5 Contoh Teks Anekdot Dialog beserta Struktur yang Detail

Teks anekdot adalah sebuah rangkaian cerita pendek yang memiliki sifat lucu namun di dalamnya menyimpan kritikan atau sindiran. Umumnya teks anekdot tersebut ditujukan pada layanan umum seperti layanan publik bidang lingkungan, sosial, politik hingga hukum. Berikut ini contoh teks anekdot dialog yang memiliki tema pendidikan, sindiran, lucu, politik hingga sosial.

Struktur Teks Anekdot dan Contoh Teks berbagai Tema

Umumnya teks anekdot dialog diambil dari banyak hal, salah satunya adalah dari pengalaman hidup seseorang. Dan salah satu syarat teks tersebut masuk ke dalam kategori anekdot adalah memiliki struktur cerita singkat yang bersifat lucu meski bernada menyindir.

Sebelum Kita memberikan contoh teks anekdot dialog, akan terlebih dahulu dibahas tentang struktur dan ciri teks anekdot.

Contoh Teks Anekdot Dialog

Adapun struktur teks anekdot adalah yang berfungsi untuk membuat teks anekdot memiliki bentuk sehingga lebih sesuai dan lebih rapi. Struktur teks anekdot sendiri terdiri dari 5 jenis yaitu, bagian abstrak, orientasi, krisis, reaksi dan koda.

Sedangkan untuk ciri dari teks anekdot sendiri terdiri dari beberapa hal, yaitu :

Sponsored Link

 1.  Bentuk teks

Isi dan bentuk teks anekdot lebih banyak menggambarkan perumpamaan atau perandaian. Sehingga bisa dibilang cerita yang ada di dalam teks anekdot banyak bersifat fiksi alias belum tentu terjadi.

 2.  Subjek berupa salah satu tokoh atau public figure

Terutama untuk beberapa jenis teks anekdot banyak yang menggunakan tokoh terkenal atau public figure yang ada di kehidupan nyata. Sehingga tujuan dari dibuatnya teks anekdot setidaknya bisa lebih tepat pada sasaran.

 3.  Sifatnya menghibur meski berisi kritikan

Awalnya mungkin Anda yang membaca teks anekdot akan merasa terhibur karena sifatnya memang lucu serta banyak memuat unsur humor. Namun jika Anda termasuk salah satu yang disindir maka tentu akan merasa tersinggung secara halus.

 4.  Memuat kritikan atau teguran

Dan ciri khas teks anekdot yang terakhir adalah memuat kritik atau teguran baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadi jika Anda ingin membaca teks anekdot siapkan diri Anda sebaik mungkin.

Contoh Teks Anekdot Dialog dari berbagai Tema

Contoh Teks Anekdot Dialog

Itulah beberapa penjelasan mengenai struktur dan ciri khas dari teks anekdot yang bisa Kami sampaikan pada Anda. Dan berikut beberapa contoh teks anekdot dialog.

Contoh Teks Anekdot Dialog Pendidikan

Pada suatu pagi, di kelas Adi sedang berlangsung pelajaran Bahasa Indonesia. Mereka sedang membahas kalimat aktif dan kalimat pasif. Kemudian Adi diminta oleh pak Guru memberikan contoh kalimat aktif dan kalimat pasif.

Sponsored Link

Pak Guru : Adi, coba buat contoh kalimat aktif dan kalimat pasif.
Adi : Baik Pak. Contoh kalimat aktif yaitu Ayah memarahi anak yatim, kemudian untuk contoh kalimat pasif adalah Anak yatim dimarahi ayahnya.

Pak Guru : Bagus, contoh kalimat aktif dan kalimat pasif yang bagus Adi.
Adi : Apakah jawaban saya betul Pak?
Pak Guru : Ya, jawaban kamu betul Adi.

Adi : Tapi menurut saya kedua kalimat tersebut salah.
Pak Guru : Lho kok bisa, dimana letak kesalahannya? Memang pola kalimat aktif dan kalimat pasifnya sudah betul Adi.

Adi : Karena seorang anak yatim sudah tidak punya ayah Pak.
Pak Guru : ?#@!*

Contoh Teks Anekdot Dialog Lucu

Di sebuah teras rumah, terlihat seorang ayah dan anak yang sedang berbincang santai. Sang ayah asyik berbincang dengan putrinya sambil mengepulkan asap rokok. Melihat sang ayah asyik merokok, sang putri kemudian bertanya alasan ayahnya merokok.

Putri : Ayah, apa alasan ayah merokok? Putri lihat ayah setiap hari merokok. Bahkan bisa habis berbungkus-bungkus.
Ayah : Ayah itu sedang melakukan perbuatan baik Nak.

Putri : Perbuatan baik dari mana ayah. Sementara merokok itu bisa mengganggu kesehatan Ayah. Bahkan yang menghirup asap rokoknya saja bisa mendapatkan akibat buruk dari rokok tersebut. Lalu dimana perbuatan baiknya ayah?

Ayah : Justru ayah ini sedang membantu orang banyak agar tetap sehat dan aman dari ancaman rokok.
Putri : Bagaimana caranya ayah?

Ayah : Caranya mudah, bakar saja rokok ini satu persatu agar supaya musnah. Tak mungkin bukan kalau ayah membakar satu pabrik rokok. Bisa-bisa ayah dipenjara nanti.
Putri : $@#?*

Contoh Teks Anekdot Dialog Sindiran

Di suatu kamar kost, terlihat empat orang pemuda sedang bersantai di atas tempat tidur masing-masing. Tiba-tiba tercium bau tak sedap yang menguar di seantero kamar kost.

i k l a n

Pemuda 1 : Woi, siapa ini yang kentut?
Pemuda 2 : Aku gak kentut lho. Katanya sambil menutup hidung dengan kaosnya.
Pemuda 3 : Sama, aku juga gak kentut. Hayo yang tadi baru makan telur siapa? Ini kentutnya bau telur, busuk banget.

Pemuda 4 : Aku tau siapa pelakunya. Katanya sambil tersenyum licik.
Pemuda 3 : Kamu tahu siapa yang kentut?
Pemuda 2 : Bagaimana caranya? Jangan-jangan Kamu yang kentut ya?

Pemuda 4 : Oh, tentu saja bukan. Cara mengetahui yang kentut siapa cukup mudah.
Pemuda 3 : Bagaimana caranya?

Pemuda 4 : Hanya dengan melihat yang pertama kali menyadari bau kentut tersebut. Karena takut ketahuan maka dia berusaha menutupi dengan cara itu.
Pemuda 1, 2 dan 3 : ?&$#@?

Contoh Teks Anekdot Dialog Politik

Cara bayar utang pemerintah bikin YouTube.

Dua orang laki-laki yang memiliki profesi politikus dan Youtuber terlibat diskusi serius tentang hutang negara.

Youtuber : Bro, saya punya saran yang sangat bagus untuk negara Kita agar supaya bisa terbebas dari hutang yang mencekik leher rakyat.
Politikus : Hmmm, apa itu bro?

Youtuber : Saranku begini, kenapa pemerintah tak membuat kanal YouTube saja? Coba buat channel khusus yang berisi kegiatan pemerintah. Kemudian perintahkan masyarakat untuk melakukan subscribe dan nonton YouTube secara rutin setiap hari.
Politikus : Emang segampang itu? Dasar Youtuber ?$&#@

Contoh Teks Anekdot Dialog Sosial

Terdapat acara penyuluhan yang diselenggarakan balai desa untuk sosialisasi tentang sampah plastik pada masyarakat luas. Pak Lurah : Warga masyarakat yang saya banggakan, penyuluhan kali ini akan dibahas tentang kepedulian Kita pada lingkungan sekitar. Bahwa Kita harus berupaya sebaik mungkin untuk mengolah sampah yang ada khususnya sampah plastik agar tak mencemari lingkungan.

Warga 1 : Apa dampak dari sampah plastik Pak Lurah?
Pak Lurah : Dampaknya adalah bisa terjadi banjir karena saluran air tak bisa bekerja maksimal.

Warga 2 : Lalu bagaimana agar supaya sampah plastik bisa dikelola dengan baik dan tak menyebabkan dampak banjir yang merugikan masyarakat?
Pak Lurah : Caranya adalah dengan mengumpulkan sampah plastik dan mengumpulkan ke pihak desa untuk diolah lebih lanjut. Bagaimana, adakah hal yang akan ditanyakan lagi?

Warga 1 : Tidak pak Lurah
Pak Lurah : Baiklah, sekarang silahkan menikmati sajian yang sudah disiapkan untuk Anda sekalian.

Warga pun dengan semangat menyantap sajian yang diberikan oleh pemerintah desa. Salah satu warga berinisiatif untuk mengumpulkan sampah plastik yang kemudian diletakkan di meja pak Lurah.

Pak Lurah : Lho ada apa ini? Kenapa sampahnya dikumpulkan pada saya?
Warga 3 : Kan kata bapak sampah plastik harus dikumpulkan untuk diolah lebih lanjut?
Pak Lurah : Betul juga. ?$&#!

Contoh Teks Anekdot Dialog Sindiran

Ada dua orang yang terlibat pembicaraan serius tentang cara berhemat di tengah masa pandemi.

Pemuda 1 :Apakah Kamu juga sedang mengalami masa sulit di tengah masa pandemi ini?
Pemuda 2 : Ya, aku juga sama. Hanya saja aku berusaha untuk menjalaninya dengan ikhlas dan berusaha untuk tetap berhemat.

Pemuda 1 : Berhemat? Bagaimana caranya? Bagi dong tipsnya denganku.
Pemuda 2 : Wah kan malah justru Kamu yang lebih pandai berhemat daripada aku.
Pemuda 1 : Kok bisa?

Pemuda 2 : Ya selama ini Kamu masih tetap bisa hidup dan makan enak, meski kamu melakukannya di rumahku. Bukankah itu salah satu caramu berhemat?
Pemuda 2 : Betul juga (sambil tersipu malu)

Contoh Teks Anekdot Dialog Pendidikan

Terlihat dua orang siswa sedang berbincang serius bab belajar online.

Siswa 1 : Menurut Kamu lebih enak mana? Belajar online atau belajar offline?
Siswa 2 : Menurutku lebih enak belajar offline
Siswa 1 : Lho kenapa? Bukankah lebih menyenangkan belajar online?

Siswa 2 : Itu dia masalahnya Ka. Masalahnya untuk belajar online kan butuh kuota internet, sedangkan aku untuk beli makan saja sering kali kesusahan.
Siswa 1 : oh itu masalahnya. Mulai sekarang, saat belajar online sebaiknya Kamu ke rumahku ya. Kamu bisa pakai WiFi di rumahku.

Siswa 2 : Tapi, bukan itu saja masalahnya.
Siswa 1 : Apalagi masalahnya?
Siswa 2 : Masalahnya, HP android saja aku gak punya. Bagaimana aku mau belajar online?
Siswa 1 : *@&#$

Apa bedanya humor dan anekdot?

Humor itu sesuatu yg lucu baik berupa keadaan, tingkah laku atau cerita dsb
Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya, dan ada makna inplisit.

Apa anekdot yang terkenal dalam dunia Pendidikan?

Ada anekdot yang mengatakan bahwa IPB itu singkatan dari Institut Perbankan Bogor atau Institut Pleksibel Banget. Saking seringnya lulusan IPB yang alih-alih terjun kembali ke dunia pertanian malah ‘tersesat’ di dunia kerja.

Editor's Choices:

Itulah beberapa contoh tentang contoh teks anekdot dialog lucu sindiran sosial politik. Semoga bisa memberikan tambahan informasi untuk Anda. Yuk pelajari lebih lengkap tentang contoh teks anekdot dialog dan pahami ciri khasnya dalam sebuah paragraf. Anda bisa mendapatkannya hanya dalam artikel Kami.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Prospek Kerja Teknik Elektro untuk Wanita
Lebih Penting Akreditasi Kampus atau Jurusan
jurusan yang jarang diminati di Unpad
Mata Kuliah Jurusan Ilmu Gizi
cita cita yang cocok untuk jurusan IPS
Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi