13 Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan (EkBang)

Tak sedikit calon mahasiswa yang memilih untuk masuk ke Fakultas Ekonomi. Tak heran jika banyak universitas di Indonesia menawarkan Fakultas Ekonomi dengan berbagai prodi atau jurusan, mulai dari akuntansi, ekonomi, manajemen, hingga ekonomi pembangunan.

Dari sekian banyak prodi yang ada, untuk ekonomi pembangunan ini kadang terdengar asing bagi sebagian orang. Padahal, prospek kerja ekonomi pembangunan terbilang cukup menggiurkan.

Secara umum prodi ekonomi pembangunan akan mempelajari persoalan pembangunan yang akan, sedang, atau sudah terjadi di negara berkembang. Selain bekerja sebagai ahli ekonomi pembangunan, cari tahu prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan lainnya yang tak kalah menjanjikan dan bergaji tinggi di bawah ini!

Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan EkBang

13 Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan

  • Ahli Ekonomi Pembangunan

Ahli ekonomi pembangunan atau regional development economist, merupakan tenaga ahli yang berpengalaman di bidang pengembangan wilayah serta analisis ekonomi. Umumnya seorang ahli ekonomi pembangunan bekerja untuk menganalisis sektor perekonomian kawasan, meningkatkan pendapatan ekonomi wilayah, menganalisis pergeseran serta prospek perkembangan kota, menyusun strategi pembiayaan sarana dan prasarana kawasan, dan masih banyak lagi.

Selain itu seorang regional development economist juga melakukan kajian aspek ekonomi yang berkaitan dengan perkembangan perkotaan, serta mengidentifikasi komponen kegiatan pendanaan program pengembangan prasarana. Gaji ahli ekonomi pembangunan berpengalaman dapat mencapai Rp 17.000.000.

  • Research and Development

Research and Development (R&D) atau yang lebih dikenal dengan staf penelitian dan pengembangan, bertanggung jawab terhadap aktivitas penelitian serta pengembangan yang berorientasi ke masa depan atau jangka panjang.

Pekerjaan yang umumnya dilakukan adalah mengelola dana yang dianggarkan perusahaan untuk riset serta pengembangan, memastikan kualitas performansi perusahaan telah sesuai dengan standar, melakukan, membuat serta mengembangkan teknologi untuk meningkatkan kualitas produk, dan lain-lain. Gaji seorang R&D bervariasi, mulai dari Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000.

  • Analis Kredit

Prospek kerja ekonomi pembangunanselanjutnya adalah analis kredit atau credit analyst. Seorang analis kredit umumnya menganalisis dan mengkaji laporan keuangan, laporan laba rugi, laporan tahunan, inventaris uang tunai, akun manajemen, dan lain sebagainya.

Seorang analis kredit akan berkutat dengan analisis risiko keuangan perusahaan, dan umumnya akan memberikan panduan mengenai risiko kredit yang melibatkan uang dengan jumlah besar. Gaji seorang credit analyst bervariasi, mulai dari Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000.

  • Aktuaris

Lulusan prodi ekonomi pembangunan juga dapat bekerja menjadi seorang aktuaris. Profesi ini umumnya akan merancang produk asuransi dan preminya, melakukan proyeksi keuangan perusahaan, serta menentukan status keuangan perusahaan asuransi.

Namun rupanya tak hanya dibutuhkan di perusahaan asuransi saja, aktuaris juga dapat bekerja di perusahaan investasi, dana pensiun, perbankan, hingga manajemen risiko. Gaji seorang aktuaris mencapai Rp 4.000.000 hingga Rp 7.000.000.

  • Analis Bisnis

Analis bisnis juga menjadi profesi yang tak kalah diminati para lulusan prodi ekonomi pembangunan. Analis bisnis atau business analyst bertugas menganalisa dan memvalidasi persyaratan untuk perubahan proses bisnis.

Seorang business analyst berperan untuk menggerakkan organisasi ke arah yang produktif dan efisien. Gaji seorang analis bisnis mulai dari Rp 6.000.000 hingga Rp 12.000.000.

prospek kerja ekonomi pembangunan jadi analis bisnis
  • Staf Lembaga Swadaya Masyarakat

Lembaga swadaya masyarakat atau LSM, merupakan lembaga yang membantu kinerja pemerintah terkait dengan kegiatan kemasyarakatan maupun pengawasan jalannya pemerintahan.

LSM umumnya membutuhkan lulusan ekonomi pembangunan untuk membantu menganalisa banyak hal, sebut saja ekonomi perbankan hingga pembangunan industri. Gaji staf LSM bervariasi, mulai dari Rp 3.000.000 hingga Rp 10.000.000.

  • Akuntan

Tak menutup kemungkinan lulusan prodi ekonomi pembangunan bekerja sebagai akuntan. Akuntan sendiri bertugas menganalisa informasi keuangan serta mempersiapkan rencana laporan keuangan, dan mendokumentasikannya menggunakan teknologi komputer, sehingga Anda juga dituntut untuk mahir mengoperasikan komputer. Gaji untuk profesi ini bervariasi, mulai dari Rp 3.500.000 hingga Rp 7.000.000.

  • Juru Taksir

Juru taksir umumnya bekerja untuk menentukan kewajiban pajak serta nilai properti, mengukur struktur, memeriksa lapangan, melakukan perhitungan, menganalisa penjualan, hingga studi tren pasar.

Profesi ini juga dapat memeriksa properti dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi, bangunan, dan nilai pasar atau penggantian biaya. Menjelaskan poin penilaian kepada pemilik properti juga merupakan tanggung jawab dari seorang juru taksir. Jika Anda tertarik dengan profesi ini, gaji yang bisa didapatkan berada di kisaran Rp 5.000.000.

  • Pengajar Bisnis

Jika Anda tertarik untuk berperan menjadi pengajar atau guru, untuk lulusan bidang ekonomi pembangunan juga mampu menjadi seorang pengajar dalam bidang bisnis. Untuk dapat menjadi seorang pengajar atau dosen, Anda harus mengenyam pendidikan minimal Magister atau S2. Gaji yang bisa diperoleh seorang pengajar bisnis mulai dari Rp 2.000.000 hingga Rp 4.000.000.

  • Pengajar Ekonomi

Selain pengajar bisnis,prospek kerja ekonomi pembangunanlainnya adalah pengajar ekonomi. Materi yang dapat diajarkan mulai dari ilmu ekonomi, ekonomi mikro, ekonomi makro, akuntansi, perbankan, dan lain sebagainya. Gaji seorang pengajar ekonomi umumnya berada pada kisaran Rp 4.000.000.

  • Analis Logistik

Seorang analis logistik bekerja untuk menganalisis proses pengiriman produk sehingga dapat menyarankan suatu perubahan. Analis logistik juga dapat mengelola aktivitas rute, tagihan elektronik, faktur, hingga pengiriman pelacakan.

Menjaga databaseinformasi serta menyiapkan laporan kinerja logistik juga menjadi tugas seorang analis logistik. Gaji yang bisa didapatkan bervariasi, mulai dari Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000.

prospek kerja ekonomi pembangunan jadi analis logisti
  • Pegawai Instansi Pemerintahan

Bekerja di instansi pemerintahan tentu menjadi impian banyak orang. Lulusan prodi ekonomi pembangunan dapat lebih mendominasi di instansi pemerintahan, jenjang karirnya pun terbilang cukup menjanjikan. Lowongan yang dibuka untuk lulusan ini umumnya BPK, Kementrian Keuangan, OJK, Bappeda, Bappenas, dan lain-lain.

  • Data Analyst

Seorang data analyst bertugas untuk menganalisis dan mendapatkan pengetahuan baru melalui data tersebut. Umumnya data analyst akan mencari serta mengumpulkan data yang nantinya diubah dalam bentuk angka, lalu menjelaskannya kepada perusahaan atau klien. Gaji yang didapat oleh data analystumumnya berada pada kisaran Rp 5.000.000.

prospek kerja ekonomi pembangunan - apa yang dipelajari ekbang

Apa yang Dipelajari di Jurusan Ekonomi Pembangunan?

Jika Anda tertarik untuk mempelajari ilmu ekonomi, jurusan ekonomi pembangunan merupakan pilihan tepat untuk Anda, terlebih jika Anda menyukai hitung menghitung dan menganalisa. Lulusan jurusan ekonomi pembangunan nantinya dapat membantu mewujudkan pembangunan negara di masa depan.

Ekonomi pembangunan merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang pembangunan industri, persoalan perbankan, bisnis, maupun keuangan. Mahasiswa akan mempelajari hal-hal terkait dengan analisa isu perekonomian, yang bertujuan untuk menemukan solusi dari permasalahan ekonomi.

Mata kuliah jurusan ekonomi pembangunan pun cukup banyak. Mulai dari ekonomi politik, sistem ekonomi, sejarah ekonomi, ekonometrika, ekonomi internasional, ekonomi industri, ekonomi uang dan bank, perencanaan pembangunan desa, manajemen investasi, pajak daerah dan retribusi, perencanaan anggaran dan sektor publik, analisis kebijakan publik dan regional, akuntasi, perbankan, manajemen, hingga hukum bisnis.

Apakah jurusan ekonomi pembangunan bagus?

Bagus, sama seperti jurusan lainnya. Jika boleh jujur pembelajaran EkBang termasuk jurusan yang ‘sulit’. Jangan pilih Ekonomi Pembangunan jika bukan tipe orang yang teliti. Jurusan ini banyak bermain di perhitungan ekonomi sosial masyarakat atau perusahaan.

Nasib kalian yang menentukan, karena yang terpenting saat ini adalah bukan Gelar Pendidikan tapi KITA BISA APA? so, tetap kembangkan Hardskill dan Softskill karena dunia kerja lama-kelamaan makin keras.

Apa gelar sarjana ekonomi pembangunan?

Sarjana Ekonomi (S.E.)
Program studi Ekonomi Pembangunan awalnya dibawah Fakultas Ilmu sosial. Seiring dengan waktu, maka prodi Ekonomi Pembangunan bernaung di bawah Fakultas Ekonomi.

Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Aktuaria

Demikianlah 13 prospek kerja ekonomi pembangunan yang bisa Anda jadikan acuan maupun referensi untuk memilih prodi ini. Karena kini pemerintah gencar untuk memberikan solusi terkait dengan masalah perekonomian, membuat jurusan ini banyak dilirik oleh para calon mahasiswa. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk masuk ke jurusan ekonomi pembangunan?

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest