2 Contoh Teks Ulasan tentang Pendidikan beserta Strukturnya

Pernahkah kamu membaca sebuah teks ulasan? Atau kamu dapat tugas untuk membuat teks ulasan? Jika kamu ingin membuatnya, maka kami akan berikan panduan yang tepat untuk membuat teks ulasan.

Tulisan kita bisa digunakan untuk menilai atau mengulas sesuatu seperti mengulas karya. Biasanya kamu akan menemukan teks ini saat mencari sesuatu seperti film, lagu, gambar dan lainnya.

Dengan mengulas suatu karya, kita bisa memberikan penilaian baik kepada yang membuatnya ataupun menjadi referensi bagi orang lain. Teks ulasan bisa positif dan negatif, hal ini tergantung perspektif dari penulisnya.

Contoh Teks Ulasan tentang Pendidikan
Contoh Teks Ulasan tentang Pendidikan

Kita juga tidak bisa memaksakan seseorang menulis ulasan positif terus menerus, apalagi jika yang ia rasakan justru sebaliknya. Berikut ini kami berikan beberapa contoh teks ulasan tentang Pendidikan dan tips membuat teks ulasan yang baik.

Definisi Teks Ulasan

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat teks ulasan yang baik, tentu saja kamu harus mengetahui apa itu teks ulasan. Banyak sekali ahli yang memiliki pendapatnya masing-masing tentang teks ulasan.

Namun bisa ditarik kesimpulan bahwa teks ulasan merupakan sebuah teks atau tulisan yang isinya tentang penilaian atau ulasan atas suatu karya seperti buku, lagu, sastra, film, gambar dan sebagainya.

Kata lain untuk menyebut teks ulasan yaitu resensi. Teks ulasan harus dibuat berdasarkan pengalaman dari penulisnya. Kita sering menyebutnya dengan review, pastinya kamu sering menonton review di YouTube atau membuat review sesuatu di internet.

Jika kamu membuat suatu review atau ulasan di internet, pastinya kata-katanya terbatas dan kamu belum tahu apakah review yang kamu buat sesuai dengan kaidah teks ulasan atau tidak.

Disini kamu akan menemukan bagaimana membuat teks review yang baik untuk mengulas sebuah karya. Saat kamu menjadi seorang pengulas, kamu harus bersikap kritis agar bisa memberikan kontribusi bagi pembuat karya tersebut.

Setiap ulasan yang kamu berikan akan bermanfaat bagi orang lain, baik untuk pembuat karya atau orang lain yang membaca review kamu. Jadi sebelum kamu membuat teks ulasan, kamu perlu mengetahui apa saja ciri-ciri teks ulasan beserta struktur teks ulasan yang perlu kamu ikuti.


Ciri-ciri Teks Ulasan

Sebelum kamu membuat teks ulasan, kamu harus mengetahui apa saja ciri-ciri teks ulasan. Dengan mengetahui ciri-ciri teks ulasan, maka kamu bisa membuat review dengan benar dan sesuai dengan kaidah teks ulasan.

  • Struktur teks ulasan berupa orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
  • Sebuah teks ulasan harus memuat informasi berdasarkan dari opini, pandangan atau pengalaman penulis dalam mengulas sebuah produk atau karya.
  • Opini penulis yang ditulis harus berdasarkan fakta.
  • Nama lain teks ulasan yaitu resensi atau review.
  • Berisi pendapat dan gambaran tentang sebuah makna dari karya yang akan diulas.
  • Teks berisi penilaian kelebihan dan kekurangan dari sebuah karya.
contoh teks

Struktur Teks Ulasan

Setelah mengetahui definisi dan ciri-ciri teks ulasan, selanjutnya kamu perlu mengetahui bagaimana struktur teks ulasan. Dengan mengetahui struktur teks ulasan, kamu bisa membuat teks ulasan dengan benar dan baik.

Teks ulasan yang baik pastinya akan membantu pembuat karya agar bisa berkembang lebih baik lagi.

