5 Contoh Resensi Buku Nonfiksi beserta Strukturnya

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, tentu saja kamu pernah menjumpai atau menemukan istilah resensi bukan. Resensi dipakai dalam sebuah buku atau novel, dimana didalamnya menceritakan mengenai gambaran umum isi buku yang sedang diulas.

Dalam penjelasan kali ini akan dibahas mengenai resensi baik dari segi pengertian maupun contoh resensi buku nonfiksi yang sesuai dengan EYD. Dipilih 5 buku terbaik label best seller tahun kemarin yang banyak di review netizen

Pengertian Resensi Buku

Secara umum resensi bisa diartikan sebagai penjelasan atau gambaran singkat mengenai isi sebuah buku atau novel. Didalamnya membahas dan mengulas secara mendalam soal isi keseluruhan buku yang sedang dibahas. Dengan membaca sebuah resensi semua orang termasuk kamu akan semakin mudah memahami apa saja yang ada di topik pembahas buku tersebut.

Contoh Resensi Buku Nonfiksi
Contoh Resensi Buku Nonfiksi

Pada resensi sebuah buku atau novel tersebut calon pembaca akan dibuat seakan mudah memahami apa saja yang ada di dalamnya berdasarkan ungkapan yang dijelaskan oleh si pembuat resensi. Biasanya pembuat resensi tersebut memang seseorang yang memahami kandungan buku atau novel dan sudah membacanya lebih dulu.

Dengan resensi yang disampaikan, maka semua informasi dan ilmu pengetahuan yang ada pada sebuah buku atau novel akan semakin mudah diterima oleh masyarakat luas. Tidak hanya itu saja, meresensi sebuah buku memiliki tujuan menyampaikan apa saja yang ada di dalam buku tersebut.

Sehingga calon membaca akan semakin mengetahui unsur-unsur terdapat dalam buku atau novel yang akan dibacanya. Nilai lebih atau tidak pada sebuah buku juga akan semakin mudah diterima oleh calon pembaca. Di dalam sebuah resensi buku juga disampaikan apa saja unsur-unsur terkandung di dalamnya. Karena setiap membaca memang harus bisa mengetahui unsur yang terdapat pada buku atau novel yang disampaikan.

Secara garis besar unsur-unsur yang ada dalam mencakup intrinsik serta unsur ekstrinsik. Pada unsur intrinsik biasanya disampaikan tentang penokohan, gaya bahasa, tema, amanat, alur dan latar. Sedangkan pada unsur ekstrinsik biasanya disampaikan mengenai pandangan hidup pengarang, situasi sosial beserta latar belakang pengarang.

Tujuan dan Manfaat Resensi Buku

Membuat resensi memang membutuhkan pertimbangan, apalagi berkaitan dengan karya yang sudah dibuat seseorang. Terdapat beberapa tujuan ketika meresensi sebuah buku atau novel. Sejumlah tujuan tersebut antara lain:

  • Penerbitan resensi bertujuan untuk menyampaikan pemahaman dan informasi mengenai lebih luas kepada semua pembaca mengenai karya baik buku atau novel yang diresensi tersebut.
  • Mengajak masyarakat luas sebagai calon pembaca untuk lebih lanjut melakukan diskusi tentang beberapa masalah dibahas atau diangkat pada karya yang telah diresensi tersebut. Sehingga buku, majalah ataupun novel mendapatkan umpan balik dari pembacanya.
  • Sedikit memberikan pertimbangan kepada para pembaca tentang karya yang akan dibaca atau diterbitkan tersebut apakah layak atau tidak.
  • Sedikit memberikan jawaban serta informasi kepada para pembaca mengenai banyaknya pertanyaan yang seringkali diberikan oleh pembaca yang sedang diterbitkan.

Dari beberapa tujuan diatas, tentu saja meresensi buku memiliki banyak manfaat untuk para pembaca bukan. Selain itu resensi buku juga memiliki banyak manfaat, berikut ini manfaatnya.

  • Resensi digunakan sebagai salah satu media dan sarana dalam mempromosikan sebuah buku atau novel. Selama ini buku yang diresensi merupakan buku baru yang sama sekali belum pernah diresensi oleh orang lain. Dengan adanya resensi sudah pasti bisa menjadikan calon pembaca lebih tertarik untuk membelinya.
  • Resensi dipakai sebagai gambaran dan pertimbangan secara umum mengenai karya yang akan diterbitkan. Dengan kata lain dengan adanya resensi maka sebuah karya akan mempengaruhi karya yang lainnya juga.
  • Media dalam mengembangkan kreatifitas sebagai salah satu penulis. Dimana seseorang yang sering menulis memang akan semakin terasah dalam mendalami isi dari sebuah karya. Sehingga kedepan kreativitas ini akan mengembangkan juga kemampuan mereka.
  • Dari semua buku yang sudah diresensi maka peresensi akan memperoleh imbalan atau jasa berupa uang jika penerbit sudah meluncurkan karya mereka. Asalkan resensi buku atau novel tersebut sudah di muat dalam majalah atau Koran sehingga sudah banyak dilihat masyarakat luas.

Semua gambaran tujuan beserta manfaat dari resensi tersebut sudah bisa menjelaskan jika sangat berperannya sebuah resensi terhadap karya penulis. Jadi dengan meresensi buku atau novel, maka kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dalam bidang penulisan.


Unsur Penulisan Resensi Buku

Pada resensi buku atau novel memang terdapat beberapa unsur mendukung yang harus ada didalamnya. Sejauh ini semua unsur juga harus terstruktur agar pembaca lebih mudah dalam memahami apa saja yang dibahas didalamnya. Sebelum membahas sejumlah unsurnya, berikut ini beberapa jenis resensi buku yang harus kamu pahami lebih dulu.

  • Resensi Informatif

Resensi informatif merupakan sebuah resensi yang menggambarkan secara singkat dari ulasan unsur atau sebuah karya. Sehingga informasi yang disampaikan kepada calon pembaca memang sebatas ulasan secara umum saja tentang karya tersebut.

  • Resesni Deskriptif

Resensi deskriptif merupakan resensi yang dibuat untuk menggambarkan sebuah karya secara lebih detail. Sehingga di dalam resensi ini akan dibahas setiap bab dan bagian yang terdapat pada sebuah karya.

  • Resensi Kritis

Resensi kritis merupakan sebuah resensi yang mengulas secara detail berdasarkan metodologi ilmu di dalamnya sangat mengacu tata bahasa yang baik dan benar.

Sedangkan membahas mengenai unsur-unsur apa saja yang terdapat pada sebuah resensi, didalamnya mencakup banyak hal yang harus bisa diterapkan oleh peresensi. Beberapa unsur yang ada didalam resensi buku atau novel antara lain:


  • Identitas Buku

Identitas buku mencakup mengenai apa saja yang berkaitan dengan karya yang diterbitkan. Identitas buku mencakup:

  • Judul buku atau karya
  • Nama Lengkap Pengarang
  • Nama Penerbit Buku
  • Ketebalan buku atau karya
  • Tahun penerbitan buku atau karya
  • Nomor edisi buku atau karya

Selain itu didalam identitas buku atau karya juga di sebutkan secara detail mengenai ukuran buku, jilid buku dalam bentuk ilustrasi serta warna buku. Meski semuanya harus ada namun ada beberapa resensi yang tidak menyebutkan beberapa hal ini secara mendetail tergantung pembuatnya.

  • Ikhtisar Buku

Ikhtisar buku merupakan pokok-pokok penting yang terdapat pada sebuah karya berupa buku maupun novel. Tetapi apabila meresensi sebuah buku tentu saja harus bisa membedakan antara buku yang masuk kategori novel atau buku non fiksi. Karena pokok-pokok didalamnya tentu saja berbeda.

Buku non fiksi berisikan pokok-pokok gambaran nyata yang terjadi, sedangkan pokok-pokok novel berdasarkan peristiwa atau keadaan yang ada di dalamnya sangatlah berbeda dari kenyataan.

  • Pengarang

Pengarang menjadi salah satu sosok penting yang harus diceritakan pada sebuah resensi buku atau novel. Di dalam bagian ini dijelaskan secara detail tentang diri pengarang berupa latar belakang, karya yang sudah dibuat, sikap pengarang, dan keahliannya.

Biasanya sosok pengarang diceritakan secara umum pada bagian pertama atau berada di halaman awal sebuah buku atau novel. Tetapi ada juga lagu yang menceritakan pengarang pada bagian belakang novel. Dengan begitu kamu akan langsung cara mengetahui keseluruhan tentang pengarang.

Bagi pengarang banyak menulis buku atau novel, kamu tentu saja bisa mencari karya apa saja yang sudah dirilis dari internet atau media lainnya. Gambaran unsur mengarang juga menjadi hal yang pantas sekali dibahas pada resensi karena dengan mengetahui nama pengarang terkenal misalnya, calon pembaca akan semakin tertarik ke karya yang di rilisnya.

  • Keunggulan dan Kelemahan

Keunggulan dan kelemahan pada resensi buku atau novel memiliki kaitan erat dengan unsur-unsur di dalamnya. Dengan adanya unsur yang disampaikan, calon pembaca akan semakin mudah memberikan penilaian tentang apa saja yang terdapat pada isi buku tersebut.

Dalam tahapan ini akan disampaikan secara lebih detail tentang penguasaan masalah, kesederhanaan, kejelasan dan juga beberapa aspek lain yang sesuai kreativitas peresensi ketika menyampaikan.

Untuk lebih memudahkan kamu didalam memahami mengenai resensi buku atau novel, berikut ini beberapa contoh resensi buku nonfiksi yang bisa memberikan gambaran cara meresensi yang baik dan benar sesuai dengan EYD.

contoh membuat laporan tugas

Beberapa Contoh Resensi Buku Nonfiksi Singkat

a. Contoh Resensi Buku Nonfiksi Atomic Habits

Identitas Buku


  • Judul Buku : Atomic Habits, Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa
  • Nama Pengarang : James Clear
  • Nama Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
  • Halaman : 356 Halaman
  • Tahun Terbit : 2019
  • Penerjemah : Alex Tri Kantjono Widodo
  • No Seri : 978-602-06-3317-6
  • Harga : Rp 108.000

Sinopsis

Buku karangan James Clear ini mengisahkan mengenai perubahan kecil yang sering kali dianggap remeh oleh seseorang. Padahal didalam sebuah perubahan banyak terkandung manfaat besar dalam kehidupan seseorang. Perubahan tingkah laku akan memberikan banyak perubahan meski sedikit lama kelamaan akan menjadi ribuan perbaikan dalam sebuah kelompok.

James Clear menyebutkan jika dalam perubahan ada tiga tahapan penting didalamnya. Antara lain perubahan dari segi hasil, proses dan identitas. Selain itu ada aturan dalam sebuah perubahan hidup akan merubah perilaku seseorang semakin menjadikan mereka terlihat, menarik, semakin mudah dan menjadikan hasil yang lebih memuaskan.Kebiasaan baru ini akan semakin memberikan wawasan soal perilaku seseorang.

Kelebihan

Kelebihan buku ini sangat padat dalam setiap bab pembahasannya, sehingga pembaca akan semakin betah dan nyaman dalam memahami apa saja yang dibahas didalamnya. Dari perubahan kecil yang dijelaskan dalam buku, memberikan gambaran selangkah demi selangkah sehingga kebiasaan positif akan semakin muncul dalam diri seseorang untuk berubah menjadi baik.

Kekurangan

Mengingat dalam isi buku masih hasil terjemahan dari versi Bahasa Inggris, maka beberapa pembahasan buku masih terdapat sejumlah kosa kata yang sulit dipahami pembaca. Jika kurang memahami ulasannya, maka pembaca akan sulit dalam mengartikannya.

b. Contoh Resensi Buku Non Fiksi Filosofi Teras

Identitas Buku

  • Judul Buku : Filosofi Teras
  • Nama Pengarang : Henry Manampiring
  • Penerbit : Penerbit Buku Kompas
  • No Seri : 978-602-412-518-9
  • Ukuran : 13 x 19 cm
  • Tahun Terbit : 2019
  • Tempat Terbit : Jakarta
  • Tebal Buku : 320 halaman
  • Harga Buku : Rp 98.000,00

Sinopsis

Buku Filosofi Teras menjelaskan mengenai filsafat yang digambarkan dalam bentuk analogi kehidupan yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Henry Manampiring ingin menyampaikan sejumlah makna kehdupan yang lebih tenang dalam mengejar tujuan kehidupan melalui sikap tenang dan bebas dari emosi negatif.

Banyak pelajaran berharga yang dijelaskan dalam semua bab buku ini. Semua kehidupan yang nyaman harus disesuaikan dengan selaran bersama alam sekitar. Semua kehidupan harus bisa menyeimbangkan dan menyesuaikan semua kehendak pencipta-Nya. Banyaknya berita hoax dalam dunia media sosial terkadang membawa kebimbangan dalam diri seseorang.

Pada setiap ulasan yang dijelaskan didalam buku, menganjurkan semua orang untuk tidak memaksa keadaan yang belum terjadi. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, seseorang memang harus bisa menempatkan diri dan disertai effort guna memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Kelebihan

Buku ini cocok sekali untuk kalangan muda yang membutuhkan pedoman hidup. Sehingga tidak hanya mengandalkan eksis di media sosial namun harus cerdas dalam menempatkan diri sebagai insan penerus. Bahasa yang digunakan sangat santai, pembaca akan mudah sekali memahami isinya.

Kekurangan

Banyaknya pembahasan dan gaya bahasa yang di ulang memberikan kesan pembaca akan sedikit bosan. Membutuhkan pengendalian emosi dan juga tempat yang tenang jika ingin memahami semua isi dari buku ini.

Buku ini sangat memberikan gambaran nyata mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam kehidupan. Jadi dengan mendalaminya dijamin pembaca akan semakin bisa menjalankan kehidupan lebih positif dan terarah.

c. Resensi Buku GoodBye Things

Identitas Buku

  • Judul Buku : Goodbye Things, Hidup Minimalis Ala Orang Jepang
  • Nama Pengarang : Fumio Sasaki
  • Tahun Penerbitan : 2019
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman : 242 halaman
  • No Seri : 978-602-03-9840-2

Resensi

Buku ini menggambarkan tentang kehidupan yang serba minimalis. Dalam setiap bab menjelaskan mengenai konsep hidup menimalis yang ternyata sangat mudah dipraktekkan dan dipelajari oleh seseorang yang tidak ingin merubah dirinya. Digambarkan juga mengenai keputusan untuk mengurangi pemakaian barang yang tidak penting hingga menemukan kebahagiaan dengan hidup sewajarnya.

Menjadi pribadi minimalis memang membutuhkan proses yang tidak bisa dijalankan secara instan. Jadi untuk menjalankan kehidupan kedepan, seseorang tidak harus mengumpulkan barang tetapi bisa juga mengabadikan kenangan barang lama sebelum dijual atau di lelang.

Kelebihan

Banyak kisah mengenai kehidupan minimal yang bisa dipelajari oleh para pembaca. Ulasan yang jelas dan padat semakin membuat pembaca mudah dalam memahami semua bab yang dibahas. Sasaki mengisahkan semua hal secara nyata sehingga bisa menjadi gambaran mudah apabila pembaca ingin membuktikannya sendiri dalam kehidupannya.

Kekurangan

Meski banyak hal positif namun buku ini banyak membicarakan barang-barang mahal. Bahkan penulis sering kali memuja Steve Jobs. Membawa unsur Jepang tetapu kebanyakan pembahasan mengenai kehidupan untuk menghindari sejumlah barang mahal.

Kalangan minimalis memang cocok membaca buku menarik ini. Namun jika tidak ingin memaksakan diri untuk hidup minimalis, setidaknya semua ulasan dalam setiap bab buku ini bisa menjadi pedoman untuk lebih mudah menemukan potensi terbaik dalam menyesuaikan diri dengan kebiasaan.

contoh teks laporan hasil observasi tentang keindahan alam pantai

d. Resensi Buku You do You

Identitas Buku

  • Judul Buku : You Do You
  • Nama Pengarang : Fellexandro Ruby
  • Tahun Terbit : 2020
  • Nama Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Tebal Buku : 256 halaman

Resensi

Buku karangan Fellexandro Ruby ini menceritakan mengenai pengenalan diri sendiri. Dalam setiap bab mengulas dan membahas lebih detail tentang apa saja yang harus dijalankan dalam kehidupan pribadi seseorang untuk lebih mencintai dirinya sendiri.

Semua hal dalam kehidupan memang harus dijalankan dengan pemahaman yang harus selalu Kompleks untuk bisa menyelaraskan permasalahan hidup seiring bertambahnya usia. Penulis juga menggambarkan tentang apa saja yang harus dilakukan dalam tapi persoalan hidup seperti pekerjaan dan kegiatan lain membutuhkan pemahaman diri sendiri.

Buku yang digambarkan dalam bahasa santai ini bertujuan untuk seseorang untuk mengenali dirinya secara lebih luas. Kebiasaan membandingkan dengan apa yang sudah dicapai orang lain merupakan kesalahan. Pengaruh media sosial dalam keseharian seseorang juga mempengaruhi negatif. Mengatur waktu menjadi salah satu kunci terbaik untuk memperbaiki diri sendiri.

Kelebihan

Banyak hal positif yang bisa didapatkan oleh pembaca ketika membaca keseluruhan isi buku. Sejumlah ilustrasi hai pemahaman diri sendiri juga membuat memikirkan berkali-kali akan bertindak dalam kehidupannya. Meski seringkali membuat kecewa tetapi dengan lebih memahami tentang apa saja yang berkaitan dengan diri sendiri, baca akan semakin yakin bagaimana cara menempatkan diri.

Kekurangan

Karena banyak mengandung istilah yang berasal dari bahasa Inggris, masih banyak beberapa hal yang wajib membutuhkan pemahaman khusus mengenai isi buku. Pembaca juga harus menyelaraskan dengan dan posisi dirinya jika ingin memahami per bab dalam buku ini.

Masih banyaknya seseorang yang belum bisa menemukan makna di dalam kehidupannya, buku ini memang sangat bagus untuk memberikan motivasi berharga. Diri sendiri memang wajib diselami lebih jauh, dengan begitu seseorang akan semakin mudah menuju kemana arah kehidupannya.

e. Resensi buku Lagi Probation

Identitas Buku

  • Judul Buku : Lagi Probation
  • Pengarang Buku : Samuel Ray
  • Penerbit Buku : Gramedia Pustaka Utama
  • Halaman Buku : 264 halaman
  • Tahun Penerbitan : 2020

Resensi

Buku karangan Samuel Ray mengisahkan mengenai apa saja yang berkaitan dengan dunia kerja. Setiap bab dalam buku ini mengajak para pembaca untuk untuk mengobrol bebas tentang beberapa hal hal yang berkaitan dengan urusan melamar pekerjaan.

Untuk mendapatkan pekerjaan yang layak kayak seseorang memang harus melalui proses melamar pekerjaan melalui sejumlah pengenalan dunia kerja secara garis besar. Semua pola pikir ragu-ragu harus bisa diatur pada saat berada di masa probation.

Dunia kerja tidak semulus apa yang dipikirkan banyak orang. Di dalam buku ini digambarkan secara garis besar tentang sukses dan gagalnya seseorang saat mendaftar kerja. Penjelasan setiap bab memberikan pola pikir positif pada seseorang untuk harus yakin tentang pekerjaan apa saja yang dipilihnya.

Samuel Ray juga memberikan banyak tips penting ketika mencari pekerjaan baik saat menulis CV, mencari pekerjaan yang cocok sampai masuk ke dunia kerja secara nyata.

Kelebihan

Setiap pembaca akan dibawa kembali ke masa paling penting ketika melamar pekerjaan. Gambaran nyata dari pengalaman penulis akan semakin membangkitkan kembali masa masa ketika mencari pekerjaan. Pembahasan yang lengkap tips dalam mencari pekerjaan dan memberikan motivasi berharga kepada para pembaca yang mungkin saat ini sedang dalam masa pencarian kerja.

Kekurangan

Banyak mengisahkan tentang mencari pekerjaan yang masih fresh graduate. Sehingga kurang cocok dibaca bagi seseorang yang sudah memiliki pengalaman bekerja atau sedang bekerja.

Bagi kamu yang saat ini memang sedang mencari pekerjaan, buku ini memang wajib dibaca. Dari sejumlah pengalaman yang disampaikan oleh penulis, akan memberikan motivasi berharga sekaligus menemukan kunci keberhasilan untuk menemukan pekerjaan yang tepat.

Seberapa penting membaca resensi sebelum memutuskan untuk membeli buku ?

Penting. Karena dengan membaca resensi maka kita bisa tahu apa yang akan ditampilkan dari karya-karya yang akan saya nikmati. Dengan begini akan terhindar dari kerugian terbuangnya waktu, uang, hingga pikiran.

Editor Choices :

Waktu adalah sesuatu yang berharga, bahkan di saat senggang sekalipun. Saat butuh rekreasi, pilihan yang umum adalah menonton, mendengarkan musik, membaca buku, jalan-jalan ataupun sekedar scrolling buka sosmed. Dengan waktu yang singkat tentunya harus memutuskan mana yang sebaiknya yang lakukan. Demikian ulasan kami, semoga bermanfaat.

Komentar / Pertanyaan