9 Contoh Kata Pembuka Presentasi yang Baik dan Efektif

Presentasi bukanlah hal yang mudah namun juga tidak terlalu sulit jika anda mengerti materi yang akan disampaikan. Usahakan untuk menyajikan presentasi anda dengan cara yang interaktif dan menarik.

Ini berarti anda perlu membuka presentasi dengan baik. Pembukaan presentasi yang bagus merupakan kunci sukses keberhasilan Anda. Sebagian orang menyebutnya sebagai basa basi presentasi, simpel tapi mengena.

Definisi bagus disini relatif, tergantung. Disesuaikan dengan materi, umur audiense, jumlah, kelas/profesi audience, lokasi dan tempat (mood) dsb. Berikut ini adalah beberapa contoh kata pembuka presentasi yang baik dan bisa anda praktekan.

Editor Choices :
contoh kata pembuka presentasi yang baik

Melemparkan Sebuah Pertanyaan

Apakah anda pernah melihat seorang presenter membuka acara dengan memberikan pertanyaan kepada penontonnya? Hal ini memang sering dilakukan oleh beberapa orang saat membuka presentasi mereka.

Pertanyaan yang dilemparkan akan menarik perhatian penonton karena mereka akan mencoba berpikir dan mencari tahu jawabannya.

Sponsored Link

Selain itu, membuka presentasi dengan melontarkan sebuah pertanyaan akan membantu anda mengarahkan penonton kepada topik presentasi yang akan disampaikan.

Meskipun para penonton tidak serta merta menjawab pertanyaan tersebut, namun mereka bisa memusatkan perhatian mereka pada tema presentasi anda.

Seperti ini contoh kata pembuka presentasi yang baik dengan melemparkan sebuah pertanyaan:

“Sebelum saya memulai presentasi ini, saya ingin mengajukan satu pertanyaan kepada anda. Berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk memasak nasi?”

Ini merupakan pertanyaan yang sangat sederhana namun bisa membuat penonton tertarik untuk memikirkan dan menjawabnya.


Menyajikan Sebuah Data

Menyajikan sebuah data untuk membuka presentasi adalah hal tepat yang bisa anda lakukan selama materi presentasi yang anda sampaikan mengacu pada data atau fakta tertentu.

Perlu anda ketahui bahwa penonton bisa mudah tertarik dengan data maupun fakta yang ada dalam sebuah presentasi. Data yang anda suguhkan mampu menarik penonton untuk menyimak yang akan anda presentasikan.

Selain itu, menyajikan sebuah data sebagai pembuka presentasi memberikan kesan yang lebih mendalam dan memperlihatkan keseriusan anda sebagai seorang presenter.

Contohnya, jika anda akan mempresentasikan cara menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit jantung, maka anda bisa menggunakan kalimat seperti ini:

“Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan berikut, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian dengan jumlah yang tinggi di Indonesia.”


Pastikan data yang anda gunakan berupa fakta dan relevan dengan tema atau isi presentasi anda. Membuka presentasi dengan cara ini juga mampu meningkatkan suasana dramatis bagi para audience. Apalagi data yang anda suguhkan masih terbilang data atau fakta yang belum diketahui oleh audience.

Bercerita di Depan Forum

Bercerita menjadi salah satu cara yang bisa digunakan dalam membuka presentasi. Beberapa orang memilih untuk bercerita tentang sebuah kisah atau pengalaman pribadi saat hendak memulai presentasi mereka.

Ada alasan tertentu mengapa bercerita dipilih menjadi cara untuk membuka presentasi. Hal ini dikarenakan orang lebih mudah mengingat sebuah cerita.

Hampir setiap orang senang mendengarkan cerita dan menyimpannya dalam ingatan untuk bisa dikenang dan diceritakan kembali kepada orang lain.

Tidak heran jika cara ini cukup diminati oleh banyak pembicara. Sebuah cerita yang anda sampaikan di awal akan mengajak penonton membayangkan isi cerita tersebut.


Lalu, apa hubungan dari membagikan cerita dengan presentasi yang akan anda sampaikan? Saat anda bercerita dan penonton mulai membayangkan, secara alami mereka memiliki ikatan emosional dengan anda dan siap mendengarkan apa yang akan anda sampaikan selanjutnya.

Contoh berikut adalah kisah yang bisa dibagikan sebelum masuk dalam presentasi yang membahas tentang bahaya gawai pada anak usia dini.

“Saya mulai mengenalkan gadget pada anak saya sejak dia berusia satu tahun. Waktu itu saya pikir tidak ada masalah karena yang ditonton adalah tontonan anak-anak.
Selain itu, hal ini membantu saya untuk menenangkan anak saya ketika dia rewel. Awalnya saya beri batas waktu untuk melihat atau menggunakan gawai, tapi lama-lama saya tidak lagi bisa mengendalikannya karena saya memilih sibuk dengan pekerjaan saya.

Pada akhirnya, anak saya mengeluh matanya sering sakit dan sulit melihat dengan jelas. Setelah saya membawanya ke dokter, ternyata anak saya mengalami gangguan penglihatan dikarenakan seringnya menggunakan gawai di usia dini.
Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi ilmu pada bapak ibu untuk menjaga anak kita dari ketergantungan gawai yang sangat berbahaya.”

Cerita seperti ini mampu mengetuk hati pendengar dan membuat mereka lebih tertarik dengan apa yang akan anda sajikan.

Jika anda merasa malu dengan kisah pribadi, anda juga bisa memilih untuk membagikan cerita ilustrasi kepada forum sebagai pembuka.

Cara ini memang membutuhkan persiapan yang lebih lama karena selain anda harus menyiapkan cerita itu sendiri, anda juga harus memiliki ketrampilan dalam bercerita.

Pastikan anda melatih kemampuan bercerita anda sebelum memulainya. Dan jika cara ini berhasil, maka presentasi anda akan menjangkau aspek yang lebih luas dalam diri penonton.

contoh kata pembuka presentasi yang baik dan efekktif

Memberikan Kutipan, Caption. Quote

Cara ini sebenarnya cukup mudah dilakukan apabila anda bingung untuk membuka sebuah presentasi. Ada banyak quote atau kutipan dari tokoh-tokoh terkenal yang bisa anda gunakan.

Bisa dikatakan bahwa cara ini sangat menarik apabila kutipan yang diberikan berhubungan dengan topik presentasi yang akan dibawakan.

Berikut adalah contoh kutipan yang bisa anda gunakan saat hendak melakukan presentasi tentang bisnis.

“Warren Buffet mengatakan bahwa dia bisa menghabiskan waktu seharian untuk membaca agar mendapat cukup ilmu sebelum membuat keputusan bisnis tertentu.
Ilmu menjadi salah satu hal penting yang disebutkan di awal. Oleh sebab itu, anda berada di tempat yang tepat dimana anda mendapatkan ilmu tentang bisnis yang mendatangkan kesuksesan.”

Anda perlu memastikan kutipan yang anda gunakan sesuai dengan isi presentasi anda. Jangan memaksa untuk menggunakan quote jika memang itu tidak tepat dilakukan.

Memberikan quote dari tokoh terkenal akan membantu meningkatkan rasa percaya diri anda. Selain itu, anda juga bisa menggunakan kutipan yang anda buat sendiri selama itu menarik untuk didengar. Baca juga: Teknik presentasi yang efektif

To The Point, Langsung Pada Tujuan

Untuk cara nomor satu sampai empat, anda membutuhkan waktu untuk mempersiapkannya. Berbeda dengan cara membuka presentasi yang lainnya, cara ini meminta anda untuk langsung menyampaikan tujuan dari presentasi yang akan anda sajikan. Hal ini mudah dilakukan karena bisa dilakukan tanpa persiapan.

Apakah cara ini cukup menarik sebagai pembukaan presentasi? Tentu saja! Banyak pendengar yang tipenya tidak bertele-tele. Mereka justru bisa langsung mengetahui isi dari presentasi yang mereka hadiri. Selain itu, mereka dapat memperkirakan waktu berlangsung dari presentasi tersebut.

Misalkan anda ingin mempresentasikan produk kecantikan yang ramah lingkungan, anda bisa membukanya seperti berikut,

“Selamat pagi, saya sangat senang hari ini bisa hadir di tengah-tengah kalian. Dalam waktu 40 menit ke depan, saya akan menunjukkan produk-produk kecantikan yang ramah lingkungan dan menggunakan bahan-bahan alami.
Di akhir presentasi, saya akan mempersilakan kalian untuk mencoba beberapa produk kami dan melihat manfaat dari pemakaian juga pembelian produk ini.”

Pastikan anda menyampaikan poin-poin yang akan anda sampaikan dengan jelas di hadapan penonton, memberikan estimasi waktu presentasi, dan memberikan nilai positif dari mengikuti presentasi anda. Coba beberapa contoh kata pembuka presentasi yang baik di atas, dan lihat efeknya pada presentasi anda.

contoh kata pembuka presentasi yang baik dan benar

Too many people spend too much time trying to perfect something before they actually do it. Instead of waiting for perfection, run with what you go, and fix it along the way…

Apakah ada alternatif Opening Presentasi selain 5 cara diatas?

Berpantun, “Pergi ke Dieng kemudian ke Tanjung, tidak lupa membeli jamur.
Hey para audiens di ujung, jangan tidur ayo saya hibur”
Memperkenalkan diri dengan cara yang out of the box. “Perkenalkan, saya adalah kembaran Miss Universe tahun 20XX, nggak percaya sekarang coba cari di Google, Siapa namanya? Ada yang udah tahu? YAP BENARR SAYA ADALAHHH RIMAAA” *Sfx: jeng jeng jeng
Jelaskan manfaat, peran dan keuntungan menyimak presentasi, dan apa manfaat tema ini kepada audience
Cara Standar “Selamat pagi, senang berada disini bersama bapak ibu semua. Pagi yg cerah saya rasakan saat ini persis seperti wajah2 yg cerah dari bapak ibu disini…”

Apa tips agar tidak gugup saat presentasi?

Memegang sesuatu, kamu dapat membawa sebatang pensil, bulpen atau secarik kertas. Cukup di genggam selama anda presentasi.
Melepas kacamata, selamat kepada anda para penderita mata minus. Cukup lepaskan kacamata anda, dan viollaaaa anda tidak akan gugup lagi, karena tiba-tiba audiensnya buram.
Jangan tatap mata audiens, sebagai gantinya lihat di bagian dahi. Agar terkesan masih memperhatikan audiens tanpa harus bertatapan mata dengan mata.
Kuasai materi. kunci dari semuanya adalah poin ini. Biasanya kita akan lebih percaya diri jika kita bisa dan mampu menguasai semua isi materi.

A good speech should be like a woman’s skirt; long enough to cover the subject and short enough to create interest.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp
Apakah ada tanggapan/pertanyaan?
Kirim Komentar


📢 Komentar / Pertanyaan