11 Prospek Kerja Teknik Lingkungan untuk Wanita & Gajinya

Seperti jurusan teknik pada umumnya, teknik lingkungan pun kurang populer bagi seorang wanita. Jurusan “teknik” seakan akan identik dengan kaum pria.

Prospek kerja teknik lingkungan untuk wanita dianggap minim karena kebanyakan pekerjaan yang harus ditempuh para lulusan jurusan ini mengharuskan mereka kerja di lapangan.

Di setiap tahunnya dalam satu angkatan jurusan teknik lingkungan, mahasiswi perempuannya mungkin bisa dihitung dengan jari.

prospek kerja teknik lingkungan untuk wanita perempuan

Sebenarnya, seorang wanita juga tidak menjadi masalah jika ingin sekolah di jurusan ini. Hanya saja bagi anda yang ingin melanjutkan studi di teknik lingkungan, anda harus mempersiapkan fisik anda dengan prima.

Selain mayoritas prospek pekerjaan yang dimiliki oleh alumni teknik lingkungan mengharuskan kerja di lapangan, pada saat menempuh pendidikan di universitas pun jurusan ini cukup berat.

Anda akan disajikan dengan banyak sekali praktikum setiap minggunya, dilanjutkan dengan mengerjakan laporan sesudahnya. Kegiatan ini akan mengharuskan mahasiswa jurusan ini untuk kuliah hingga sore atau bahkan petang, dan kemudian dilanjutkan menyelesaikan berlembar-lembar laporan yang harus selesai dalam waktu yang dekat.

Praktikum ini tentunya sangat bermanfaat, agar ketika lulus dari jurusan ini, mahasiswa sudah tahan banting dengan tingginya porsi pekerjaan yang harus dilakukannya.

Materi Kuliah Teknik Lingkungan

Teknik lingkungan merupakan salah satu jurusan yang ada di fakultas teknik, yang berfokus pada permasalahan yang ada di lingkungan. Ilmu yang dipelajari di jurusan ini cakupannya cukup luas.

Secara garis besar, di sini anda akan belajar bagaimana mengamati kondisi lingkungan, menganalisis dampak pencemaran yang dilakukan manusia dan bagaimana upaya konservasi sumber daya alam yang ada.

Di Dalam perkuliahannya, kegiatan belajar mengajar akan dipenuhi praktikum dan penulisan laporan.  Materi yang dipelajari di jurusan teknik lingkungan juga mencakup banyak bidang.

prospek kerja teknik lingkungan untuk wanita perempuan

Semua ilmu dasar IPA digunakan dipelajari disini, misalnya saja untuk bagian fisikanya anda harus mempelajari Mekanika. Sedangkan untuk bidang biologinya anda perlu mempelajari tentang mikroba.

Beberapa kuliah yang harus dipelajari di ketika menempuh studi di teknik lingkungan diantaranya

  1. Mekanika Fluida
  2. Statistika Lingkungan
  3. Matematika Rekayasa
  4. Kesehatan Lingkungan
  5. Teknik Penyediaan Air Minum
  6. Pencemaran Tanah
  7. Design Teknik Lingkungan
  8. Manajemen Teknik Lingkungan
  9. Mikrobiologi Tanah
  10. Infrastruktur dan Sanitasi
  11. Aspek Teknis Daur Ulang Limbah

Terlihat dari sebagian mata kuliah yang diajarkan di atas, bahwa anda membutuhkan pengetahuan di keempat ilmu dasar IPA. Anda juga harus memerlukan kondisi fisik yang prima agar bisa melakukan pekerjaan di lapangan setelah lulus dengan baik.

Prospek Kerja Teknik Lingkungan

Banyak sekali pekerjaan yang bisa dilamar oleh lulusan Teknik Lingkungan. Walaupun mayoritas pekerjaan tersebut mengharuskan bekerja dengan mengamati langsung ke lapangan (perjalanan dinas). Ada juga pekerjaan yang bisa dilakukan hanya di sekitar perusahaan saja.

1. Manajer Lingkungan

Seperti pekerjaan manajer pada umumnya, manajer lingkungan tugasnya adalah untuk mengatur. Akan tetapi yang diatur disini adalah kondisi lingkungan yang ada di lingkungan kerjanya.

Seorang manajer lingkungan suatu perusahaan, tugasnya adalah untuk menganalisis bagaimana dampak aktivitas yang ada di perusahaan tersebut terhadap kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya. Pekerjaan ini cukup bergengsi dan memiliki penghasilan yang lumayan besar.

2. Teknisi Pengelolaan Limbah

Jika seorang manajer tugasnya adalah mengatur, maka teknisi pengelolaan limbah adalah orang yang melakukan pengaturan tersebut. Dalam sebuah perusahaan, teknisi pengelolaan limbah bekerja agar limbah yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut tidak mencemari lingkungan secara berlebihan.

Pekerjaan ini banyak juga dibutuhkan oleh industri, karena keterjagaan lingkungan merupakan salah satu syarat agar pabrik bisa terus beroperasi.

prospek kerja teknik lingkungan untuk wanita perempuan

3. Pegawai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Lulusan Teknik Lingkungan, bisa juga menjadi PNS khususnya di KLHK. Prospek kerja teknik lingkungan untuk wanita di kementrian ini cukup tinggi, untuk bekerja di sini masalah jenis kelamin tidak terlalu diperhatikan.

Hanya saja anda harus siap untuk ditugaskan ke daerah pelosok, misalnya saja anda disuruh melakukan survei tentang pencemaran air yang ada di danau toba. Anda harus melakukan pengamatan secara langsung ke danau tersebut, kemudian datanya dilaporkan ke pusat.

4. Ahli Konservasi Alam

Menjadi seorang ahli konservasi alam merupakan sebuah pekerjaan yang mulia. Seorang yang bekerja di bidang ini, secara langsung membantu kelestarian alam.

Ada beberapa pilihan sumber daya alam yang bisa dilestarikan, misalnya sumber daya alam, hewan dan tumbuhan. Pekerjaan ini selain bertujuan mulia, juga memiliki penghasilan yang cukup besar.

5. Dosen

Dosen merupakan Prospek kerja teknik lingkungan untuk wanita yang paling saya rekomendasikan. Seorang wanita, khususnya ibu, sangat cocok untuk menjadi pengajar yang mencerdaskan anak bangsa.

advertisement

Pekerjaan ini seringkali dianggap terhormat di kalangan masyarakat Indonesia. Untuk menjadi seorang dosen, anda harus bisa menjadi salah satu pemilik nilai yang terbaik di angkatan anda.

Jika sudah demikian, biasanya universitas tempat anda menempuh studi menjadi tertarik untuk merekrut anda sebagai pengajar disana.

6. Konsultan Lingkungan

Bekerja sebagai konsultan lingkungan berarti anda bertugas untuk menganalisis dampak sebuah kegiatan terhadap lingkungan. Salah satu peran konsultan ini terlihat dalam proyek reklamasi teluk Jakarta.

Disana ada banyak konsultan lingkungan yang memberikan saran bagi pemerintah mengenai keputusan lanjut atau tidaknya sebuah proyek reklamasi. Seorang konsultan lingkungan harus menyediakan data untuk menguatkan argumennya.

prospek kerja teknik lingkungan untuk wanita perempuan

7. Manajer Pengelolaan Energi

Pekerjaan ini memang tidak terlalu banyak dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Biasanya perusahaan yang memiliki jabatan ini adalah perusahaan yang sudah berukuran besar. Mereka bekerja untuk membuat energi yang dikeluarkan oleh perusahaan menjadi seefektif mungkin.

Misalnya saja dalam pabrik pembuatan gula, manajer pengelolaan energi berusaha mencari cara agar limbah gula yang dihasilkan menjadi seminimal mungkin dan hasil produksinya tetap maksimal.

8. Petugas Daur Ulang

Saat ini sampah merupakan salah satu masalah terbesar manusia. Oleh karena itu, petugas daur ulang merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan.

Tugas dari pekerjaan ini adalah untuk melakukan daur ulang berbagai sampah yang ada di masyarakat untuk menghasilkan sebuah produk baru yang bisa dimanfaatkan.

9. Ahli Biologi Kelautan

Untuk menjadi seorang ahli biologi kelautan, anda perlu melanjutkan studi anda minimal ke tingkat master. Seorang ahli biologi kelautan tugasnya adalah meneliti tentang berbagai aspek sumber daya yang ada di laut.

Aspek yang diteliti ini termasuk di dalamnya adalah bagaimana pengaruh limbah yang dihasilkan oleh manusia terhadap kelangsungan hidup fauna dan flora yang ada di laut.

10. Peneliti

Lingkungan merupakan sebuah objek penelitian yang sangat luas. Ada banyak sekali kesempatan yang bisa anda teliti disini. Misalnya saja penelitian tentang kualitas air, kualitas udara dan lain sebagainya.

Jika anda berniat ingin menjadi seorang peneliti, maka anda bisa mendaftar bekerja di berbagai laboratorium lingkungan yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah LIPI, disini ada berbagai bidang ilmu pengetahuan yang bisa dipelajari.

11. Kementerian Pekerjaan Umum

Jangan salah, setiap tahunnya Kementerian Pekerjaan Umum membutuhkan banyak sekali lulusan dari teknik lingkungan. Tugas mereka disini adalah untuk menganalisis dampak sebuah proyek yang dilakukan oleh kementrian ini terhadap lingkungan.

prospek kerja teknik lingkungan untuk wanita perempuan
cek sampel air sungai, yang terkontaminasi limbah pabrik

Apa saja persiapan untuk masuk jurusan Teknik lingkungan?

1. Belajar, jika ingin masuk SBMPTN tulis, pastikan selama try out, nilainya bisa masuk standard passing grade Teknik Lingkungan
2. Syarat masuk jurusan Teknik Lingkungan itu tidak boleh buta warna, jangan lupa untuk cek buta warna
3. Membuat proyeksi karir yang di inginkan ke depannya, apakah jurusan ini sesuai atau belum
4. Mencari daftar mata kuliah pada Jurusan Teknik Lingkungan, apakah sudah sesuai dengan gambaran yang diinginkan

Apa ciri khas jurusan teknik lIngkungan dibanding jurusan lain?

Mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan dikenal sebagai mahasiswa yang berani jorok. Karena praktikumnya test sampel air sungai, sampah, limbah, TPA/TPS, uji cerobong asap pabrik

Jurusan Teknik Lingkungan (Tekling, TL) juga dikenal sebagai jurusan yang TL (tipis lebar). Artinya, mahasiswa diwajibkan untuk memahami konsep dasar banyak hal meski tidak mendalam.

Dari hukum lingkungan, kebijakan iklim dan negosiasinya, lingkungan pertambangan/perminyakan, unit proses, kesehatan masyarakat, mikrobiologi, pengetahuan struktur, hingga ekonomi lingkungan.

Apakah kuliah Teknik Lingkungan itu Gampang?

Seluruh jurusan teknik itu tidak ada yang mudah, termasuk teknik lingkungan karena harus berkutat dengan matematis, mendesain dengan perhitungan yang harus tepat, praktikum yang menguras tenaga dan pikiran.
Selain itu juga tugas besar seperti plumbing (perpipaan), spal (sistem penyaluran air limbah), PBPAM (perencanaan bangunan pengolahan air minum), dan lain2. Tugas besar itu ada deadline dan harus rutin menghadap dosen, jika tidak harus mengulang tahun depan.

Itulah beberapa prospek kerja teknik lingkungan untuk wanita yang bisa anda coba. Pilihlah pekerjaan dengan bijak, karena beberapa diantaranya mengharuskan anda sering meninggalkan keluarga anda untuk melakukan pengamatan di luar kota.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest