9 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berisi informasi hasil observasi atau penelitian. Contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan yang berisi informasi hasil penelitian sebuah tanaman. Informasi yang disampaikan bersifat objektif dan faktual.

Definisi Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi dapat dikatakan sebagai teks yang memuat informasi hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis atau peneliti. Penulisannya terstruktur memuat beberapa informasi dan data yang bersifat objektif. 

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Laporan observasi dapat dibuat dalam bentuk teks LHO. Berikut adalah ciri-ciri dari teks laporan hasil observasi.

contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan
  • Informasi bersifat universal, objektif, dan global.
  • Informasi faktual dengan data yang bisa dibuktikan.
  • Informasi berisi data terkini dari hasil penelitian.
  • Informasi memuat objek tunggal.
  • Informatif dan saling berkaitan antar data yang disampaikan.
  • Ditulis dengan struktur lengkap dan sempurna.
  • Penulisannya menarik dan isinya berbobot.
  • Tidak mengandung opini atau prasangka.
  • Tidak ada penutup.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Penulisan teks LHO harus lengkap dan sempurna. Ada beberapa bagian yang harus ditulis sebagai struktur teks laporan hasil observasi.

  • Pernyataan umum
    Pernyataan umum merupakan bagian pembuka atau pengantar teks LHO. Informasi yang ditulis di bagian ini adalah tentang objek yang akan diamati. Penjelasan objek tersebut hanya secara umum atau garis besarnya saja.
  • Deskripsi bagian
    Deskripsi bagian berisi informasi atau rincian dari hasil pengamatan yang perlu dilaporkan. Bagian ini memuat isi, pembahasan, rincian, dan penjelasan dari penelitian secara lebih detail.
  • Definisi manfaat
    Definisi manfaat adalah bagian yang berisi penjelasan terkait manfaat dari penelitian yang dilakukan. Manfaat setiap objek yang sudah diamati disampaikan di bagian akhir ini.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Teks LHO menyajikan teks informatif hasil dari sebuah penelitian. LHO memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

  • Pendokumentasian

Teks LHO berfungsi sebagai pendokumentasian dari sebuah penelitian. Hasil observasi penting untuk disimpan dalam dokumen laporan. Pendokumentasian tersebut mungkin dapat digunakan untuk penelitian di masa mendatang.

  • Menjelaskan dasar kebijakan dan pemecahan masalah atas objek pengamatan

Teks LHO secara garis besar berisi tentang hasil penelitian. Di dalam teks laporan tersebut juga termasuk beberapa informasi penting seperti kebijakan penelitian, keputusan, hingga solusi dari pengamatan yang dilakukan.

  • Pelaporan tanggung jawab penelitian

Pada setiap penelitian yang dilakukan, peneliti bertanggung jawab untuk melaporkan hasil pengamatan tersebut. Teks LHO berfungsi sebagai pelaporan dari peneliti terkait tugas dan hasil pengamatan yang sudah dilakukan.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Informasi yang disajikan pada teks LHO harus objektif dan sesuai fakta. Jadi informasi yang diberikan akan berguna dan dapat dibuktikan. Penulisan teks LHO memiliki beberapa tujuan seperti berikut.

  • Melakukan pengawasan dan perbaikan
  • Mengetahui perkembangan objek penelitian
  • Mengatasi suatu permasalahan
  • Bahan pengambilan keputusan
  • Mendapatkan solusi
  • Menemukan teknik terbaru
  • Memberikan informasi terbaru

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Salah satu objek observasi yang banyak dilakukan adalah tanaman Berikut beberapa contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan dengan struktur yang lengkap.


contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan damar

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan Damar

Pernyataan umum:
Damar merupakan salah satu jenis tanaman kayu yang tumbuh subur di hutan hujan tropis. Pohon damar tersebar di daerah Jawa, Maluku, dan Sulawesi. Terkenal dengan getah atau resin damar yang banyak dimanfaatkan di berbagai industri.

Deskripsi bagian:
Damar memiliki batang kayu berbentuk silinder dengan diameter 1 meter atau lebih. Batangnya tertutup lapisan kayu dengan warna cokelat kemerahan. Saat lapisan luar tersebut terkelupas, biasanya akan bopeng dan tidak beraturan.

Memiliki daun dengan bentuk bulat memanjang dan bagian ujungnya runcing. Daunnya ini dapat mencapai 8cm dan lebar 3cm. Pada bagian daunnya terdapat tulang daun yang berbentuk sejajar dan jumlahnya banyak.

Tanaman yang tumbuh bagus di dataran rendah ini dapat tumbuh subur hingga mencapai 60 meter. Damar terkenal dengan getahnya yang dapat keluar dari lapisan kayu pada batangnya.

Definisi manfaat:
Resin atau getah dari pohon damar adalah yang paling banyak dimanfaatkan. Getah damar merupakan bahan dasar untuk kopal yang merupakan cairan pelapis kertas. Kopal akan melindungi kertas agar saat digunakan untuk menulis, tintanya tidak menyebar.


Kopal merupakan getah damar yang sudah keluar dan mengeras. Kopal mengandung minyak atsiri, resin, dan asam resinol yang juga dimanfaatkan untuk campuran vernis dan plester perekat.

Resin dari pohon damar kini juga sering dimanfaatkan sebagai campuran parfum. Resin damar dicampur dengan beberapa wangi-wangian untuk menghasilkan parfum yang wanginya awet. Getah wangi dari pohon damar ini dapat menghasilkan aroma parfum yang menenangkan.

Pohon damar juga banyak dimanfaatkan sebagai pohon jalanan. Penanaman pohon ini berfungsi untuk memberikan peneduh di sekitarnya. Namun kayunya tidak terlalu keras sehingga tidak digunakan untuk bahan baku furnitur.

contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan jahe

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tanaman Jahe

Pernyataan umum:
Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang populer sebagai bahan rempah-rempah dan obat. Tanaman ini mudah ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Jahe memiliki tiga jenis yaitu jahe merah, jahe putih besar, dan jahe putih kecil.

Deskripsi bagian:
Secara umum, tanaman jahe memiliki akar serabut dengan batang pohon semu dan daun tunggang. Tanaman ini terkenal memiliki rasa yang pedas dan hangat.

Tanaman ini memiliki bagian batang yang tingginya sekitar 30 hingga 100cm. Batang jahe tergolong jenis batang semu. Bagian akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar yang memiliki bau menyengat.

Daunnya memiliki bentuk menyirip dengan panjang sekitar 5cm hingga 25cm. Jahe memiliki bunga yang akan tumbuh dari dalam tanah. Bunga jahe berbentuk bulat lonjong dengan panjang antara 3cm hingga 5cm.

Tanaman ini juga memiliki rimpang jahe yang berbentuk umbi. Rimpang jahe bertumpuk-tumpuk satu dengan lainnya dengan bagian atas adalah yang paling muda. Ukuran rimpang jahe bisa ada yang kecil dan ada juga yang besar. 

Definisi manfaat:
Bagian rimpang jahe adalah yang paling sering digunakan. Manfaatnya sangat beragam dan salah satunya adalah untuk menghangatkan tubuh. Saat cuaca sedang dingin, jahe dapat memberikan efek hangat bagi tubuh.

Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati mual atau masuk angin. Rasanya yang pedas dan hangat dapat membuat tubuh lebih rileks.

Selain sebagai obat herbal, jahe juga memiliki manfaat lain yakni sebagai zat anti inflamasi. Rimpang jahe dapat menjadi obat untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Rasa sakit seperti radang sendi dan rematik dapat dikurangi gejalanya dengan memanfaatkan jahe.


Jahe juga bagus untuk kesehatan pencernaan. Manfaatnya adalah membantu proses pencernaan karbohidrat dan pembakaran lemak di dalam tubuh. Manfaat lainnya adalah membantu meningkatkan produksi insulin untuk mengontrol gula darah.

contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan kumis kucing
contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan kumis kucing

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Kumis Kucing

Pernyataan umum:
Kumis kucing merupakan salah satu tanaman herbal yang tumbuh di iklim tropis. Termasuk tanaman liar dan mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini berasal dari wilayah tropis di Afrika dan kemudian menyebar hingga Australia dan Asia.

Deskripsi bagian:
Kumis kucing mampu tumbuh hingga setinggi 2 meter. Bagian batangnya sedikit berkayu dengan bentuk semak. Pada bagian batang ini juga memiliki bulu-bulu halus.

Bagian dari tanaman ini termasuk daun yang berbentuk bulat telur. Daun kumis kucing memiliki bentuk lonjong dan sedikit memanjang dengan bagian ujungnya yang meruncing. Ujung daun dari tanaman ini agak tajam dengan gerigi-gerigi di tepi daunnya.

Tepi daun dari tanaman ini juga dilapisi sedikit bulu-bulu halus. Bagian lainnya adalah buah yang bentuknya keras dan sedikit berkerut. Kelopak bunganya memiliki bentuk berkelanjar dengan pangkal berbulu pendek.

Bagian bunga dengan bulu pendek dan jarang ini menjadi ciri khas dari tanaman kumis kucing. Warna bunganya yang paling umum adalah berwarna putih.

Definisi manfaat:
Tanaman kumis kucing dapat menjadi obat herbal untuk penyakit seperti asam urat. Tanaman ini mengandung kalium yang cukup tinggi dan glikosida yang dapat melarutkan asam urat.

Kumis kucing mengandung senyawa sinensetin yang dapat membantu mengurangi kadar natrium berlebih. Hal tersebut dapat mengurangi tekanan dalam pembuluh darah sehingga kumis kucing bermanfaat untuk membantu mengurangi tekanan darah atau hipertensi.

Tanaman kumis kucing memiliki manfaat lain yaitu untuk mengobati rematik atau asam  urat. Mengandung senyawa flavonoid dan fenolik yang dapat menjadi anti radang dan melindungi tulang.

Kumis kucing juga dapat dimanfaatkan sebagai zat alami untuk proses detoks. Senyawa di dalamnya dapat membantu detoksifikasi tubuh sehingga badan akan terasa lebih sehat dan segar.

contoh teks laporan observasi tentnag tumbuhan kantong semar

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan Kantong Semar

Pernyataan umum:
Kantong semar merupakan salah satu tanaman karnivora. Tanaman yang biasanya tumbuh menempel atau menggantung di batang pohon ini dapat tumbuh subur di tempat-tempat yang lembap.  Kantong semar dapat tumbuh di daerah yang minim cahaya matahari dan bahkan di tanah yang kurang zat hara.

Deskripsi bagian:
Salah satu bagian dari tanaman kantong semar adalah cairan lilinnya. Lapisan lilin di dalam kantongnya sangat licin yang aromanya dapat menarik perhatian serangga atau hewan-hewan kecil. Lapisan lilinnya mengandung asam yang dapat mencerna bagian keras dari serangga yang dimakannya.

Kantong semar memiliki kantong atas yang berbentuk silinder atau corong. Kantong ini tidak memiliki sayap dan menjadi perangkap untuk hewan-hewan kecil yang menjadi mangsanya. Saat ada serangga yang masuk, kantong akan tertutup dengan katupnya.

Kantong semar juga memiliki kantong bawah yang menyimpan nektar. Cairan manis di dalam kantong tersebut akan memikat perhatian serangga untuk datang. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 20 cm.

Definisi manfaat:
Airnya dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk. Namun hanya cairan dari tanaman kantong semar yang belum terbuka. Air di dalam kantong semar yang masih tertutup ini juga sering dimanfaatkan sebagai sumber air minum bagi para petualang di alam liar.

Selain menyediakan air minum, bagian batangnya juga bisa dimanfaatkan sebagai tali. Batang kantong semar cukup kuat dan bisa dimanfaatkan untuk pengganti tali pengikat barang.

Kantong semar dapat dimanfaatkan juga sebagai tanaman hias. Warnanya menarik dengan bentuk kantong yang unik, membuat tanaman ini menarik untuk koleksi di taman pribadi. Namun tanaman ini tergolong spesies langka sehingga tidak boleh sembarangan memeliharanya.

Tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai penangkap serangga alami. Jika di sekitar rumah ditanami kantong semar, maka lingkungan akan lebih aman dari lalat, nyamuk, dan serangga lainnya yang mengganggu.

contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan lidah buaya aloe vera

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan Lidah Buaya

Pernyataan umum:
Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sering dijadikan tanaman hias. Tanaman ini tumbuh subur terutama di daerah tropis dengan tanah yang gembur. Tanaman dengan nama latin Aloe Vera ini juga menjadi salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai bahan baku industri obat hingga kosmetik.

Deskripsi bagian:
Lidah buaya memiliki daun dengan bentuk tebal dan meruncing. Warna daunnya hijau segar dengan bagian tepinya bergerigi namun tidak terlalu tajam. Di bagian dalam daunnya terdapat cairan berbentuk gel dengan warna bening.

Tanaman ini hidup di daerah tropis dan mampu bertahan di tanah yang kering karena daunnya menyimpan banyak cadangan air. Gel di dalam daun lidah buaya menjadi bagian yang paling sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Lebar daunnya antara 2-6 cm dengan bagian bawah yang melebar. Sedangkan tinggi tanaman ini bisa bervariasi tergantung jenisnya, mulai dari 20cm hingga 36m. Bentuk akar tanaman ini termasuk dalam akar serabut.

Deskripsi manfaat:
Lidah buaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan. Salah satu manfaat lidah buaya adalah membantu mempercepat penyembuhan luka bakar. Gel di dalam daun lidah buaya memiliki efek mendinginkan sehingga dapat menyembuhkan luka bakar ringan.

Lidah buaya juga memiliki manfaat lain yaitu untuk mengatasi mata panda atau bengkak. Efek dingin dari gel lidah buaya dapat membuat kulit tenang dan meningkatkan aliran darah di sekitar kulit. Gel lidah buaya dapat ditempelkan di sekitar kantong mata untuk mengatasi bengkak atau mata panda.

Lidah buaya juga banyak dimanfaatkan di industri kosmetik. Gel lidah buaya mengandung beragam vitamin, mineral, hingga antioksidan yang bagus untuk kulit. Lidah buaya dapat menjadi pelembap alami untuk mengatasi kulit yang kering.

contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan temulawak

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tanaman Temulawak

Pernyataan umum:
Temulawak merupakan sala satu tanaman herbal yang tersebar di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran rendah dengan tanah gembur dan kaya zat hara.

Deskripsi bagian:
Temulawak memiliki bagian batang dengan jenis batas semu yang dapat tumbuh hingga 2 meter. Warna batangnya hijau dan tersusun dari pelepah-pelepah daun yang saling bertumpuk.

Bagian daunnya memiliki bentuk lebar dengan salah satu sisinya menyatu pada bagian batang pohon. Bentuk daun temulawak lebar dan pipih seperti daun pisang. Daun temulawak akan berubah warna menjadi kuning saat  berusia 8-12 bulan atau saat bisa dipanen.

Memiliki akar dengan jenis akar serabut yang kuat dan warnanya sedikit hijau gelap. Di bagian ini juga menjadi tumbuhnya rimpang atau umbi dari tanaman temulawak.

Bagian rimpang temulawak adalah yang paling sering digunakan untuk bahan obat-obat herbal. Umbi ini memiliki warna kuning gelap dan terkadang cokelat dengan ukuran sekitar 6cm – 15cm. Umbinya juga saling bertumpuk dan memiliki rasa yang pahit, tetapi banyak khasiatnya.

Definisi manfaat:
Temulawak biasanya dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menambah nafsu makan. Rempah ini sering diolah untuk suplemen yang dapat meningkatkan nafsu makan. Temulawak efektif untuk membantu mempercepat proses metabolisme dan pengosongan perut sehingga nafsu makan meningkat.

Bagian rimpang memang yang paling banyak digunakan karena manfaatnya. Rimpang temulawak berkhasiat untuk membantu meningkatkan daya tahan. Hal tersebut didapat dari berbagai senyawa yang ada dalam temulawak seperti enzim fenolaze, amilaze hingga mineral penting lainnya.

Manfaat lain dari temulawak adalah untuk membantu mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Rempah yang satu ini memang efektif untuk melawan bakteri seperti Salmonella yang dapat menyebabkan penyakit tipes.

contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan kencur

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tanaman Kencur

Pernyataan umum:
Kencur merupakan jenis tanaman obat yang sudah lama digunakan oleh masyarakat. Tanamannya terkenal memiliki aroma wangi yang menenangkan. Melalui aroma ini, akan mudah untuk mengenali kencur dengan rimpang-rimpang lainnya.

Deskripsi bagian:
Bagian akar tanaman ini termasuk jenis akar tunggal. Cabang-cabang akarnya halus dan biasanya menjadi tempat menempel rimpang. Rimpang merupakan salah satu bagian tanaman kencur yang paling sering dimanfaatkan.

Rimpang kencur tumbuh secara bergerombol di dalam tanah walaupun ada sebagian yang tumbuh hingga keluar tanah. Bentuknya bulat dengan warna cokelat di bagian luar dan warna putih di bagian dalam. Rimpang ini memiliki aroma yang sangat khas dan menyengat.

Tanaman kencur juga memiliki batang yang ukurannya cukup pendek. Tergolong batang semu atau tidak memiliki zat kayu di dalamnya. Batangnya tersusun dari pelepah-pelepah daun yang saling tumpang tindih.

Bagian lainnya adalah daun kencur dengan permukaan berwarna hijau dan cokelat di bagian tepi daun. Bentuknya bulat dengan ujung meruncing dan bagian bawah yang melebar. Ukuran daun kencur memiliki lebar 2-8cm dan panjang sekitar 7-13cm.

Tanaman ini juga memiliki bunga yang bentuknya seperti terompet dengan putih berwarna ungu dan putih. Bunganya memiliki aroma yang harum dan begitu khas.  Bunga kencur berukuran sekitar 2-5cm dengan benang sari di dalamnya yang berwarna kuning.

Definisi manfaat:
Kencur mengandung senyawa yang bersifat diuretik yang bagus untuk kesehatan. Kalium dan antioksidan di dalam temulawak bermanfaat untuk membantu mengurangi tekanan darah. Penyakit hipertensi dapat diobati secara herbal dengan menggunakan kencur.

Manfaat dari tanaman ini selanjutnya adalah sebagai zat anti radang dan anti nyeri alami. Kencur dapat meringankan rasa nyeri seperti saat sakit gigi, sakit kepala, atau terkena radang sendi.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan Kelapa

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan Kelapa

Pernyataan umum:
Pohon kelapa merupakan jenis tumbuhan palem yang tumbuh subur di daerah tropis. Tingginya bisa mencapai 3 meter dengan dan kuat untuk bertahan di cuaca panas. Tanaman yang dijuluki sebagai pohon nyiur ini juga terkenal sebagai pohon pantai atau pesisir. 

Deskripsi bagian:
Kelapa merupakan jenis tanaman palem dengan ciri khas pohonnya yang berbatang tunggal. Batangnya memiliki ruas-ruas atau celah di bagian luarnya. Tanaman ini termasuk monokotil atau berbiji tunggal.

Memiliki daun yang berbentuk tulang menyirip dan memanjang. Bagian tengah daunnya memiliki bagian yang lebih keras dengan warna yang lebih gelap.

Pohon kelapa memiliki bunga jantan dan bunga betina di dalam satu pohon. Jadi tanaman ini termasuk dalam tanaman bunga majemuk. Pohon kelapa dapat menghasilkan banyak bunga yang nantinya akan berubah menjadi buah kelapa.

Bagian buah kelapa memiliki warna hijau atau kuning tergantung dari jenis pohonnya. Warna buahnya akan berubah menjadi cokelat untuk buah kelapa yang sudah tua. Ukuran buahnya cukup besar dengan diameter 10cm hingga 20cm.

Definisi manfaat:
Tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi minyak kelapa. Bagian yang digunakan adalah dari buah kelapa yang dagingnya diolah menjadi minyak kelapa. Minyak dari kelapa adalah ester dari asam lemak dan gliserol daging kelapa.

Bagian bunga kelapa juga dimanfaatkan cairannya. Cairan nektar yang menetas dari bunga kelapa merupakan bahan baku gula merah atau gula nira. Ekstrak cairan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk bahan baku minuman.

Cairan yang ada di dalam buahnya dapat dimanfaatkan untuk bahan baku makanan seperti nata de coco. Daun kelapanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan anyaman pembungkus makanan. Sedangkan bagian tengah daun yang keras dapat dibuat menjadi sapu lidi.

Sebutkan Perbedaan Teks LHO dengan Teks Deskripsi ?

Definisi. Teks laporan hasil observasi bersifat global dan universal. Sementara teks deskripsi menggambarkan peristiwa/benda/tempat/orang secara khusus.
Tujuan. Teks LHO dibuat untuk keperluan ilmiah. Misalnya pengamatan, atau penelitian. Sementara teks deskripsi lebih luas lagi dan bisa ditemukan di buku, internet, media, hingga museum.

Editor Choices :

Itulah beberapa informasi penting mengenai pengertian, ciri-ciri, struktur, dan tujuan teks laporan hasil observasi. Contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan di atas menjadi dokumen laporan untuk hasil pengamatan dan analisa beberapa tumbuhan.

Komentar / Pertanyaan