10 Prospek Kerja Analis Kesehatan yang Menjanjikan

Prospek kerja analis kesehatan (Teknologi Laboratorium Medis) di masa mendatang dinilai masih cerah. Banyak orang berfikir bahwa tenaga kesehatan itu hanya seputar dokter saja. Padahal peran seorang analisis kesehatan juga sangat penting dalam mendiagnosa kasus awal suatu jenis penyakit.

Bagi kamu yang tertarik kuliah di jurusan analis kesehatan, maka itu adalah pilihan yang tepat mengingat prospek kerjanya yang sangat bagus dan semakin dibutuhkan kedepannya.

Jurusan analis kesehatan atau yang biasa disebut sebagai jurusan teknologi laboratorium medik adalah suatu program studi yang mempelajari tentang faktor-faktor penyebab penyakit beserta obatnya. Disini kamu akan dituntut untuk menjadi seorang ilmuwan kesehatan atau setidaknya tenaga kesehatan yang menguasai berbagai macam sarana laboratorium beserta implementasinya di dunia kesehatan.

Prospek Kerja Analis Kesehatan

Tugas Seorang Analis Kesehatan

Sebelum kamu menjadi seorang analis kesehatan, ada beberapa ilmu yang wajib dikuasai terlebih dahulu. Diantaranya adalah fisiologi, patofisiologi, pengantar lab medik, bakteriologi, toksikologi, virologi, flebotomi, instrumentasi, sel molekuler, sitohistoteknologi, urinalisasi, promosi kesehatan, analisis makanan dan minuman, imunohematologi, dan bisnis kewirausahaan lab.

Semua materi di atas harus dikuasi, karena nantinya kamu akan berkecimpung di dunia penelitian kesehatan yang meliputi pengujian, pemeriksaan, pengukuran, penetapan suatu jenis penyakit beserta obatnya.

Berbagai pemeriksaan seperti pemeriksaan cairan manusia, pemeriksaan mikrobilogi & parasitologi, biomedik, pemeriksaan hematologi & imonologi serta pemeriksaan bahan kimia klinik akan menjadi tugas sehari-hari dari seorang analis kesehatan.

Hasil riset dan penelitian yang dibuat oleh analis data ini nantinya sangat berpengaruh bagi dunia kesehatan karena akan dipakai oleh semua dokter, perawat dan ahli medis lainnya. Untuk itu penetapan hasil riset dari seorang analis kesehatan tidak boleh main-main.

Prospek Kerja Analis Kesehatan

Walau bisa dibilang biaya kuliah analis kesehatan lumayan mahal, namun itu menjanjikan prospek kerja yang gemilang. Lulusan analis kesehatan (teknologi laboratorium medik) akan dibutuhkan di laboratorium rumah sakit & klinik, balai laboratorium kesehatan pusat maupun daerah, BPOM, di berbagai perusahaan makanan sebagai pengontrol mutu dan kualitas makanan, bidang farmasi di TNI maupun POLRI, serta di berbagai layanan laboratorium kesehatan sebagai seorang penyuluh kesehatan.

Berikut berbagai macam prospek kerja analis kesehatan bila di ulas lebih detail:

1. Penanggungjawab Laboratorium Rumah Sakit

Saat ini tiap pelayanan kesehatan memiliki laboratorium tersendiri. Mulai dari puskesmas, klinik, apotek besar, hingga rumah sakit milik swasta maupun negeri. Sebagai lulusan analis kesehatan, nantinya bila kamu melamar di rumah sakit biasanya akan ditempatkan di bagian laboratorium ini.

Tugasnya adalah meneliti / mendiagnosa serta membuat catatan tentang penyakit dari pasien dengan  lebih lanjut yang belum bisa diidentifikasi oleh dokter. Nantinya catatan ini akan dijadikan acuan oleh dokter dalam menangani penyakitnya.

2. Teknisi Rekam Medis

Rekam medis adalah sistem informasi yang berisikan data lengkap pasien yang dirawat di rumah sakit, mulai dari riwayat pemeriksaan hingga proses perawatannya.

Nah tugas seorang teknisi rekam medis adalah membuat informasi rekam medis dengan detail serta mengolahnya untuk dijadikan acuan dalam proses perawatan pasien.

Selain itu, teknisi rekam medis juga biasanya ikut membantu dokter dalam membuat laporan diagnosa penyakit, seperti halnya teknisi radiologi.

Prospek Kerja Analis Kesehatan

3. Pengajar Bidang Kesehatan

Prospek kerja analis kesehatan yang ketiga adalah menjadi pendidik. Setelah mendapatkan gelar analis kesehatan, itu berarti kamu punya kesempatan untuk menjadi guru ataupun dosen spesialis kesehatan.

Gaji rata-rata analis kesehatan sebagai seorang guru di sekolah kesehatan antara 3-5 juta, sedangkan untuk dosen berpengalaman bisa mencapai angka di atas puluhan juta atau bahkan di luar negeri bisa mencapai ratusan juta per bulannya. Menarik bukan?.

4. Food & Nutrition Research

Singkatnya adalah sebagai ahli gizi yang akan meneliti kandungan makanan dan kelayakan konsumsi sebelum disebarluaskan ke masyarakat. Bidang ini tentunya selain membutuhkan pemahaman detail mengenai suatu kandungan nutrisi makanan, juga harus paham tentang obat-obatan yang terdapat didalamnya.

Bahkan tak hanya itu, kita harus mengetahui teknologi pangan seperti apakah bahan pangan tersebut termasuk GMO (Modifikasi genetika) atau tidak. Contoh lembaga yang mengurus ini adalah BPOM.

5. Peneliti Bidang Farmasi

Mengidentifikasi suatu penyakit golongan baru lalu menemukan obat atau vaksinnya itu sangat sulit dan tentunya membutuhkan wakatu lama. Seorang analis kesehatan harus banyak melakukan riset mengenai pengaruh obat tertentu untuk suatu penyakit baru dan mengembangkannya agar bisa dipakai secara luas di dunia medis.

Seorang analis farmasi juga memiliki wewenang untuk menetapkan apakah obat itu layak konsumsi atau tidak beserta penentuan dosisnya untuk dipakai dalam jangka pendek maupun panjang.

6. Pelaksana Lab Diagnostic Center

Tak jarang seorang analis kesehatan punya laboratorium komersil sendiri. Terutama mereka yang berjiwa wirausaha karena tidak mau hanya mengandalkan gaji dari pekerjaan utama saja.

Untuk menjadi pelaksana lab diagnistic center, kamu harus menguasai berbagai peralatan lab terlebih dahulu dengan mengikuti pendidikan dan juga ujian untuk pendirian praktik kerja. Tak jarang pelaksana lab juga menerima penelitian tentang suatu zat (terutama makanan) akan kandungan bakteri, virus maupun parasitnya.

7. Promotor Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja analis kesehatan yang tak kalah penting adalah dengan menjadi promotor kesehatan masyarakat atau dikenal sebagai penyuluh kesehatan masyarakat (PKM). Promotor kesehatan memiliki tugas dan tanggung jawab dan wewenang dalam memberikan penyuluhan beserta promosi kesehatan kepada masyarakat.

Caranya adalah mengumpulkan data dari masyarakat lalu menyusun rencana bulanan mapun triwulan. Setelah itu baru melakukan pendekatan individu pada tokoh masyarakat beserta memberikan materi penyuluhan.

8. Konsultan Kesehatan

Prospek kerja analis kesehatan sebagai konsultan kesehatan, baik untuk pribadi maupun sebagai perusahaan konsultan. Namun untuk menjadi seorang konsultan kesehatan kamu wajib terdaftar dan memenuhi persyaratan yang diterbitkan oleh IKKESINDO (Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia).

Tugas utama seorang konsultan kesehatan ialah mengidentifikasi masalah kesehatan serta memberikan solusi atas masalah tersebut. Konsultan kesehatan biasanya banyak dibutuhkan oleh para perusahaan dalam pemenuhan standarisasi kesehatan di lingkup area industri.

9. Pengawas Kesehatan Lingkungan

Dalam dunia kerja, seorang pengawas kesehatan lingkungan sangat dibutuhkan peranannya. Prospek kerja analis kesehatan untuk bidang ini ialah menjadi manager K3L suatu perusahaan, quality control supervisor, manager lingkungan rumah sakit, QHSE manager, konsultan limbah industri, konsultan amdal (analisis mengenai dampak lingkungan).

Hampir semua perusahaan besar skala nasional maupun internasional membutuhkan seorang pengawas kesehatan lingkungan sebagai quality control maupun konsultan amdal.

10. Quality Control & Management

Prospek kerja analis kesehatan yang terakhir berkaitan dengan QC. Profesi ini membutuhkan seorang analis kesehatan untuk mengontrol skala kesehatan lingkungan suatu perusahaan maupun melakukan kontrol kualitas kebersihan internal bagi industri pengolahan makanan. Posisi yang bisa kamu duduki adalah sebagai quality control food & beverages, supervisor HACCP (Hazard analysis and critical control points) atau orang yang bertanggung jawab untuk menganalisis bahaya serta pengendalian titik kritis dalam industri pangan, dan sebagai management pemenuhan gizi untuk hotel, rumah sakit, restoran, maupun catering.

Prospek Kerja Analis Kesehatan

Apa yang Dimaksud dengan Analis Kesehatan?

Jenis profesi yang bertugas untuk memeriksa, mengukur, menguji bahan (darah,feses, urin, sputum,virus, bakteri) di laboratorium.

Apakah Analis Kesehatan Bisa jadi Dokter?

Seorang analis bekerja di laboratorium yang bertugas membantu diagnosa seorang dokter. Selain di RS, analis kesehatan bisa ditempatkan di Prodia, PMI, dan segala tempat yang berhubungan dengan analisis

Apa Bedanya Analis Medis dengan Analis Kesehatan?

Titik fokus analis medis pada manusia,
sedangkan analis kesehatan pengujian pada manusia+cairan+makanan

prospek kerja analis kesehatan teknologi laboratorium medis

Apa Saja Syarat Masuk Jurusan Analis Kesehatan?

Tidak buta warna,
Dianjurkan dari SMA jurusan IPA,
Siap mental, karena harus menghadapi sampel cairan manusia ataupun virus/bakteri yang berbahaya.
Mampu berkomunikasi dengan baik (karena nantinya dengan pasien, dokter, client, klinisi, mitra jasa, dsb)

Lebih Bagus Analis Kesehatan atau Farmasi?

Hal itu tergantung kompetensi dan passion yang bersangkutan. Farmasi merupakan jurusan yang dominan ilmu kimia dan biologinya, Farmasi mempelari tentang membuat obat, juga mempelajari proses perjalanan obat didalam tubuh. Jadi secara otomatis akan mempelajari juga anatomi fisiologi tubuh.

Apa Alasan Mengambil Analis Kesehatan?

1, Kuliahnya di Laboratorium. Pegang mikroskop, menghitung sel darah sendiri, tahu kadar glukosa darah sendiri,
2. Bisa melihat berbagai macam parasit seperti Plasmodium sp , stadiumnya, cara kembang biaknya, mengenali vektornya,
tebak-tebakan jenis telur cacing di mikroskop, ekstraksi, titrasi,
3. Mencocokkan alias crossmatch darah (untuk donor), identifikasi bakteri, mengamati sel-sel abnormal seperti kanker di jaringan, bikin preparat jaringan,
identifikasi nar-ko-ba, analisa makanan dan buanyak lagi.

Itulah 10 macam prospek kerja analis kesehatan. Jadi masih ragu untuk kuliah di jurusan ini?

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest