Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi + 2 Contoh

Salah satu jenis teks yang dipelajari dalam pelajaran bahasa Indonesia adalah teks laporan hasil observasi. Dalam artikel berikut ini Anda akan mempelajari tentang pengertian dari teks laporan hasil observasi, tujuan, ciri, struktur dan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi lengkap beserta contohnya.

Untuk membuat teks ini Anda hanya perlu melakukan pengamatan kemudian merinci hasil pengamatan dalam laporan hasil observasi.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Pengertian dari teks laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang memberikan informasi secara umum dari pengamatan yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan. Adapun informasi yang diberikan memiliki sifat sesuai fakta yang ada di lapangan, objektif, komunikatif dan informatif sehingga sebisa mungkin ditulis dengan bahasa yang mudah untuk dipahami.

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi sendiri memuat informasi yang didapat dari pengamatan atas suatu hal yang terdiri dari keadaan lingkungan, hewan, tumbuhan, alam, sosial, peristiwa, budaya dan kesenian.

Tujuan, Ciri-ciri dan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Sebuah teks laporan hasil harus bisa dipertanggung jawabkan dan dibuktikan secara ilmiah. Adapun tujuan dari penulisan teks laporan hasil observasi ada beberapa, diantaranya adalah :

  1. Untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan dari pemecahan masalah
  2. Untuk melakukan perbaikan dan pemantauan terhadap sesuatu
  3. Untuk mendapatkan cara atau metode yang baru
  4. Agar supaya bisa diambil satu keputusan yang terbaik
  5. Untuk menghadapi suatu masalah yang terjadi

Sebuah teks laporan hasil observasi umumnya menggunakan konjungsi seperti merupakan, termasuk dan ialah dimana sesuai dengan tujuannya untuk menuliskan fakta yang harus dijelaskan lebih terperinci.

Ciri-ciri khusus dari teks laporan hasil observasi yang membuatnya berbeda dengan jenis teks lainnya adalah sebagai berikut.

a. Teks mengandung fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah dan bersifat objektif
b. Tak mengandung sebuah pernyataan yang masih bersifat dugaan atau prasangka
c. Penulisan teks dilakukan dengan lebih lengkap dan sempurna
d. Teks bersifat menyeluruh dan umum
e. Penulisan teks lebih fokus pada proses pengelompokan banyak hal pada jenis yang sesuai dengan ciri pada umumnya
f. Teks yang ditulis memiliki kaitan yang cukup erat antara bagian yang ada di dalamnya

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Sebuah teks akan memiliki fungsi atau manfaat sebagaimana mestinya jika memiliki struktur tertentu. Struktur dari teks laporan hasil observasi ada 3, yaitu;

1). Unsur pernyataan umum


Pada bagian yang pertama ini biasanya memiliki kalimat pembuka atau berisi informasi yang bersifat umum serta menjelaskan mengenai objek yang akan dibahas secara garis besar.

2). Unsur deskripsi bagian

Pada bagian ini akan terdiri dari isi, rincian, pembahasan, serta penjelasan objek yang dibahas secara lebih terperinci.

3). Unsur deskripsi manfaat

Kemudian pada bagian yang ketiga, memiliki struktur berupa fungsi atau manfaat yang dimiliki oleh objek yang diamati dalam kehidupan.


Langkah untuk membuat teks laporan hasil observasi diantaranya adalah:

  • Tentukan topik masalah yang akan dihadapi
  • Buat rencana mengenai bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah
  • Lakukan observasi sesuai dengan jenis masalah yang ingin diselesaikan
  • Setelah observasi selesai dan Anda sudah mendapatkan data yang dibutuhkan, teliti kembali hasil pengamatan Anda
  • Buat kerangka hasil observasi sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi
  • Lakukan penulisan laporan hasil observasi secara lengkap dan terperinci

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Dikutip dari buku yang berjudul Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan yang terbit pada tahun 2017, menjelaskan mengenai penggunaan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi.

  • Menggunakan istilah yang dipakai pada bidang keilmuan tertentu
  • Memakai nomina atau kata benda

Adalah sebuah kelompok kata yang memiliki kegunaan untuk menyatakan identitas dari seseorang, lokasi, semua benda dan segala hal yang dibendakan.

Sebuah nomina sendiri bisa memiliki posisi sebagai pelengkap, obyek atau subyek dari klausa dalam teks laporan hasil observasi.

  • Menggunakan kata penghubung

Penggunaan kata penghubung dalam teks laporan hasil observasi sangat diperlukan agar penulis teks bisa merangkai temuan dari pengamatannya menjadi rangkuman pengetahuan yang sesuai logika.

  • Memakai kata kerja

Yaitu sebuah kata yang menunjukkan suatu tindakan, pengalaman, sesuatu hal yang dilakukan dan lain sebagainya. Kedudukan kata kerja dalam teks laporan hasil observasi biasanya menjadi predikat di dalamnya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi 3

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Pohon Kelapa

  – Pernyataan Umum
Pohon kelapa adalah salah satu pohon yang berasal dari jenis tumbuhan palem yang banyak ditemui di negara Indonesia. Pohon yang memiliki batang besar dan tinggi hingga mencapai 3 meter ini memiliki produk buah yang disebut kelapa.

Pohon kelapa menjadi salah satu tumbuhan yang multiguna. Karena dari batang pohon, daun hingga kulit buah kelapa bisa dimanfaatkan oleh manusia. Itulah alasan Pramuka di Indonesia memiliki lambang tunas kelapa.

  – Deskripsi bagian
Jika Anda mengamati secara jeli, pohon ini memiliki banyak sekali bagian yang berguna untuk kehidupan manusia. Dari mulai buahnya, batang, akar, daun, pelepah dan lainnya. Buah kelapa terdiri dari bagian kulit kelapa bagian luar, sabut kelapa, tempurung, kulit daging kelapa, daging buah kelapa dan air kelapa.

  – Deskripsi manfaat
Untuk bagian daun, batang dari daun kelapa banyak digunakan sebagai bahan pembuatan sapu lidi. Sedangkan untuk sabut kelapa dipakai untuk membuat sapu ijuk, keset, hingga bahan bakar untuk memasak.


Daging buah kelapa yang masih muda sangat lezat jika dikonsumsi langsung. Untuk daging buah kelapa yang sudah tua bisa diparut kemudian diambil sarinya yang biasa disebut santan untuk keperluan memasak.

Air kelapa sendiri memiliki manfaat yang cukup banyak diantaranya adalah sebagai obat untuk menetralkan keracunan, untuk penambah imunitas dan kesehatan tubuh.

kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Apotek hidup

– Pernyataan umum

Apotek hidup sebenarnya sudah dikenalkan sejak dahulu, hanya saja seiring berjalannya waktu semakin banyak orang yang ingin kemudahan dan kepraktisan sehingga apotek hidup pun semakin jarang ditemukan. Namun kini, sejak pandemi melanda Indonesia banyak orang yang harus tetap berada di rumah saja sehingga mereka pun mencari kesibukan yang disalurkan dalam bentuk pembuatan apotek hidup. Apalagi sejak banyak produk apotek hidup yang dibutuhkan untuk menjaga imunitas tubuh serta sebagai upaya terhindar dari serangan virus covid 19.

– Deskripsi bagian

Adapun tanaman yang ditanam di dalam apotek hidup adalah jenis tanaman obat. Tanaman obat seperti misalnya jahe, kunir, kencur, jinten, lengkuas, sirih, daun salam, jeruk nipis, mengkudu, bawang putih dan lain sebagainya.

Jika Anda membuat daftar tanaman obat yang ada di apotek hidup maka pasti jumlahnya ada sangat banyak. Namun meski demikian, tanaman obat dalam apotek hidup cenderung mudah untuk dipelihara. Anda hanya perlu menyediakan bibit dan lahan untuk menanam tanaman obat.

  – Deskripsi manfaat

Perlu diketahui bahwa Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan rempah alam yang mana bisa dijadikan obat sekaligus bumbu dapur untuk keperluan memasak. Dan banyak dokter atau ahli kesehatan yang justru menyarankan penggunaan tanaman obat asli Indonesia sebagai terapi untuk pencegahan dan penyembuhan dari penyakit Corona yang menyerang.

Tanaman obat seperti jahe, kunyit, serai, jinten dan lain sebagainya banyak diburu masyarakat Indonesia untuk obat persediaan di rumah. Tanaman obat tersebut biasanya mereka olah menjadi ramuan jamu yang diminum setiap hari untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dengan maksimal tanpa efek samping.

Jelaskan Fungsi/Manfaat Teks Laporan Hasil Obsevasi ?

Sebagai sumber informasi yang akurat dan terpercaya karena disusun berdasarkan dengan data dan fakta.
Laporan pertanggung jawaban dari sebuah tugas atau kegiatan pengamatan (observasi).
Sarana untuk mendokumentasikan hasil kegiatan observasi.
Penjelas dasar penyusunan kebijaksanaan, pemecehan suatu permasalahan dalam pengamatan, serta sebagai sebuah keputusan.

Editor Choices :

Itulah pengertian dan beberapa hal penting lainnya termasuk mengenai kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi yang bisa Kami bagikan pada Anda. Semoga bermanfaat.

Komentar / Pertanyaan