2 Contoh Recount Text tentang Liburan di Rumah Karena Corona

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai apa itu recount text, definisi dari recount text itu sendiri, ciri-ciri teks, general structure, hingga jenis-jenisnya. Selain itu, kami juga berikan beberapa contoh untuk lebih jelasnya, seperti contoh recount text tentang liburan di rumah karena corona dan contoh recount text tentang liburan di rumah nenek.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa itu recount text dan pembahasan lengkapnya.

Definisi Recount Text

Recount text adalah sebuah jenis teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan tentang pengalaman masa lalu. Biasanya, berupa pengalaman masa lalu penulisnya, pengalaman berlibur, kejadian unik di masa lalu, serta cerita yang dialami penulis.

Contoh Recount Text tentang Liburan di Rumah Karena Corona

Teks recount itu sendiri bertujuan untuk menceritakan pengalaman masa lalu penulis, jadi perlu diingat bahwa recount text pastilah berisi dengan kejadian yang sudah terjadi, lampau, menggunakan “Past-tense”. Adapun tujuan lainnya adalah untuk menghibur pembaca, serta menginformasikan pembaca terhadap kejadian unik, dan pengalaman dari penulis.

Ciri-ciri dari Recount Text

Recount text itu sendiri bisa diidentifikasikan dengan beberapa ciri-ciri, seperti:

  • Penggunaan “Past-tense”
  • Berupa serangkaian kejadian yang berurutan waktunya
  • Biasanya dari sudut pandang orang pertama (adapun orang ketiga)
  • Penggunaan penunjuk waktu “adverbial dan adverbial phrase”
  • Penggunaan penunjuk tempat
  • Adanya “conjunctive, dan time connectives : At first, then, and then, next

Generic Structure dari Recount Text

Dalam recount text, terdapat generic structure, atau struktur utama yang menyusun pada recount text, dimulai dari Orientation, Events, dan Re-orientation.

  • Orientation

Orientation, adalah bagian pertama yang menyusun dari recount text. Orientation ini berisi perkenalan, pengenalan tokoh atau siapa yang terlibat, lokasi kejadian, dan kapan terjadinya. Bagian ini memuat informasi general untuk membuat pembaca memahami latar, serta situasi yang terjadi sebelum membacanya lebih lanjut.

Disini, dijelaskan, siapa, kapan, dan dimana kejadian berlangsung, dan siapa saja yang terlibat didalamnya.

  • Events

Events adalah rangkaian kejadian yang terjadi, berurutan secara kronologis. Bagian kedua dari recount text ini memuat tentang rangkaian peristiwa yang terjadi, disajikan secara runtut, dan kronologis berurutan waktu. Penulis biasanya akan menggunakan kata sambung atau Conjunctives, sebagai contoh: Then, After that, On the second day, At last, etc.

Disini kejadian yang diceritakan terjadi, berurutan mulai dari urutan kronologis waktu yang pertama terjadi, hingga yang paling akhir terjadi.


  • Re-orientation

Re-orientation adalah bagian terakhir dari recount text itu sendiri. Berisi pengulangan, dan rangkuman kejadian yang terjadi, pengulangan pada bagian pertama atau Orientation. Tidak hanya berisi pengulangan dan rangkuman, tetapi juga terkadang terdapat pesan dan kesan dari penulis mengenai kejadian tersebut.

Disini, dijelaskan mengenai rangkuman kejadian yang terjadi, pengulangan dari orientation, serta kesan dan pesan dari penulis recount text.

contoh analytical exposition tentang corona covid19

Jenis-jenis Recount Text

Recount text itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, perbedaan jenis recount text ini bergantung pada tujuan penulisannya, serta konten atau cerita yang dibawakannya. Ada setidaknya 4 jenis recount text, mulai dari personal recount text, imaginative, factual recount text, dan historical recount. Penggunaannya disesuaikan dengan tujuan penulisan, serta konten cerita.

  • Personal recount text

Berupa text pengalaman pribadi seseorang yang diceritakan untuk menghibur, serta menceritakan suatu kejadian menarik yang dialami seseorang. Pengalaman pribadi bisa berupa pengalaman menyenangkan seperti liburan ke luar negeri, pengalaman tak terlupakan, kisah pribadi, ataupun pengalaman memalukan yang ingin di bagikan kepada orang lain.

  • Imaginative recount text

Merupakan teks recount yang berupa imajinasi dari seorang pengarang. Disebut juga sebagai teks fantasi, namun tetap menggunakan kaidah penulisan past tense, atau masa lampau.


  • Factual recount text

Teks yang berupa sebuah kejadian factual, melaporkan suatu peristiwa yang memang benar terjadi secara factual dan tidak dibuat-buat. Teks factual recount ini juga bisa berbentuk sebagai laporan percobaan, laporan kepolisian, laporan kecelakaan, serta percobaan ilmu pengetahuan.

  • Historical recount text

Adalah sebuah teks cerita, atau recount yang dibuat berdasarkan dari kejadian sejarah, kejadian masa lalu. Cerita sejarah yang benar-benar terjadi, seperti pembangunan tempat bersejarah, perang yang terjadi di daerah tertentu, serta peristiwa bersejarah lainnya.

Perlu diingat, historical recount text haruslah menceritakan sebuah kejadian sejarah yang benar-benar terjadi, bukan hanya sekedar legenda atau dongeng, karena jika yang diceritakan adalah legenda, maka itu sudah dinamakan Narrative text.

Contoh Recount Text

Berikut ini adalah contoh untuk teks recount yang bisa Anda baca, dan contoh:

Contoh recount text tentang liburan di rumah karena corona

At Home Vacation during Corona

In 2020, during the Corona pandemic, where everyone must stay at home to prevent spreading of Corona virus diseases, me and my family find a fun activities to do at home. Even when we can’t go outside during the lockdown, we sure are having fun in our home.

At first, it was very tiring, and boring, having to sit down, can’t go anywhere because of lockdown, however, I realized, that there are many other activities I can do to have fun at home. One thing that grew on me during Corona virus lockdown was cooking.

I practiced cooking at home with my family, we cooked a meals together, with our mom as a head chef, my father as soup chef, me and my sister as assistant, or sous chef. It was really fun, as we pretend that we are professional kitchen.

Other than that, we also do gardening, read out many books, make ourselves comfortable with portable movie theater, and many fun things to do. Now, that the lockdown has been lifted, we kind of missed those kind of activities we had during pandemic.

contoh teks persahabatan

Contoh recount text liburan di rumah nenek

Unforgettable vacation to Grandma House

When I was 12 years old, I had an unforgettable experience, vacation at Grandma house in Bogor. We goes on vacation during school holiday, with my family, my father, my mother, my sister, and my uncle.

We went to Bogor by car, it was tiring road trip, from Jakarta to Bogor, but when we arrived in Bogor, we are greeted with Grandma warm smile, and homecooking. Grandma home cooked meals are the best, we ate Soto mie Bogor, and her signature Nasi goreng. The day after that, we went to tea garden with Grandfather, and it was a blast, we are having fun doing out bond activities at tea garden.

It was very memorable experience, we sleep in our Grandma house for one more days, and after that we have to return to Jakarta, because tomorrow we are going back to school

Editor Choices :

— — —
Itulah pembahasan kami tentang definisi recount text, ciri-ciri, generic structure, jenis beserta contoh recount text tentang liburan di rumah karena covid. Semoga apa yang kami jabarakn mudah dipahami sehingga pembaca mampu menulis recount text yang bagus sesuai harapan Guru bahasa Inggris.

Komentar / Pertanyaan