Ciri, Struktur dan 3 Contoh Teks Diskusi Singkat tentang Kesehatan

Teks diskusi merupakan tulisan yang membahas perbedaan sudut pandang dari suatu masalah. Di koran, majalah atau beberapa situs, kita sering menjumpai contoh teks diskusi singkat tentang kesehatan yang ditulis dengan membahas opini yang pro dan kontra.

Artikel ini mengulas lebih lengkap mengenai definisi, ciri-ciri, struktur, dan tujuan penulisan teks diskusi. Diharapkan setelah paham, bisa membuat contoh teks diskusi dengan beragam tema.

Definisi Teks Diskusi

Teks diskusi merupakan teks yang berisi dua pendapat atau dua sudut pandang yang berbeda dari suatu permasalahan. Teks seperti ini sering digunakan dalam rapat atau musyawarah. Pendapat pro dan kontra dalam teks diskusi menjadi dasar pembahasan suatu masalah atau persoalan.

Editor Choices :
contoh teks diskusi singkat tentang kesehatan

Ciri-ciri Teks Diskusi

Teks diskusi dapat memberikan pemahaman atau sudut pandang lain dari suatu permasalahan. Ciri-ciri dari teks diskusi bisa dilihat dari beberapa hal berikut.

  • Menggunakan konjungsi pertentangan untuk mempertegas perbandingan antara pendapat satu dengan lainnya.
  • Teks bersifat Informatif dan argumentatif.
  • Memiliki informasi yang dapat membentuk opini maupun rekomendasi.

Struktur Teks Diskusi Singkat

Struktur dari teks diskusi terdiri dari isu, argumen yang mendukung, argumen yang menentang, dan rekomendasi atau simpulan. Berikut ulasan lebih lengkap untuk struktur teks diskusi.

Sponsored Link
  • Isu
    Pada bagian awal ini, informasi yang disampaikan adalah mengenai permasalahan atau isu masalah yang akan dibahas atau didiskusikan.
  • Argumentasi yang mendukung
    Bagian pro ini membahas lebih lanjut mengenai permasalahan yang akan didiskusikan bersama.
  • Argumentasi yang menentang
    Pendapat yang kontra dari permasalahan masuk dalam bagian argumen yang menantang. Biasanya disertai dengan bukti atau alasan-alasan yang memperkuat pendapat.
  • Kesimpulan
    Pada bagian terakhir adalah kesimpulan atau rekomendasi. Kesimpulannya dapat mengambil jalan tengah dari dua pendapat pro dan kontra.

Tujuan/ Fungsi Teks Diskusi

Di dalam sebuah rapat atau musyawarah diperlukan teks diskusi. Fungsi atau tujuan dari teks diskusi dalam kelompok rapat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Sarana untuk bertukar pendapat
  • Alat untuk menguji sistem nilai dan opini dari suatu gagasan
  • Media untuk mempelajari dan menanggapi keterangan
  • Menghubungkan berbagai kondisi dari sudut pandang yang berbeda

Contoh Teks Diskusi Singkat tentang Kesehatan

Teks diskusi berisi ulasan mengenai sebuah masalah yang disertai dengan argumen atau pendapat. Contoh teks diskusi tentang kesehatan yang membahas pendapat yang baik dan pendapat yang menentang. Berikut beberapa contoh teks diskusi mengenai isu kesehatan.

contoh karangan argumentasi tentang pendidikan diskusi

Contoh Teks Diskusi Singkat 1

Judul
Penderita Magh Boleh Berpuasa
Isu
Orang yang memiliki penyakit magh boleh menjalankan puasa. Penderita magh tidak makan dan tidak minum dengan durasi waktu tertentu.

Penyakit magh sendiri ditandai dengan gejala seperti perih, kembung, begah di bagian perut atas. Beberapa penderita juga bisa merasakan sensasi terbakar di bagian ulu hati. Penyakit ini dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti pola makan yang tidak teratur hingga stres.


Argumen Mendukung
Puasa dilakukan dengan cara tidak makan dan tidak minum selama beberapa jam. Saat puasa lambung akan menerima makanan hanya pada jam-jam tertentu setelah puasa selesai. Jadwal asupan makan akan lebih terjadwal dan teratur.

Saat puasa, orang dituntut untuk bisa mengontrol emosi dan stres. Hal tersebut tentu bagus untuk kesehatan karena beberapa penyakit seperti magh dapat dipicu oleh stres. Saat seseorang merasa cemas dan stres, asam lambungnya akan tinggi sehingga memicu magh.

Argumen Menentang
Namun puasa tidak terlalu dianjurkan untuk sebagian penderita magh. Pasien yang mengalami gejala seperti rasa perih, panas, hingga muntah sebaiknya tidak berpuasa. Puasa bisa memperparah penyakit magh berat atau disertai penyakit lain.

Kesimpulan
Jadi puasa bisa dilakukan oleh penderita magh dengan gejala yang ringan. Penderita magh sebaiknya tidak melewatkan saur. Porsi makan saat berbuka juga tidak boleh terlalu banyak.

Puasa yang aman dan sehat harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Apabila ingin tetap melaksanakan puasa, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.


Contoh Teks Diskusi Singkat 2

Judul : Plus Minus Kebiasaan Tidur Siang
Isu
Tidur siang tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Aktivitas yang sibuk membuat mereka tidak bisa tidur siang. Padahal tidur siang bagus untuk kesehatan.

Argumen Mendukung
Tidur siang selama 30 menit hingga 1 jam dapat memberikan waktu istirahat untuk tubuh. Beberapa riset juga menyebutkan bahwa tidur siang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah memperbaiki dan meningkatkan kemampuan konsentrasi.

Tidur siang bagus untuk mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah. Kebiasaan tidur siang dapat mengurangi produksi hormon stres yang dapat memicu tekanan darah tinggi.

Argumen Menentang
Namun tidur siang tidak dianjurkan untuk beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Penderita insomnia yang kesulitan tidur di malam hari sebaiknya tidak tidur siang agar tidak mengganggu jadwal tidur malam.


Tidur siang juga tidak bagus untuk penderita inersia. Penderita inersia akan merasa pusing dan tidak nyaman setelah bangun tidur. Seseorang dengan masalah kesehatan seperti ini tidak dianjurkan untuk tidur siang.

Kesimpulan
Tidur siang dapat dilakukan apabila tubuh merasa lelah dan membutuhkan tambahan waktu istirahat. Waktu tidur yang bagus adalah sekitar 30 menit hingga 1 jam. Jika terlalu lama, justru akan membuat tubuh tidak nyaman dan semakin mengantuk.

Tidur siang sebaiknya tidak dilakukan bagi orang-orang yang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Walaupun tidur siang bagus untuk kesehatan, namun tidur di malam hari lebih utama dan lebih dibutuhkan oleh tubuh.

contoh teks eksposisi singkat tentang kesehatan

Contoh Teks Diskusi Singkat 3

Judul : Kopi Hijau Bagus untuk Kesehatan
Isu
Kopi hijau merupakan biji kopi yang tidak dipanggang. Kandungan klorogenat pada kopi hijau lebih tinggi dari kopi hitam karena tidak melalui proses pemanggangan tersebut. Asam klorogenat pada kopi hijau populer untuk membantu menurunkan berat badan hingga mengurangi risiko penyakit tertentu.

Argumen Mendukung
Kopi hijau dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi jumlah lemak tubuh. Khasiat tersebut diperoleh dari kandungan klorogenat dan kafein pada kopi hijau. Kafein pada kopi hijau juga dapat menjadi stimulan saraf dan membantu meningkatkan fokus.

Asam klorogenat pada kopi hijau termasuk dalam zat antioksidan yang dapat menghambat produksi hormon kortisol. Hormon tersebut dapat memicu tekanan darah tinggi.

Kopi hijau memang bagus untuk kesehatan karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Sumber antioksidan ini dapat membantu mencegah penuaan dini, memperbaiki kulit, dan meningkatkan hidrasi kulit.

Argumen Menantang
Namun kopi hijau yang tidak melewati proses pemanggangan mengandung kafein lebih tinggi dibandingkan kopi hitam. Hal tersebut berpotensi menyebabkan kelebihan konsumsi kafein.

Konsumsi kopi hijau juga tidak dianjurkan untuk anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Terlebih lagi kopi hijau memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan kafein yang lebih banyak.

Kesimpulan
Kopi hijau aman dan bagus untuk kesehatan selama dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Konsumsi berlebih dan konsumsi pada anak-anak atau ibu hamil tidak disarankan untuk mencegah efek buruk yang tidak diinginkan.

Apa Perbedaan Teks Diskusi dengan Debat ?

Teks Diskusi tujuannya untuk mencari penyelesaian topik secara bersama, pendapat disampaikan untuk memperoleh informasi yang lebih rinci, semuanya dalam satu pihak,
moderator bertugas untuk pengontrol diskusi, hasilnya didapat dari mufakat, Adanya keterbukaan tanya jawab.

Sedangkan debat bertujuan untuk mendapatkan kemenangan/pembenaran, Pendapat diutarakan untuk menguatkan pendapatnya dan menjatuhkan
pendapat pihak lain, Ada pihak affirmatif dan negatif, moderator hanya sebagai penengah, hasilnya didapat dari pengambilan suara, terbatasnya tanya jawab

Itulah beberapa informasi penting mengenai teks diskusi. Pengertian, ciri-ciri, struktur, tujuan, hingga contoh teks diskusi singkat tentang kesehatan untuk materi diskusi.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan