4 Contoh Teks Editorial tentang Kesehatan dan Strukturnya

Teks editorial merupakan salah satu jenis teks yang sering Kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya teks editorial Kita baca di dalam surat kabar, majalah hingga media online.

Karena itulah kemudian teks ini sering disebut sebagai sebuah artikel yang ada dalam surat kabar, yang di dalamnya berisi pandangan atau pendapat dari redaksi pada suatu kejadian yang sedang menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat. Kata lain dari teks editorial adalah tajuk rencana, dalam artikel berikut Kita akan memberikan contoh teks editorial tentang kesehatan.

Definisi dari Teks Editorial beserta Strukturnya

Adapun pengertian atau definisi dari teks editorial ada berbagai macam pandangan. Berikut Kami ulas hanya untuk Anda. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, teks editorial memiliki definisi yaitu suatu gagasan, ide atau pendirian seseorang yang ditulis melalui kaidah kebahasaan teks opini.

Contoh Teks Editorial tentang Kesehatan Lengkap dengan Struktur
Contoh Teks Editorial tentang Kesehatan

Pengertian teks editorial secara umum adalah sebuah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang pada suatu masalah atau isu yang aktual. Dimana isu aktual tersebut mencakup masalah sosial, politik, atau ekonomi yang secara khusus berhubungan dengan bidang politik suatu negara.

Sebuah teks editorial dibuat dengan tujuan untuk memberikan pengaruh pendapat pada masyarakat luas sehingga berdampak pada sikap tertentu seperti aksi protes pada pemerintah terkait kebijakan yang dibuat, sekaligus untuk menyebarluaskan pendapat atau kritik yang dimiliki secara oposisi.

Sponsored Link

Struktur dalam Teks Editorial

Teks editorial terdiri atas beberapa struktur yang membangunnya. Berikut struktur yang ada dalam teks editorial.

 1. Struktur Pendahuluan
Yaitu yang berisi pembukaan atas sebuah topik masalah yang sedang dibahas di dalam teks editorial.
2. Struktur isi
Dalam struktur ini dijelaskan apa yang menjadi inti pokok dari permasalahan yang sedang dibahas.
 3. Struktur kesimpulan
Dalam struktur kesimpulan berisi tentang pernyataan akhir atau yang menjadi sebuah kesimpulan dari pembahasan masalah yang tengah dibahas.

Jenis teks editorial yang banyak terdapat di media secara umum.
a. Teks jenis kritikan
b. Teks jenis penafsiran atau penjelasan
c. Teks jenis bujukan
d. Teks jenis pujian

Ciri dari Penulisan Teks Editorial

Contoh Teks Editorial tentang Kesehatan Lengkap dengan Struktur
Contoh Teks Editorial tentang Kesehatan

1) Terdiri dari pendahuluan, isi da kesimpulan
2) Penjelasan satu masalah secara objektif
3) Sudut pengambilan berita dilakukan dengan tepat waktu
4) Menulis pendapat dari sudut pandang yang berbeda

5) Pendapat yang dimiliki oleh penulis akan disampaikan dengan profesional
6) Berisi tentang pandangan mengenai suatu masalah yang ada di tengah masyarakat namun secara proaktif mengarahkan masyarakat untuk mengadakan solusi yang terbaik
7) Menulis kesimpulan yang singkat namun padat yang bisa mencakup seluruh pendapat yang dimiliki oleh penulis.

Contoh Teks Editorial Tema Kesehatan

Kaitan Erat antara Gaya Hidup dan Kesehatan

Pendahuluan: Satu hal yang sangat penting bagi setiap manusia adalah kesehatan. Dan kualitas kesehatan yang dimiliki seseorang tentu tak jauh dari gaya hidup yang dijalani oleh orang tersebut. Apalagi saat ini Indonesia tengah mengalami sebuah masa pandemi yang tentunya membuat setiap orang harus bisa menjaga kesehatan masing-masing dengan lebih baik.

Isi: Menurut data yang ada di Kementerian Kesehatan, saat ini penyebaran penyakit covid 19 terlihat semakin mengkhawatirkan. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesehatan masyarakat pun sudah mulai menurun.

Maka sangat diperlukan adanya edukasi ulang mengenai pentingnya menjaga kesehatan diri dan keluarga di tengah pandemi seperti saat ini. Bahwa mematuhi protokol kesehatan sangat penting untuk dilakukan dari mulai tetap memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun antiseptik di bawah air mengalir, jaga jarak dan jauhi kerumunan.

Kesimpulan: Bahwa mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Masyarakat perlu menyadari bahwa menjaga kesehatan diri dan keluarga akan sangat berdampak besar pada lingkungan sekitarnya. Selain mematuhi protokol kesehatan di lingkungan keluarga, mematuhinya di lingkungan masyarakat juga penting sehingga bisa menjadi contoh yang baik.

Sponsored Link

Pola Tidur yang Tak Teratur Picu Depresi Kaum Milenial

Pendahuluan: Saat ini ada sebuah kondisi yang disebut dengan apidemi remaja kurang tidur. Yaitu sebuah kebiasaan dimana kebanyakan anak remaja alami kurang tidur karena bermain gadget atau komputer semalaman suntuk. Tentunya hal ini akan berpengaruh besar pada kegiatan remaja di pagi harinya.

Isi: Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di New York, menemukan fakta bahwa para remaja yang memiliki lebih banyak energi di siang hari akan memiliki resiko yang lebih rendah untuk alami depresi yang disebabkan karena kurang waktu tidur.

Kesimpulan: Melihat hasil penelitian tersebut diketahui bahwa tingkat durasi tidur yang lebih lama pada remaja akan membuat para remaja memiliki kapasitas energi yang banyak di siang hari sekaligus menghindarkan remaja untuk alami depresi.

Contoh Teks Editorial tentang Kesehatan Lengkap dengan Struktur
Contoh Teks Editorial tentang Kesehatan

Cara Belajar di Rumah Saja yang Baik untuk Siswa

Pendahuluan: Sejak masa pandemi covid 19, pemerintah menerapkan program belajar di rumah saja untuk meminimalisir penyebaran virus dengan lebih maksimal. Pola pembelajaran ini dilakukan dengan dukungan gadget sehingga lebih dikenal dengan belajar online.

Isi: Sayangnya pola belajar ini ternyata membuat banyak siswa terlalu hanyut dalam menggunakan gadget. Apalagi banyak orang tua siswa yang kemudian membekali gadget secara khusus pada anak sehingga penggunaannya pun sering kali tak terawasi.

Akibatnya banyak siswa yang justru asyik bermain game, menggunakan kuota belajar gratis dari pemerintah untuk bermain game dan menonton video yang tak ada kaitannya dengan pembelajaran.

Kesimpulan: Kesimpulannya, model belajar online masih belum maksimal diterapkan untuk mengatasi problem pendidikan Indonesia di masa pandemi. Pemerintah harus memiliki inovasi khusus agar bisa menyelenggarakan pembelajaran dengan aman serta mendukung tercapainya tujuan pendidikan Indonesia.

i k l a n

Pentingnya Pengelolaan Sampah untuk Kesehatan Lingkungan

Pendahuluan: Sampah saat ini sudah menjadi satu masalah umum yang dihadapi oleh setiap daerah. Hampir setiap rumah tangga pasti memiliki sampah yang terdiri dari sampah kering berupa sampah kemasan atau kertas, dan sampah basah yang berasal dari dapur.

Isi: Pengelolaan sampah di tiap daerah masih kurang maksimal. Masih banyak masyarakat yang menganggap sampah sebagai hal sepele yang tak perlu diperhatikan dengan khusus. Banyak yang membuang sampah sembarangan di pinggir jalan, di sungai hingga membakar sampah dengan tujuan agar supaya tak menumpuk di tempat pembuangan sampah.

Padahal seharusnya sampah dikelola dengan baik. Dari mulai dipilah jenis sampah yang bisa didaur ulang serta dipisah dengan jenis sampah yang bisa terurai dalam tanah.

Kesimpulan: Perlu adanya sosialisasi pada masyarakat tentang cara mengelola sampah dengan benar. Sehingga paling tidak ada kesadaran untuk mengolah sampah yang dihasilkan dari rumah tangga masing-masing setiap harinya.

Menjaga Kesehatan Anak di Tengah Masa Pandemi

 endahuluan: Di berbagai surat kabar banyak ditemukan berita dimana ada banyak anak-anak yang tertular virus covid 19 yang kemudian harus menjalani karantina di rumah sakit, terpisah jauh dari orang tuanya. Bayangkan apa yang mereka rasakan saat itu? Sebenarnya apa penyebab hingga anak-anak banyak yang menjadi korban?

Isi: Banyak orang dewasa yang tak menyadari bahwa pentingnya menjaga kesehatan keluarga di tengah masa pandemi ini. Salah satunya adalah dengan menyediakan asupan makanan yang bergizi, pola hidup yang sehat dan selalu menjaga kebersihan diri setelah bepergian dari luar rumah.

Kesimpulan: Maka sangat penting untuk kembali mengingatkan pada tiap individu, khususnya orang yang bekerja di luar rumah untuk selalu membersihkan diri terlebih dahulu sebelum bertemu dengan keluarga di rumah. Tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan selalu siap hand sanitizer sehingga selalu aman dari kontaminasi virus.

Contoh Teks Negosiasi di Sekolah

Apa Manfaat dan Tujuan Teks Editorial​ ?

Memberikan informasi kepada pembaca, Bermanfaat untuk menstimulasi pemikiran pembaca, Teks editorial terkadang mampu menggerakkan pembaca untuk bertindak. Tujuan teks editorial : mengajak pembaca untuk ikut berpikir tentang isu aktual yang sedang hangat dibicarakan atau sedang terjadi di kehidupan sekitar.

Tips dan Langkah Membuat Teks Editorial

Mulai menulis teks dengan deskripsi secara objektif tentang isu hangat yang tengah diperbincangkan masyarakat. Masukkan unsur 5 W dan 1 H kemudian jangan lupa untuk memperkuat isi teks dengan fakta yang bersumber dari informasi yang berkaitan.

Dalam menulis teks editorial Anda harus bisa memosisikan diri sebagai penulis oposisi. Yaitu yang tak perlu memaksakan diri harus setuju akan suatu pendapat.

Penulis teks editorial bisa langsung menyangkal keyakinan oposisi. Hal itu bisa dimulai dengan mendukung posisi penulis dan berikan poin yang akurat yang nantinya bisa membuat penulis bisa tampil dengan masuk akal.

Utarakan jika ada pendapat atau analogi masalah yang lainnya. Anda juga bisa memasukkan sebuah kutipan dari seorang tokoh yang berpengaruh, dimana hal itu akan sangat bermanfaat untuk membuat teks editorial Anda menjadi lebih kredibel.

Editor's Choices:

Akhiri dengan sebuah pernyataan yang memiliki argumentasi yang tepat dan sulit untuk dibantah. Dalam kesimpulan biasanya ada solusi atau menggiring pembaca untuk bisa mendapatkan data dan informasi yang lebih baik. Demikian ulasan dan contoh teks editorial tentang kesehatan yang bisa Kami bagikan pada Anda. Semoga bermanfaat.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Jurusan Saintek UGM
alasan memilih jurusan hukum
Jurusan Kuliah yang Tidak Banyak Hitungan
Daftar Universitas Termahal Di Indonesia
Lebih Penting Akreditasi Kampus atau Jurusan
apa yang dipelajari di teknik informatika.