5 Cara Membuat Artikel untuk Tugas Kuliah Tanpa Revisi

Buat kamu yang sekarang ini sedang melanjutkan kuliah tentunya perlu mengerti bagaimanakah cara pembuatan artikel untuk tugas kuliahnya. Seorang mahasiswa sudah seharusnya mempunyai kemampuan lebih dalam hal menulis.

Sebab dengan menulis maka kita pun mampu mengabadikan apa yang berada dalam pikiran bahkan menuangkan segala idenya. Kali ini kamu pun bisa mempelajari cara membuat artikel untuk tugas kuliah.

cara membuat artikel untuk tugas kuliah

Pastinya pembelajaran tersebut bisa membuat kita semua menyerap pengetahuan yang ada. Baik itu cara penulisan artikel yang benar maupun berbagai macam bagian artikel yang harus dihadirkan.

Tak bisa dipungkiri lagi jika kebiasaan dari orang Indonesia itu suka sekali berdebat tetapi masih jarang menulis. Tidak semua orang dari kamu pandai menuangkan ide dalam sebuah tulisan. Apalagi menyangkut pembuatan artikel untuk tugas kuliah yang sudah diberikan dosen.

Perlu kalian ingat jika sebuah akademisi itu menentukan nilai seseorang dari hasil tulisan yang sudah dibuat. Apalagi sekarang ini untuk bisa memperoleh gelar sarjana S1 biasanya harus membuat skipsi yang nantinya diperjuangkan ketika menjalani sidang skripsi.

Dari sini sudah seharusnya kamu mampu membuat sebuah karya tulisan yang baik dan benar. Dengan adanya tugas tersebut maka tingkatan pemahaman materi pun bisa diketahui.

Sayang sekali tidak sedikit dari mereka masih merasa kebingungan dengan cara membuat artikel untuk tugas kuliah.Banyak sekali beralasan jika mereka tidak terbiasa dalam menulis. Bahkan ada pula yang merasa kesulitan mencari referensi.

Belum lagi saat merasa kecapekan ketika membaca referensi yang ada. Padahal kamu harus mampu menunjukkan kepada dosenmu jika kamu mampu menyerap mata kuliah yang sudah diajarkan.

Kamu seharusnya bisa menyajikan sebuah artikel yang relevan dengan bahasan mata kuliah. Dalam pembuatan artikel untuk tugas kuliah itu sebetulnya tidaklah sulit.

Yang kamu perlukan sekarang ini hanyalah mengetahui apa saja isu yang  sekarang ini sedang berkembang. Kamu juga harus pandai mengambil sebuah kesimpulan dari referensi yang telah didapatkan.

Mengenal beberapa bagian dari artikel tugas kuliah.

Kali ini kamu pun bisa mempelajari tentang susunan pembuatan artikel tugas kuliah. Sebetulnya artikel itu hanyalah terdiri dari 3 bagian yakni latar belakang masalah, pembahasan hingga kesimpulannya. Supaya lebih jelas lagi sebaiknya kamu simak ulasan menarik berikut ini:

  1. Latar belakang

Ketika kita sedang menulis latar belakang sebaiknya mengambil sebuah permasalahan yang saat ini menjadi perbincangan hangat. Selain nantinya bisa menarik perhatian para pembaca tentunya kamu juga lebih mudah mencari referensinya. Hal ini tentu saja tidak berlaku bagi semua mata kuliah. Masih ada mata kuliah yang pembahasannya jarang mengalami perbaruan.

  1. Pembahasan

Dalam bagian pembahasan ini, kamu harus mampu mengulas apa yang sedang dibahas secara jelas. Jadi pembaca pun nantinya bisa memahami isi dari artikel yang kamu sampaikan. Mereka nantinya bisa memperoleh banyak informasi sekaligus pengetahuan bermanfaat.

Penting sekali bagi kamu memperhatikan referensi yang dipergunakan. Ada baiknya referensi yang kamu ambil lebih merujuk pada buku aslinya.

  1. Kesimpulan

Saat kamu membuat sebuah kesimpulan dalam penulisan artikel sebaiknya buatlah yang mudah dipahami. Sebisa mungkin tuliskan isi tulisan secara singkat dalam bagian pembahasan ini. Jangan sampai kesimpulan yang kamu berikan mengambang hingga membuat pembaca kesulitan memahaminya.

Ketiga bagian penting di atas memang harus ada dalam pembuatan artikel untuk tugas kuliah. Jika memang kamu berkeinginan mengetahui bagiannya secara mendetail. Ada baiknya simak uraian berikut:

  • Bagian sampul atau cover makalah

Usahakan dalam pembuatan cover makalah di buat serapi mungkin. Hal ini nantinya bisa membuat dosen merasa lebih nyaman dan mampu menerima artikelnya.

Adapun beberapa bagian dari cover yakni judul, logo kampus, data lengkap penulisnya, jurusan, fakultas, kota bahkan tahun kapan makalah tersebut dibuat.

  • Kata Pengantar

Biasanya pada bagian yang satu ini diawali dengan adanya kalimat pujian sekaligus syukur kepada Allah SWT. Yang pasti ada pula gambaran sedikit terkait makalah. Selain itu juga mengungkapkan ucapan terima kasih. Dan terakhir tentunya menyampaikan harapan penulis serta permintaan saran maupun kritik.

  • Daftar Isi

Jika berbicara mengenai daftar isi tentunya kamu bisa melakukan penulisan layaknya dalam buku. Ada baiknya dalam pembuatan daftar isi ini dibuat terakhir saja. Biasanya setiap judul bakalan menyertakan nomor sekaligus halaman.

  • BAB 1 Pendahuluan

Dalam pembuatan artikel untuk tugas kuliah pastinya ada pula yang namanya bab 1 pendahuluan. Dimana didalamnya berisikan mengenai berbagai macam hal. Jika memang penasaran sebaiknya kamu simak struktur yang ada pada bab 1 ini yakni:

-Latar belakang biasanya mengarah pada pembahasan umum menuju pembahasan khusus.

-Rumusan masalah tentunya berisikan rumusan apa yang nantinya bakalan kamu bahas.

advertisement

-Maksud dan tujuan tentunya seorang penulis perlu menyampaikan maksud sekaligus tujuan penulisan artikel tersebut.

  • BAB II Pembahasan

Pada bagian tersebut tentunya kamu bisa membahas sampai tuntas tentang permasalahan yang sedang diangkat. Bagian ini bisa dikatakan sebagai bagian sesungguhnya dari artikel kamu.

Jadi seharusnya kamu mampu memaparkan berbagai macam fakta yang bisa memperkuat tulisan. Sebaiknya berikan pula kajian referensi yang mampu mendukung gagasan kamu.

  • BAB III Penutup

Bagian ini tentunya menjadi bagian kedua dan juga terakhir. Dimana kamu mampu menyebutkan kesimpulan dari pembahasan yang sudah diulas. Tidak ada salahnya juga berikan tambahan saran.

  • Daftar Pustaka

Pada bagian yang satu ini memang berisikan tentang daftar referensi dimana kamu mengambil referensinya. Baik itu berasal dari buku, jurnal, skripsi maupun internet.

  • Lampiran

Tentu saja pada bagian lampiran ini tidak harus ada. Dimana bagian tersebut biasanya melampirkan berbagai macam data pendukungnya.

Setidaknya kamu harus membiasakan diri membaca baik itu tulisan online maupun buku. Dengan begitu ketika ada sebuah tugas pembuatan artikel pun.

Semua bisa dilakukan dengan lebih mudah. Kamu pun tentunya mempunyai ide menarik tentang apa yang nantinya bakalan dibahas.

Dengan banyak membaca ternyata secara tidak langsung bisa memperlancar proses penulisan. Semakin banyak kamu membaca maka semakin lancar saja kamu menulis artikel.

Cara paling tepat membuat artikel untuk tugas kuliah

Artikel tugas kuliah merupakan tulisan yang sengaja dibuat guna menguraikan sebuah solusi atas pemasalahan yang sudah diberikan dosen kepada mahasiswanya.

Artikel tersebut tentunya membicarakan tentang masalah topic tertentu berdasarkan mata kuliahnya. Tentu saja pembuatan artikel tugas kuliah ini harus dilakukan sebaik mungkin.

Tidak hanya format sekaligus bahasa penulisan saja yang perlu kamu perhatikan. Tetapi sisi validitas data sudah seharusnya benar. Kini kamu pun bisa membuat artikel tugas kuliah dnegan memperhatikan beberapa cara berikut:

Mempelajari jenis artikelnya

Tentu saja namanya artikel memang banyak jenisnya. Dari sini kamu pun harus paham seperti apa artikel yang nantinya bakalan dibuat.

Apalagi jenis artikel itu meliputi opini, esay, maupun jurnal kuliah. Dari sini kamu pun harus mempelajarinya satu-persatu supaya nantinya bisa mempermudah penulisan artikel.

Mengumpulkan referensi relevan

Kamu sebagai penulis seharusnya mencari tahu terlebih dahulu mana saja informasi yang terbilang relevan. Dari sini kamu pun bisa mempergunakan salah satu maupun beberapa referensi terbaik.

Referensi bisa kamu peroleh baik itu dari internet maupun membaca buku. Semuanya tergantung kamu lebih memilih yang mana.

Menulis kembali sesuai petunjuk penulisan

Alangkah baiknya ketika kamu menulis artikel tugas kuliah sesuaikan dengan petunjuk penulisan yang tersedia. Biasanya untuk artikel tugas kuliah ini sudah tersedia beberapa petunjuknya.

Jadi sebaiknya ikuti saja setiap petunjuk penulisannya. Hal ini juga bertujuan agar hasil artikelnya berbobot dan membuat dosen tertarik memberikan nilai terbaik.

Melakukan pengecekan kembali pada artikelnya

Cara membuat artikel untuk tugas kuliah sebetulnya mudah sekali jika memahami tata caranya. Hanya saja hal tersebut tergolong sulit bagi kamu yang jarang membaca.

Dimana ilmu yang diserap mungkin kurang sehingga membuat kamu kesulitan menuangkan ide dalam pikiran. Ketika kamu sudah selesai dalam penulisan sebuah artikel.

Sebaiknya lakukan pengecekan kembali pada artikelnya. Akankah ada yang salah ketik dan pastikan data dimasukkan sudah sesuai.

Usahakan tiada masalah dengan hak cipta

Dalam pembuatan sebuah artikel seharusnya kita mempergunakan ide kita sendiri. Meskipun kita boleh mengambil referensi dari tulisan orang lain. Tetapi kamu harus mampu mengulas kembali lebih singkat dengan pemahamanmu. Jadi usahakan tiada masalah lagi dengan hak cipta orang lain yang sudah dikutip.

Bagaimana cara membuat artikel yang menarik tanpa ada referensi?

Buatlah artikel yang kamu inginkan dan sukai, sebagus yang anda bisa, serta percaya padanya. Menarik atau tidak itu urusan orang. Karena walaupun kita bisa mengira, belum tentu kita tahu pikiran orang lain.

Berapa estimasi waktu yang dibutuhkan untuk membuat 1. artikel?

Setiap artikel memiliki waktu dan tingkat kesulitan berbeda-beda dalam pembuatannya sebelum diterbitkan ke publik.
1~2 jam. Ini untuk sebuah artikel berita berjumlah 300–400 kata yang bahan penulisannya jelas.
2~6 jam. Ini untuk sebuah artikel “how to” atau cara melakukan sesuatu berjumlah 500 kata ke atas.
1~3hari. Ini untuk sebuah artikel panduan lengkap yang panjang, sampai ribuan kata, dan membutuhkan riset terlebih dahulu.

Semoga dengan kehadiran sedikit penjelasan terkait cara membuat artikel untuk tugas kuliah ini bisa membuat siapapun mudah memahaminya. Hingga akhirnya saat ada tugas pembuatan artikel kamu tidak kebingungan lagi.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest