11 Prospek Kerja Teknik Geologi 10tahun Kedepan

Apakah Anda sedang mencari jurusan kuliah ? Senang dengan pelajaran Geografi ? Senang mempelajari tentang Bumi ? Anda dapat memilih jurusan geologi sebagai pilihannya.

Bagaimana sih kuliah di Geologi ? Bagaimana Prospek kerja teknik geologi itu ? Lalu apakah sebenarnya perbedaan geologi dengan geodesi tersebut ? Mungkin hal ini muncul di dalam benak Anda dalam pemilihan jurusan pendidikan tinggi.

Kuliah di Geologi, Anda akan mempelajari berbagai hal tentang isi Bumi seperti lempengan, batuan, dan juga morfologi bumi. Di jurusan ini, Anda akan belajar mengenai pergerakan lempeng, struktur batuan, dan juga mempelajari berbagai fenomena-fenomena alam seperti gunung meletus, tsunami, dan lain-lain.

Menurut cerita mahasiswa teknik geologi, di jurusan ini Anda akan belajar mengenai perubahan bumi dari waktu ke waktu yang disebabkan oleh bumi yang selalu dinamis dikarenakan adanya pengerjaan lempeng di dunia.

Lalu apa perbedaannya dengan Geodesi ? Memang terlihat sama karena urusannya adalah dengan bumi. Namun sebenarnya Geodesi ini adalah ilmu yang mempelajari untuk membuat peta dasar.

Jika di jurusan Geodesi, Anda tidak hanya akan membuat pemetaan dan juga permodelan bumi di darat saja akan tetapi juga mengenai pemetaan di dasar lautan. Biasanya pengukuran tersebut dilakukan di atas bumi menggunakan foto satelit atau menggunakan foto udara.

Prospek Kerja Teknik Geologi

Intinya perbedaannya adalah terletak pada apa yang diteliti. Jika di jurusan Geologi maka Anda akan mempelajari bagian dalam bumi sedangkan untuk Geodesi bagian luar bumi. Sampai di sini pasti Anda sudah mulai paham

Prospek Kerja Teknik Geologi dan Gajinya

Perkuliahannya sudah dibahas,  perbedaannya dengan Geodesi juga sudah dibahas, selanjutnya kita akan mulai membahas prospek kerjanya agar Anda memiliki banyakan yang tepat untuk masa depan Anda. Berikut beberapa Prospek kerja teknik geologi :

1. Bekerja di Perusahaan Minyak

Yang pertama, Anda dapat bekerja di perusahaan minyak. Jurusan ini memang sering kali dilirik oleh para perusahaan minyak di Indonesia bahkan di dunia internasional.

Kebutuhan tenaga ahli di bidang geologi ini memang masih sangat banyak di perusahaan minyak sehingga jika Anda kuliah di jurusan Geologi dan memiliki nilai dan juga etika yang baik bisa jadi langsung direkrut oleh perusahaan minyak. Untuk gajinya ? Jangan tanyakan lagi, tentu saja di pertambangan minyak gajinya sangat amat besar.

2. Bekerja di Perusahaan Pertambangan

Selain bekerja di perusahaan perminyakan, jurusan Geologi juga sangat menarik untuk perusahaan pertambangan. Perusahaan pertambangan yang sangat membutuhkan berbagai perhitungan pada bidang bumi dan ilmu geologi sangat membutuhkan para lulusan dari jurusan Geologi sehingga dapat menjadi salah satu tenaga ahli dalam pelaksanaan pertambangan. Hampir semua orang tahu apabila gaji para pekerja pertambangan pasti sangat besar bahkan sampai puluhan juta rupiah.

3. Bekerja Sebagai Kontraktor

Kontraktor merupakan salah satu pekerjaan yang sering dikaitkan dengan pekerjaan konstruksi. Jurusan ini memang sangat pas untuk pekerjaan konstruksi sebab sangat berkaitan dengan beberapa hal seperti pengkajian, perencanaan, dan juga untuk manajemen penyelenggaraan konstruksi bangunan. Anda juga dapat menjadi konsultan konstruksi. 

Selain itu, Anda pun juga dapat melayani pekerjaan seperti pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan pembongkaran, dan juga pembangunan kembali suatu bangunan baik sebagian atau keseluruhannya. Dengan menjadi kontraktor gaji yang akan didapatkan juga lumayan apalagi jika Anda bekerja sebagai kontraktor di perusahaan konstruksi yang besar.

