19 Prospek Kerja Sastra Inggris di Era Globalisasi

Sebenarnya, prospek kerja yang ada di sekitar Kita ada banyak sekali. Namun karena profesi yang Kita kenal hanya beberapa, pun ditambah dengan pengenalan profesi yang sangat terbatas dari sekolah sehingga terkadang informasi yang didapat juga sangat sedikit.

Seperti untuk prospek kerja sastra inggris, ternyata memiliki peluang yang bagus dan menjanjikan. Bahwa yang dipelajari bukan sebatas mengenai ilmu sastra Inggris saja, namun bagaimana menguasai ilmu tersebut sehingga siap bekerja dimana saja.

Untuk kuliah di jurusan sastra Inggris Anda akan memiliki kesempatan untuk mendalami bahasa Inggris dari mulai tingkat dasar hingga tingkat mahir. Selain itu, banyak mata kuliah yang harus Anda selesaikan yang berkaitan dengan sastra dan budaya Inggris.

prospek kerja sastra inggris

Fokus utama dalam pendidikan sastra Inggris adalah belajar tentang sastra dan kebahasaan. Diharapkan mahasiswa lulusan jurusan sastra inggris mampu menguasai bahasa Inggris dengan baik, mengetahui budaya dan sastra Inggris lebih mendalam serta bisa berkomunikasi dengan lancar menggunakan bahasa Inggris.

Namun kurikulum jurusan sastra Inggris juga sudah didesain agar supaya lulusan jurusan tersebut bisa bekerja di bidang yang diminatinya. Antara lain dengan mempelajari hal lainnya selain ilmu sastra Inggris. Mahasiswa sastra Inggris juga mempelajari bidang administrasi, kesekretariatan, bisnis, teknologi dan lain sebagainya.

Sponsored Link

Prospek Kerja Menjanjikan untuk Jurusan Sastra Inggris

Banyak yang lebih memilih untuk menempuh pendidikan di jurusan pendidikan bahasa Inggris dibandingkan sastra Inggris. Hal ini terjadi  karena tak mengetahui profesi apa saja yang ada dibalik jurusan tersebut.

Bahkan ada juga yang meremehkan peluang kerja yang bisa didapat jika kuliah di jurusan sastra Inggris. Mereka berpendapat profesi yang ada hanyalah seputar bidang sastra, pemandu wisata hingga berujung pada karir guru.

Padahal ada banyak sekali profesi yang menarik dan menjanjikan jika melakoni pekerjaan selepas lulus dari jurusan Sastra Inggris. Apa saja prospek kerja yang bisa Kita dapatkan jika kuliah di jurusan sastra Inggris?

1. Sastrawan

Profesi yang pertama adalah dengan menjadi seorang sastrawan. Hal yang biasa dilakukan seorang sastrawan adalah menulis novel, cerpen, buku puisi, kritikus dan lainnya yang berkaitan dengan karya sastra. Sangat tepat jika Anda juga memiliki jiwa sastrawan yang kreatif.

Biasanya menjadi seorang sastrawan juga bisa menjadi budayawan. Dimana tugasnya adalah untuk melestarikan sekaligus mengenalkan budaya daerah pada banyak orang.

 2.  Penerjemah

Saat ini profesi penerjemah sangat dibutuhkan di berbagai tempat kerja. Dari mulai perusahaan, kantor pelayanan umum, sekolah hingga usaha kecil-kecilan pun membutuhkan jasa penerjemah. Seorang penerjemah bertugas untuk menerjemahkan bahasa untuk bisa terjalin komunikasi yang baik dan lancar. Selain itu banyak dokumen dan artikel yang harus diterjemahkan dengan baik agar supaya maksudnya tersampaikan dengan baik.

Profesi penerjemah juga dibutuhkan di setiap hotel berbintang, yang mana banyak menerima tamu asing untuk keperluan menginap atau kepentingan bisnis di hotel tersebut. Bukan tak mungkin, Anda akan menjadi penerjemah utama dalam sebuah pertemuan bisnis yang penting sehingga bisa menambah wawasan Anda dalam dunia bisnis.

 3.  Penulis

Sponsored Link

Untuk jenis profesi ini, ada banyak sekali peluang yang terbuka di luar sana. Dari mulai penulis artikel di surat kabar hingga penulis konten online mulai banyak dibutuhkan. Untuk menjadi penulis dengan bahasa pengantar bahasa Inggris akan banyak dibutuhkan karena persaingan kerja yang cukup ketat di bidang ini.

pengertian struktur ciri-ciri contoh teks

 4.  Editor

Penyunting bahasa atau yang umum disebut editor pun menjadi prospek menjanjikan untuk lulusan sastra Inggris. Dimana Anda bisa bekerja di surat kabar, majalah hingga kantor stasiun televisi untuk menyunting bahasa dalam setiap program acara yang mereka miliki.

Menjadi seorang editor bukanlah hal yang mudah. Anda bukan saja harus menguasai bahasa Inggris dan Indonesia dengan baik serta benar. Namun bisa melakukan kemampuan editing dengan teliti dan cermat sehingga bisa menampilkan program tayangan yang terbaik.

5. Dosen atau pengajar bahasa asing

Profesi berikutnya adalah dengan menjadi seorang dosen atau pengajar bahasa Inggris. Untuk profesi ini Anda bisa bekerja di sebuah perguruan tinggi, universitas hingga lembaga bimbingan belajar yang ada di kota tempat tinggal Anda.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa menjadi seorang enterpreneur dengan membuka bisnis lembaga pendidikan bahasa Inggris secara mandiri. Bukan saja bisa mengajar sendiri di lembaga tersebut, Anda juga bisa mengajak teman lainnya untuk bekerja sama mengelola bisnis tersebut.

 6.  Jurnalis media asing

Siapa yang tak tertarik menjadi seorang jurnalis? Bisa bekerja di luar kantor, mengejar berita hingga berbagai tempat, bertemu orang banyak dan banyak pengalaman baru yang didapat dengan menjadi jurnalis. Penghasilan Anda akan lebih menjanjikan jika Anda bisa menjadi jurnalis di kantor media asing dengan memanfaatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.

 7.  Pemandu wisata

i k l a n

Menyukai petualangan atau aktivitas travelling  adalah hobi yang cocok untuk Anda bisa berprofesi menjadi seorang guide atau pemandu wisata. Anda bisa bekerja menjadi guide di lokasi wisata yang favorit di wilayah Anda.

Selain bisa menyalurkan hobi travelling Anda, bisa menghasilkan uang, mengasah kemampuan bahasa Inggris serta memiliki pengalaman serta teman baru di setiap harinya. Menarik bukan?

 8.  Leksikografer

Mungkin Anda baru pernah mendengar jenis profesi yang satu ini? Adalah sebuah pekerjaan yang memiliki tugas untuk menyusun kamus. Dari mulai menulis, mengedit dan melakukan kompilasi dalam sebuah kamus. Jenis kamus yang dibuat terdiri dari kamus yang bisa dicetak atau jenis kamus yang dipublikasikan secara online.

cara menjadi aktuaris profesional gaji besar

 9.  Konsultan pendidikan luar negeri

Tahukah Anda bahwa sebagian besar pelajar yang kuliah di luar negeri menggunakan jasa konsultan pendidikan luar negeri untuk menemukan kampus dan mengetahui cara untuk bisa melanjutkan pendidikan di sana.

Bahkan banyak konsultan yang juga bisa memberikan info beasiswa pendidikan luar negeri secara langsung. Anda akan mengetahui tentang info cara mendapatkan beasiswa luar negeri, syarat dan dokumen yang harus dipersiapkan untuk hal tersebut.

10. Staf kedutaan besar

Prospek kerja sastra inggris lainnya adalah untuk bekerja menjadi staf kedutaan besar. Atau menjadi seorang diplomat yang memiliki tugas penting untuk negara. Anda bisa bekerja di berbagai kantor kedutaan besar negara lain yang ada di Indonesia, maupun kantor kedutaan besar Indonesia yang ada di luar negeri.

Bekerja di Departemen Luar Negeri banyak dilakukan oleh mahasiswa lulusan jurusan Sastra Inggris. Biasanya karir mereka kemudian berkembang menjadi diplomat ulung yang dikenal banyak orang.

11. Pramugari

Mahir berbahasa Inggris juga sangat diperlukan profesi pramugari. Jangan salah, bukan hanya wanita saja yang bisa melakukan profesi ini. Saat ini juga banyak maskapai penerbangan yang merekrut pramugara untuk bekerja di perusahaan mereka.

Menjadi pramugari bukan hanya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, namun punya sikap dan kepribadian yang bagus juga sangat penting. Terutama jika didukung dengan penampilan yang menarik, maka karir pramugari bisa didapat dengan mulus.

12. Public relation

Ahli berbicara di depan umum, baik dengan menggunakan bahasa Inggris maupun Indonesia berarti Anda cocok menjadi seorang public relation. Apalagi jika didukung memiliki penampilan yang menarik serta pengetahuan yang terasah dengan baik.

Sebenarnya untuk berbicara di depan umum bisa menjadi sebuah keahlian tersendiri asalkan di asah dengan baik. Semakin sering Anda tampil di depan umum maka akan semakin bagus kemampuan public relation Anda.

13. Staf lembaga budaya

Menyukai aktivitas yang berhubungan dengan budaya dan pelestariannya? Anda cocok untuk menjadi staf lembaga budaya yang kini hampir ada di setiap daerah yang ada di Indonesia. Dalam hal ini, staf lembaga budaya juga memiliki tugas untuk mempelajari budaya yang ada untuk bisa melestarikannya dengan baik.

14. Penulis perjalanan

Menyukai kegiatan travelling  mungkin bisa menjadi profesi yang menarik jika Anda menuangkan pengalaman perjalanan Anda dalam sebuah tulisan. Tahukah Anda bahwa saat ini menulis konten di internet menjadi satu profesi yang menarik untuk dikerjakan semua kalangan masyarakat.

Tak perlu khawatir jika Anda belum terbiasa menulis. Siapkan saja aplikasi khusus di gadget Anda untuk menulis apa ide yang terlintas di benak Anda. Segera tuangkan ide tersebut kapan saja dan dimana saja. Segera setelah ada kesempatan, tulis ide tersebut dengan baik.

15. Ahli bahasa

Pekerjaan menjadi seorang ahli bahasa juga menarik untuk dikerjakan. Anda hanya perlu untuk meneliti setiap bahasa secara khusus, mengamati perkembangan bahasa tersebut hingga menganalisisnya dengan baik.

kuliah
Young students learning,library bookshelves on background

16. Bekerja di perusahaan multinasional

Pernah tertarik untuk bekerja di perusahaan multinasional? Bekerja di perusahaan ini akan memungkinkan Anda untuk bekerja dengan orang asing hingga bekerja di perusahaan yang ada di luar negeri.

Tentunya penghasilan tinggi serta pengalaman menarik menunggu Anda jika bekerja di perusahaan tersebut. Banyak generasi muda yang tertarik untuk bekerja di perusahaan multinasional karena terbilang lebih bergengsi serta menjanjikan peluang karir yang cemerlang.

17. Blogger / Youtuber

Blogger atau yang mengisi konten di sebuah blog juga menjanjikan untuk lulusan sastra Inggris. Anda bisa membuat sebuah blog dan mengisinya dengan berbagai pengalaman hingga informasi baru yang Anda miliki untuk dibagikan pada orang lain di luar sana. 

Isi blog bisa disesuaikan dengan hobi atau kegiatan yang Anda miliki. Namun sebaiknya fokus pada satu hal sehingga blog Anda dikenal dengan topik tersebut.

18. Pustakawan akademik

Profesi ini menjadi pekerjaan yang tepat untuk Anda yang menyukai buku atau semua hal yang berkaitan dengan literatur. Anda bisa menjadi seorang pustakawan akademik di perpustakaan yang ada di kota tempat tinggal Anda.

Menjadi pustakawan akademik juga cocok untuk Anda yang hobi berdiam di satu tempat, tak menyukai kegiatan luar ruangan dan sangat menyukai kegiatan membaca.

19. Interpreter

Sekilas pekerjaan interpreter hampir sama dengan seorang penerjemah. Namun bedanya, interpreter akan memberikan terjemahan yang diucapkan secara lisan bukan untuk ditulis dalam sebuah kertas.

prospek kerja sastra inggris

Hal Menarik tentang Profesi yang Dimiliki Lulusan Sastra Inggris

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk kuliah di jurusan sastra Inggris atau jurusan lainnya, maka ketahuilah ada banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan jika bekerja dengan profesi yang sudah disebutkan di atas.

Beberapa hal menarik yang bisa Anda dapatkan jika Anda lulusan sastra Inggris diantaranya adalah bisa bekerja di lapangan. Untuk Anda yang tak menyukai pekerjaan dengan hanya duduk diam di kantor dan melakukan pekerjaan yang monoton maka bisa memilih pekerjaan menjadi jurnalis atau guide.

Pekerjaan itu menuntut Anda harus bekerja di  luar kantor dan memperoleh banyak berita serta pengalaman untuk hasil kerja Anda. Bahkan menjadi jurnalis bisa memberikan kesempatan Anda untuk datang ke berbagai tempat baru setiap harinya.

Hal menarik berikutnya adalah bisa bertemu dengan orang banyak. Anda bisa memiliki lebih banyak teman, kenalan hingga mendapatkan rekan kerja baru yang mendukung profesi Anda.

Jika Anda sedang memulai sebuah bisnis, maka hal ini bisa memudahkan jalannya bisnis Anda dengan lancar dan sukses. Bertemu banyak orang akan memberikan Anda kesempatan untuk mengenali kepribadian banyak orang di luar sana. Selain itu, jika banyak orang dari berbagai negara yang menjadi teman Anda maka ada kesempatan untuk mengasah kemampuan bahasa Anda dengan lebih baik.

Hal menarik lainnya adalah bahwa Anda akan lebih berpeluang untuk memiliki banyak pengalaman. Pekerjaan ini sangat tepat untuk Anda yang suka tantangan karena selain menuntut Anda untuk bisa bekerja dengan orang lain, bekerja di berbagai kondisi, dan bekerja di bawah tekanan pekerjaan.

Setiap harinya Anda tak akan melakukan kegiatan monoton yang membosankan. Karena selalu ada hal baru, tempat baru, teman baru dan pengalaman baru yang hadir dalam hidup Anda.

Jenis profesi ini pastinya menuntut Anda untuk lebih cerdas karena dituntut untuk selalu memperbarui pengetahuan yang dimilikinya. Sehingga untuk menjalani profesi ini Anda harus selalu belajar dan memperbarui ilmu pengetahuan yang Anda miliki.

KIP Kuliah Kemendikbud.Go.Id

Dan hal menarik lainnya adalah bahwa Anda berpeluang besar untuk bisa bekerja di luar negeri. Menjadi impian semua anak muda lainnya bukan?  Kemampuan bahasa Inggris Anda pastinya akan sangat bermanfaat untuk mendukung pekerjaan di luar negeri nanti.

Dengan bekerja di luar negeri, selain mendapatkan pengalaman hidup di negara orang juga mendapatkan kesempatan untuk berkarir di perusahaan asing yang tentu berbeda dengan perusahaan dalam negeri.

Keunggulan Menjadi Lulusan Jurusan Sastra Inggris

Selain banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan dalam profesi yang disebutkan di atas, ada beberapa keunggulan lainnya yang bisa Anda dapatkan sehingga memudahkan pekerjaan Anda lainnya.

Dalam artikel berikut ini Kami mencoba untuk menyampaikan beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika kuliah di jurusan Sastra Inggris.  Diantaranya adalah keunggulan bisa  menguasai bahasa Inggris.

Sehingga Anda  bisa berkomunikasi secara aktif dan memahami buku fiksi atau non-fiksi berbahasa Inggris serta menganalisanya dengan baik. Untuk Anda yang tertarik untuk meneliti sebuah karya sastra, buku atau lainnya bisa melakukannya dengan baik dengan bekal pengetahuan dari kuliah di jurusan sastra.

Beberapa pengalaman bahkan menyebutkan, jika Anda bisa melakukan analisa dengan baik maka bisa berkesempatan untuk bekerja di sebuah badan pemerintahan. Maka hal yang harus Anda lakukan adalah bukan saja untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus saja. Namun Anda juga harus mempelajari tata bahasa Inggris yang baik dan benar, serta bisa berkomunikasi baik secara aktif maupun pasif dengan orang lain.

kuliah

Keunggulan berikutnya adalah bisa mengetahui aneka budaya negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris dan Australia. Anda akan diberi kesempatan untuk mengenal langsung budaya negara tersebut dengan cara pertukaran mahasiswa sehingga budaya bisa dikenali dengan baik. Dari mulai cara hidup, cara makan, adat istiadat hingga budaya yang dimiliki bisa dikenali dengan baik.

Saat pertukaran mahasiswa dilakukan, biasanya Kita akan dikirim ke negara asing yang mengadakan pertukaran pelajar. Disana Kita akan tinggal di rumah salah satu warga negara yang menerima mahasiswa pertukaran pelajar. Kita dituntut untuk bisa beradaptasi dan bergaul dengan baik bersama masyarakat setempat.

Keunggulan selanjutnya adalah bisa menambah kosakata bahasa Inggris dengan menyenangkan. Ada banyak cara menarik dan menyenangkan yang bisa dilakukan untuk menambah kosakata bahasa Inggris. Baik dengan cara nonton film, baca novel Inggris, mendengarkan lagu Barat hingga membaca cerita atau artikel pendek berbahasa Inggris yang ada di gadget Anda.

Ada yang melakukan hal yang sama untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris? Hingga saat ini, beberapa cara tersebut masih banyak dilakukan oleh banyak pelajar dan mahasiswa untuk membantu memperdalam kemampuan bahasa mereka.

Memiliki salah satu profesi yang disebutkan di atas juga terdapat keunggulan lainnya yaitu memiliki banyak teman dari berbagai negara. Anda bukan hanya bertemu dengan teman dari satu negara asing saja, namun dari berbagai negara dengan berbagai karakter, sifat dan budaya yang mereka miliki.

Dari mereka Anda akan bisa bertukar informasi, pengalaman serta hal lainnya yang penting untuk mendukung perkembangan karir yang Anda miliki. Selain itu, menjadi lulusan jurusan sastra Inggris memiliki keunggulan dimana banyak peluang kerja menarik dan menjanjikan yang menunggu Anda.

Anda yang aktif dan selalu mau mencari tahu bahkan tak perlu bersusah payah mencari pekerjaan lagi. Apalagi saat ini hampir semua perusahaan mewajibkan karyawan yang bekerja untuk memiliki keahlian bahasa Inggris dengan aktif maupun pasif.

Jika Anda kuliah di jurusan sastra Inggris maka hal itu bukan menjadi  masalah lagi.  Pekerjaan lah yang akan mencari Anda. Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai prospek kerja sastra inggris yang menarik dan menjanjikan.

Apa bedanya Sastra Inggris dengan Pendidikan Bahasa Inggris ?

Kata kuncinya ada di “pendidikan”:.
Sastra Inggris berada di naungan FBS/FIB dan gelarnya ketika lulus adalah S.S (Sarjana Sastra) atau S.Hum (Sarjana Humaniora).
Sementara itu, Pendidikan Bahasa Inggris termasuk dalam Fakultas Keguruan atau semacamnya dan gelar yang didapat adalah S.Pd alias Sarjana Pendidikan.
Yang dipelajari juga beda: Sastra Inggris murni belajar ilmu bahasa dan kesastraan sedangkan Pendidikan Bahasa Inggris mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengajaran di luar materi bahasa Inggris.

Apa bedanya kuliah sastra Inggris dengan Kursus Bahasa Inggris?

Ilmu yang didapat dari belajar di bangku kuliah dan tempat kursus itu beda. Kalau kamu belajar bahasa Inggris di tempat kursus, biasanya yang difokuskan adalah keterampilan atau skill berbahasa Inggris seperti speaking, reading, writing, dan listening.

Sedangkan di jurusan Sastra Inggris, selain mempelajari keempat skill dasar tersebut, kita juga mempelajari penerjemahan, linguistik (ilmu bahasa), kebudayaan (biasanya kebudayaan Inggris dan/atau Amerika), filsafat, sosiologi, bahkan psikologi. Bisa dibilang, cakupan ilmu jurusan Sastra Inggris itu luas banget!

Apa kelebihan dan kekurangan kuliah jurusan Sastra Inggris ?

Kelebihan:
Pembahasan sangat luas sekali tidaksekedar vocab, grammar dkk, Banyak fenomena sosial yang bisa diteliti lewat bahasa dan sastra, Mempelajari linguistik itu menarik dan sangat relate sama kehidupan sehari-hari, Profesi pekerjaan juga banyak, Orangnya rata2 kritis, Matkul yang dibahas pasti berkaitan dengan fenomena sosial
Kekurangan:
Tugas numpuk mulai semester 5–6, Harus menyukai literasi/membaca, walaupun milih linguistik pasti juga harus baca (baca jurnal, baca materi, baca berita buat mata kuliah discourse analysis karena kita analisis ideologi yang dipakai media itu), Bacaan sastra itu berat, kebanyakan menggunakan old English (walaupun skripsi bisa dari novel baru juga)

Editor's Choices:

Apakah skripsi nya menggunakan bahasa inggris?

Tergantung kebijakan jurusannya. Ada yang kebijakannya skripsi harus bahasa Inggris.
Lalu ada yang kebijakannya tidak mengharuskan bahasa Inggris, dengan alasan bahwa pelajar sastra inggris hanya dituntut pengetahuannya akan “sastra inggris” itu sendiri. Sedangkan kemampuannya dalam bahasa Inggris merupakan hal lain yang lebih ke pilihan pribadi.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan
jurusan teknik ang cocok untuk wanita perempuan wanita
Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam
farmasi atau analis kesehatan
jurusan untuk introvert
Universitas yang Memiliki Jurusan Ahli Gizi