6 Prospek Kerja Pendidikan Geografi dan Perkiraan Gajinya

Jurusan pendidikan geografi merupakan salah satu jurusan perguruan tinggi yang cukup banyak diminati. Selain karena prospek kerja pendidikan geografi yang luas, banyak juga perguruan tinggi di Indonesia yang mendukung jurusan ini.

Nah, apabila kalian tertarik untuk masuk ke jurusan pendidikan geografi, maka silakan simak terlebih dahulu rincian informasi yang akan kami berikan di bawah ini!

Apa itu Jurusan Pendidikan Geografi

Jurusan pendidikan geografi adalah program studi yang mempelajari tentang ilmu bumi dan juga ilmu pendidikan (pengajaran). Lulusan jurusan pendidikan geografi diharapkan dapat menjadi seorang guru atau dosen yang profesional, bertanggung jawab, dan berkompentensi tinggi.

Prospek Kerja Pendidikan Geografi

Selama kuliah, para mahasiswa jurusan ini akan mempelajari terkait ilmu geografi secara tatap muka, online, praktek lapangan, kerja lapangan, praktek laboratorium, dan juga pembelajaran secara integratif.

Bila kalian ingin masuk ke jurusan ini, maka setidaknya harus memiliki karakteri dan kemampuan berikut ini:

  • Senang melakukan riset
  • Dapat mengobservasi dengan baik
  • Senang memecahkan masalah
  • Teliti, tekun, dan kritis
  • Rasional, terstruktur, dan independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Mampu bekerjasama dengan team

Perbedaan Jurusan Geografi dan Pendidikan Geografi

Banyak dari para calon mahasiswa yang bingung dalam membedakan antara jurusan geografi dan  pendidikan geografi. Sepintas memang tampak sama, namun jika kita lihat secara detail keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Jurusan geografi merupakan program studi yang mempelajari ilmu murni geografi. Hal inilah yang menjadikan para lulusan geografi lebih punya banyak pengetahuan dan pengalaman seputar “ilmu geografi” dibandingkan dengan lulusan jurusan pendidikan geografi.

Sementara jurusan pendidikan geografi lebih mengarah ke mata kuliah pendidikan, bahkan rasio antara mata kuliah geografi dan pendidikan geografinya 1:4. Yang artinya bahwa mata kuliah pendidikannya 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan pendidikan geografi itu sendiri.

Untuk melihat secara lebih jelas terkait perbedaan antara jurusan geografi dengan jurusan pendidikan geografi, maka kalian bisa mengecek informasinya di bawah ini:

PerbedaanJurusan GeografiJurusan Pendidikan Geografi
Jenis PendidikanIlmu murni yang mempelajari tentang geografi.Ilmu campuran yang mempelajari geografi dan ilmu pendidikan.
Kompetensi UtamaFokus pada ruang lingkup geografi murni, tanpa ada materi pengajaran.Fokus pada materi pengajaran sesuai dengan yang terdapat pada kurikulum pembelajaran.
Fokus Mata KuliahBaik praktek maupun teori lebih mengedepankan ilmu geografinya.Lebih mengedepankan ilmu pendidikannya dibandingkan dengan ilmu geografinya.
Contoh Mata KuliahGeografi fisik, geografi manusia, geografi regional, dinamika spasial, dll.Kurikulum pembelajaran, kapita selekta, media pembelajaran, geografi umum.
Prospek kerjaKartografer, tim BMKG, system analyst, surveyor tanah, dll.Guru, dosen, kartografer, tim BMKG, system analyst, surveyor tanah, dll.
Perguruan TinggiJarang yang menyediakan jurusan ini baik di Indonesia maupun luar negeri.Banyak universitas yang menyediakan jurusan ini, terutama perguruan tinggi negeri populer.
KKN (Kuliah Kerja Nyata)Wajib ikut KKN sesuai arahan pihak kampus di tempat yang telah direkomendasikanTidak wajib ikut KKN namun harus mengikuti Praktik Kerja Lapangan atau Magang di tempat yang telah ditunjuk.
Gelar yang DidapatkanS.Si (Sarjana Sains)S.Pd (Sarjana Pendidikan)
kuliah

Apa yang Dipelajari di Pendidikan Geografi?

Materi yang dipelajari oleh jurusan pendidikan geografi cukup luas dan tidak terlalu rumit seperti pelajaran IPA atau Matematika yang butuh banyak eksperimen dan hitung-hitungan. Walau begitu, tetap saja ada materi hitung-hitungan yang digunakan untuk mengukur areal, kartografi, geologi, dan gemorfologi.


Kuliah pendidikan geografi membutuhkan waktu selama 8 semester atau 4 tahun apabila lulus secara maksimal. Nantinya, mereka akan mendapatkan gelar S.Pd (Sarjana Pendidikan) bukan S.Si mengingat ilmu yang dipelajari lebih fokus ke materi pengajaran.

Sejatinya, jurusan ini merupakan turunan langsung dari jurusan geografi. Karena itulah materi yang diajarkan pun banyak yang mirip. Selain itu, ada juga jurusan lain yang juga mirip seperti halnya jurusan geologi, geomatika, geodesi, perencanaan wilayah dan kota edufriends, kartografi dan penginderaan jauh.

Nah, berikut beberapa materi yang dipelajari di jurusan pendidikan geografi selama 8 semester:

  • Landasan Pendidikan
  • Sistem Pendidikan
  • Teori Belajar dan Pembelajaran
  • Perkembangan Peserta Didik
  • Strategi Belajar Mengajar Geografi
  • Evaluasi Pengajaran Geografi
  • Perencanaan Pengajaran Geografi
  • Geomorfologi
  • Hidrologi
  • Geografi Tanah
  • Geologi
  • Geografi Sosial
  • Meteorologi
  • Geografi Penduduk dan Demografi
  • Kartografi Dasar
  • Geografi Pertanian
  • Biogeografi
  • Geografi Industri
  • Mineralogi Petrografi
  • Geografi Ekonomi
  • Kartografi Tematik
  • Geografi Lingkungan
  • Penginderaan Jauh & Fotogrametri
  • Geografi Budaya
  • Sistem Informasi Geografi
  • Geografi Politik
  • Kosmografi
  • Geografi Desa Kota
  • Oceanografi
  • Geografi pengembangan wilayah
Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Geografi

Berikut rincian prospek kerja jurusan pendidikan geografi yang bisa kalian pilih nantinya begitu lulus kuliah:

1. Akademisi (Guru SMP / SMA)

Setelah lulus kuliah, mahasiswa jurusan pendidikan geografi bisa menjadi guru SMP atau SMA yang mengajar kelas geografi. Umumnya, hampir setiap sekolah pasti membutuhkan guru ini untuk mengajar siswa – siswi terkait ilmu geografi.


Jika memungkinkan, kalian pun nantinya bisa membuka bimbel (bimbingan belajar), les privat, atau pembelajaran khusus untuk persiapan tes para murid. Hal ini tentunya akan menjadikan tambahan pemasukan di samping menjadi seorang guru.

JenisKeterangan
ProfesiGuru Geografi di sekolah tingkat SMP / SMA
TugasMengajar siswa – siswi terkait ilmu geografi
Persaingan kerjaTinggi
Estimasi GajiRp3 – 6 juta / bulan

2. Surveyor

Surveyor merupakan seorang yang berprofesi mencari lokasi mineral di bagian dalam bumi. Mereka akan melakukan survey, analisa, dan pendataan terhadap segala hal yang menyangkut tentang material tambang.

Bagi perusahaan pertambangan dan perminyakan, tentu peran seorang surveyor sangat dibutuhkan. Bahkan, ada sebuah komunitas surveyor yakni ISI (Ikatan Suveyor Indonesia) yang menjadi wadah dalam mendukung peran surveyor.

JenisKeterangan
ProfesiSurveyor
TugasMelakukan survey terhadap material mineral penting di dalam kerak bumi.
Persaingan kerjaSedang – tinggi
Estimasi GajiRp5 – 15 juta / bulan

3. Instansi Pemerintah

Apabila kalian tertarik untuk bekerja di instansi pemerintah, maka banyak sekali wadah yang menaunginya.

Di antaranya ada BMKG, BIG, BNPB, BPN, BPBD, BPS, Bappenas, Kemen PUPR, KKP, dan masih banyak lagi.

JenisKeterangan
ProfesiStaf di instansi pemerintah seperti BMKG, BIG, BNPB, BPN, BPBD, BPS, Bappenas, KKP, dll.
TugasMenjalankan tugas sesuai peranannya masing-masing
Persaingan kerjaTinggi
Estimasi GajiRp3 – 8 juta / bulan

4. Kartografer

Kartografer ialah orang yang berprofesi menangani hal-hal yang berkaitan dengan kartografi. Hal ini banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan baik swasta maupun negeri.

Ruang lingkup kartografi sendiri meliputi pembuatan peta, analisa penampakan geologi, penentuan batas wilayah, dan mengupdate informasi dalam peta.

JenisKeterangan
ProfesiKartografer
TugasMembuat, menganalisa, dan mengupdate peta suatu wilayah.
Persaingan kerjaRendah – sedang
Estimasi GajiRp3 – 6 juta / bulan

5. Ahli SIG

SIG (Sistem Informasi Geografis) adalah sebuah sistem yang berisi data informasi geografi suatu wilayah.

Tugas seorang ahli SIG ialah membantu seorang ilmuwan, kartografer, ahli teknologi, dan lainnya terkait pengembangan informasi geografis.

JenisKeterangan
ProfesiAhli SIG
TugasMembantu pengembangan sistem SIG
Persaingan kerjaSedang
Estimasi GajiRp4  – 8 juta / bulan

6. Vulkanolog

Salah satu prospek kerja pendidikan geografi yang jarang dilirik adalah menjadi vulkanolog atau orang yang  memantau kondisi gunung berapi.


Peluang kerja menjadi vulkanolog cukup luas mengingat jarang ada yang tertarik untuk memasukinya. Seorang vulkanolog biasanya bekerja sama dengan BMKG, BPNB, dan juga BPBD.

JenisKeterangan
ProfesiVulkanolog
TugasMengawasi, memantau, dan melaporkan kondisi gunung api
Persaingan kerjaRendah
Estimasi GajiRp3  – 7 juta / bulan

Apakah Jurusan Pendidikan Geografi Bisa Kerja di BMKG?

Tentu bisa, pada saat kuliah kita mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dg BMKG seperti matkul Meteorologi Klimatologi. Jurusan itu masih relevan untuk bekerja di BMKG, karena memahami secara geografis, pada ketinggian tertentu, suatu wilayah akan mempunyai suhu dan curah hujan yang berbeda dengan wilayah lain.

Apakah lulusan pendidikan geografi bisa kerja di perusahaan BUMN?

Perusahaan BUMN yang tidak spesifik mensyaratkan jurusan tertentu biasanya di perbankan, masuknya jalur ODP.
1. Bank Rakyat Indonesia.
2. Bank Mandiri.
3. Bank Negara Indonesia.
4. Bank Tabungan Negara.
5. Bank Syariah Indonesia.
Untuk BUMN seperi KAI, Pertamina, dan lain-lain tidak pernah ada bukaan loker untuk jurusan pendidikan.

Editor Choices :

Itu dia rincian prospek kerja pendidikan geografi yang perlu kalian ketahui. Apakah kalian tertarik untuk masuk jurusan satu ini?

Komentar / Pertanyaan