5 Contoh Analisis SWOT Produk Makanan Ringan, Lengkap!

Pernahkan kamu mendengar tentang analisis SWOT? Analisis SWOT biasanya digunakan untuk mengevaluasi sebuah produk atau proyek tertentu, ditinjau dari kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman bisnis tersebut.

Pada umumnya, ada tiga tahapan yang dilakukan dalam analisis SWOT ini, yaitu mengumpulkan data, menganalisis, dan tahap terakhir yaitu pengambilan kesimpulan dari hasil analisis.

Contoh Analisis SWOT Produk Makanan

Jika saat ini kamu akan menjual produk makanan atau ingin memulai bisnis makanan, berikut ada contoh analisis SWOT usaha makanan yang bisa kamu pelajari.

Contoh Analisis SWOT Produk Makanan

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan
Kue Bolu Kukus Jagung

Berikut ini adalah contoh analisis SWOT olahan kue bolu dari tepung jagung. Untuk kekuatannya, makanan diolah dengan menggunakan tepung jagung sebagai sumber karbohidrat komplek yang cocok untuk diet.

Produk kue bolu kukus juga sudah dikenal banyak orang. Selain itu, harga kue bolu kukus terjangkau sehingga cocok untuk siapa saja.

Sponsored Link

Kelemahan yang bisa dianalisi adalah bahan baku tepung jagung yang harus diproduksi sendiri memakan waktu cukup lama. Selain itu, karena terbuat dari tepung jagung, mungkin makanan ini memiliki penikmat sendiri sehingga diproduksi hanya ketika ada pesanan.

Contoh Analisis SWOT Produk Makanan Ringan

Peluang yang bisa didapatkan dari produk ini adalah keunikan makanan kue bolu kukus jagung itu sendiri. Tentu saja produk ini bisa dipasarkan secara online dan bisa mengikuti permintaan pelanggan, seperti misalnya ditambahkan varian rasa.

Namun, produk ini bisa saja ditiru oleh orang lain dengan kreativitas yang berbeda. Selain itu, pangsa pasar makanan saat ini juga semakin ramai. Hal ini bisa dikategorikan sebagai ancaman.

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Keripik Tempe

Keripik tempe merupakan salah satu produk makanan paling digemari, berikut adalah contoh analisis SWOT produk makanan keripik tempe.

Strenght / keunggulan dari produk ini adalah tidak mudah basi dengan harga yang sangat terjangkau. Sehingga banyak orang bisa menikmatinya. Bisa juga dijadikan oleh-oleh makanan jika dikemas dengan cantik.

Weakness. Produk keripik tempe yang monoton dengan rasa orisinil biasanya membuat orang bosan saat menikmatinya. Selain itu, bentuk dan warnanya yang kurang menarik menyebabkan hal ini menjadi kelemahan atas produk keripik tempe tersembut.

Contoh Analisis SWOT Produk Makanan Ringan

Opportunity. Karena dirasa keripik tempe hanya memiliki rasa asin dan gurih, maka ada peluang untuk membuat keripik tempe dengan varian rasa, seperti keju, barbekyu, rumput laut, dan masih banyak lagi.

Selain diberikan tambahan rasa, peluang lain untuk produk makanan ini adalah dikemas dengan menggunakan label sehingga banyak orang semakin tertarik untuk membeli.

Threats. Sayangnya, keripik tempe mudah dibuat oleh banyak orang. Jadi, mungkin akan banyak pesaing yang bermunculan.

Selain itu, bahan baku tempe juga cukup sulit didapatkan dalam jumlah banyak di waktu yang singkat. Begitu juga dengan adanya persaingan di pasar, maka bisnis ini pun memiliki ancaman yang cukup sulit.

Sponsored Link

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan
Roti Bakar Topping Buah Sehat

Contoh analisis SWOT lainnya berupa produk makanan adalah roti bakar dengan topping buah sehat. Banyak keunggulan dari produk ini, yaitu pembuatannya sederhana dan bahan baku mudah didapatkan.

Karena sehat, maka roti bakar ini bisa dipromosikan untuk siapa saja dari anak-anak hingga dewasa. Bahan-bahan yang digunakan juga terjamin kesehatan dan kebersihannya.

Namun, saat ini masih banyak orang belum sadar akan kesehatan. Sehingga produk makanan ini juga memiliki kelemahan. Selain itu, jika berjualan di lokasi yang kurang tepat maka tidak akan banyak orang yang melirik makanan ini.

Contoh Analisis SWOT Produk Makanan Ringan

Peluang yang menjanjikan dari produk makanan ini adalah kepopuleran roti bakar itu sendiri ditambah dengan topping yang sehat maka akan banyak orang penasaran untuk mencobanya. Terlebih lagi untuk orang-orang yang melakukan diet, makanan ini sangat cocok untuk mereka.

Contoh Analisis SWOT Pempek Palembang Aneka Bentuk

Pempek Palembang merupakan salah satu makanan khas yang cocok di lidah siapa saja. Selain itu pempek bisa diolah dengan mudah dan bahan-bahan yang digunakan tidak sulit ditemukan. Modal yang diperlukan pun tidak terlalu banyak. Hal-hal tersebut adalah keunggulan produk makanan ini.

Namun, ada kelemahan dari produk makanan ini, dimana orang yang alergi atau tidak suka ikan akan memilih makanan yang lain untuk disantap.

Selain itu, pempek juga dirasa bukan merupakan makanan utama. Bagi beberapa orang, pempek adalah snack atau makanan pembuka yang tidak terlalu mengenyangkan.

Contoh Analisis SWOT Produk Makanan Ringan

Peluang yang bisa didapatkan dari bisnis ini adalah membuat pempek dengan aneka bentuk. Jika seringnya orang menikamati pempek dengan bentuk yang itu-itu saja, maka pempek bisa diinovasikan dengan bentuk-bentuk unik, sepeti bentuk buah, hewan, atau dengan menggunakan cetakan yang bentuknya bervariasi.

Jika ada peluang yang bisa dikerjakan, pasti ada ancaman yang mengintip juga dari bisnis ini. Orang-orang sekarang cenderung bosan dengan makanan yang mungkin sedang viral. Dan tentunya akan ada makanan lain yang tak kalah unik.

Contoh Analisis SWOT Bakso Bakwan Kuah

Di musim hujan, makanan berkuah sedang laaris-larisnya. Berbisnis makanan bakso bakwan kuah sangat cocok di musim ini. Bakso dan bakwan adalah perpaduan yang tepat, dilengkapi dengan kuah segar akan menambah kenikmatan. Harga bakso bakwan kuah juga dirasa terjangkau untuk semua kalangan.

i k l a n
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan Ringan

Namun, produk makanan ini bisa ditiru orang lain dan banyak penikmat bakso yang cepat bosan apabila tidak ada inovasi. Selain itu akan banyak pesaing yang muncul dengan harga yang bisa saja lebih murah. Jika rasa dan kualitas tetap konsisten maka akan ada peluang untuk melayani pemesanan dalam partai besar.

Apakah yang dimaksud dengan analisa SWOT?

Analisis swot itu rencana strategis dalam binsis yang akan/sedang kita jalankan. Tujuan nya untuk evaluasi, seperti bagaimana sih kekuatan usaha/bisnis kita, apa kelemahan bisnis kita, kira-kira pengembangan nya dimana dll. kurang lebih seperti itu.

Editor's Choices:

Jika kamu ingin berbisnis produk makanan namun masih ragu dalam memilih, kamu bisa melihat 5 contoh analisis SWOT produk makanan di atas. Bisa saja ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dan membawa banyak keuntungan.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
kuliah s2 beda jurusan dengan s1
Jurusan Saintek yang Prospek Kerjanya Bagus
sekolah kedinasan di medan
Alasan Memilih Jurusan Akuntansi
sekolah kedinasan di malang
Prospek kerja teknik geomatika