7 Alasan Memilih Fakultas Ekonomi yang Tepat & Rasional

Membahas soal ekonomi memang merupakan salah satu elemen penting di dalam kehidupan masyarakat. Bahkan saking pentingnya, ekonomi memiliki ilmu sendiri yang bertugas untuk mempelajari dan membahas setiap isu maupun kebijakan-kebijakannya.

Tentunya, ada berbagai hal yang terjadi dan berbeda-beda di ekonomi tingkat mikro dan makro. Nah, Anda yang saat ini ingin menempuh pendidikan, ini dia 7 alasan memilih fakultas Ekonomi. Check this out.

Prospek Kerja Lulusan Fakultas Ekonomi

Dalam pembagian jurusan di kampus, tentunya Anda kerap memperhatikan jika Ekonomi selalu berdiri sendiri dalam sebuah fakultas.

advertisement
alasan memilih fakultas ekonomi

Disebut dengan nama Fakultas Ekonomi, tempat ini merupakan wadah dari berbagai jurusan yang fokus utama pendidikannya ada pada keuangan, bisnis,
hingga hal-hal yang berkesinambungan dengan ekonomi mikro dan makro. Beberapa jurusan di fakultas ini biasanya adalah manajemen, akuntansi, hingga bisnis.

Berkaca dari nama-nama jurusannya, maka tidak heran jika para calon mahasiswa menjadikan fakultas ini sebagai primadona pilihan kuliah mereka. Hal ini tidak terlepas dari prospek kerja para lulusan Fakultas Ekonomi yang sebagian besar memiliki iming-iming gaji menggiurkan.

Sebut saja, pengusaha, karyawan BUMN atau PNS, konsultan keuangan, hingga bekerja di berbagai bidang yang mana pasti tidak bisa sembarang jurusan masuki.

adv

Berbagai Macam Alasan Mengapa Memilih Kuliah di Fakultas Ekonomi

Melihat dari ulasan tentang prospek kerja lulusan Fakultas Ekonomi, maka bukan hal yang mengherankan jika para calon mahasiswa sangat ingin masuk ke dalam fakultas ini.

Selain karena memang prospek kerja seperti yang sudah disebutkan, juga karena ekonomi menjadi penopang hidup suatu negara, rupanya ada hal lain lagi yang mendasarinya. Lalu, apa saja alasan memilih fakultas ekonomi untuk menempuh kuliah?

alasan memilih fakultas ekonomi
  • Dunia Favorit Anda Pecinta Hitungan

Pertama, alasan mengapa Anda pilih kuliah di salah satu jurusan yang ada di fakultas ekonomi adalah karena ini favorit Anda. Biasanya, mereka yang menyukai fakultas ekonomi adalah mereka yang suka pada angka, hitungan, dan orang yang teliti. Alhasil, mengerjakan laporan keuangan sedemikian banyak tidak bikin muak, justru menarik hati.

  • Ilmu yang Dekat dengan Kehidupan Sehari-Hari

Kedua, alasan mengapa Anda pilih kuliah di salah satu jurusan yang ada di fakultas ekonomi adalah karena ilmu ini sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari.

ads

Tidak bisa dipungkiri, ekonomi adalah salah satu aspek yang tidak bisa lepas dari roda kehidupan manusia. Dimana Anda berada, pasti ekonomi (uang) dibutuhkan untuk bertahan hidup. Itulah mengapa, ilmu ini masih saja banyak peminatnya.

  • Prospek Kerja Mengglobal

Ketiga, alasan mengapa Anda pilih kuliah di salah satu jurusan yang ada di fakultas ekonomi adalah karena memiliki prospek kerja yang lebih mengglobal.

Hal ini sudah dibahas di ulasan di atas dimana Anda bisa bekerja di banyak bidang hanya dengan menyandang sebagai Sarjana Ekonomi. Itulah mengapa fakultas ini tetap menjadi pilihan dan selalu masuk dalam daftar 5 fakultas terpopuler di kampus.

  • Biaya Kuliah Terjangkau

Selanjutnya, alasan mengapa Anda pilih kuliah di salah satu jurusan yang ada di fakultas ekonomi adalah karena biaya kuliahnya yang relatif terjangkau.

Berbeda dari biaya kuliah fakultas kedokteran atau fakultas hukum, fakultas ekonomi lebih murah biayanya. Tapi meski begitu, fakultas ini tetap tidak kalah mentereng lho.

a d s
  • Anak-Anaknya Keren Abis

Kelima, alasan mengapa Anda pilih kuliah di salah satu jurusan yang ada di fakultas ekonomi adalah karena mahasiswanya keren. Datanglah ke kampus-kampus di Indonesia dan lihat anak-anak fakultas ekonomi.

Waktu kuliah yang relatif singkat dengan praktek lapangan yang mengharuskan dandanan necis ala karyawan tentu saja membuat mahasiswa-mahasiswa di fakultas ini sedap dipandang dan jadi idaman fakultas lainnya.

mahasiswa kuliah
  • Bisa Kenal Banyak Orang Hebat

Keenam, alasan mengapa Anda pilih kuliah di salah satu jurusan yang ada di fakultas ekonomi adalah karena Anda akan kaya pengalaman. Fakultas ekonomi biasanya mengharuskan praktek kerja di tempat-tempat mentereng seperti perusahaan swasta dan BUMN, bank, hingga tempat-tempat lainnya. Itulah mengapa, masuk saja ke fakultas ini jika Anda ingin kenal dengan banyak orang hebat dan inspiratif di dunia.

  • Ilmunya Dinamis

Terakhir, alasan mengapa Anda pilih kuliah di salah satu jurusan yang ada di fakultas ekonomi adalah karena ilmunya yang dinamis. Jadi, Anda mungkin saja menerima tambahan wawasan dan ilmu kapan saja. Hal ini karena ilmu ekonomi senantiasa berkembang dan tidak hanya diam terpaku pada zaman.

Universitas manakah di Indonesia yang memiliki fakultas ekonomi terbaik?

Perhatikan biografi tokoh-tokoh ekonomi Indonesia, sehingga akan menemukan fakta bahwa mayoritas menteri di sektor ekonomi didominasi lulusan Universitas Indonesia
FE UI disebut favorit di Indonesia karena memiliki kombinasi lokasi strategis (ibukota negara), kompetensi dosen, mahasiswa terbaik yang dipilih dari seluruh negeri dan jaringan alumni yang solid dan tersebar dimana-mana.

Universitas apa saja yang Fakultas Ekonomi ter-Akreditasi A

Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya
Universitas Airlangga , Universitas Gadjah Mada
Universitas Padjadjaran, Universitas Sebelas Maret

sponsor

Kenapa kita harus bersyukur pernah kuliah di fakultas ekonomi?

1. Biaya kuliah relatif terjangkau
2. Ilmunya up to date, berkembang seiring dinamika ekonomi
3. Kamu juga bisa ambil Profesi (Pajak, Akuntan, Perencana Keuangan)
4. Hampir semua perusahaan menerima Sarjana Ekonomi.
5. Bisa menjadi pengusaha, ilmunya bisa dipakai sebagai bekal membuka lapangan pekerjaan.
6. Periode kuliah bisa lebih cepat, kecuali kampus menerapkan sistem paket.

kuliah

Demikian ulasan mengenai 7 alasan memilih fakultas Ekonomi sebagai pilihan pendidikan Anda di perguruan tinggi. Ingat, ekonomi adalah salah satu elemen penting dalam kestabilan hidup masyarakat di sebuah negara.

Maka dari itu, mempelajari hal ini berarti Anda juga sudah mempelajari salah satu cara membuat negara makmur. Jadi, jangan patah semangat dan tetap berjuang untuk masuk fakultas ini. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp