5 Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial

Kehidupan manusia tentunya tidak pernah terlepas dinamika. Pastinya ada banyak fenomena yang sering terjadi di sekitar kita. Fenomena-fenomena tersebut jelas memiliki pengaruh yang besar pada kehidupan kita. Ada banyak jenis fenomena yang terjadi, salah satunya adalah fenomena sosial.

Fenomena sosial bisa dibilang jadi salah satu fenomena yang dekat dengan kehidupan kita, mengingat kita adalah makhluk sosial. Meski begitu, mungkin sebagian dari kita ada yang belum memahami betul mengenai fenomena sosial, mulai dari sebab dan dampak yang terjadi.

Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas beberapa teks eksplanasi tentang fenomena sosial agar bisa memahami betul mengenai hal itu.

advertisement

Contoh Teks Eksplanasi mengenai Fenomena Sosial

Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial

Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial tentang Kemiskinan

Sebagai bangsa yang masih berkembang, tentunya ada banyak masalah yang masih harus dihadapi oleh Indonesia. Salah satu masalah tersebut adalah perihal kemiskinan.

Kondisi di mana masih ada masyarakat yang memiliki pendapatan yang rendah dan tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari memang jadi masalah yang pelik untuk diatasi.

Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial

Tentunya ada berbagai macam faktor yang menyebabkan masalah ini tetap langgeng. Yang pertama adalah kurangnya akses umum yang bisa didapat oleh kelompok orang.

adv

Mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga kesempatan untuk bekerja. Lalu faktor lingkungan dan strata sosial juga bisa mempengaruhi. Faktor lainnya antara lain musibah, kebangkrutan, perilaku, pola pikir, dan lainnya.

Jika permasalahan ini dibiarkan terus-menerus, jelas bisa menimbulkan beragam dampak. Mulai dari menurunnya kualitas hidup manusia, meningkatnya tingkat kejahatan hingga timbulnya masalah sosial lain.

Ada beragam solusi yang bisa pemerintah usahakan agar masalah ini bisa teratasi dengan baik, mulai dari mempermudah akses umum kepada seluruh orang, pelatihan kompetensi, pemberian modal berbisnis, dan lainnya. Namun solusi ini juga perlu kita dukung agar bisa berjalan dengan baik.

Peristiwa kemiskinan sendiri tentunya bisa teratasi jika dari setiap pihak bisa bekerja sama dengan baik. Selain itu, kemampuan dalam bersyukur serta saling tolong-menolong jelas bisa sangat membantu, sehingga kemiskinan bisa teratasi.

ads

Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial tentang Bullying

Beberapa tahun ke belakang mungkin kita pernah mendengar berita mengenai siswa yang dibully oleh siswa lainnya. Peristiwa ini sendiri tentu disayangkan oleh banyak pihak, namun sering kali terjadi. Bagi yang belum tahu, bullying atau perundungan adalah tindakan penindasan dengan menggunakan kekerasan, paksaan, atau ancaman.

Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial

Perundungan sendiri masih jadi satu masalah yang awet di dunia pendidikan kita. Hal ini disebabkan karena berbagai macam hal. Pertama adalah dari perilaku sang pelaku yang terbentuk dari lingkungannya sehingga membuat ia merasa harus selalu berkuasa.

Faktor kedua adalah karena kurangnya pengawasan dari pihak yang bertanggung jawab, atau anggapan jika perilaku tersebut adalah wajar. Faktor berikutnya adalah hadirnya tayangan yang membuat perilaku tersebut jadi lazim.

Walaupun banyak yang menganggap perundungan adalah hal yang sepele, namun dampak yang ditimbulkan tidak main-main, khususnya bagi  korban. Mental sang korban akan terdampak, dan jika dibiarkan akan membuat seseorang merasa rendah diri.

Hal itu bisa berakibat menurunnya kemampuan, baik akademis maupun non akademis. Tak sedikit juga mereka memilih mengakhiri hidupnya karena tidak kuat. Selain itu, bullying yang sudah berkaitan dengan fisik juga bisa berdampak pada cedera dan kematian.

a d s

Permasalahan bullying jelas masih jadi momok yang mengancam dunia pendidikan kita. Hal ini jelas bisa selesai jika pihak sekolah, siswa, dan keluarga berkomitmen penuh dengan berperan dalam porsinya masing-masing.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial Tawuran

Tawuran mungkin jadi satu tren yang sering dilakukan oleh para pelajar. Sering kita temui video di mana para pelajar dari kelompok tertentu saling bentrok dengan kelompok lainnya. Tak jarang juga mereka juga menggunakan senjata tajam untuk melukai musuhnya.

Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial

Tawuran sendiri umumnya disebabkan karena beberapa masalah sepele, mulai dari adanya konflik antar satu orang, masalah percintaan, atau hinaan yang dianggap merendahkan kelompok.

Karena usia muda belum bisa menahan gejolak emosi, hal ini semakin besar dan merembet ke perkelahian antar kelompok. Hal ini semakin diperparah dengan kurangnya pengawasan dari sekolah.

Tentunya tawuran sendiri bisa menimbulkan dampak yang buruk. Pertama adalah timbulnya luka berat atau bahkan kematian. Kerugian ini tidak hanya untuk pelaku tawuran semata, namun juga bisa berdampak pada orang yang tidak terlibat di sekitar. Selain itu, tawuran juga bisa menimbulkan kerusakan bangunan yang jelas akan sangat merugikan.

Oleh karena itu, penting sekali bagi pihak sekolah untuk memperhatikan betul para muridnya. Selain itu, orang tua juga harus mengawasi anak mereka agar tidak terjun ke lubang yang namanya tawuran.

sponsor

Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial mengenai Kriminalitas

Mungkin kita sering kali menemui berita kriminal. Setiap harinya, ada saja tindakan kriminal yang terjadi di sekitar kita. Kriminalitas, sebuah tindakan kejahatan yang dilakukan untuk memenuhi keinginan pelakunya, memang jadi masalah klasik hingga sekarang. Tindakan kriminal juga bisa dibilang sangat beragam.

Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial

Jika kita lihat, salah satu faktor yang mempengaruhi munculnya kriminalitas adalah masalah ekonomi. Bagi mereka yang taraf ekonominya tak terjamin tentunya akan menemui banyak masalah, mulai dari kesulitan makan, tidak ada biaya untuk berobat, tidak bisa sekolah dan masih banyak lagi. Saat kondisi sudah sangat menghimpit, membuat mereka memilih untuk melakukan kejahatan.

Meskipun ekonomi jadi satu masalah, namun tentunya ada faktor lain yang berpengaruh. Salah satunya adalah pola pikir, pemahaman agama, dan nilai yang dipegang. Seseorang yang mengamalkan betul agama dan nilai-nilai positif dalam hidupnya, tentu tidak akan melakukan kejahatan meski pada kondisi terburuk.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menanamkan ilmu agama serta nilai-nilai positif untuk menurunkan tingkat kriminalitas. Peningkatan tingkat ekonomi setiap warga juga jadi satu langkah penting. Selain itu, pengawasan dan penerapan hukum yang adil juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya tindak kriminal.

Teks Eksplanasi tentang Gelandangan/Pengemis

Saat sedang berkeliling kota, mungkin kita pernah menemukan fenomena di mana gelandangan, pengemis, atau pengamen yang berada di pinggir jalan atau bangunan. Hal ini sering kali jadi masalah tersendiri.


Teks Eksplanasi tentang Gelandangan pengamen

Gelandangan dan pengemis sendiri bisa muncul karena permasalahan ekonomi. Ketidakmampuan mereka dalam memperoleh pekerjaan serta tidak memiliki hunian yang layak membuat mereka harus terjun ke jalan.

Selain itu, banyak juga dari mereka yang berasal dari daerah lain dan berharap kehidupan mereka menjadi lebih layak di perkotaan dan ternyata tidak berhasil.

iklan

Gelandangan dan pengemis memang terkadang bisa mengganggu. Yang pertama adalah mengganggu keindahan tempat. Lalu yang kedua adalah menimbulkan rasa malas untuk berusaha. Dampak ketiga adalah menurunkan rasa keamanan dan juga kenyamanan.

Permasalahan ini tentunya bisa diatasi jika berbagai pihak saling bekerja sama. Pihak pemerintah bisa membantu mereka untuk memberikan tempat tinggal layak sementara sembari memberikan pelatihan dan modal untuk berbisnis. Selain itu, kita juga perlu membantu mereka untuk bisa keluar dari kondisi tersebut dengan tidak sering memberikan mereka uang.

Apa fungsi dari teks eksplanasi?

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan atau menerangkan sesuatu secara rinci, seperti peristiwa, hal, atau fenomena alam.
Secara umumnya, fungsi teks eksplanasi adalah untuk menjawab pertanyaan “mengapa?” dan “bagaimana?” suatu peristiwa terjadi.

Itulah tadi beberapa penjelasan singkat melalui teks eksplanasi tentang fenomena sosial. Harapannya, Anda jadi memahami betul mengenai permasalahan yang terjadi di sekitar kita.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp