3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah

Setelah melakukan observasi, biasanya kita harus menyusun laporan hasil observasi. Hasil penelitian kita bisa ditulis dalam teks laporan hasil observasi.

Jika kalian sedang melakukan observasi, simak artikel berikut ini. Kita akan membahas tentang ciri-ciri, struktur membuat laporan hasil observasi dan contohnya.

Kita akan memberikan beberapa contoh teks laporan hasil observasi lingkungan rumah yang mungkin bisa membantu kamu untuk menyusun laporanmu. 

contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah

Sebelum beranjak membahas ciri-ciri laporan hasil observasi, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian laporan hasil observasi.

Pengertian Laporan Hasil Observasi

LHO atau laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang sifatnya ilmiah dan objektif berisi fakta dari hasil pengamatan penulis.

Laporan ini sifatnya ilmiah dan bisa dibuktikan dengan keilmuan. Jadi bukan hanya teks imajinatif penulis. Untuk membuat laporan hasil observasi, kamu perlu menulis seluruh hasil dokumentasi kamu.

Teks laporan hasil observasi harus memiliki data yang sesuai seperti di lapangan. Jika saat penelitian dilakukan dan data di lapangan berbeda, maka kamu harus menulis data yang ada di lapangan.

Penulis wajib mengikuti pengkinian data di lapangan karena itu adalah data terbaru yang wajib ditulis dalam laporan.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah kita memahami pengertiannya, berikut ini ciri-ciri teks LHO yang harus kita pahami:

  • Universal

Teks LHO harus bersifat universal. Artinya laporan tidak hanya menunjukkan pada objek tertentu, namun harus bersifat umum.


  • Objek Tunggal

Sebuah teks LHO harus membahas objek tunggal. Sehingga penulis lebih mudah untuk mendeskripsikan secara lebih dalam.

  • Harus Berdasar Pada Fakta

Untuk menulis LHO kita harus menulis berdasarkan pada fakta yang ada. Seluruh fakta dan data di lapangan harus dituliskan.

Meskipun ada perubahan data di lapangan, kita tetap harus melakukan pengkinian data dan menulis isu hangat yang terjadi di lapangan.

  • Tidak Boleh Menulis Prasangka

Penulis dilarang menulis LHO berdasarkan prasangka atau perkiraan. Sehingga tidak ada kejelasan akan kebenarannya.

Hal yang ditulis dalam laporan hasil observasi harus bisa dipertanggungjawabkan sebagai fakta ilmiah yang ada dan bisa dibuktikan.


Struktur Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Jika kamu sudah melakukan penelitian, saatnya kamu menyusun hasilnya dalam bentuk teks LHO. Sebelumnya kamu harus memahami dahulu struktur dalam membuat teks LHO.

Berikut ini struktur yang benar untuk membuat laporan hasil observasi:

  • Pernyataan Umum

Pada bagian ini kamu harus menulis informasi secara umum mulai dari nama dan catatan tambahan yang harus dituliskan untuk mendeskripsikan suatu objek. Namun kamu hanya perlu menuliskannya secara umum.

  • Deskripsi Bagian

Setelah menulis pernyataan umum, selanjutnya kamu harus menulis deskripsi yang lebih spesifik lagi. Kamu bisa menulis rincian hasil penelitian kamu.

Kamu harus menulis berdasarkan fakta dan data yang ada di lapangan dan tidak boleh menulis berdasarkan perkiraan kamu.

Seluruh data yang kamu dapatkan di lapangan, wajib ada di dalam deskripsi dalam laporan observasi.

  • Kesimpulan

Bagian terakhir ini kamu harus menarik garis besar dari hasil penelitian kamu. Tuliskan dengan kalimat yang sederhana dan mudah dipahami.

Beberapa Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Rumah

Setelah kita belajar tentang ciri-ciri dan struktur membuat laporan hasil observasi, sekarang akan kami beri contoh laporan observasi.

Berikut ini contoh laporan hasil observasi yang bisa menjadi panduan kamu untuk menulis teks laporan hasil observasimu:

contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah kebun belakang rumah

Kebun Belakang Rumah

Pernyataan Umum:
Kebun belakang rumah memiliki area yang tidak terlalu luas karena hanya lahan sisa dari pembuatan rumah. Di kebun terdapat banyak tanaman dan sayur-sayuran.

Ada vertical gardening di kebun belakang rumah yang membuat suasana rumah menjadi lebih adem. Di kebun juga terdapat beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsumsi oleh keluarga sendiri.


Deskripsi:
Kebun belakang rumah dibuat karena ada lahan sisa. Kami memberi ide untuk dibuatkan taman bermain agar bisa untuk kumpul bersama keluarga di sore hari.

Di kebun belakang rumah terdapat berbagai jenis tanaman. Tanaman hias seperti Kaktus, Sirih Gading, Gelombang Cinta bisa ditemui di kebun belakang rumah.

Selain tanaman hias ada juga jenis sayuran seperti Selada, Cabai dan Daun Bawang yang ditanam dalam pot. Biasanya sayuran akan dikonsumsi pribadi jika sudah panen.

Kami juga menanam beberapa buah yang ditanam dalam pot. Kami memiliki pohon jambu yang ditanam di sudut kebun belakang.

Di tengah kebun kami membuat kursi dan meja kayu. Biasanya digunakan untuk kumpul bersama teman atau keluarga dan menikmati makan malam.

Kesimpulan
Kebun belakang rumah memiliki berbagai jenis tanaman hias dan sayuran. Kebun yang luasnya minimalis bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam.

contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah kolam ikan

Kolam Ikan di Depan Rumah

Pernyataan Umum:
Rumah kami memiliki kolam ikan yang letaknya ada depan rumah. Ukurannya tidak terlalu besar namun ada banyak jenis ikan di dalamnya.

Di pinggir kolam terdapat beberapa tanaman hias yang bisa membuat suasana menjadi lebih sejuk. Kami juga menambahkan air mancur buatan agar seperti air terjun sungguhan.

Deskripsi:
Kolam ikan ada di depan rumah kami, tepatnya di taman teras. Luas kolam ikan sekitar 2 meter karena rumah kami tidak memiliki banyak lahan sisa.

Di kolam ikan terdapat berbagai jenis ikan hias, mulai dari ikan koi, ikan mas dan lainnya. Ikan-ikan juga berbeda ukuran.

Ada ikan koi yang panjangnya sudah mencapai 20 cm da nada juga yang masih berukuran 5 cm. Ada berbagai warna ikan yang bisa ditemui.

Mulai dari warna putih, orange, hijau dan ada juga ikan yang berwarna hitam. Dipinggir kolam kami menambahkan air terjun buatan agar suasana kolam seperti di air terjun sungguhan. Di sisi kolam juga terdapat beberapa macam tumbuhan yang bisa membuat suasana menjadi lebih sejuk.

Kesimpulan:
Kolam ikan memiliki banyak jenis ikan dengan warna dan ukuran yang berbeda. Terdapat pohon dan air terjun buatan agar suasana menjadi lebih alami.

Teks LHO Kegiatan Siskamling

Pernyataan Umum:
Kegiatan siskamling adalah kegiatan umum di kompleks perumahan. Kegiatan ini wajib diikuti oleh setiap warga laki-laki yang sudah berumur lebih dari 20 tahun.

Siskamling dilakukan malam hari dengan cara berkeliling area kompleks perumahan dan berjaga-jaga.

Deskripsi:
Siskamling adalah kegiatan rutin setiap malam yang diikuti oleh bapak-bapak dan anak muda. Mereka berjalan mengelilingi kompleks perumahan dan membawa kentongan.

Mereka biasanya mengecek pagar rumah tiap warga dan memastikan sudah terkunci dengan sempurna. Mereka biasanya membawa kentongan sebagai tanda bahwa ada yang berpatroli.

Kegiatan ini diikuti oleh 6 orang dan dibagi menjadi 2 tim. Setiap tim bertugas untuk berkeliling kompleks perumahan dan bergantian dengan tim lainnya yang berjaga di pos ronda.

Pembagian wilayah patrol tergantung dari jumlah RT. Untuk tim 1 mereka berpatroli dari RT 1 sampai RT 4. Sedangkan tim 2 berpatroli dari RT 5 sampai RT 8. Tim siskamling ini juga mengambil uang receh atau beras yang sudah disiapkan warga.

Uang receh ini secara sukarela diberikan warga agar bisa dikumpulkan petugas siskamling untuk membeli perlengkapan pos ronda seperti kopi atau teh.

Kesimpulan:
Siskamling dilakukan setiap malam dengan 8 orang yang dibagi menjadi 2 tim. Mereka bertugas untuk berpatroli ke area perumahan dan memastikan pintu pagar rumah setiap warga sudah dikunci dengan aman.

Jelaskan Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi ?

Nomina atau kata benda, Contoh: Buku, meja, lemari, dan lain-lain.
Verba atau kata kerja, Contoh: Membaca, membuka, melihat, dan lain-lain.
Konjungsi atau kata penghubung, Contoh: Tetapi, kemudian, dan, dan lain-lain.
Pronomina atau kata ganti, Contoh: Mereka, kapan, itu, dan lain-lain.

Editor Choices :

Itulah 3 contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah yang bisa menjadi panduan kamu. Semoga bermanfaat!

Komentar / Pertanyaan