4. Bekerja Sebagai Dosen Teknik

Untuk menjadi dosen teknik maka Anda dapat meneruskan kuliah minimal sampai tingkat pendidikan magister atau S2. Selain itu, Anda juga dapat meneruskan pendidikan sampai program studi doktor bahkan jika perlu juga dapat mengambil program post-doctoral untuk mendapatkan ilmu yang banyak dan mumpuni sehingga dapat digunakan untuk mengajar para mahasiswa Anda nantinya. 

Dosen merupakan salah satu pekerjaan yang masa baktinya juga cukup panjang, Anda dapat bekerja sampai usia 65 tahun, bahkan untuk setingkat profesor, Anda masih dapat mengajar sampai usia 70 sampai 75 tahun. Gajinya sesuai di mana Anda bekerja, jika PNS maka gajinya standar PNS namun jika di swasta sesuai dengan kebijakan kampus.

5. Bekerja di LIPI 

Jurusan Geologi juga memiliki prospek kerja yang bagus untuk bekerja di LIPI atau lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Lembaga ini merupakan lembaga non pemerintah yang dikoordinasikan oleh Kementerian Negara Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi atau KMNRT.

Di LIPI Anda dapat menjadi peneliti yang memiliki tugas berupa melakukan persiapan perumusan, pelaksanaan penelitian, pemantauan, evaluasi dan lain sebagainya yang intinya untuk mendukung perkembangan IPTEK. Gajinya cukup besar dan statis namun tunjangannya juga cukup besar.

6. Bekerja Sebagai Pengembang Pemukiman

Selanjutnya, dengan mengantongi ijazah lulusan dari jurusan Geologi, Anda juga dapat bekerja sebagai Pengembang Pemukiman yang mana tugasnya yaitu seperti pengembangan permukiman dan juga peningkatan kualitas lingkungan untuk kebutuhan sinkronis dan juga pengelolaan yang efektif , efisien dan juga secara rasional.

Pekerjaan ini memang berkaitan dengan pemukiman warga sehingga gajinya juga cukup besar bahkan mencapai 10 jutaan.

7. Bekerja di Kementerian Lingkungan Hidup

Pekerjaan yang membutuhkan ahli geodesi selanjutnya adalah Kementerian Lingkungan Hidup. Si sini Anda dibutuhkan sebagai tenaga ahli yang melakukan berbagai hal yang menyangkut geologi terutama pada bagian penelitian terhadap beberapa fenomena alam dan juga beberapa hal tentang kebumian sehingga lingkungan hidup tetap terjaga.

Gajinya mungkin tidak sebesar yang lainnya akan tetapi menjadi kebanggaan tersendiri jika bekerja di Kementerian.

8. Bisa Menjadi Dosen Geologi

Selain dapat menjadi dosen teknik. Anda pun juga dapat menjadi dosen Geologi. Anda dapat belajar dan meneruskan pendidikan sampai tingkat yang tinggi dalam mempelajari Geologi sehingga setelah lulus dapat mendaftar kerja sebagai dosen yang mengajar Geologi. Pasti akan sangat menyenangkan jika Anda yang memiliki dasar suka dengan kebumian dan Anda belajar lalu mengajarkan ilmu Anda sehingga sangat sesuai dengan passion dan kemampuan.

Pekerjaan ini sangat mulia karena Anda dapat menyalurkan ilmu yang berguna bagi mereka yang membutuhkan. Gajinya sama seperti gaji dosen teknik yang mana sangat tergantung dengan kampus yang menaunginya.

advertisement

9. Bekerja di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Tidak hanya dapat bekerja di Kementerian lingkungan hidup saja akan tetapi Anda pun juga dapat bekerja di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Anda juga berkesempatan menjadi salah satu tenaga ahli yang dapat bekerja sesuai dengan apa yang Anda pelajari sebelumnya di perkuliahan sehingga akan sangat menyenangkan dan lebih mudah. 

Untuk bekerja di sini, Anda juga dapat mendaftar sebagai salah satu Pegawai Negeri Sipil dengan mendaftar terlebih dahulu dan juga mengikuti tes layaknya orang lain yang juga mendaftar CPNS. Jika Anda bekerja sebagai PNS maka Anda pun akan mendapatkan gaji yang tetap dan juga mendapatkan tunjangan-tunjangan menarik bahkan mendapatkan dana pensiunan.

10. Dapat Bekerja sebagai Wirausaha

Dan yang terakhir, Anda dapat menjadi salah satu wirausaha yang tidak hanya bekerja di beberapa perusahaan atau instansi saja akan tetapi Anda yang membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Pekerjaan ini memang lebih dilirik untuk beberapa tahun belakangan sebab Anda menjadi lebih mandiri, pendapatan yang dapat diatur sesuai dengan keinginan, pendapatan yang lebih banyak, dan dapat menyerap tenaga kerja.

Prospek kerja teknik geologi selanjutnya adalah sebagai wirausaha, bisa yang berkaitan jurusan Geologi atau juga wirausaha yang lain yang mungkin tidak berkaitan dengan Geologi. Anda bebas menentukan apa yang akan Anda pilih sehingga lebih pas.

11. Interpreter Seismik

Interpreter seismik adalah ahli geologi yang menggunakan berbagai macam teknik geologi, teknik komputasi dan pemodelan saintifik untuk membuat data geofisikal dan data geologis untuk menganalisa konten hidrokarbon dari struktur batuan.

Bingung dengan penjelasan diatas? Intinya sih seorang interpreter seismik dipekerjakan untuk menganalisa jumlah minyak & gas yang terkandung di dalam struktur batuan. Interpreter Seismik juga diminta menganalisa bagaimana proses ekstraksi serta potensi bencana dalam prosesnya.

Secara mendetil Interpreter Seismik wajib memiliki kemampuan interpretasi model 2D, 3D, hingga 4D pemetaan batuan. Mereka juga wajib mengumpulkan data dari pembacaan akustik, survey permukaan, dan satelit.

Interpreter Seismik juga seringkali diminta untuk membuat peta dan potong lintang struktur batuan bumi, mengumpulkan data mengenai itu, dan mengumpulkan informasi mengenai volum batuan dan kualitas yang bisa diukur untuk menghitung konten minyak atau gas di dalam tanah.

Gajinya lagi-lagi serupa sih dengan orang yang bekerja sebagai ahli geologi dan ahli geofisika. Apalagi kalau sama-sama bekerja di perusahaan pertambangan. Rata-rata per bulannya mereka mendapatkan Rp 5.000.000,- hingga Rp 8.000.000,- di awal karirnya.

Apa yg dipelajari di Teknik Geologi?

Pengertian Geologi adalah Ilmu yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukanya. Orang yang mempelajari geologi disebut geolog.

Prospek Kerja Teknik Geologi

Apakah Teknik Geologi Cocok untuk Wanita?

Profesi ini lebih sering di Outdoor. Misal kamu memiliki ketertarikan pada ilmu fisik, biologi, kimia, matematika dan geografi maka fine-fine saja dengan jurusan ini.

Apa Perbedaan Antara Teknik Geologi, Geodesi dan Geomatika?

Geologi mempelajari tentang komposisi bumi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya.
Teknik Geodesi bisa dideskripsikan sebagai ilmu yang mempelajari bentuk dan ukuran bumi, darat dan laut.
Geomatika melakukan pendekatan yang terintegrasi dari analisis, pengukuran, pengelolaan, dan penyajian data situasi fisik bumi.

Prospek Kerja Teknik Geologi Fresh Graduated

Software Apa Saja ang Perlu Dipelajari Geolog?

ArcGIs untuk bikin peta, Corel untuk melayot peta dan mengedit peta, GlobalMapper, Dips, Rockworks, Geolog, Minescape, Sedlog, dsb

Apa Suka Duka Kuliah Jurusan Geologi?

Kuliah di geologi berarti pasti banyak kegiatan di lapangan, menyusuri sungai dan naik turun bukit hanya untuk mengetahui batuan apa saja yang ada disana, mengeksplorasi tempat-tempat asing hanya bermodalkan peta, GPS, kompas, dan banyak bertanya dengan warga lokal apabila sedang melakukan kegiatan pemetaan, mengambil sampel batuan di lapangan lalu dianalisa di laboratorium untuk mengetahui kandungan mineral dan jenis batuan, menyusun laporan dan peta persebaran batuan.

Dukanya adalah semester 5 keatas banyak praktikum dan membuat laporan dalam jumlah banyak. Untuk lulusan yg IP nya standar agak suram, kebanyakan banting stir kerja di bank, sebagian keja proyekan, sebagian jadi ASN dan seperlima nya yang kerja sesuai gelar akademik

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *