Aktuaria Unpad, Program Studi Baru yang jadi Primadona

Bagi kalian calon mahasiswa pasti sedang bingung menentukan program studi dan jurusan yang akan di ambil. Program Studi Aktuaria Unpad cukup menarik untuk dijadikan salah satu pilihan dalam mengambil jurusan di perguruan tinggi.

Universitas Padjadjaran atau dikenal juga sebagai Unpad memiliki program studi baru bernama Aktuaria. Sebuah jurusan kuliah yang berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), tepatnya di bawah program studi strata 1 Ilmu Statistika.

Visi dari program sarjana 1 studi Aktuaria Universitas Padjadjaran adalah menjadikan program studi S1 ilmu Aktuaria mampu bersaing di tahun 2025 pada tingkat regional. Berkomitmen untuk mendukung perkembangan sains, dan teknologi industri dengan metode-metode yang inovatif dalam statistika.

aktuaria unpad

Selain visi, adapula misi dari program studi S1 ilmu Aktuaria Universitas Padjadjaran yaitu untuk memperkuat dan mengembangkan program pendidikan serta riset dalam manajemen risiko, analisis bisnis, dan pengambilan keputusan dalam Aktuaria sains.

Studi Aktuaria di unpad juga memiliki misi untuk mengimplementasikan hasil riset Aktuaria dalam bidang asuransi, konsultan bisnis, dan penerapan ilmu serta pakar Aktuaria.

Sponsored Link

Mengenal Program Studi Aktuaria

Aktuaria adalah bidang studi yang mempelajari ilmu pengelolaan risiko keuangan yang akan berguna di masa depan dan ilmu-ilmu asuransi. Aktuaria termasuk ke dalam ilmu matematika sehingga sering disebut sebagai “matematika Asuransi”.

Di jurusan Aktuaria, para mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu matematika, statistika, keuangan, komunikasi bisnis, dan juga pemrograman komputer. Selain menganalisa risiko keuangan, ilmu Aktuaria digunakan untuk menganalisa ilmu asuransi.

Lulusan Aktuaria diharapkan mampu menjadi seorang ahli dalam bidang asuransi dengan keahlian praktis dalam administrasi asuransi. Aktuaria juga ahli dalam menjalani profesi perancangan keuangan baik secara personal maupun kelompok.

Alasan untuk Memilih Jurusan Aktuaria di UNPAD

Persaingan tenaga kerja di Negara-Negara Asean semakin meningkat akibat adanya Pasar Bebas Asean (PBA). Kemunculan komunitas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) juga menjadi faktor pentingnya memahami ilmu asuransi untuk menghadapi ancaman di waktu yang akan datang.

Demi mempersiapkan hal tersebut, pemerintah Indonesia membutuhkan lebih banyak ahli aktuaris agar dapat bersaing dengan aktuaris dari berbagai Negara di dunia. Sebagai warga Negara yang baik, ikut serta menyumbangkan kemampuan diri dapat menjadi kontribusi yang besar dalam bidang Aktuaria.

Seiring perkembangan teknologi, pertumbuhan industri asuransi menjadi semakin pesat begitu pula dengan manajemen risiko. Sehingga kebutuhan akan tenaga kerja professional dalam bidang asuransi jiwa, asuransi umum, pendanaan pensiun, manajemen risiko dan perbankan meningkat tajam.

Program studi S-1 ilmu Aktuaria di Universitas Padjadjaran didirikan pada tanggal 18 Februari 2018. Pada tahun pertama Program Studi Ilmu Aktuaria berhasil meraih peningkatan pada seleksi keketatan penerimaan mahasiswa baru mencapai 1 banding 40.

Di tahun kedua, Program Studi S-1 Ilmu Aktuaria Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) menduduki peringkat ke 4 passing grade tertinggi se-universitas.

mahasiswa kuliah daftar isi

Dasar Pengembangan Kurikulum yang Digunakan pada Program Studi Aktuaria UNPAD

Program studi ilmu Aktuaria unpad memiliki 3 kurikulum yang menjadi dasar pengembangan dalam metode pembelajaran yang diterapkan. Kurikulum yang pertama yaitu kurikulum ujian profesi merupakan kurikulum yang dikeluarkan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dan juga oleh International Actuarial Association (IAA).

Kurikulum kedua adalah kurikulum Minimal Prodi Ilmu Aktuaria yang disesuaikan dengan kurikulum The Indonesian Mathematical Society (IndoMS). Kemudian adapula kurikulum yang baru dirilis yaitu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Sponsored Link

Apa Saja yang Dipelajari dalam Program Studi Aktuaria?

Pada program studi Aktuaria, meski masih tergolong dalam ruang lingkup matematika namun mahasiswa tidak hanya belajar tentang matematika. Mahasiswa akan dilatih untuk mengasah kemampuan dalam menghitung prediksi dan peluang, serta menganalisa risiko keuangan pada masa yang akan datang.

Jurusan Aktuaria mempelajari berbagai campuran bidang ilmu matematika, ekonomi, statistika, komunikasi bisnis, serta pemrograman dan data sains. Pengetahuan mengenai asuransi umum, asuransi jiwa, teori risiko, serta teori pensiun yang penting untuk analisa keuangan pada masa yang akan datang.

Mahasiswa Aktuaria diharapkan mampu menangani berbagai produk asuransi seperti pricing, valuasi kewajiban secara teknis, penentuan solvabilitas, dan perancangan asuransi. Pengukuran terhadap nilai ekonomi pada sebuah perusahaan dan asuransi.

Di program studi Ilmu Aktuaria, mahasiswa akan menganalisa keuangan, data pengalaman, dan pembuatan asumsi-asumsi demografi dengan membuat konstruksi tabel mortalita. Mahasiswa juga akan membuat predictive modelling sebagai sarana belajar.

Dalam prakteknya, beberapa software digunakan pada mata kuliah ilmu Aktuaria seperti, Asset Liability Modelling, Predictive Modelling (GLM di bidang P&C), dan Policy Liability Projection.

Selain mempelajari teori, mahasiswa juga akan melakukan praktek langsung sebagai seorang aktuaris. Program studi ilmu aktuaria bekerja sama dengan Himpunan Profesi Aktuaris Indonesia, Asosiasi Asuransi, dan kerja sama antar prodi dan departemen dalam melakukan pengembangan serta penyetaraan ujian PAI.

Peluang Karier Lulusan Program Studi Aktuaria Unpad

Meski terbilang program studi baru, lulusan Aktuaria termasuk kategori yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Setelah lulus sebagai sarjana Aktuaria, Anda dapat bekerja sebagai agen penjual asuransi, penaksir asuransi untuk kerusakan pada kendaraan, dan juga sebagai surveyor risiko asuransi.

Selain memiliki peluang kerja yang bagus, para lulusan Aktuaria dapat memiliki gaji yang cukup tinggi. Sehingga peluang karier bagi para lulusan program studi Aktuaria sangat menjanjikan. Di Indonesia sendiri jumlah tenaga ahli dalam bidang aktuaris terbilang sedikit bahkan sangat krisis.

Pemerintah saat ini mewajibkan bagi setiap perusahaan khususnya perusahaan asuransi untuk memiliki seorang ahli aktuaris setidaknya satu orang. Sehingga lulusan aktuaris sangat dicari di Indonesia, sebab perusahaan asuransi membutuhkan setidaknya sepuluh orang aktuaris.

prospek kerja jurusan aktuaria

Ketahui Jumlah Passing Grade Sebelum Memilih Jurusan Ilmu Aktuaria

Passing grade diperlukan untuk mengetahui daya tampung dan jumlah peminat pada suatu jurusan atau program studi di Universitas. Dengan melihat passing grade, para calon mahasiswa dapat menganalisis jurusan yang hendak diambil untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi penerimaan masuk UNPAD.

i k l a n

Passing grade SNMPTN program studi Ilmu Aktuaria di Universitas Padjadjaran memiliki daya tampung sebanyak 13 orang. Jumlah peminat mencapai 21 orang dengan tingkat keketatan yaitu 1:2.

Passing grade SBMPTN program studi Ilmu Aktuaria di Universitas Padjadjaran memiliki daya tampung sebanyak 18 orang. Jumlah peminat mencapai 511 orang dengan tingkat keketatan yaitu 1:28.

Rata-rata nilai UTBK SAINTEK Universitas Padjadjaran untuk Program Studi S-1 Ilmu Aktuaria adalah 666.28.

Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Aktuaria di Unpad

Salah satu hal penting yang perlu di persiapkan sebelum mendaftar kuliah adalah informasi biaya kuliah. Anda perlu mengetahui biaya kuliah untuk Program Studi Ilmu Aktuaria di Unpad agar dapat mempersiapkan dan memperkirakan biaya yang diperlukan selama kuliah.

Di Unpad sudah menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan per semester sesuai dengan golongan yang diberikan berdasarkan tingkat kemampuan pada ekonomi orang tua. Terdapat 5 golongan UKT bagi mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

UKT untuk program studi Ilmu Aktuaria di Unpad berkisar antara 500.000 hingga 6.500.000 per semester. Berikut jumlah UKT Program studi Ilmu Aktuaria yang harus dibayarkan beserta golongannya:

Golongan UKT 1 sebesar Rp 500.000
Golongan UKT 2 sebesar Rp 1.000.000
Golongan UKT 3 sebesar Rp 2.500.000
Golongan UKT 4 sebesar Rp 5.000.000
Golongan UKT 5 sebesar Rp 6.500.000

Sedangkan pada mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri, hanya terdapat satu golongan UKT dan harus membayar dana pengembangan yang dibayarkan hanya satu kali saat pendaftaran.

Biaya kuliah jalur mandiri untuk Program studi Ilmu Aktuaria Unpad sebesar Rp 6.500.000 dengan dana pengembangan sebesar Rp. 30.000.000. Dana pengembangan dapat dibayar cash maupun credit tergantung kebijakan yang diberikan oleh bagian administrasi.

kuliah
Young students learning,library bookshelves on background
Apa bedanya Jurusan Statistika dengan Aktuaria?

Statistika merupakan suatu ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan suatu data.
Aktuaria merupakan ilmu perhitungan analisa resiko serta analisa data finansial menggunakan konsep statistika dan matematika.

Jika kita kuliah ambil jurusan Statistika tentu akan banyak hal yang dipelajari berkaitan dengan data, mengolahnya menjadi sebuah informasi bahkan dapat mengambil kesimpulan agar dapat mengambil tindakan sesuai.

Salah satu nya kita akan mempelajari teori peluang, distribusi data, forecasting/peramalan, analisis regresi (sebab akibat suatu permasalahan), teknik pengambilan sampel, manajemen rantai pasok, manajemen operasional, quality control dll.

Prospek kerja untuk lulusan Statistika antara lain bekerja di bidang konsultan riset, quality assurance, riset dan perkembangan, analisis data, bank pemerintah dan swasta, riset pasar, Badan Pusat Statistik (BPS), pemerintah daerah, industri dll

Kenapa jurusan aktuarial menjadi jurusan dengan passing grade terbesar?

Tiap-tiap kampus tidak pernah mengeluarkan nilai passing grade secara resmi. Passing grade yang selama ini kita dapatkan itu berasal dari tempat Bimbingan Belajar dan juga media online, jadi bukan angka valid tapi hanya prediksi saja.

ilmu aktuaria adalah gabungan dari matematika, statistika, keuangan, dan ilmu komputer. Jadi, bila passing gradenya tinggi, artinya peserta yang lulus rata2 memiliki nilai kelulusan yang tinggi. Sehingga pelamar harus juga memiliki nilai yang tinggi untuk bisa bersaing dengan pelamar lainnya.

Editor's Choices:

Demikianlah informasi Program Studi S-1 Ilmu Aktuaria yang jdi primadona di Universitas Padjadjaran sebagai referensi dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Informasi lainnya dapat Anda gunakan untuk mempersiapkan diri serta biaya yang dibutuhkan.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
sekolah kedinasan di Makassar
Curhatan Mahasiswa Teknik Industri
sekolah ikatan dinas dengan gaji tertinggi
Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan
sekolah kedinasan di Bandung
Prospek Kerja Jurusan Hukum