3 Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir beserta Strukturnya

Jenis teks eksplanasi tentu sudah sering ditemui, baik yang ada di media pemberitaan maupun buku pembelajaran. Jika Anda sedang mempelajari tentang teks eksplanasi, ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti definisi, ciri-ciri, dan strukturnya. Anda bisa membuat contoh teks eksplanasi tentang banjir berdasarkan pemahaman tersebut.

Sebelum membahas contoh teks eksplanasi, sebaiknya Anda pelajari dulu mengenai apa itu teks eksplanasi. Berikut definisi teks eksplanasi, ciri-ciri, dan strukturnya yang benar.

Definisi Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks yang berisi penjelasan mengenai suatu peristiwa atau fenomena. Sesuai namanya, eksplanasi yang berasal dari serapan kata Bahasa Inggris yaitu explain yang berarti penjelasan.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir di Jakarta Kalimantan Bandang

Pembuatan teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan pemahaman secara jelas kepada pembaca. Teks eksplanasi bisa berisi penjelasan mengenai fenomena alam seperti gunung meletus, banjir, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, dan lain sebagainya.

Selain menjelaskan fenomena alam, teks eksplanasi juga digunakan untuk menjelaskan peristiwa atau fenomena sosial. Contohnya antara lain peristiwa tawuran, demonstrasi, peperangan, dan lain-lain.

Tujuan pembuatan teks eksplanasi adalah menjelaskan secara rinci & logis terkait suatu peristiwa atau fenomena. Segala proses terjadinya peristiwa atau fenomena tersebut dijelaskan dalam teks eksplanasi.

Teks eksplanasi tergolong jenis teks non-fiksi yang biasanya membahas hal-hal yang bersifat umum. Jenis teks eksplanasi menjelaskan proses-proses yang berhubungan dengan peristiwa sosial, fenomena alam, budaya, ilmu pengetahuan, dan lainnya.

Sering kali teks eksplanasi dimasukkan ke dalam teks lain untuk memberikan informasi faktual yang dapat menjawab pertanyaan mengenai topik yang dibahas. Fungsi teks eksplanasi yang ditulis adalah memberikan pemahaman kepada pembaca dengan sejelas-jelasnya.

Jadi teks eksplanasi dapat menjawab berbagai pertanyaan seperti apa, mengapa, dan bagaimana suatu peristiwa terjadi. Anda dapat menemukan banyak contoh teks eksplanasi terutama pada artikel-artikel berita.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi berisi penjelasan suatu peristiwa sehingga di dalamnya memuat proses dan hubungan sebab akibat peristiwa tersebut terjadi.  Jika Anda ingin mengetahuinya lebih jauh, berikut ciri-ciri dari teks eksplanasi.


  • Bersifat faktual yang artinya informasi di dalamnya bersifat fakta & ilmiah.
  • Hal yang dibahas fokus pada hal umum bukan partisipan manusia.
  • Memiliki tujuan untuk memberikan wawasan, pengertian, dan informasi secara jelas.
  • Menggunakan bahasa baku atau formal.
  • Disampaikan dengan gaya yang lugas.
  • Berisi penunjuk keterangan cara dan penunjuk keterangan waktu.
  • Memiliki sifat menjawab pertanyaan apa, pertanyaan mengapa, dan pertanyaan bagaimana.
  • Menggunakan konjungsi kausalitas, seperti sebab, oleh sebab itu, antara lain, sehingga, atau oleh karena itu.
  • Menggunakan konjungsi kronologi, contohnya kemudian, setelah itu, lalu, atau pada akhirnya.
  • Menggunakan kata tunjuk urutan, seperti pertama, kedua, ketiga, keempat, dan sebagainya.
  • Disajikan dengan susunan yang logis.
Contoh Teks Diskusi Tentang Banjir

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi tentunya memiliki kaidah penulisan yang perlu diperhatikan. Jika Anda ingin membuat teks eksplanasi, sebaiknya pahami dulu bagaimana strukturnya yang benar. Struktur eksplanasi meliputi beberapa bagian seperti berikut.

  • Pernyataan umum

Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum yang berisi penjelasan mengenai gambaran umum suatu peristiwa alam atau fenomena yang akan dibahas. Pada bagian ini dijelaskan bagaimana proses dari peristiwa atau fenomena tersebut dapat terjadi.

  • Rangkaian kejadian atau penjelasan

Struktur berikutnya adalah rangkaian kejadian atau yang disebut juga sebagai deretan penjelas. Bagian yang membahas penyebab dan akibat dari suatu fenomena atau peristiwa terjadi. Digambarkan dalam beberapa paragraf mengenai sebab dan akibatnya serta runtutan peristiwa tersebut terjadi dari awal secara jelas.

  • Interpretasi atau kesimpulan

Struktur teks eksplanasi setelah rangkaian kejadian adalah interpretasi. Pada bagian ini berisi tanggapan terkait peristiwa atau fenomena yang dibahas. Interpretasi berupa kesimpulan atas peristiwa tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir di Jakarta

Pernyataan umum:
Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan Sungai Ciliwung meluap hingga daerah di bantaran sungai mengalami banjir. Daerah terdampak banjir yang terjadi pada Selasa (6/2/2018) meliputi 141 RT dan 49 RW pada 20 kelurahan di 12 kecamatan di Jakarta. Air yang menggenang pemukiman warga di bagian hilir Jakarta ini membuat sebagian warga harus mengungsi di beberapa titik pengungsian.


Rangkaian kejadian:
Pada hari Senin (5/2/2018) tinggi permukaan air di bendungan Katulampa mencapai 240 centimeter atau berada di level Siaga I. Air sungai mulai meluap pada sore harinya hingga menyebabkan banjir di sebagian daerah hilir.

Ribuan rumah terendam banjir dan 11.450 jiwa terdampak. Sebanyak 2.632 jiwa mengungsi di 24 titik pengungsian yang ada di Kecamatan Jatinegara (14 titik), Kecamatan Kramatjati (10 titik), Kecamatan Pancoran (4 titik), Kecamatan Tebet (3 titik).

Interpretasi:
BNPB menghimbau kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan bencana banjir, puting beliung, dan tanah longsor. Februari menjadi puncak musim hujan untuk wilayah Jawa sehingga ancaman bencana banjir makin meningkat. 
*) Sumber: BNPB

contoh teks diskusi tentang banjir di Jakarta - DeckaRenas.Com

Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir di Kalimantan

Pernyataan umum: Bencana banjir merendam sejumlah daerah di Kalimantan Selatan (12-13/1/2021).

Rangkaian kejadian: Curah hujan yang tinggi terjadi di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan yang mengakibatkan terjadinya bencana banjir. Di wilayah terdampak, ribuan rumah terendam banjir yang terjadi pada Januari lalu. Basarnas dan TNI membantu proses evakuasi warga yang terdampak banjir. Sebanyak 2.600 jiwa diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Interpretasi: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menganalisa adanya liputan awan penghasil hujan yang terjadi sejak 12 Januari 2021 dan masih berlangsung hingga 15 Januari 2021. LAPAN juga menganalisa perubahan penutup lahan di DAS Barito.

Hasil analisis tim tanggap darurat LAPAN, curah hujan yang tinggi dan turunnya lahan luas hutan primer di Kalimantan Selatan menyebabkan terjadinya banjir.
*) Sumber: detik.com

Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir Bandang

Pernyataan umum: Banjir bandang melanda beberapa daerah di Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi di Sulawesi Tengah (26/3/2021). Banjir yang terjadi dari arah hulu membawa lumpur dan material yang terbawa arus air.

Rangkaian kejadian: Hujan lebat yang terjadi selama 6 jam menyebabkan banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Sigi pada Maret lalu. Daerah terdampak banjir bandang yang mengalami kerusakan ada di Dusun II dan Dusun III, Desa Beka, Marowala.

Banjir bandang yang membawa berbagai material telah merusak ratusan rumah, mulai dari kerusakan ringan, kerusakan sedang, hingga kerusakan berat. Bencana ini tidak memakan korban jiwa hingga data posko pada Sabtu (27/3/2021).


Interpretasi: Tim kaji cepat Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III melakukan pengambilan data dan identifikasi kerusakan yang ada. Pemerintah bersama BPBD Kabupaten SIGI, aparat kepolisian, dan TNI bersama-sama melakukan tanggap darurat terkait banjir dan warga yang terdampak.
*) Sumber: BWS Sulawesi III

Editor Choices :

— — —
Itulah beberapa informasi mengenai teks eksplanasi tentang banjir beserta contohnya. Setelah memahami kaidah penulisan teks eksplanasi dengan ciri-ciri dan strukturnya, Anda bisa membuat teks eksplanasi dengan susunan yang benar. 

Komentar / Pertanyaan