1. Identitas Karya

Saat kamu membuat teks ulasan, pembukanya yaitu identitas karya. Tanpa identitas karya, teks yang kamu buat belum tentu disebut sebagai teks ulasan.

Identitas karya biasanya ditulis dengan judul, pengarang, tahun pembuatan, tebal halaman dan sebagainya. Disini kamu perlu menulis identitas siapa yang membuat karya tersebut.


2. Orientasi

Untuk memulai teks ulasan, kamu akan membuat bagian orientasi atau bagian pertama dari teks ulasan. Orientasi disini berisi tentang gambaran umum pada suatu karya, lagu, film dan sebagainya.

Disini kamu bisa memberikan penjelasan lengkap terkait karya yang akan di review. Hal ini akan berguna bagi pembaca untuk mengetahui apa yang akan kamu ulas.

3. Sinopsis

Bagian selanjutnya yaitu synopsis. Disini kamu bisa menuliskan ulasan berupa ringkasan yang menggambarkan pandangan penulis terhadap karya tersebut.

4. Tafsiran

Selanjutnya kamu akan membuat tafsiran. Ini merupakan bagian yang akan menjelaskan secara detail tentang karya yang kamu ulas. Tafsiran biasanya dimulai dari keunikan karya, keunggulan, kualitas dan lainnya.

5. Evaluasi

Setelah memberikan informasi terkait karya, kamu akan mengevaluasi atau mengulas tentang karya tersebut. Disini kamu bisa menulis pandangan kamu terkait karya yang kamu ulas. Kamu bisa menulis kelebihan dan kekurangan karya tersebut.

6. Rangkuman

Setelah memberikan ulasan, di akhir kalimat kamu akan memberikan rangkuman yang isinya kesimpulan dari ulasan yang kamu buat. Di bagian ini kamu juga bisa membuat komentar seperti kualitas karyanya baik atau tidak untuk dinikmati.

Contoh Teks Ulasan Tentang Pendidikan

Berikut ini dua contoh teks ulasan yang bisa dijadikan referensi untuk kamu:

Contoh Teks Ulasan tentang Buku Persiapan Ujian Sekolah

Judul: 100% Sukses Ujian Sekolah

Orientasi :
Menteri Pendidikan di Indonesia menetapkan ujian sekolah sebagai penilaian akhir sebelum seorang siswa lulus sekolah. Ujian sekolah ini diikuti oleh siswa SD, SMP dan SMA.

Buku 100% Sukses Ujian Sekolah ini dikhususkan untuk siswa SMP yang akan melewati ujian sekolah. Agar mendapatkan nilai bagus dan berhasil lulus sekolah, buku ini bisa membantu siswa untuk mengerjakan contoh soal ujian nasional.

Tafsiran :
Buku 100% sukses ujian sekolah merupakan buku latihan soal untuk siswa SMP. Buku ini berisi latihan soal semua mata pelajaran yang akan diujikan di ujian sekolah. Mata pelajaran yang ada yaitu matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS dan IPA.


Semua soal-soal yang ada di buku ini berasal dari soal-soal ujian sekolah beberapa tahun sebelumnya. Selain soal-soal yang diberikan, disini kamu bisa melihat kunci jawaban yang bisa membantu siswa dalam menjawab soal-soal yang ada di buku 100% sukses ujian sekolah.

Evaluasi :
Buku 100% sukses ujian sekolah ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan buku ini, siswa bisa mempelajari soal-soal ujian sekolah yang telah lampau. Siswa juga bisa mengerjakan semua soal-soal sesuai dengan mata pelajaran yang akan diujikan.

Soal yang ada di buku ini juga cukup lengkap. Mulai dari soal yang mudah hingga susah. Dengan beragam soal yang ada, siswa bisa mengerjakan dan latihan soal agar bisa lulus ujian sekolah dengan nilai yang memuaskan.

Selain kelebihan, buku 100% lulus ujian sekolah juga memiliki kekurangan. Buku ini memiliki kunci jawaban yang kebanyakan tidak sesuai dengan BAB soal yang diberikan. Hal ini cukup membuat siswa kesulitan mencari kunci jawaban ketika ingin mengecek berapa soal yang mereka jawab dengan benar.

Selain itu beberapa soal juga terus diulang di beberapa BAB lainnya. Hal ini cukup mengganggu mengingat siswa membutuhkan banyak soal latihan ujian sekolah.

Rangkuman :
Buku 100% sukses ujian sekolah ini cukup membantu siswa dalam belajar dan persiapan ujian sekolah. Karena jumlah soal yang sangat banyak dan beragam, siswa bisa terus mengasah kemampuannya dengan mengerjakan semua soal.

Meskipun ada beberapa soal yang diulang-ulang, tapi siswa masih bisa mengerjakan latihan soal lainnya. Ditambah dengan kunci jawaban di setiap BAB yang tersedia, siswa bisa mengevaluasi berapa soal yang dijawab dengan benar.

contoh teks text generic structure

Contoh Teks Ulasan tentang Perpustakaan Kabupaten

Judul: Perpustakaan Kabupaten

Orientasi
Setiap kabupaten memiliki perpustakaan yang bisa digunakan untuk siapa saja. Salah satunya perpustakaan kabupaten malang yang sering saya kunjungi. Perpustakaan ini cukup membantu saya dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Perpustakaan kabupaten merupakan fasilitas umum yang diberikan pemerintah pusat untuk siapa saja. Disini tersedia banyak sekali buku pelajaran dari SD, SMP, SMA dan buku-buku persiapan kuliah.

Tafsiran
Perpustakaan kabupaten merupakan fasilitas umum yang bisa digunakan siapa saja. Untuk masuk ke dalam perpustakaan, dibutuhkan tanda pengenal seperti kartu siswa atau KTP.

Perpustakaan ini bisa dimasuki siapa saja dan bisa meminjam buku dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Aturan dalam perpustakaan ini juga sama seperti perpustakaan pada umumnya.

Evaluasi
Perpustakaan kabupaten menjadi tempat yang saya kunjungi akhir-akhir ini. Disini saya bisa menemukan berbagai buku yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas sekolah.

Perpustakaan ini memiliki ruangan yang sangat luas. Disini saya menemukan berbagai jenis buku, mulai dari buku pelajaran, novel, koran, majalah dan sebagainya. Tersedia juga buku pelajaran SD, SMP dan SMA yang bisa dipinjam kapan saja.

Perpustakaan ini memiliki kelebihan yaitu ruangan yang dingin dan hening, Saya jadi bisa belajar dengan nyaman dan damai tanpa kebisingan. Selain itu buku pelajaran SMA yang tersedia juga cukup lengkap.

Saya bisa meminjam buku yang tidak saya miliki. Perpustakaan ini juga dilengkapi dengan computer yang bisa digunakan untuk browsing.

Tetapi perpustakaan kabupaten ini juga memiliki kekurangan yaitu system peminjaman buku yang tidak jelas. Saat saya ingin meminjam buku dan dibawa pulang, saya harus meninggalkan jaminan dalam bentuk uang sebesar 10 ribu per buku yang dipinjam.

Jaminan uang ini bukanlah hal yang umum dilakukan oleh perpustakaan, apalagi ini merupakan perpustakaan kabupaten.

Rangkuman
Perpustakaan kabupaten menjadi fasilitas umum yang cukup membantu saya mengerjakan semua tugas dengan buku-buku yang lengkap. Disini saya bisa belajar dengan damai tanpa suara bising.

Meskipun sistem peminjaman buku disini cukup menyusahkan, tapi saya cukup senang belajar disini karena suasana yang sepi dan buku pelajaran yang cukup lengkap. Apalagi dengan fasilitas computer yang diberikan.

Editor Choices :

Perpustakaan kabupaten mempermudah saya menyelesaikan semua tugas sekolah dengan baik dan bisa masuk ke perpustakaan ini dengan gratis.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom S.pd, An engineer who loves to write about anything especially about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. Learn something new and pretty good in digital literacy.
Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram