Rekomendasi 11 Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil bagi Wanita

Bisa dibilang, Indonesia merupakan surga bagi lulusan Jurusan Teknik Sipil. Kenapa demikian, karena pembangunan sangat masif digencarkan, baik dari instansi pemerintah maupun proyek swasta, dari skala proyek kecil di desa sampai mega proyek seperti pembuatan jalan Tol, PLTU, Bendungan, Kilang Minyak, Rusun, Pelabuhan, RDMP dll

Teknik sipil merupakan salah satu jurusan kuliah yang cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan, baik pria maupun wanita. Hal ini karena banyaknya prospek kerja yang menggiurkan di masa depan.

Meskipun demikian, masih banyak orang menganggap bahwa jurusan ini hanya cocok untuk kaum pria, padahal sebenarnya prospek kerja teknik sipil wanita selalu ada dan sama-sama dibutuhkan di dunia kerja.

Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita
Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita

Keunggulan Jurusan Teknik Sipil

Sebelum membicarakan lebih lanjut mengenai prospek ke depan dari jurusan teknik sipil, ada baiknya kalau kamu mengetahui terlebih dahulu kenapa jurusan ini kerap menjadi incaran. Apalagi jurusan ini dikenal dengan pembelajaran yang mencakup semua proses perencanaan hingga pembangunan.

1. Penyelesaian masalah dari berbagai sudut pandang

Jurusan teknik sipil dikenal memiliki pengetahuan yang luas mengenai masalah apa yang terjadi dan berkembang di masyarakat. Tidak jauh berbeda dari arti jurusan teknik sipil itu sendiri, yakni teknik yang digunakan untuk memberi solusi bagi masyarakat sipil.

Itulah mengapa, ide dari lulusan ini selalu dibutuhkan karena dianggap dapat memberikan solusi dari berbagai masalah yang terjadi. Terlebih, jurusan ini memang lebih banyak mengandalkan praktik dibanding teori.

2. Ruang lingkup pekerjaan yang luas

Berbicara mengenai prospek dan ruang lingkup pekerjaan pada lulusan teknik sipil memang tidak perlu diragukan. Karena ada banyak ilmu yang dipelajari seperti hitungan, desain, hingga pembuatan laporan membuat lulusannya mudah diterima dalam berbagai bidang pekerjaan.

Seperti yang kita tahu, bidang infrastruktur adalah bidang keahlian dari lulusan jurusan ini. Setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga ahli di bidang tersebut untuk selalu memastikan kondisi bangunan yang layak dan sesuai standar.

3. Adanya ilmu wirausaha

Lulusan teknik sipil juga dibekali dengan berbagai ilmu di bidang kewirausahaan. Sudah banyak lulusan teknik sipil yang kemudian membuat usaha sendiri dan berhasil.

Hal ini juga tidak terlepas dari pembelajaran problem solving yang dipelajarinya sejak kuliah. Tidak mengherankan jika setiap lulusan bisa menemukan berbagai solusi yang dapat menjadi jaminan untuk mengembangkan usaha sendiri.


4. Banyaknya relasi

Lulusan teknik sipil juga dikenal memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik sehingga dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Terlebih melalui jurusan ini, setiap mahasiswa sudah diajarkan bagaimana masuk ke dalam lingkungan sosial masyarakat untuk dapat memahami dan mendapatkan solusi dari masalah yang terjadi.

5. Mempelajari Berbagai Aspek Ilmu

Ekonomi. Di teknik sipil belajar membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya), merencanakan suatu project dengan budget seefisien mungkin.

Hukum. Kita belajar aspek hukum pembangunan, ada hukum kontrak, alternatif penyelesaian sengketa dengan cara ajudikasi ataupun arbitrase, dll.

Manajemen. Belajar mengatur jalannya proyek dari start pengerjaan sampai topping off, mengatur schedule, me-manage daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, dan menjaga agar proyek tidak telat dari deadline.

Transportasi. Tahu permasalahan transportasi yang ada saat ini, masalah macet, antisipasi jalan yang berlubang, sampai moda transportasi yang cocok untuk masyarakat dengan kesibukan yang berbeda-beda.


Math and Physics. Hal yang terpenting, kita diajarkan untuk selalu berpikir analitis dalam memecahkan suatu masalah, ini yang membuat lulusan Teknik sipil unggul.

Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita
Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita

Prospek Jurusan Teknik Sipil

Seperti yang sudah dijelaskan, ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh lulusan teknik sipil sehingga mudah diterima di masyarakat. Sayangnya, tidak sedikit anggapan bahwa jurusan ini hanya cocok bagi para pria.

Buat kamu para wanita yang ingin masuk di jurusan ini, tidak perlu khawatir, sebab setidaknya ada 11 prospek lulusan teknik sipil bagi seorang wanita yang bisa menjadi gambaran. Berikut prospek lulusan teknik sipil yang dimaksud.

1. Insinyur Sipil

Siapa bilang jika seorang wanita tidak bisa menjadi insinyur? Nyatanya, peluang menjadi seorang insinyur bagi para wanita juga terbuka sangat luas dengan prospek yang beragam.

Sebagai insinyur sipil, kamu akan bekerja dengan desain, manajemen, dan pengawasan konstruksi sebuah proyek. Kamu juga memiliki andil menentukan keputusan dan kebijakan mengenai masalah yang dapat terjadi pada proyek tersebut.

2. Teknisi Sipil

Seorang teknisi sipil mempunyai peran yang penting dalam membantu sebuah pekerjaan sipil. Mulai dari perencanaan, perancangan, hingga pengawasan konstruksi pada sebuah bangunan. Sebagai seorang wanita, tentunya hal ini tidak perlu menjadi masalah.

Melalui prospek kerja teknik sipil wanita ini, gaji yang diterima juga lumayan. Tentunya sesuai dengan proyek yang kamu tangani, yakni berkisar antara 4 sampai 6 juta, bahkan lebih.

3. Ahli Sumber Daya Pengairan

Prospek lainnya berkaitan dengan ahli sumber daya pengairan. Hal ini berkaitan juga dengan kemampuan seorang wanita yang dikenal lebih detail sehingga dapat membangun sistem saluran dan kualitas air pada pengairan dan sumber dayanya.

Sebagai insinyur pengairan dan ahli di bidangnya, kamu akan ikut terlibat dalam penentuan desain dan pembangunan proyek dengan pendapatan mulai dari 4 sampai 7 juta per bulannya. Tentu jumlah ini bisa lebih dari itu sesuai proyek yang dikerjakan.

4. Analis Quality Control

Sebagai seorang quality control pada pembangunan sipil, kamu bisa menjadi penguji bahan baku yang akan digunakan untuk pembangunan. Tenaga ahli di bidang ini tentunya dibutuhkan oleh berbagai perusahaan maupun produsen bahan bangunan.

Adapun tugasmu adalah memastikan bahan yang dijual sesuai dengan standar keamanan dari pembangunan itu sendiri. Nah, sebagai wanita tentu kamu akan diuntungkan mengingat wanita cenderung lebih teliti dengan hal-hal mendetail seperti ini.


Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita
Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita

5. Surveyor

Urusan bangunan di teknik sipil tidak selamanya identik dengan kaum pria. Sebagai wanita, kamu juga bisa mendapatkan peluang yang sama dalam bidang tersebut, salah satunya menjadi seorang surveyor.

Malahan, surveyor sering kali dilakoni oleh kaum wanita karena umumnya dianggap lebih teliti dan cermat dalam memeriksa berbagai dokumen. Jadi, bukan berarti sebagai wanita tidak memiliki peranan yang penting dalam pembangunan sipil bukan?

6. Konsultan Konstruksi

Menjadi seorang konsultan juga merupakan prospek lulusan teknik sipil yang menarik. Bahkan biasanya kamu tidak harus benar-benar terjun ke lapangan untuk mengerjakan berbagai proyek secara langsung.

Melalui pekerjaan ini, kamu dapat membantu banyak klien yang akan melakukan pembangunan berbagai proyek dari skala kecil hingga besar. Mulai dari pembangunan jalan, saluran air, perumahan, gedung, dan lain sebagainya.

7. Pengawas Konstruksi dan Bangunan

Siapa bilang, mengawasi konstruksi dan bangunan hanya cocok dilakukan oleh kaum pria? Nyatanya, buat kaum wanita hal ini bisa saja dilakukan. Apalagi dengan sifatnya yang lebih teliti terhadap sejumlah detail kecil.

Ya, wanita juga bisa menjadi pengawas konstruksi dan bangunan untuk melakukan pengecekan secara mendetail dan menyeluruh. Kamu juga bisa menentukan bagaimana kualitas struktur sebuah bangunan, apakah sesuai dengan aturan atau tidak.

8. Guru/Dosen

Lulusan teknik sipil juga dapat berkarir sebagai seorang pengajar, baik di tingkat sekolah maupun universitas. Terlebih saat ini sudah banyak sekolah dan kampus yang membuka jurusan teknik sipil dan bangunan sehingga peluang tersebut sangat terbuka lebar.

Jika kamu ingin menjadi pengajar di kampus alias dosen, tentunya tidak cukup dengan ijazah diploma atau sarjana. Kamu perlu menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi, baik S2 hingga S3.

Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita
Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita

9. Peneliti

Saat ini, peneliti wanita di bidang teknik sipil bisa dibilang masih sedikit dibandingkan dengan pria. Hal ini tentu menjadi peluang yang sangat menarik karena kamu juga bisa mendobrak pandangan umum mengenai perempuan dalam peneliti teknik.

Manfaatkan ilmu yang didapatkan dari kampus untuk bisa meneliti berbagai bidang pada teknik sipil, seperti kekuatan material, kualitas bahan bangunan, dan sebagainya. Kamu juga bisa menambah berbagai ilmu dengan melanjutkan ke jenjang S2 hingga S3 untuk menjadi peneliti yang baik.

10. Pegawai Negeri

Menjadi pegawai pemerintahan, baik sebagai PNS atau pekerja di BUMN tentu juga menjadi salah satu prospek kerja dengan gaji yang menjanjikan. Apalagi saat ini pemerintah sedang gencar melakukan pembangunan sipil dan infrastruktur sehingga lulusan teknik sipil masih sangat dibutuhkan.

Mengenai peluang gajinya, tentu tidak perlu diragukan lagi. Sebagai pegawai pemerintahan, kamu tidak hanya mendapatkan gaji pokok, namun juga berbagai tunjangan dan dana pensiun. Bahkan jika jabatan dan golongan naik, tentu akan lebih besar lagi gaji yang didapatkan.

11. Wirausaha

Ilmu dan wawasan semasa kuliah juga dapat dimanfaatkan sebagai modal berwirausaha di bidang teknik sipil. Apalagi, kamu dianggap sudah paham dan menguasai berbagai bahan bangunan yang berkualitas.

Tidak ada salahnya sebagai seorang wanita lulusan teknik sipil mencoba menjalankan bidang pekerjaan ini. Apalagi dengan berwirausaha, kamu juga dapat me-manage waktu dan penghasilan sesuai keinginan.

Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita
Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita

Inilah Kampus Teknik Sipil Terbaik

Saat ini, puluhan kampus negeri maupun swasta sudah memiliki jurusan teknik sipil, baik murni bahkan jurusan kependidikan. Lantas, kampus mana saja yang bisa menjadi rujukanmu dalam menempuh pendidikan tinggi di bidang teknik sipil ini? Berikut beberapa di antaranya

1. Kampus Negeri

  • Institut Teknologi Bandung

Kampus yang terletak di Bandung ini memang dikenal dengan jurusan-jurusan teknik yang berkualitas baik. Tidak terkecuali jurusan Teknik Sipil di kampus ini yang sudah mendapatkan predikat Unggul dari BAN-PT sejak tahun 2020 lalu.

  • Universitas Gadjah Mada

UGM merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Jurusan teknik sipil di kampus ini juga terbilang bagus dengan diraihnya predikat Unggul dari BAN-PT sejak Mei 2020 lalu. Di kampus ini, tidak hanya program Sarjana Teknik Sipil saja, namun program magister (S2) dan doktor (S3) juga tersedia.

  • Universitas Indonesia

Siapa sih yang tidak mengenal UI? Terlebih sudah banyak lulusannya yang berkecimpung di berbagai bidang pekerjaan besar, termasuk teknik sipil. Di program sarjana sendiri, Teknik Sipil UI sudah mendapatkan predikat tertinggi “Unggul” sejak tahun 2021 oleh BAN-PT.

  • Universitas Negeri Yogyakarta

UNY sejatinya dikenal sebagai kampus yang mencetak lulusan pengajar. Namun jangan salah sangka, jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan menjadi jurusan kependidikan satu-satunya yang meraih predikat Unggul di antara jurusan murni lainnya. Peluang menjadi pengajar atau melanjutkan ke jenjang S2 juga sangat terbuka lebar setelah lulus dari jurusan ini.

Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita
Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita

2. Kampus Swasta

  • Universitas Trisakti

Merupakan salah satu jurusan yang sudah lama berdiri dan bersamaan dengan lahirnya Universitas Trisakti pada tahun 1965. Program sarjana Teknik Sipil di Trisakti juga sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT sejak 2019 lalu.

  • Universitas Internasional Batam

Adalah satu dari sekian banyak kampus terbaik di kepulauan Sumatera yang tentunya memiliki jurusan Teknik Sipil. Terlebih kuliah di sini juga memiliki atmosfer industri dan pembangunan yang cocok dengan ilmu yang akan didapatkan. Untuk akreditasinya, jurusan Teknik Sipil di UIB sudah mendapat predikat A dari BAN-PT.

  • Universitas Bina Nusantara

Atau yang sering disebut dengan Binus ini juga memiliki jurusan Teknik Sipil yang berpredikat sangat baik dan memiliki prospek kerja teknik sipil wanita. Terbukti dengan berbagai kerja sama dan peringkat akreditasi Unggul yang sudah disandang sejak 2021 lalu.

Software Apa yang Perlu Dipelajari agar Kompetitif di Dunia Kerja?

Tidak semua harus dipelajari sampai mahir, Rekomendasi cukup 2-3 tool aja yang mahir dan sisanya minimal mengerti prosedur kerjanya.
1. AutoCAD & AutoDesk Land Development,
2. SAP 2000 / ETABS / STAADPRO (Analisis Struktur)
3. Plaxis (Analisis Meh Tenah atau Geoteknik) dan Midas
4. MS Project & Primavera (Manajemen Proyek Kontruksi)
5. MS Office & Bahasa Program Mis Fortran, Visual Basic dll
6. HEC-RAS (Analisis Data Hidrologi Aliran Sungai Debit Banjir).

Apa Kekurangan Jurusan Teknik Sipil ?

Sebagai orang Teknik Sipil tidak bisa menyombongkan diri (walaupun dalam hati sebenernya ingin). Minim apresiasi.
Sebagai contoh misalkan ada project gedung dengan desain yang bagus. Bila bangunan tersebut selesai di bangun, maka orang spontan akan memuji si arsitek yang mendesain.
Tdak pernah sekalipun terbesit di pikiran orang bahwa tanpa insinyur Sipil yang handal, maka bangunan tersebut tidak akan bisa ada.

Seberapa Banyak Peluang Kerja Teknik Sipil bagi Perempuan?

Prospek kerja lulusan teknik sipil bagi wanita 5 tahun kedepan masih sangat potensial. Lulusan teknik sipil itu hampir dibutuhkan disemua bidang yang berkaitan dengan pembangunan/peningkatan infrastruktur.

Di negara kita saja di bidang pemerintahan ada kementerian yang mengatur perumusan, penetapan, serta pelaksanaan pengelolaan sumber daya air, penyelenggaraan jalan, penyediaan air minum, pengembangan kawasan permukiman, penataan ruang, perumahan, yang disebut kementerian PUPR.

Editor Choices :

Tentu saja dalam kementerian ini dibutuhkan banyak sekali lulusan teknik sipil. Selain itu bukan hanya di kementerian pusat, tetapi ada juga perekrutan Lulusan teknik sipil untuk dinas PUPR di daerah baik provinsi maupun kabupaten. 

Komentar / Pertanyaan