yang relatif lama, yakni sekitar 9-10 jam.

Insiden
Setelah sampai di stasiun, aku bergegas masuk ke dalam gerbong kereta lalu duduk sesuai dengan nomor kursi yang ada pada tiket. Sayangnya, aku tidak membaca keterangan pada tiket secara penuh sampai pada akhirnya ada seorang ibu yang kebingungan mencari kursi tempatnya duduk.

Setelah itu, ibu tersebut datang bersama dengan salah seorang petugas kereta. Petugas memintaku untuk pindah gerbong setelah melihat tiketku, namun aku tetap bersikeras bahwa gerbong tempatku saat ini duduk adalah gerbong yang sesuai dengan keterangan di tiket.

Namun, betapa malunya aku setelah petugas tersebut menunjukkan keterangan nomor gerbong di bagian atas kursiku. Seharusnya, aku masuk ke gerbong 6, namun aku malah masuk ke gerbong 5.

Interpretasi
Dari pengalaman tersebut, aku menjadi sadar betapa pentingnya untuk selalu teliti membaca tiket saat naik kereta api. Selain itu, jangan pula mudah gegabah sehingga tidak merugikan diri sendiri.

contoh teks eksemplum singkat tema liburan

Contoh teks eksemplum liburan ke rumah Kakek

Orientasi
Beberapa waktu lalu, aku berlibur ke rumah kakek yang ada di desa. Aku senang sekali berlibur ke desa tersebut karena suasananya asri dan udaranya segar. Bahkan aku bisa sesekali bermain di sungai dan sawah sambil menyaksikan para warga beraktivitas.

Suatu pagi, aku bersama beberapa sepupu berencana akan bermain di sebuah lapangan dekat sawah milik kakek. Namun, karena pada saat itu warga desa sedang melakukan penanaman padi, aku tergerak untuk melihatnya sambal sesekali berlarian bersama sepupuku tersebut.

Insiden
Saking senangnya bermain di area sawah, aku tidak menggubris nasihat kakekku untuk berhati-hati. Alhasil, aku terpeleset dan beberapa bagian tubuhku mengalami luka. Bahkan saat terjatuh, seluruh badanku tertutup lumpur dan pakaianku menjadi kotor.

Melihat aku terjatuh di pematang sawah, kakek langsung membawaku ke rumah lalu mengobati luka-lukaku. Namun, yang paling memalukan adalah celanaku robek di bagian belakang sehingga menjadi tertawaan sepupu-sepupuku.

Interpretasi;;
Dari kejadian tersebut, aku banyak mengambil pembelajaran penting supaya tidak terulang kembali kejadian yang memalukan tersebut. Di antaranya, yakni lebih mematuhi nasihat orang yang lebih tua, serta selalu berhati-hati ketika bermain supaya tidak mencelakai diri sendiri.

kuliah

Contoh teks eksemplum tentang liburan yang sial

Orientasi
;Saat liburan semester kemarin, Linda memutuskan untuk berlibur ke rumah Mitha di Salatiga. Karena relatif dekat dari tempat kuliahnya di Semarang, mereka berencana berangkat menggunakan bus.

Sesampainya di terminal, Mitha mengingatkan Linda untuk selalu waspada dengan para pencopet yang kerap beraksi di dalam bus. Ia berpesan untuk menaruh handphone dan barang berharga lain di tas selempang supaya mudah diletakkan di depan badan.

Insiden
Sayangnya, Linda tidak memperhatikan saran Mitha dengan baik. Ia terus asyik dengan handphone-nya di dalam bus. Saat turun bus pun, ia lebih memilih memasukkan handphone ke saku belakang sampai tidak menyadari ada orang yang mengambil ponsel tersebut.

Linda baru menyadari ketika sudah berada di dalam terminal, ponselnya tidak ditemukan di saku belakang. Ponsel tersebut akhirnya hilang dan Linda menyesal karena tidak mendengarkan saran dari Mitha.

Interpretasi
Dari pengalaman Linda, dapat ditarik pembelajaran penting untuk selalu waspada dengan tindak kejahatan apapun karena dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Jika mengalami hal tersebut saat liburan, tentu saja hal-hal yang sudah direncanakan akan gagal terlaksana.

Apa bedanya teks eksemplum dengan teks fabel ?

Struktur yang membangun teks eksemplum : orientasi, insiden, interpretasi. Struktur teks fabel : orientasi, komplikasi, resolusi, koda.
Teks fabel tokohnya hewan sedangkan teks eksemplum biasanya manusia.

Sebutkan unsur kebahasaan teks eksemplum?

Kata keterangan tempat, waktu, tujuan, dan cara. Menggunakan kata hubung intrakalimat dan atarkalimat, kalimat majemuk setara dan bertingkat

Apa saja ciri ciri teks eksemplum yang baik ?

Menggunakan kata baku, menggunakan kalimat kompleks, menggunakan kalimat sumpleks, menggunakan struktur teks eksemplum.

Demikian beberapa contoh teks eksemplum tentang liburan yang dapat kami sampaikan. Bagaimana, sudah lebih paham dengan berbagai teks eksemplum?

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar


Trending Topics
Prospek Kerja Teknik Geologi
Alasan Memilih Jurusan Psikologi
Contoh Teks Recount Singkat
contoh teks eksemplum pengalaman diri sendiri