9 Prospek Kerja Teknik Elektro untuk Wanita yang Terbaik

Jurusan yang ada kata ‘Teknik’ biasanya di dominasi oleh laki-laki, jumlah mahasiswinya sedikit tidak sampai 1/3 jumlah mahasiswa seangkatan. Lalu bagaimana prospek kerja teknik elektro untuk wanita itu sendiri?

Sampai saat ini masih jarang ditemukan seorang wanita yang mau mengambil kuliah di jurusan Teknik Elektro. Padahal sebenarnya, prospek kerja lulusan teknik elektro untuk wanita sangatlah baik.

Gaji yang ditawarkan kepada seseorang yang lulus dari jurusan ini pun cukup besar, apalagi jika universitas tempat dia menimba ilmu merupakan universitas bonafit.

Prospek Kerja Teknik Elektro untuk Wanita

Konsentrasi Jurusan Teknik Elektro

Jika anda berpikir bahwa, lulusan teknik elektro pastilah bekerjanya di bidang utak-atik komponen elektronik maka pemikiran anda tidak sepenuhnya benar.

Di dalam jurusan teknik elektro memang banyak mempelajari tentang hal-hal yang berhubungan dengan komponen listrik seperti kelistrikan, elektromagnetik, prosesor, sinyal listrik dan lain sebagainya.

Didalam jurusan ini, mahasiswa akan dikosentrasikan lagi ke beberapa sub jurusan yang bisa dipilih. Contohnya saja untuk mahasiswa teknik elektro Universitas Gadjah mada (UGM), disini ada 5 bidang konsentrasi yang bisa dipilih oleh mahasiswa, yaitu :

  1. Teknik Komputer.
  2. Teknik Instrumentasi Kendali.
  3. Teknik Pengolahan Isyarat, Elektronika dan Biomedika.
  4. Teknik Telekomunikasi.
  5. Teknik Tenaga Listrik.

Pemilihan bidang konsentrasi ini akan mempengaruhi judul skripsi dan keahlian mahasiswa yang bersangkutan, sehingga pada saat mencari pekerjaan dapat memilih yang sesuai kemampuannya.

prospek kerja teknik elektro untuk wanita

Prospek Kerja Teknik Elektro Untuk Wanita

Bagi seorang wanita yang lulus dari jurusan teknik elektro, anda mempunyai prospek yang sangat bagus di dalam memilih pekerjaan anda. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang bisa anda pilih ketika anda telah menyelesaikan studi anda di jurusan ini.

1. Pengajar

Lulusan teknik elektro dapat memilih untuk menjadi tenaga pengajar, baik itu di lembaga studi, SMK ataupun di Universitas.

Biasanya jika IPK anda bagus dan dianggap oleh dosen pembimbing anda memiliki kemampuan mengajar yang baik, maka anda akan ditawari untuk menjadi dosen di universitas tempat anda menimba ini.

Beberapa universitas mewajibkan gelar minimal seorang dosen adalah S2. Menjadi pengajar ini tentu saja sangat cocok dilakukan oleh seorang wanita, karena tidak perlu bekerja jauh dan jam kerjanya juga relatif nyaman.

2. Pegawai Negeri

Banyak posisi PNS yang membutuhkan sarjana teknik elektro, seperti auditor ahli pertama Kementerian perindustrian, penguji mutu barang terampil, teknisi peralatan, teknisi jaringan dan lain sebagainya.

Pekerjaan tersebut juga tidak membeda-bedakan soal gender, jadi prospek lulusan teknik elektro untuk wanita di pegawai negeri sangatlah terbuka lebar. Menjadi seorang PNS juga relatif tidak begitu banyak jam kerjanya, sehingga sangat cocok bagi wanita.

3. Pegawai BUMN

Perusahaan BUMN seperti Pertamina, Nidya Karya, Telkom, PLN dan lainnya, membutuhkan lulusan teknik elektro sebagai pegawai mereka.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pegawai dari perusahaan BUMN ini memiliki gaji yang cukup besar sehingga memiliki prospek yang sangat bagus untuk masa depan anda. Bagi seorang wanita, anda bisa memilih posisi yang tidak perlu terjun langsung ke lapangan.

4. Pegawai Swasta

Hampir semua perusahaan swasta pastilah membutuhkan seorang lulusan teknik elektro di perusahaannya. Masalah jaringan komputer di perusahaan misalnya, itu kan merupakan pekerjaannya seseorang yang lulusan jurusan ini.

Saat ini perusahaan mana sih yang tidak menggunakan komputer di tempat mereka ? Oleh sebab itu, lowongan pekerjaan bagi anda yang mengambil jurusan ini untuk bekerja di perusahaan swasta sangatlah banyak.

5. Wirausaha

Bagi anda yang tidak suka menjadi bawahan seseorang, anda bisa menjadi seorang wirausaha. Anda bisa membuka sebuah usaha yang berhubungan dengan kemampuan anda, misalnya membuka servis barang elektronik, pemasakan jaringan komputer, instalasi listrik dan banyak lagi usaha lainnya yang berhubungan dengan teknik elektro.

advertisement

Prospek lulusan teknik elektro wanita untuk menjadi wirausaha sangatlah terbuka lebar, jam kerja yang lebih fleksibel menjadikan pekerjaan ini sangat cocok bagi wanita.

6. Software Developer

Ada universitas yang salah satu bidang konsentrasi jurusan teknik elektronya adalah teknik informatika, misalnya ITB. Bagi anda yang memilih bidang konsentrasi ini, maka menjadi seorang software developer merupakan pilihan yang terbuka lebar bagi anda.

Apalagi saat ini, kebutuhan akan software setiap harinya selalu bertambah. Bekerja sebagai software developer ini sangat saya rekomendasikan bagi wanita, karena anda bisa mengerjakan pekerjaan anda dirumah. Sehingga anda masih bisa tetap untuk mengurusi suami dan anak anda sembari mencari uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga anda.

prospek teknik elektro untuk wanita

7. System Engineer

System engineer adalah seseorang yang merancang, menginstalasi dan memonitor sebuah sistem. Banyak perusahaan yang membutuhkan pekerjaan ini dan biasanya menawarkan gaji yang cukup besar.

Untuk itu, seorang lulusan teknik elektro haruslah mempunyai kemampuan mendesain dan mengintegrasikan sistem, memonitor dan mengatasi masalah yang ada di dalam sistem, melakukan upgrade sistem yang sudah ketinggalan jaman dan menyediakan bantuan teknis.

8. Perminyakan dan pertambangan

Seseorang yang lulus dari jurusan teknik elektro juga bisa bekerja di perusahaan perminyakan dan pertambangan. Alat-alat yang digunakan di dalam pekerjaan ini tentunya menggunakan peralatan listrik, sehingga anda bisa mengisi posisi teknik engineering atau IT engineering.

Setiap tahunnya perusahaan pertambangan seperti Freeport, Chevron, aneka tambang dan lain sebagainya membuka lowongan bagi seorang lulusan teknik elektro. Sayangnya, biasanya pekerjaan ini harus dilakukan ke lapangan sehingga biasanya kurang dilirik wanita.

9. Industri Otomotif

Industri otomotif di Indonesia sangatlah berkembang. Saat ini siapa sih yang tidak memiliki kendaraan bermotor? Di dalam perusahaan otomotif, dibutuhkan para lulusan teknik elektro untuk bekerja di bagian produksi yang tidak bisa dilepaskan dengan barang-barang elektronik.

Gaji yang bisa anda dapatkan untuk bekerja di perusahaan otomotif ini sangatlah besar, bahkan ada yang menawarkan hingga 15 juta rupiah setiap bulannya.

prospek kerja teknik elektro untuk wanita perempuan

Apa alasan kuat memilih jurusan teknik elektro?

1. Listrik itu ada dimana-mana dan dicari-cari
2. Lulusan teknik elektro memiliki basic matematika yang kuat
3. Lulusan teknik elektro bisa coding
4. Materi kuliah yang diajarkan melatih mahasiswa untuk berpikir secara matematis dan teliti

Apa rekomendasi laptop untuk mahasiswi teknik elektro?

Beberapa aplikasi/software yang sering digunakan adalah: Matlab, Etap, Sketchup, Dev C++, Arduino IDE, WonderShare Filmora, CST Studio, dsb
Sehingga spefikasi minimum yang dibutuhkan adalah: Core i3, Ram 4GB, harddisk 1TB, Pengolah grafis NVIDIA GeForce GTX 700 ke atas atau AMD Radeon R5 ke atas.

Apa suka duka menjadi mahasiswa teknik elektro?

Kalian mempelajari ilmu ilmu dasar tentang elektro, tentang K3 dasar listrik. Kalian bakal inget pernah dapet soal saat sekolah tentang listrik dan hukum ohm, kalian akan menyadari bahwa arus sebesar 1Ampere saja sudah dapat membu*nuh orang.
Saat praktikun pengukuran listrik bakal diajari tentang lissajouse. Mahasiswa tahu banyak sensor dan diajarin memprogram sebuah alat, diberi tugas besar membuat sebuah alat.

Dukanya? Kadang saat membuat alat kalian ga tau salahnya dimana. Mahasiswa belajar tentang ilmu listrik yang tidak kasat mata, harus jeli. Kesetrum sudah jadi hal biasa terjadi.

Apa tips buat mahasiswa baru teknik elektro ?

1. Paling utama kembangkan hardskill (pemrograman, matematika, software pendukung sperti autocad visio msoffice)
2. Kembangkan juga softskill. Ikut organisasi seperlunya saja dan pintar bagi waktu.

Itulah beberapa prospek pekerjaan yang bisa dipilih seorang wanita yang lulus teknik elektro. Semua pilihan sangatlah prospektif, tingga mana yang menurut anda lebih cocok dengan kemampuan dan minat yang dimiliki.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest