7 Contoh Teks Eksposisi Perbandingan beserta Strukturnya

Teks eksposisi merupakan sebuah jenis teks yang berbentuk paragraf dan berisi informasi mengenai suatu hal. Teks jenis ini biasanya disajikan dalam bentuk singkat, padat, serta bertujuan untuk menjelaskan suatu subjek dari teks tersebut. Teks ini pun bermanfaat untuk memberikan pengetahuan kepada siapa saja yang membaca isi dari teks tersebut.

Pada prakteknya, teks eksposisi biasanya terbagi ke dalam beberapa jenis. Namun, salah satu bentuk teks eksposisi yang sering digunakan adalah teks eksposisi perbandingan. Contoh teks eksposisi perbandingan biasanya memuat dua atau lebih subjek yang dibandingkan satu dengan yang lainnya. Tujuannya adalah untuk memberikan penjelasan lebih kepada pembaca dengan metode perbandingan.

Struktur teks eksposisi perbandingan juga tidak jauh berbeda dengan teks eksposisi biasa. Hanya saja, subjek yang terdapat dalam teks tersebut haruslah lebih dari satu. Selain itu, subjek yang dibandingkan juga harus memiliki hubungan satu sama lain sehingga perbandingan subjek-subjek tersebut dapat dimengerti dengan lebih mudah.

contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks eksposisi perbandingan

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan pada Berbagai Subjek

Teks eksposisi mempunyai kaidah kebahasaan sebagai berikut:
Menggunakan pronomina (kata ganti orang),
Menggunakan konjungsi (kata sambung),
Menggunakan kata leksiokal tertentu (kata yang merujuk pada kamus)

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan Subjek Lingkungan Hidup

Dimanapun kamu tinggal, kamu pastinya akan selalu berusaha untuk menciptakan tempat tinggal yang nyaman dan sehat. Kedua hal tersebut tentunya hanya bisa didapatkan jika kamu terus aktif untuk membersihkan dan yang merawat tempat tinggal kamu. Hal ini juga berlaku untuk bumi yang kita tinggali. Kita tidak akan bisa hidup nyaman di atas bumi tanpa melakukan usaha untuk merawat dan menjaga alam sekitar kita.

Sponsored Link

Proses merawat lingkungan hidup merupakan cara berpikir berbeda dimana manusia mencoba untuk menjadi lebih peduli terhadap lingkungan dan masa depan bumi. Ini artinya bahwa setiap aktivitas manusia yang dilakukan di atas bumi harus tetap mengedepankan solusi untuk menjaga lingkungan hidup tetap terjaga.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi. Sumber daya alam yang tersedia di bumi semakin hari semakin berkurang. Jika konsumsi manusia tidak dikurangi, maka kebutuhan manusia bisa jadi tidak terpenuhi di masa depan.

Ini tentunya berbeda dengan perilaku dan gaya hidup yang tidak mempedulikan lingkungan. Ketika pabrik dan gedung-gedung tinggi terus dibangun tanpa memperhatikan lingkungan sekitar, maka kelestarian alam juga akan menjadi terganggu. Selain itu, konsumsi manusia yang semakin hari semakin bertambah juga akan terus memberikan efek buruk terhadap bumi jika gaya hidup manusia tidak berubah.

Contoh Teks Perbandingan tentang Pendidikan

Andi sudah menunjukkan bakat olahraga semenjak masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Olahraga yang ia sukai adalah bulutangkis. Sejak kecil, ia sudah sering mengikuti kompetisi bulutangkis yang diadakan di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Andi pun sering memenangkan kompetisi-kompetisi tersebut. Sehingga pada saat ia sudah masuk ke jenjang Sekolah Menengah Atas, Andi pun sering ditunjuk sebagai perwakilan sekolah untuk mengikuti pertandingan antar sekolah.


Bakat Andi ini pun membawanya kepada potensi masa depan yang lebih baik. Ia sering mendapatkan tawaran beasiswa dari berbagai universitas dikarenakan bakat olahraganya yang sangat baik. Andi pun tetap terus mengasah kemampuannya dalam bermain bulutangkis.

Di sisi lain, Rudi bukanlah siswa yang memiliki kemampuan atletis yang baik. Namun, sejak kecil Rudi sudah menunjukkan bakat menyanyi yang sangat baik. Sama seperti Andi, Rudi juga sering menjadi perwakilan sekolah dalam kompetisi menyanyi. Keduanya mengasah bakat mereka yang berbeda, namun tetap menjadikan bakat mereka sebagai identitas jati diri masing-masing.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan tema Teknologi

Superkomputer merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menunjukkan sekelompok besar komputer yang bekerja secara paralel. Superkomputer biasanya digunakan untuk melakukan kalkulasi terhadap data yang sangat besar.

Misalnya, superkomputer yang digunakan untuk melakukan peramalan cuaca diberbagai lokasi. Selain itu, superkomputer juga banyak digunakan untuk berbagai riset dan penelitian. Misalnya, untuk meneliti obat-obatan baru atau melakukan riset terhadap perubahan iklim.

Dikarenakan sifatnya yang merupakan sekumpulan besar dari prosesor, super komputer biasanya memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan, ada super komputer yang ukurannya memenuhi sebuah gedung besar. Ukuran yang besar ini tidak hanya dikarenakan jumlah besar dari prosesor yang digunakan, namun juga untuk keperluan pendinginan superkomputer.


Komputer jenis ini tentu berbeda dengan komputer biasa yang yang kita gunakan sehari-hari. Komputer yang kita gunakan hanya untuk kalkulasi ringan dan untuk keperluan pekerjaan yang biasa.

Oleh karena itu, ukurannya juga lebih kecil dan konsumsi energi yang digunakan juga jauh lebih sedikit. Hanya saja, komputer biasa tentunya tidak memiliki kemampuan untuk memproses data yang berukuran sangat besar.

contoh teks eksposisi perbandingan
contoh teks eksposisi perbandingan

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan topik Energi

Kita menggunakan energi dalam sebagian besar aktivitas kita sehari-hari. Misalnya, kita menggunakan energi listrik untuk menonton TV dan menggunakan energi matahari untuk mengeringkan pakaian.

Sebagian besar energi yang kita gunakan dihasilkan dari pembangkit listrik. Sementara itu, fasilitas pembangkit listrik di dalam negeri masih banyak bergantung pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam seperti ini biasanya terdiri dari penggunaan batu bara dan gas alam.

Penggunaan sumber daya alam yang tidak terbarui memiliki efek negatif terhadap lingkungan karena banyak mengeluarkan asap dan gas berbahaya lainnya yang dapat terkumpul pada lapisan atmosfer. Selain itu, sumber daya seperti ini juga akan habis jika terus-menerus digunakan.


Jika tidak digunakan dengan bijak, maka manusia bisa saja kehabisan sumber daya untuk menciptakan energi yang sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Hal ini tentu berbeda dengan cara menghasilkan energi dari penggunaan sumber daya alam yang terbarui. Sumber daya alam seperti ini termasuk udara dan energi matahari.

Penggunaan sumber daya alam ini tidak memberikan efek buruk terhadap lingkungan hidup karena cara penggunaannya tidak menghasilkan zat-zat kimia lain yang dapat merusak lingkungan. Selain itu, penggunaan sumber daya alam terbarui juga akan terus dapat digunakan tanpa ada kekhawatiran akan berkurangnya suplai dari alam.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan Subjek Televisi dan Radio

Kamu pasti sering menggunakan televisi untuk menikmati hiburan. Dengan televisi kamu bisa menikmati berbagai acara dan film yang menarik. Di zaman modern seperti ini, televisi telah menjadi salah satu media yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Televisi bekerja dengan cara menangkap sinyal dan merubah sinyal tersebut menjadi gambar dan suara. gambar yang diterima oleh televisi sebenarnya adalah gambar biasa yang tidak bergerak. Hanya saja, televisi menerima dan menampilkan banyak gambar dalam setiap detiknya.

Jumlah gambar yang banyak ini membuat gambar-gambar tersebut seakan-akan bergerak. Inilah yang menjadi alasan mengapa kamu bisa menonton video di televisi kamu. Selain gambar, televisi juga mengeluarkan suara sebagai pelengkap dari video yang kamu lihat.

Berbeda dengan televisi, radio hanya dapat mengeluarkan suara. Walaupun cara kerja televisi dan radio sebenarnya hampir mirip, namun radio hanya memiliki kemampuan untuk merubah sinyal menjadi suara.

Namun, radio juga sering dijadikan sebagai alat komunikasi yang efisien karena daya jangkau dari sinyal radio lebih jauh dibandingkan dengan sinyal televisi. Selain itu, perangkat radio juga lebih terjangkau untuk digunakan.

contoh teks
contoh teks eksposisi perbandingan

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan Subjek Kipas Angin dan AC

Hidup di negara tropis seperti negara kita ini akan membuat orang terbiasa dengan udara yang cukup panas. Selain udara yang panas, tingkat kelembaban tinggi juga akan membuat lingkungan sekitar kamu menjadi lebih pengap dan tidak nyaman. Oleh karena itu, kamu pun harus menggunakan beberapa alat agar udara disekitar kamu menjadi lebih dingin untuk mendukung aktivitasmu sehari-hari.

AC (Air Conditioning) merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang paling sering digunakan untuk mendinginkan ruangan. AC bekerja dengan cara menghisap udara panas dan mengubahnya menjadi udara dingin dengan bantuan gas tertentu. Selain mengubah temperatur udara, AC juga mengurangi tingkat kelembaban sehingga udara terasa kering dan tidak pengap.

Berbeda dengan AC, kipas angin bekerja dengan cara memutar baling-baling untuk menghembuskan udara ke dalam ruangan. Hembusan udara ini dapat memindahkan udara panas dan menggantikannya dengan udara yang lebih dingin, sehingga ruangan terasa lebih nyaman saat digunakan.

Kipas angin biasanya kurang efektif untuk mendinginkan udara dibandingkan dengan penggunaan AC. Hanya saja, penggunaan listrik untuk kipas angin jauh lebih kecil dan efisien dibandingkan dengan AC. Selain itu, masih banyak unit AC yang menggunakan gas berbahaya terhadap lingkungan untuk proses pendinginan udara.

contoh teks eksemplum pengalaman diri sendiri

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan Subjek Alat Transportasi

Kita tentunya sering menggunakan alat transportasi dalam mendukung aktivitas kita sehari-hari. Mungkin kamu menggunakan transportasi umum untuk pergi ke sekolah atau bekerja. Ada juga orang yang menggunakan mobil untuk melaksanakan kesibukannya. Sementara itu, ada pula yang senang untuk bersepeda ketika mereka pergi ke kantor.

Semua alat transportasi yang kita gunakan memiliki sebuah kesamaan yaitu membawa manusia dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun, ada beberapa perbedaan dalam penggunaan setiap metode transportasi.

Menaiki sepeda untuk mencapai sekolah atau kantor merupakan salah satu metode transportasi yang paling ramah lingkungan. Dengan ini, kamu tidak akan menghasilkan karbon yang berbahaya untuk lingkungan. Selain itu, kamu juga bisa menjaga kesehatan fisik Jika kamu sering bersepeda untuk datang ke kantor atau ke sekolah.

Sementara itu, menggunakan mobil pribadi tentunya akan lebih nyaman jika dibandingkan dengan mengendarai sepeda. Dengan mobil, kamu bisa menikmati udara di dalam mobil yang lebih sejuk, serta terhindar dari sinar dan panas matahari. Mobil juga bisa mencapai jarak yang lebih jauh jika dibandingkan dengan sepeda.

Di sisi lain, sering mengendarai mobil juga akan membuat kamu menjadi lebih berperan aktif dalam menambah polusi udara dan kemacetan. Penggunaan bahan bakar pada kendaraan bermotor seperti mobil dapat menghasilkan asap dan berbagai zat kimia yang tidak sehat bagi lingkungan hidup kita.

Sebutkan ciri-ciri teks eksposisi ?

Berisi informasi pengetahuan, Gaya informasi yang mengajak, Biasanya menjawab pertanyaan 5W1H, Menjelaskan tentang sesuatu. Fakta dipakai sebagai alat kontribusi.
Singkat, padat, akurat.

Kesimpulan

Beberapa teks diatas merupakan beberapa contoh teks eksposisi perbandingan yang dibagi atas beberapa subjek tertentu. Kamu pun tetap bisa membuat teks eksposisi perbandingan kamu sendiri dengan subjek yang kamu mau.

Asalkan kamu memahami bahwa teks jenis ini membutuhkan dua atau lebih subjek yang harus dibandingkan. Selain itu, subjek tersebut harus tetap memiliki hubungan walaupun keduanya memiliki sifat yang berbeda.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp
Apakah ada tanggapan/pertanyaan?
Kirim Komentar


📢 Komentar / Pertanyaan