7 Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya

Teks tanggapan kritis merupakan sebuah penyampaian berupa tulisan atau kalimat yang bertujuan untuk menilai suatu fenomena. Maksud dari penyampaian adalah, kita bisa menyampaikan tanggapan, argument, kritik dan saran pada suatu fenomena.

Banyak pengertian tentang apa itu teks tanggapan kritis. Namun bisa kita tarik kesimpulan bahwa teks tanggapan kritis adalah hasil dari penilaian yang berupa argument.

Contoh teks tanggapan kritis bisa kita temui dimana saja. Kita juga bisa membuatnya sendiri. Teks tanggapan kritis harus berdasarkan fenomena dan fakta yang mendukung.

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Tanggapan kritis sendiri bisa disampaikan dalam bentuk tulisan dan lisan. Pada teks tanggapan kritis, kita juga bisa menyampaikan pujian, kritik dan saran.

Bisa dikatakan bahwa tanggapan kritis merupakan wujud penilaian seseorang. Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa kita menyampaikan tanggapan kita dari sudut pandang diri kita.

Sponsored Link

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

Berbeda dengan kita berargumen dalam sebuah rapat, teks tanggapan kritis memiliki perbedaan. Dimana ketika kita mengungkapkan tanggapan kita, harus disertai fakta yang mendukung.

Bukan hanya pendapat saja, melainkan kita juga bisa mempertegas argument kita menggunakan fakta. Berikut ini adalah ciri-ciri teks tanggapan kritis yang wajib kita pahami:

  • Harus Ada Bukti Fakta
    Teks tanggapan harus ada alasan yang berupa bukti berdasarkan fakta yang ada. Tujuannya tak lain untuk memperkuat argument kita.
  • Terkait dengan Fenomena
    Tanggapan yang disampaikan berhubungan dengan fenomena yang sedang terjadi. Bahkan fenomena juga harus up to date dan sedang dibicarakan di lingkungan sekitar.
  • Bisa Menggunakan Variasi Bahasa
    Dari ciri-ciri teks tanggapan kritis, bisa kita ambil kesimpulan bahwa tanggapan kritis adalah sudut pandang kita dalam menilai dan mengoreksi suatu hal.

Tentu saja penilaian kita harus sesuai dengan fenomena yang sedang dibahas. Berikan fakta dan alasan untuk memberikan tanggapan kritis.

Dalam membuat teks tanggapan kritis, tentunya kita memiliki tujuan tertentu. Ketika kita membuat sebuah tanggapan kritis, maka tujuannya adalah untuk memberi nilai pada sesuatu hal atau fenomena.

Penilaian kita bisa berupa mendukung atau menolak. Jadi tujuan teks tanggapan kritis adalah memberikan penilaian yang didukung oleh fakta yang ada.

struktur teks tanggapan kritis

Fungsi Teks Tanggapan Kritis

Tentunya teks tanggapan kritis ada fungsinya. Selain kita bisa menyampaikan pendapat lewat sudut pandang kita, tanggapan kritis juga menyimpan fungsi lainnya.

Berikut ini adalah fungsi teks tanggapan kritis:

  • Berfungsi untuk memberi tanggapan dan masukkan yang bisa membangun. Sehingga sebuah permasalahan bisa terselesaikan dengan efektif.
  • Teks tanggapan kritis berfungsi untuk memberi saran yang lebih terarah, objektif dan sistematis.
  • Tanggapan yang diberikan harus bisa dipertanggung jawabkan
  • Teks tanggapan kritis adalah sebuah apresiasi. Karena kita bisa mengetahui sebuah penilaian atas sesuatu hal dengan lebih detail dan jelas.
  • Fungsi teks tanggapan kritis adalah menjadi sarana berdialog. Karena pengkritik dan orang yang di kritik bisa membuka ruang untuk diskusi bersama.

Teks tanggapan kritis harus disertai fakta dan alasan yang mendukung. Tujuannya karena dalam teks tanggapan kritis, kita harus memiliki solusi dari sebuah masalah.

Berkaca dari fungsi teks tanggapan kritis diatas, maka kita harus memahami betul topic dan fenomena apa yang sedang dibahas.

Serta kita bisa memberikan fakta pendukung dan tanggapan diri kita tentang fenomena tersebut. Kita bisa memberikan tanggapan secara objektif dan sistematis.

Sponsored Link

Untuk membuat teks tanggapan kritis tentu ada struktur yang harus kita pahami. Karena tanpa menulis sesuai struktur, maka mungkin kita bukan menulis teks tanggapan kritis.

Simak berikut adalah struktur teks tanggapan kritis berisi apa saja dan kita harus menulisnya seperti apa.

contoh teks

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Sebelum masuk ke dalam contoh teks tanggapan kritis, tentu kita harus belajar tentang struktur dari teks tanggapan kritis. Untuk apa?

Tentu saja tujuannya agar kita bisa menulis teks tanggapan kritis yang sistematis, objektif dan bisa dimengerti oleh banyak orang.

Berikut ini adalah struktur dalam membuat teks tanggapan kritis:

  • Evaluasi

Untuk membuat teks tanggapan kritis, struktur yang pertama dan paling penting adalah evaluasi. Pada bagian evaluasi ini, penulis bisa mengungkapkan hasil pemikirannya dan disertai berbagai fakta dan bukti yang mendukung.

Evaluasi bisa berisi penilaian dari dampak fenomena yang sedang diamati. Penilaian yang kita berikan juga menimbang dari baik dan buruknya suatu fenomena.

  • Deskripsi Teks

Deskripsi teks adalah bagian kedua dari pembuatan teks tanggapan kritis. Pada bagian deskripsi teks ini berisi inti dari tanggapan kita.

Kita bisa menulis data-data dan pendapat yang mendukung atau mematahkan pernyataan. Pada bagian deskripsi teks, penulis akan menunjukkan data dan fakta yang mendukung penilaiannya.

Kita bisa menguraikan dan menggambarkan poin-poin yang menjadi titik permasalahan.

i k l a n
  • Penegasan Ulang

Pada penegasan ulang kita bisa mengungkapkan apa yang kita kritik. Ungkap kembali secara singkat. Karena sudah di dukung dengan fakta di bagian deskripsi teks.

Jadi kita bisa menyimpulkan apa yang kita nilai dan didukung berdasarkan fakta yang ada. Cukup ungkapkan beberapa kalimat yang sudah kamu simpulkan.

Dalam membuat teks tanggapan kritis, ada beberapa kaidah kebahasaan yang harus kita pahami. Lalu bagaimana kita membuat teks tanggapan kritis sesuai dengan kaidah bahasa yang tepat?

Berikut ini adalah kaidah bahasa teks tanggapan kritis:

  • Kalimat Kompleks

Dalam teks tanggapan kritis harus ada kalimat yang kompleks. Maksud dari kalimat kompleks adalah kalimat yang memiliki struktur dan verba lebih dari dua.

Kalimat kompleks ditandai dengan induk kalimat dan adanya anak kalimat.

  • Konjungsi

Teks tanggapan kritis juga menggunakan kata penghubung antar kalimat. Kamu bisa menggunakan konjungsi saat menyambungkan induk kalimat dan anak kalimat.

  • Rujukan

Teks tanggapan kritis juga harus ada referensi untuk mendukung penilaian dalam teks tanggapan kritis. Maksudnya adalah ada informasi atau referensi yang valid untuk mendukung tanggapan kritis penulis teks.

  • Diksi

Selain konjungsi, kita juga harus memperhatikan diksi atau pilihan kata. Pilihan kata lebih baik disesuaikan dengan objek yang sedang dalam topic pembahasan.

Diksi diusahakan tidak bertele-tele dan diharapkan bisa lebih sistematis agar arah dan tujuan penilaian bisa lebih jelas.

contoh teks

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Berikut ini ada contoh teks tanggapan kritis:

Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Sekolah

Evaluasi: Sekolah era new normal harus menetapkan peraturan yang ketat. Siswa dilarang untuk jajan sembarangan dan harus bermain di dalam lingkungan sekolah. Sekolah juga wajib membuat peraturan dimana seluruh siswa wajib memakai masker.

Meskipun sekolah new normal baru berjalan beberapa bulan, nyatanya siswa masih sulit diatur. Karena sepulang sekolah, mereka justru duduk-duduk di depan sekolah sambil jajan sembarangan.

Deskripsi teks: Peraturan sekolah di era new normal nyatanya masih belum banyak dipatuhi anak-anak. Meskipun di lingkungan sekolah mereka masih menerapkan protokol kesehatan, namun di luar jam sekolah mereka justru bermain denga masker di dagu bahkan sudah dilepas.

Hal inilah yang menyebabkan peraturan sekolah menjadi percuma karena anak-anak masih nongkrong dimana-mana. Sebaiknya sekolah menetapkan peraturan yang lebih ketat dan mengawasi anak-anak agar dijemput dan dipastikan sudah pulang ke rumah.

Penegasan Ulang: Sekolah di era new normal masih butuh banyak evaluasi. Baik itu Kepsek, Guru, Orangtua dan Murid itu sendiri, Terutama pada anak-anak yang tidak langsung pulang ke rumah setelah jam sekolah berakhir.

Oleh karena itu sekolah harus lebih ketat lagi meningkatkan peraturan terkait sekolah di era new normal.

Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Covid-19

Evaluasi: Pandemi covid-19 masih belum berakhir. Justru belakangan ini kasusnya melonjak tinggi. Khususnya sehabis libur lebaran.

Bisa dilihat data kota Kudus, pasien covid bertambah berkali-kali lipat setelah libur lebaran. Karena banyak warga Jakarta yang pulang ke Kudus selama musim lebaran.

Selain itu beberapa waktu belakangan viral sebuah video antrian panjang pendaftaran di Wisma Atlit. Karena melonjaknya kasus covid-19 di Jakarta.

Deskripsi Teks: Kasus covid yang melonjak setelah libur lebaran menyebabkan antrian pendaftaran di wisma atlit. Padahal beberapa waktu lalu kasus covid sudah mulai menurun.

Karena masyarakat yang “ngeyel” akan protocol kesehatan dan peraturan pemerintah. hasilnya adalah mereka sendiri yang terkena covid.

Seharusnya masyarakat bisa diatur, padahal pemerintah sudah sebisa mungkin membuat peraturan yang ketat. Meskipun dalam berjalannya waktu, peraturan pemerintah juga tidak berjalan dengan semestinya.

Penegasan Ulang: kasus covid yang bertambah setelah liburan/lebaran diakibatkan oleh masyarakat yang tidak taat peraturan dan peraturan yang tidak tegas. Sebaiknya sebelum kasusnya melonjak besar seperti India, kita harus lebih taat protocol kesehatan.

Contoh Teks Eksposisi tentang Internet
Contoh Teks Tanggapan Kritis tema Internet

Evaluasi: internet sangat membantu dunia pendidikan di era pandemi. Karena kita bisa belajar di rumah dan bisa mendapat ilmu lebih luas lagi.

Tapi rupanya banyak siswa yang menyalahgunakan penggunaan internet. justru bukan untuk belajar tapi untuk main game online.

Deskripsi teks: Nyatanya selama pandemi, siswa tidak bisa belajar dengan efektif di rumah. Karena mereka tidak bisa konsentrasi dan menggunakan internet untuk game online.

Sebaiknya tingkatkan lagi pengawasan orang tua. Karena jika mereka tidak taat belajar online, mereka tidak bisa menerima pelajaran dengan baik.

Penegasan Ulang: Internet memang membantu siswa belajar di rumah. Tapi banyak disalahgunakan. Sebaiknya orang tua lebih memberikan pengawasan ketat kepada anak.

Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Sampah

Evaluasi: Banyak rumah yang masih belum memisahkan mana sampah organik dan anorganik. Padahal dengan memisahkan sampah, kita juga bisa daur ulang.

Memisahkan sampah juga membantu pengangkut sampah untuk menyeleksi sampah. Karena sampah kertas, plastic, kain masih bisa digunakan dan didaur ulang.

Deskripsi Teks: Banyak orang yang masih minim kesadaran untuk memisahkan sampah organic dan anorganik. Padahal dengan memisahkan sampah justru membantu rumah jadi lebih bersih dan tidak bau.

Jika sampah kering dan sampah basah dicampur, maka rumah bisa jadi bau. Kita pun menyulitkan pekerjaan para pengepul sampah.

Penegasan Ulang: Sebaiknya pisah sampah organic dan anorganik. Karena sampah organic bisa didaur ulang menjadi pupuk. Manfaatkan sampah yang masih bisa digunakan.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya
Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Budaya

Evaluasi: Indonesia masih kurang sadar akan apresiasi budaya. Hal tersebut bisa terlihat karena Indonesia kurang mengapresiasi para seniman yang juara dunia.

Tetapi banyak anak muda Indonesia yang justru malah mencintai budaya negara lain, contohnya Korea. Padahal Indonesia sendiri punya banyak budaya yang wajib dicintai dan dilestarikan.

Deskripsi teks: Nyatanya orang Indonesia kurang mengapresiasi budayanya sendiri. contoh saja juara dunia di bidang music asli Indonesia tidak di apresiasi.

Justru anak muda justru mengapresiasi budaya dari luar negeri. tentunya hal ini membuat para pelaku seni menjadi merasa tidak dihargai karena bangsanya sendiri tidak mengapresiasi. Nyatanya banyak anak muda yang lebih mencintai budaya luar negeri.

Ungkapan Penegasan: Salah satu budaya asing yang kini dipuja banyak anak muda Indonesia adalah budaya korea atau kpop. Padahal Indonesia sendiri punya musisi yang tak kalah jauh prestasinya.

Rasanya kita harus menerapkan apresiasi dan menghargai musisi Indonesia dan lebih mencintai karya anak bangsa.

Contoh Teks Tanggapan Kritis tema Game Online

Evaluasi: game online adalah permainan yang tidak bisa dijauhkan dari anak kecil jaman sekarang. Bahkan anak SD sudah bisa bermain game online.

Game online tidak berdampak baik pada psikologis anak, karena ia akan terus ketagihan. Ada kasus dimana seorang anak SMP mencuri uang tetangganya untuk top-up salah satu game online.

Karena tidak ada uang di rumah tetangganya, akhirnya ia membakar rumah tetangganya. Hal tersebut mencuri perhatian warga Indonesia.

Deskripsi teks: kasus anak SMP yang membakar rumah tetangga karena gagal mencuri uang untuk top-up game online mencuri perhatian public.

Hal ini menunjukkan betapa kurangnya pengawasan orang tua dan betapa buruknya efek game online. Anak yang masih remaja bisa membakar rumah tandanya ada masalah pada psikologisnya.

Orang tua seharusnya bukan hanya mengawasi. Tapi memberi teguran tegas kepada anaknya yang susah diatur terutama saat bermain game.

Selain membuang waktu, bermain game online tidak baik untuk kecerdasan anak. Karena hal tersebut tidak menstimulasi otak sehingga membuat anak menjadi malas belajar.

Ungkapan penegasan: Game online tidak memberikan dampak baik. Justru menambah masalah dan membuat anak-anak menjadi lebih nakal tidak bisa mnegatur waktu. Sebaiknya anak-anak jangan diberi handphone, apalagi dengan spesifikasi hp yang tinggi.

Contoh Paragraf Analogi tentang Pendidikan
Contoh Teks Tanggapan Kritis Pendidikan

Evaluasi: dunia pendidikan sedang berubah karena adanya era new normal. Beberapa sekolah melakukan uji coba sekolah tatap muka. Namun gagal, karena siswanya tidak menaati peraturan dan malah membuat cluster covid baru.

Deskripsi teks: Sekolah di masa new normal tentu berbeda dengan sekolah sebelum masa pandemi. Karena ada peraturan kesehatan yang wajib dipatuhi.

Beberapa sekolah melakukan uji coba sekolah tatap muka. Namun hal tersebut gagal karena tidak adanya ketegasan dari pihak sekolah dan siswa yang masih susah diatur.

Terutama untuk anak SMP dan SMA karena setelah pulang sekolah, mereka justru bermain dan bukan pulang ke rumah. Akibatnya mereka terkena covid dan menularkan ke teman-temannya.

Hal inilah yang menyebabkan adanya cluster covid baru yaitu di sekolahan. Tentunya sekolah harus mengevaluasi peraturan untuk sekolah tatap muka.

Ungkapan penegasan: Sekolah di era new normal masih harus di evaluasi kembali. Meskipun siswa sudah bosan belajar di rumah, namun jika berangkat ke sekolah justru mereka tidak mau diatur.

Pihak sekolah dan orang tua seharusnya ada koordinasi lebih dalam lagi agar bisa mengawasi anak-anak agar langsung pulang ke rumah dan tidak bermain.

Sebutkan Jenis-jenis Teks Tanggapan Kritis ?

Pujian, merupakan model teks tanggapan yang memberikan apresiasi. Kritik, model teks tanggapan pesimisme yang menelaah secara teliti secara hati-hati dan bijaksana. Saran, menanggapi dengan santun dengan memberikan kritik membangun

Editor's Choices:

Itulah beberapa contoh teks tanggapan kritis yang bisa kita pahami. Setelah membaca beberapa referensi diatas, harapannya semoga bisa tercerahkan dan bermanfaat untuk tugas sekolah kamu.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Sekolah Kedinasan di Bali
cita cita yang cocok untuk jurusan IPS
prospek kerja teknik kimia
prospek kerja teknik untuk perempuan wanita
jurusan saintek unpad
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis