9 Curhatan Mahasiswa Teknik Industri Jaman Now (Suka Duka)

Kamu lagi bingung cari jurusan yang tepat untuk merancang masa depan kamu? Jika ya, teknik industri bisa jadi salah satu jurusan untuk masa depan kamu. Jurusan ini tentunya punya kelebihan dan kekurangan.

Kalau kamu ingin tahu apakah jurusan ini cocok untuk kamu, simak dulu ya curhatan mahasiswa teknik industri ini supaya kamu tahu, apakah jurusan ini cocok untuk kamu atau enggak.

Teknik Industri punya 2 jenis pembelajaran

Namanya juga jurusan teknik, nggak afdol jika nggak ada hitung-hitungan bukan?! Ya, jurusan Teknik Industri tetap punya beberapa mata kuliah yang teknik banget. Kamu akan belajar cukup banyak materi yang berhubungan dengan hitung-hitungan. Biasanya pembelajaran mengenai hitung-hitungan ini akan kamu dapatkan di tahun pertama dan kedua.

Curhatan Mahasiswa Teknik Industri

Lalu apa yang akan kamu pelajari di tahun ketiga dan keempat? Nah ini yang menarik! Jurusan Teknik Industri nggak akan bikin kamu pusing dengan pelajaran teknik mendalam.

Di sini kamu akan belajar 50% teknik dan 50% manajemen. Di tahun ketiga dan keempat dalam pembelajaran kamu di Teknik Industri ini kamu akan belajar mengenai ilmu manajemen.

Sponsored Link

Ya! Di tahun ketiga dan keempat, kamu nggak perlu lagi pusing-pusing masalah materai hitungan dan juga praktik karena hampir semua mata kuliah di jurusan ini adalah mata kuliah teori.

Ini bisa jadi keuntungan dan bisa juga jadi kelebihan untuk kamu. Keuntungannya, jika kamu ingin meniti karir di bidang teknik tapi nggak mahir berhitung, kamu bisa diuntungkan banget di jurusan ini.

Sayangnya jika kamu memang anaknya teknik banget dan nggak suka masalah teori-teori, jurusan ini bisa jadi bukan pilihan yang tepat untuk kamu. Jadi apakah teknik industri itu sulit? Jawabannya tentu tergantung kemampuan kamu. Kalau kamu adalah tipe orang yang kuat hafalan, maka jurusan Teknik Industri adalah jurusan yang paling baik untuk kamu.

Universitas Tertua Di Indonesia

Teknik Industri nggak butuh pemikiran yang sistematis

Hal lain yang membuat banyak calon mahasiswa Teknik Industri langsung memutuskan untuk masuk jurusan ini. Jurusan Teknik Industri adalah jurusan yang nggak membutuhkan pemikiran yang sistematis.

Selain Teknik Industri, teknik informatika juga merupakan salah satu jurusan teknik yang lebih minim pekerjaan di luar ruangan dan praktik fisik. Akan tetapi jurusan ini membutuhkan lebih banyak pemikiran yang fokus pada struktur. Kamu juga perlu pemikiran dengan orientasi pada detail jika belajar pada jurusan ini.

Dalam Teknik Industri, kamu nggak perlu semua ini, pasalnya di sini kamu akan belajar lebih banyak mengenai konsep dasar dan manajemen di balik layar sebuah kegiatan usaha.

Kamu akan lebih banyak belajar mengenai efisiensi dalam sebuah usaha. Inilah yang membuat lebih banyak mahasiswa industri lebih banyak wanita dibandingkan dengan laki-laki.

Tapi memang banyak curhatan mahasiswa teknik industri yang menyatakan bahwa kamu harus tetap kuat di tahun pertama dan kedua karena kamu akan digembleng dengan pembelajaran dalam matematika.

Contohnya adalah pelajaran kalkulus. Jika di jurusan lain mata kuliah kalkulus hanya ada 1 atau 2, maka Teknik Industri punya lebih banyak mata kuliah kalkulus yang bisa bikin kamu cukup merasa pusing.

jurusan kuliah gaji besar

Bisa kerja di mana saja

Jika diminta untuk sebutkan kendala kuliah di teknik industri, maka kendala pembelajaran kalkulus yang cukup banyak. Ya, pada dasarnya kendala kuliah di Teknik Industri ini bisa dibilang “Cuma itu saja!”. Setelah itu kamu akan menikmati banyak kemudahan jika punya gelar dari jurusan Teknik Industri ini.

Salah satu kemudahan yang akan kamu dapatkan jika punya gelar di jurusan Teknik Industri adalah mengenai tempat kamu bisa bekerja. Jika kamu punya gelar di jurusan Teknik Industri, maka kamu bisa kerja di mana saja! Ya! Di mana saja.

Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga dari teknik industri. Selain itu, Teknik Industri menjadi jurusan yang cukup banyak fleksibel karena apa yang dipelajarinya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Teknik Industri belajar mengenai 50% teknik dan 50% manajemen. Hal inilah yang membuat jurusan ini menjadi jurusan yang menarik banyak perhatian perusahaan besar.

Peluang kerja 10 tahun ke depan nilai akan terus naik

Hal lain yang menjadi keuntungan untuk kamu yang belajar di jurusan Teknik Industri adalah mengenai peluang kerja yang akan kamu dapatkan di masa depan.

Saat ini Teknik Industri memang jadi salah satu jurusan yang cukup mentereng karena banyak yang membutuhkannya. Lalu gimana dengan 4 tahun lagi saat kamu lulus?

Kamu nggak perlu khawatir. Pasalnya, berdasarkan pandangan orang-orang dalam bidang industri, proyeksi kebutuhan akan tenaga kerja dari jurusan Teknik Industri ini akan terus meningkat.

Bahkan peluang kerja untuk tenaga dari Teknik Industri ini diprediksi bakal meroket terus hingga 10 tahun ke depan lho! Nah untuk kamu yang pengen cepat kerja, maka jurusan Teknik Industri ini bisa bantu kamu untuk dapat kerja lebih cepat!

mahasiswa kuliah daftar isi

Curhatan mahasiswa teknik industri seputar kuliah dan karier

Kalau kamu mau berkarir di dunia teknik, jurusan Teknik Industri bisa jadi pilihan. Karena belajarnya lebih mudah dan karirnya lebih terbuka lebar. Tapi gimana kalau jurusan Teknik Industri ini dibandingkan dengan jurusan lainnya?

Sesungguhnya kalau kita bandingkan dengan jurusan lain yang bukan jurusan teknik kamu mungkin jurusan ini memang lebih sulit. Ya, jika kamu adalah orang yang anti banget dengan hitungan, maka kamu baiknya pikir kembali untuk masuk ke jurusan ini.

Kenapa? Karena di 2 tahun pertama jurusan ini bisa bikin kamu mabuk angka. Tapi kalau kamu bisa bertahan, maka 2 tahun ini pasti akan berlalu dengan cepat.

Kamu harus ingat, kalau kamu sudah bertahan dengan 2 tahun hitung-hitungan, kamu bisa dapatkan gaji yang lebih besar jika kamu sudah masuk ke dunia kerja. Gimana nggak kalau jurusan kamu masuk jurusan teknik tapi kamu belajar 50% dari dunia teknik saja.

Jika dilihat, maka jurusan ini paling worth it untuk kamu tekuni. Jadi kalau kamu cari curhatan mahasiswa teknik industri yang negatif, mungkin kamu akan sulit menemukannya. Pasalnya jurusan ini memang lebih banyak menawarkan kemudahan dibandingkan dengan kesulitan.

Apa opinimu seputar jurusan Teknik Industri?

Dibilang Teknik gak terlalu Teknik juga, dibilang manajemen gak juga. Intinya jurusan yang semua dipelajari.
Ada elektronika Industri, mesin ada juga, akuntansi? Ada 2 mata kuliah, manajemen? Cukup banyak juga mata kuliah manajemennya..

Ada materi cara bisnis mulai dari ide produk, pembuatan produk, penilaian bisnisnya, bagaimana pasarnya, kapan BEP nya, apa yang mesti di improve, bagaimana layout pabriknya, alur barangnya, semua dipelajari.

Apa bedanya Teknik Industri dengan Manajemen ?

Secara garis besar, teknik industri lebih mempelajari gimana cara menjalankan sebuah perusahaan, biasanya perusahaan manufaktur.

Kenapa manufaktur? Karena manufaktur dianggap memiliki kompleksitas nya. Teknik industri belajar manajemen, tapi ngga detail. Sementara anak manajemen ngga belajar beberapa hal di teknik industri kayak fisika dasar, kimia, proses manufaktur, elektronika industri, dll.

Apakah anak teknik industri harus jago menggambar?

Di mata kuliah Teknik Industri ada namanya Menggambar Teknik dan Perencanaan Pengembangan Produk.
Di matkul tersebut diharuskan menggambar, menggunakan autocad dengan gambar yg tidak biasa dan punya tingkat kesulitan yang tinggi. Contoh: gambar rangka mobil, gambar kemasan/packing produk, gambar 2D 3D hidroponik, dll.

Editor's Choices:

Dari loker yang bisa kita cari di google, untuk posisi kerja di Bagian Produksi harus menguasai Autocad 2D dan lulusan S1 teknik industri. Jadi kembali lagi, kira-kira nanti mau kerja bagian apa, cuman bisa autocad saja atau sekaligus sketchup, javascript, html ,vlookup k3 itu semua punya nilai plus.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi
Syarat Masuk Jurusan Pertambangan
prospek kerja PWK
prospek kerja teknik mesin
Prospek Kerja Teknologi Pangan
prospek kerja ilmu pemerintahan