13 Jurusan Saintek yang Prospek Kerjanya Bagus

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi setelah lulus dari jenjang pendidikan sekolah menengah atas maupun kejuruan adalah impian semua pelajar. Apalagi untuk mencari lowongan pekerjaan kini tidaklah gampang.

Untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, para pelajar tentunya harus memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan mereka. Minimnya informasi yang dimiliki oleh para pelajar mengenai jurusan perkuliahan menjadi penghambat mereka dalam memilih jurusan. Apakah kamu juga merasakan hal yang sama?

Sebagai pelajar, kita sebaiknya memilih jurusan yang prospek kerjanya menggiurkan. Setidaknya ada jurusan saintek dan soshum yang dapat kamu pilih. Bila memilih saintek, kamu harus mencari jurusan saintek yang prospek kerjanya bagus.

Jurusan Saintek yang Prospek Kerjanya Bagus

Begitu pun dengan jurusan soshum, tentunya kamu juga harus mencari jurusan yang memiliki masa depan yang cerah. Mengapa demikian?

Alasan Pentingnya Memilih Jurusan yang Tepat

Banyak pelajar yang tidak memikirkan prospek kerja dari jurusan kuliah yang mereka pilih. Apalagi untuk diterima pada jurusan tersebut, mereka harus belajar dengan sungguh-sungguh. Tentu bukanlah hal yang mudah untuk mereka dapatkan sebagai mahasiswa baru dari jurusan yang dipilihnya.

Sponsored Link

Maka, kamu harus berpikir secara visioner mengenai jurusan kuliah yang hendak kamu pilih. Selain untuk masuk ke jurusan tersebut tidak mudah, namun pikirkan pula prospek pekerjaan yang nantinya akan kamu rasakan.

Ada jurusan kuliah yang akan memudahkan para mahasiswanya untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan, mereka telah diterima sebelum lulus masa studinya. Namun juga ada jurusan yang membuat mahasiswa sulit mendapatkan pekerjaan hingga bertahun-tahun setelah lulus.

Untuk menghindari hal tersebut, makanya kamu harus memilih jurusan yang pas dan memiliki prospek kerja yang luas. Pada kesempatan ini, kamu akan mengetahui berbagai jurusan yang memiliki prospek kerja yang luas khususnya pada jurusan saintek. Namun, kamu perlu mengetahui beberapa tips dalam memilih jurusan seperti berikut ini.

Jurusan Saintek UGM

Tips Memilih Jurusan Saintek yang Prospek Kerjanya Bagus

Sebelum mengetahui sederet jurusan perkuliahan, alangkah baiknya kamu memahami cara memilih jurusan kuliah. Ada beberapa tips memilih jurusan yang bisa kamu aplikasikan. Inilah beberapa tips memilih jurusan kuliah spesial untukmu yang saat ini sedang membaca ulasan ini.

  • Pilih jurusan berdasarkan minatmu

Kamu harus memahami minat yang ada pada dirimu. Bila perlu, buat list mengenai minat apa saja yang kamu miliki.

  • Sesuaikan juga dengan bakat yang kamu miliki

Selain minat, kamu juga harus menyesuaikan diri dengan bakat yang kamu punya. Misalnya minatmu pada jurusan matematika. Tentu kamu harus punya bakat di bidang matematika, kan?

  • Lihat prospek kerjanya pada berbagai lowongan pekerjaan

Lowongan pekerjaan tiap tahunnya semakin sempit bahkan ketat. Maka, kamu harus pandai-pandai melihat prospek kerja dari jurusan yang akan kamu pilih. Prospek kerja ini bisa kamu tinjau dari berbagai lowongan pekerjaan yang beredar baik dari pemerintah maupun pihak swasta.

  • Pastikan bahwa jurusan tersebut memiliki akreditasi yang bagus

Kamu juga harus memastikan bahwa jurusan yang kamu pilih minimal sudah terakreditasi. Bila belum, tentu ilmu yang kamu dapatkan kurang meyakinkan. Untuk itu, pastikan bahwa jurusanmu sudah terakreditasi dengan baik.

  • Diskusikan dengan keluargamu

Hal lain yang cukup penting untuk menentukan jurusan yang akan kamu pilih tentunya dengan berdiskusi bersama keluargamu. Mintalah pendapat dari orang tua, kakak, maupun kerabat untuk memilih rencana pendidikan yang kamu inginkan.

Tips-tips di atas perlu kamu terapkan sebelum memilih jurusan kuliah. Hal ini tentunya akan memudahkanmu dalam menentukan jurusan apa yang akan kamu pilih. Selain itu, ke depannya juga akan membuatmu nyaman dengan masa studi yang akan kamu jalankan.

Sponsored Link
Jurusan Saintek UGM

Sederet Jurusan Saintek dengan Prospek Kerja yang Bagus

Setelah mengetahui tips-tips di atas, pastinya kamu sudah penasaran dengan sederet jurusan yang prospek kerja di masa depan sangat luas, kan? Apalagi bila kamu menyukai saintek, pada ulasan ini kamu akan mendapatkan informasi tentang jurusan saintek yang prospek kerjanya bagus.

  • Matematika

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran matematika. Meskipun persaingan masuknya sangat ketat, namun prospek kerjanya sangat luas, lho. Kamu bisa menjadi tim analisis keuangan pada berbagai perusahaan.

  • Teknik Lingkungan

Sebagai ahli pengamat lingkungan pastinya akan diburu oleh banyak perusahaan. Bahkan, dari pihak pemerintah juga pasti akan memerlukan ilmu dari jurusan ini. Kamu akan belajar banyak hal tentang lingkungan pada jurusan ini, lho.

  • Teknik Sipil

Bila sebelumnya berkaitan dengan lingkungan, namun pada jurusan sipil ini kamu akan menjadi seorang kontraktor. Kamu tak akan bingung mendapatkan pekerjaan karena berbagai proyek akan mencarimu untuk menjadi kontraktornya.

  • Statistika

Sekilas hampir mirip dengan matematika namun berbeda. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai ilmu saintek khususnya matematika secara mendalam.

Jurusan ini banyak diburu oleh pemerintah maupun pihak swasta terutama untuk menganalisa berbagai hal. Tentu kamu tak akan bingung mendapatkan pekerjaan bila memilih jurusan ini.

  • Teknik Geologi

Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang menghasilkan pekerjaan dengan pendapatan yang fantastis, lho. Berbagai perusahaan swasta siap mencarimu untuk terjun di berbagai proyek pertambangan. Makanya, persaingan untuk masuk ke jurusan ini sangatlah ketat.

Prospek Kerja Teknik Geologi untuk Wanita
  • Mikrobiologi

Prospek dari jurusan ini sebenarnya sangat bagus. Berbagai perkembangan mengenai rekayasa gen akan dihasilkan dalam generasi ke depan. Sayangnya, jurusan ini masih sepi peminatnya.

  • Teknik Informatika

Teknologi yang semakin berkembang dengan pesat ini sangat menguntungkan bagi para teknika dari jurusan ini. Dalam jangka panjang, orang-orang lulusan Teknik Informatika dapat bekerja di berbagai bidang bahkan membuka jasa sendiri, lho. Tentu income yang akan mereka dapatkan juga sangat menggoda.

  • Teknik Elektro

Sama halnya dengan Teknik Informatika, jurusan ini juga memiliki prospek yang sangat bagus. Kamu pasti akan dicari oleh berbagai perusahaan untuk menangani teknologi masa depan.

i k l a n
  • Teknik Mesin

Begitu pun dengan jurusan Teknik Mesin ini juga akan dicari oleh berbagai perusahaan, lho. Kamu pasti akan menerima berbagai tawaran dari perusahaan yang berhubungan dengan mesin kendaraan maupun teknologi.

  • Teknik Pangan

Jurusan yang satu ini mungkin juga terkesan kurang peminatnya. Padahal jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat bagus, lho. Kamu akan menjadi ahli pangan dan pastinya dapat menciptakan berbagai teknologi pangan yang lebih sehat dan modern untuk masa depan.

prospek kerja jurusan saintek teknik pangan

Selain kesepuluh jurusan saintek di atas, tentu masih ada lagi berbagai jurusan saintek yang bisa menjadi pilihanmu untuk kuliah nanti. Apalagi jurusan selanjutnya ini berkaitan dengan dunia kesehatan. Nah, berikut beberapa jurusan saintek yang berhubungan dengan dunia kesehatan dan prospek kerjanya masih sangat bagus.

Jurusan selanjutnya yakni Kedokteran. Siapa sih yang tidak ingin menjadi dokter? Untuk menjadi dokter, kamu harus menempuh Pendidikan Kedokteran Umum untuk jenjang S1, lho. Setelah itu, kamu akan melanjutkan koas dan intership dan diakhiri dengan uji kompetensi untuk mendapatkan gelar dokter.

Selain Pendidikan Kedokteran Umum, kamu juga dapat memilih Pendidikan Kedokteran Hewan. Nantinya kamu akan menjadi dokter hewan, lho. Prospek kerjanya sangat luas, bahkan sangat dicari oleh para pemilik hewan peliharaan.

Kamu mungkin juga bisa mengambil jurusan Pendidikan Kedokteran Gigi bila hendak menjadi dokter gigi. Sama halnya dengan kedua jurusan di atas, jurusan kedokteran yang satu ini juga memiliki prospek yang sangat cerah. Apalagi peluang mendapatkan finansial yang gede juga bisa kamu wujudkan, lho.

Dua jurusan lain yang berkaitan dengan kesehatan yakni Ilmu Gizi dan Keperawatan. Jurusan Ilmu Gizi biasanya bekerja pada industri-industri besar seperti industri pangan. Tak hanya itu, ilmu gizi ini juga dibutuhkan di berbagai faskes kesehatan sehingga peluang kerjanya masih sangat luas.

jurusan ahli ilmu gizi

Mengenai jurusan Keperawatan, kini juga banyak faskes kesehatan yang memerlukan tenaga medis ini. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini memerlukan banyak tenaga medis. Maka tidak ada salahnya bila kamu memilih jurusan Keperawatan untuk masa depan yang lebih panjang.

Apa bedanya kuliah Saintek dengan jurusan Soshum ?

Perbedaannya pasti di kurikulum, untuk bidang saintek pengetahuan dasar seperti kalkulus dan pengetahuan dasar yg berhubungan dengan hitungan dan pengetahuan alam pasti ada.
Satu hal mendasar kalau saintek itu angka digunakan untuk menentukan dan mendapatkan suatu nilai, sedangkan di soshum angka digunakan di pokok halaman.

Kenapa kuliah di saintek lebih rbet dibanding soshum yang santai ?

Kuliah di saintek banyak praktikum dan buat lporan, salah satu poin yangg menurut saya kalau di saintek itu susah utk bersantai. Sedangkan kuliah di soshum itu ada juga prakteknya tapi sedikit, jadi quality time untuk diri sendiri, ain sama temen, pacaran masih bisa :v

Kenapa uang kuliah saintek lebih mahal ?

Kuliah di jurusan saintek lebih mengarah kepada penelitian, yang bersangkutan dengan labratorium dll. Pastinya membutuhkan devices / tools yang canggih dan modern.

Alat-alat tersebut kita gunakan saat melakukan penelitian. Ada beberapa alat di laborat yang harganya ratusan juta hingga milyaran. Kita gunakan secara gratis dan cuma-cuma.nah d stulah kenapa jurusan saintek lebih mahal UKT nya

Jurusan kuliah apa yang masuknya susah, tapi lulusan nya biasa-biasa saja?

Prodi Profesi Dokter Umum. Susah jadi rahasia umum kalau passing grade untuk fakultas kedokteran paling tinggi di kampus negri maupun swasta.

Sistem UKT yang diberlakukan sekarang, tidak ada lagi kuliah kedokteran yang murah, bisa 20–25 juta rupiah perbulan di universitas negri. Untuk yang mampu tentu tidak masala, untuk ekonomi kelas menengah bisa mengajukan keringanan / bidikmisi.

Masa pendidikan relatif lama,bisa 7–8 semester buat sarjana kedokteran, dan 3–4 semester untuk koas/dokter muda. Ditambah +-1 semester untuk ujian kompetensi, wisuda, registrasi STR dan mengantre Internship.

Setelah lulus bisa “bekerja magang” di satu tempat yang disebut internship, digaji pemerintah (kemenkes) +- UMR selama 12 bulan. Usai internship barulah dokter umum yang muda (usia 26–28th) bisa berdikari (buka praktek sendiri, atau kerja di RS atau klinik, atau menjadi researcher, atau dokter perusahaan)

Kuliah apa yang lebih sulit daripada jurusan teknik?

Gampang atau susah itu merupakan hal relatif. Ada aspek yang bisa membuat sebuah prodi itu tergolong kedalam prodi yang sulit. Teknik merupakan prodi yang sulit. Karena apa? Jangkauan keilmuannya luas. Tapi ada prodi yang butuh IQ tinggi yakni: Fisika dan Astronomi, Matematika, Kimia Murni, Ilmu komputer

Editor's Choices:

Teachers can open the door, but you must enter it yourself.
The beautiful thing about learning is that no one can take it away from you.
Learning is never done without errors and defeat.
You don’t have to be great to start, but you have to start to be great.
Education is the passport to the future, for tomorrow belongs to those who prepare for it today.

Itulah sederet jurusan saintek yang prospek kerjanya bagus yang dapat kamu pilih untuk masa depanmu. Ingat, pilih jurusan berdasarkan minat dan bakatmu, lho. Jangan sampai kamu merasa salah jurusan karena tidak nyaman dengan pilihanmu, ya!

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Lebih Penting Akreditasi Kampus atau Jurusan
Prospek Kerja Teknologi Pangan
jurusan saintek unpad
alasan memilih fakultas ekonomi
sekolah ikatan dinas dengan gaji tertinggi
Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa agar Kompetitif